Ditemukan 42 dokumen yang sesuai dengan query
Sylvana Uli Basa Evi Dame Manaloe, author
ABSTRAK
Pada penelitian ini intervensi yang dilakukan untuk meningkatkan reading comprehension dan reading self efficacy adalah dengan memberikan pelatihan pemahaman bacaan melalui self expalanation reading training (SERT) sehingga diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuannya dalam menjelaskan isi bacaan dengan menggunakan berbagai strategi memahami bacaan yang terdapat di SERT. Selain itu, memberikan pelatihan...
2013
T36741
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Annery Fienta, author
ABSTRAK
Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pemelajaran kooperatif tipe STAD pada kemampuan membaca pemahaman teks recount siswa kelas VIII dan persepsi siswa di kelompok eksperimen terhadap metode ini. Penelitian ini melibatkan satu kelas eksperimen yang terdiri dari 35 siswa dan satu kelas kontrol yang terdiri dari 33...
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50144
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Zuraida G. Soepoetro, author
1983
S2044
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Medina K. Siswantara, author
ABSTRAK
Dalam pengajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar sering ditemukan
kesenjangan antara nilai tes prestatif dan kemampuan berkomunikasi siswa baik secara
lisan maupun tulisan (Hilam, 2001). Salah satu penyebab hal ini menurut Kusuma (1987)
adalah penekanan pada aspek grammar. Di samping itu hasil survey Beeby (1991)
menjelaskan bahwa pada umumnya materi peiajaran yang diberikan hanya...
2002
S2795
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
This research was aimed giving example empirically the way in evaluating test item quality to teachers of english at public junior high schools using item response model......
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Sinaga, Nenni Triana, author
Universitas HKBP Nonmensen, 2017
VISI 25:1 (2017)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Reading journal is one way to record students' independent learning based on text they read. This study was conducted to find out the students' level of reading comprehension through some notes written in the reading journal, the extent to which the activity of writing reading journals improved students reading...
LINCUL 8:2 (2014)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Ni`matuzahroh, author
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
T38286
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Rafika Ariani, author
Membaca merupakan salah satu kemampuan terpenting yang diperlukan anak usia sekolah dasar dan sasaran pendidikan bagi siswa sejak usia sekolah dasar (Kishore, 2014; Meisinger, Schwanenflugel, Bradley, & Stahl, 2004, dalam Mursitolaksmi, 2007). Sayangnya, kemampuan membaca masih menjadi fenomena yang bermasalah di Indonesia, yang menunjukkan kompetensi membaca yang rendah dari setiap...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T44924
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Fransisca, author
Penelitian ini ditujukan untuk membuktikan apakah pemberian intervensi individual berupa aktivitas motivasional dan strategi membaca BaTaRang Baca, Tanya, Rangkum dapat meningkatkan motivasi membaca dan kemampuan pemahaman bacaan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan desain subjek tunggal pada siswa SMP dengan slow learner. Program diberikan selama 10 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T47025
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library