Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dianti Ratih Ramadhani
"Skripsi ini mendeskripsikan fenomena presentasi diri yang dilakukan oleh perempuan sebagai anggota komunitas berukuran tubuh ekstra, yaitu komunitas Xtra L, Kombes (Komunitas Besar) Indonesia, dan Kagumi (Ikatan Wanita Gemuk Indonesia). Penelitian ini merupakan penelitian fenomenologi yang bertujuan untuk mendeskripsikan pengalaman informan secara langsung terkait fenomena. Dalam penelitian ini, data utama yang peneliti gunakan berupa perkataan langsung dari informan, ataupun dokumentasi pribadi yang menggambarkan presentasi diri informan sebagai anggota komunitas berukuran tubuh ekstra. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa bentuk presentasi diri informan secara offline adalah pembenahan penampilan dan menganut pola hidup sehat. Penelitian ini juga memperlihatkan bahwa identitas kolektif sebuah kelompok dapat membentuk cara informan mempresentasi.

The focus of the study is to describe the self presentation phenomenon women as female members of Xtra L, Kombes (Big Community) Indonesia, and Kagumi (Association of Obese Women Indonesia). The purpose of this research is to describe the experience of each members of how they present themselves as a member of the community. Researcher did in-depth interview to seven informants and analyzing informant’s online personal documents to see their self presentation strategy. This research found that informant’s offline self presentation strategy is through managing their appearance and following a healthy lifestyle. Also, their motivation to do an online self presentation is by doing a self-monitoring and affinity seeking behavior. This research also showed that the strategies that informants use to present themselves were also shaped by the collective identity of their community.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S58659
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Tsaura Humane Ittihadia
"Penelitian ini membahas mengenai hubungan presentasi diri dengan kesejaheraan subjektif mahasiswa yang menggunakan media sosial. Memiliki kesejahteraan subjektif yang tinggi dapat membantu melindungi mahasiswa dari afek negatif terhadap situasi yang membuat stress, depresi, serta tertekan. Salah satu aspek yang dapat mempengaruhi kesejahteraan subjektif adalah presentasi diri yang dilakukan lewat media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis survei. Sampel dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan metode probability sampling dengan teknik stratified random sampling, sedangkan untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner. Responden dalam penelitian ini berjumlah 92 mahasiswa program sarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia angkatan 2020 dan 2021. Berdasarkan hasil uji korelasi kendall’s tau-b, terdapat hubungan positif yang sangat lemah antara presentasi diri dan kesejahteraan subjektif dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,124. Hal tersebut menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat presentasi diri yang dilakukan oleh individu, makan akan semakin tinggi kesejahteraan subjektif yang dirasakan oleh individu.

This study discusses the relationship between self-presentation and subjective well-being of students who use social media. Subjective well-being is an important component in the life of a college student. Having high subjective well-being can help college students from being negatively impacted by situations that are stressful, and despressing. One aspect that can affect subjective well-being is self-presentation. Therefore, this study aims to determine the relationship between self-presentation and subjective well-being in college students who use social media. This study uses a quantitative research approach with a survei type. The sample in this study was measured using the probability sampling method with stratified random sampling technique, while the research instrument used was a questionnaire. Respondents in this study were 92 undergraduate students at the Faculty of Social and Political Sciences, University of Indonesia, class of 2020 and 2021. Based on the results of Kendall's tau-b correlation test, there is a very weak positive relationship between self-presentation and subjective well-being with a correlation coefficient of 0.124. This shows that the higher the level of self-presentation carried out by individuals, the higher the subjective well-being felt by a person."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nanda Flashiela Afedra
"Kegunaan ruang digital sebagai tempat berinteraksi dimaanfatkan untuk interaksi profesional. Fokus penelitian ini adalah pemilihan strategi promosi diri dan pembentukan impresi oleh individu lulusan perguruan tinggi untuk menciptakan identitas profesional di media sosial LinkedIn dan identitas daring. Penelitian ini bertujuan untuk mendalami penggunaan medium LinkedIn untuk identitas profesional dari perspektif lulusan perguruan tinggi yang baru memulai karier. Strategi penelitian yang diambil yaitu sosial konstruksionisme, dengan metode pengumpulan data wawancara mendalam serta observasi, dan data dianalisis menggunakan koding dan teknik analisis tematik. Temuan dari penelitian ini yaitu strategi promosi diri diterapkan dalam pembentukan profil, dan identitas profesional dipertahankan lewat berkoneksi, berinteraksi, dan membuat unggahan. Proses manajemen impresi berperan dalam penentuan strategi promosi diri di identitas daring lain. Lulusan perguruan tinggi turut menyesuaikan identitas di media sosial lain dengan yang ditunjukkan di LinkedIn. Identitas profesional secara aktif dibangun di LinkedIn dan cara tradisional seperti resume tetap digunakan untuk pencarian kerja.

Digital spaces host various interactions, including professional interactions. The focus of this research is to see self-branding strategy and impression management efforts employed by university fresh graduates to shape their professional identity in LinkedIn and other online identities. This research aims to explore the usage of LinkedIn for professional identity from university fresh graduates’ perspectives as entry-level job seekers. This research uses social constructionism strategy, with in-depth interview as data collection method and thematic analysis to analyze findings. The study found self-branding strategy is used in LinkedIn profile creation to shape professional identity. Their professional identity is maintained through connecting and interacting with others and posting their achievements. Impression management plays a role in determining fresh graduates’ self-branding strategy in their other online identities. University fresh graduates also align their identity across other media social to their LinkedIn profile. While professional identity is actively used in LinkedIn, traditional methods are still used to support their job-seeking activities, such as providing a resume."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library