Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 385 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Clara Francine Paramesvari
Abstrak :
Laporan magang ini disusun untuk mengevaluasi prosedur pembuatan user interface dan user development khususnya mengenai wireframing dan usability testing yang dilakukan oleh PT ABC dan kliennya di industri telekomunikasi untuk aplikasi B2B yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kapabilitas UMKM. Fokus laporan magang ini adalah untuk mengevaluasi kesesuaian antarmuka pengguna dan prosedur pengembangan pengguna yang dilakukan oleh PT ABC dan kliennya dengan teori, standar, dan peraturan yang berlaku. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa prosedur pembuatan user interface dan user development PT ABC dan client telah dilakukan sesuai teori, standar, dan regulasi yang berlaku. Selain itu, laporan ini juga membahas refleksi diri penulis selama magang di PT ABC. Pengalaman magang yang dialami penulis menjadi sarana evaluasi dan perbaikan diri di masa yang akan datang. ...... This internship report was prepared to evaluate the procedures for making user interfaces and user development especially concerning wireframing and usability testing carried out by PT ABC and its clients in the telecommunications industry for Business-to-Business applications that were created with the aim of increasing the capabilities of MSMEs. The focus of this internship report is to evaluate the suitability of the user interface and user development procedures carried out by PT ABC and its clients with applicable theories, standards, and regulations. The results of the evaluation show that the procedures for making user interfaces and user development of PT ABC and the client have been carried out according to applicable theories, standards, and regulations. In addition, this report also discusses the author's self-reflection during his internship at PT ABC. The internship experience experienced by the author becomes a means of evaluating and improving himself in the future.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andamsari
Abstrak :
Tesis ini meneliti intcraktivitas portal pcmbelajaran e-dukasi.net berupa fitur-fitur interaktif dan anggapan interaktivitas yang dihubungkan dengan karaktcristik dcmograti pengguna, intensitas penggunaan Internet dan e-dukasi.net, serta motivasi mengakses, yang didasari teori Uses & Gratfcations, didukung konsep ‘media baru’ yaitu komunikasi bersarana kornputer (CMC) dan intemktivitas. Penelitian kuantitatif dengan desain ekspianatif memperoleh 480 responden dari metode sm'vei oniine. Data dianalisis menggtmakan model persamaan struktuml (SEM), menunjukkan bahwa karakteristik demograti memiliki hubungan signiiikan dengan intensitas menggunakan Intemet dan e-dukasi.net. Fitur sistem, konten, dan komunikasi memiliki pengaruh yang kuat bagi pengguna dalam menggunakan fitur-fitur interaktif e-dukasi.net. 'Anggapan interaktivitas' oleh pengguna menempati posisi terlinggi pada intcraktivitas dalam sistem, disusul oleh interaktivitas dalam dokumen/konten, dan interaktivitas antar pengguna.
This thesis analyzes interactivity of learning portal of e-dukasi.net as interactive features and perceived interactivity linked with demography characteristic of user, intemet usage intensity and e-dukasinet access, and also accessing motivation. Based on theory of (Lees & Gratyications, supported by concept of new media which is computer mediated communication (CMC) and interactivity. Quantitative research with explanative design gets 480 respondents of online survey method. Data was analyzed by using Structural Equation Model (SEM), point out that demography characteristic have significant relationship with intensity of intemet usage and e-dukasi.net access. System, content, and communication features have adequate influence for user to utilize interactive features of e-dukasi.nct. Perceived interactivity by user stays at highest position on interactivity in the system, overtaken by interactivity in document or content, and interactivity among users.
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33808
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rezaqul Khaq
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan metode elemen hingga yang begitu pesat menjadikan perangkat lunak untuk analisis elemen hingga ABQ FEA memberikan fasilitas kepada penggunanya untuk melakukan analisis elemen hingga dengan mendefinisikan rumusan elemennya sendiri melalui user subroutine UEL yang ditulis dalam bahasa pemrograman Fortran 77 User subroutine UEL untuk elemen DKMT Komposit dibuat yang kemudian digunakan untuk menganalisis lendutan tengah bentang pelat komposit persegi perletakan sederhana dengan beban terbagi merata menggunakan rumusan elemen DKMT Hasil lendutan tengah bentang memperlihatkan konvergensi yang sangat baik terhadap referensi solusi analitik 3D dari Srinivas
ABSTRACT
Rapid Development of finite element method makes Finite Element Analysis Program ABQ FEA providing facility toward user for doing finite element analysis by defining element formulation via user subroutine UEL which is written in Fortran 77 programming language. User subroutine UEL for composite DKMT element is made which is then used to analyze middle span displacement of simply supported rectangular composite plate under uniform loading. Displacement result shows good convergence toward refenrence analytical 3D solution by Srinivas.
Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S57242
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abstrak :
[Tahap pemilihan rute merupakan salah satu tahap dalam perencanaan transportasi yang bertujuan untuk mendapatkan debit kendaraan pada tiap rutenya. Model pemilihan rute yang biasa digunakan adalah model pemilihan rute berdasarkan prinsip user equilibrium yang dikembangkan oleh Wardrop pada tahun 1952, dimana keadaan lalulintas dianggap tetap (statis). Kondisi user equilibrium bersifat statis tidak dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah transportasi bersifat real time atau keadaannya berubah-ubah (dinamis). Untuk itu, diperlukan kondisi user equilibrium yang bersifat dinamis (Dynamic User Optimal). Pada skripsi ini akan dibahas model pemilihan rute berdasarkan kondisi Dynamic User Optimal yang menggunakan waktu tempuh aktual, yang disebut juga Ideal Dynamic User Optimal. Waktu tempuh aktual adalah waktu tempuh sebenarnya yang dilalui pengendara, pada waktu tempuh aktual tidak ada asumsi keadaan jalan akan tetap seperti pada waktu berangkat. Pemilihan rute berdasarkan Ideal Dynamic User Optimal dapat dimodelkan dalam bentuk permasalahan Variational inequality. Waktu pada permasalahan Variational inequality ini berikutnya diubah menjadi bentuk diskrit dan dibagi menjadi beberapa interval waktu. Selanjutnya dibentuk masalah pemrograman non linear yang setara dengan permasalahan Variational inequality tersebut menggunakan algoritma relaksasi. Algoritma Frank-Wolfe yang disisipkan dengan metode All Or Nothing digunakan untuk menyelesaikan masalah pemrograman non linear yang setara tersebut. Pada model pemilihan rute berdasarkan kondisi Ideal Dynamic User Optimal, waktu tempuh aktual untuk setiap rute dan setiap waktu sesaatnya akan sama dan waktu tersebut adalah waktu minimum. Pada skripsi ini juga diselesaikan masalah pemilihan rute berdasarkan Ideal Dynamic User Optimal pada suatu contoh jaringan transportasi virtual dengan dua nilai awal yang berbeda dan untuk perhitungan digunakan bantuan perangkat lunak., Route choice phase is one of the phases in transportation planning, which aims to determine vehicle flow on every route. Route choice model based on user equilibrium condition is usually used as the route choice model. Static user equilibrium can’t be used to solve dynamic transportation network problem (real time problem). Therefore, Dynamic user equilibrium (commonly named Dynamic User Optimal) is needed to solve this kind of problem. Dynamic User Optimal that uses actual travel time as its travel time is called Ideal Dynamic User Optimal. In this skripsi, Ideal Dynamic User Optimal condition is used to determine vehicle flows on every route. Route choice model based on Ideal Dynamic User Optimal can be modeled into a Variational inequality problem. Time in this Variational inequality problem transformed into discrete type, where the time is transformed into several intervals. Variational inequality problem can be solved by relaxation algorithm. On each relaxation algorithm’s iteration, the Nonlinear Programming model that equivalent with the Variational inequality problem is searched. This Nonlinear Programming is solved by Frank-Wolfe method and All-Or-Nothing algorithm. On route choice model based on Ideal Dynamic User Optimal condition, the actual travel time for every route will be same and it is the minimal travel time that users can achieve. In this skripsi, route choice model based on Ideal Dynamic User Optimal is applied to a simple transportation network with two different initial points and software is used to ease the computation.]
Universitas Indonesia, 2014
S57231
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Aini Perdani Sp.
Abstrak :
[Skripsi ini membahas tentang kepuasan pemustaka terhadap layanan dan pendapat pemustaka terhadap fasilitas di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dalam mengukur kepuasan pemustaka digunakan metode LibQual+TM 3 dimensi yaitu affect of service, information control, & library as place. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pemustaka merasa cukup puas dengan layanan yang diberikan. Perpustakaan telah memberikan layanan prima (service excellence) pada tahapan dasar (basic) yaitu memenuhi kebutuhan dasar pemustaka. Fasilitas perpustakaan dinilai baik oleh pemustaka dimana konsep third place sebagai sarana alternatif rekreasi bagi pemustaka sudah diterapkanSkripsi ini membahas tentang kepuasan pemustaka terhadap layanan dan pendapat pemustaka terhadap fasilitas di Perpustakaan Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Dalam mengukur kepuasan pemustaka digunakan metode LibQual+TM 3 dimensi yaitu affect of service, information control, & library as place. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum pemustaka merasa cukup puas dengan layanan yang diberikan. Perpustakaan telah memberikan layanan prima (service excellence) pada tahapan dasar (basic) yaitu memenuhi kebutuhan dasar pemustaka. Fasilitas perpustakaan dinilai baik oleh pemustaka dimana konsep third place sebagai sarana alternatif rekreasi bagi pemustaka sudah diterapkan;This thesis discusses about user?s satisfaction to the library service and the facilities of Yogyakarta City Library from user?s perspective. This research used quantitative studies with survey method. In measuring user?s satisfaction this reasearch used LibQual + TM method which consists of 3 dimensions are affect of service, information control, and library as place. The results of this study indicate that overall users feel satisfied enough with the services that library given. The library has given service excellence in basic area which is fullfilled user?s basic needs. The facilities in library has good score based on user?s perspective that third place concept as user?s leisure alternative has applied.;This thesis discusses about user?s satisfaction to the library service and the facilities of Yogyakarta City Library from user?s perspective. This research used quantitative studies with survey method. In measuring user?s satisfaction this reasearch used LibQual + TM method which consists of 3 dimensions are affect of service, information control, and library as place. The results of this study indicate that overall users feel satisfied enough with the services that library given. The library has given service excellence in basic area which is fullfilled user?s basic needs. The facilities in library has good score based on user?s perspective that third place concept as user?s leisure alternative has applied.;This thesis discusses about user?s satisfaction to the library service and the facilities of Yogyakarta City Library from user?s perspective. This research used quantitative studies with survey method. In measuring user?s satisfaction this reasearch used LibQual + TM method which consists of 3 dimensions are affect of service, information control, and library as place. The results of this study indicate that overall users feel satisfied enough with the services that library given. The library has given service excellence in basic area which is fullfilled user?s basic needs. The facilities in library has good score based on user?s perspective that third place concept as user?s leisure alternative has applied.;This thesis discusses about user?s satisfaction to the library service and the facilities of Yogyakarta City Library from user?s perspective. This research used quantitative studies with survey method. In measuring user?s satisfaction this reasearch used LibQual + TM method which consists of 3 dimensions are affect of service, information control, and library as place. The results of this study indicate that overall users feel satisfied enough with the services that library given. The library has given service excellence in basic area which is fullfilled user?s basic needs. The facilities in library has good score based on user?s perspective that third place concept as user?s leisure alternative has applied.;This thesis discusses about user?s satisfaction to the library service and the facilities of Yogyakarta City Library from user?s perspective. This research used quantitative studies with survey method. In measuring user?s satisfaction this reasearch used LibQual + TM method which consists of 3 dimensions are affect of service, information control, and library as place. The results of this study indicate that overall users feel satisfied enough with the services that library given. The library has given service excellence in basic area which is fullfilled user?s basic needs. The facilities in library has good score based on user?s perspective that third place concept as user?s leisure alternative has applied., This thesis discusses about user’s satisfaction to the library service and the facilities of Yogyakarta City Library from user’s perspective. This research used quantitative studies with survey method. In measuring user’s satisfaction this reasearch used LibQual + TM method which consists of 3 dimensions are affect of service, information control, and library as place. The results of this study indicate that overall users feel satisfied enough with the services that library given. The library has given service excellence in basic area which is fullfilled user’s basic needs. The facilities in library has good score based on user’s perspective that third place concept as user’s leisure alternative has applied.]
2015
S60919
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Devin Muhammad Hanif
Abstrak :
Pandemi telah membuat banyak orang kesulitan untuk melakukan beberapa aktivitas dan mendorong orang untuk lebih banyak menggunakan aplikasi seluler. Dengan munculnya aplikasi seluler secara global, aplikasi kesehatan tidak terkecuali. Salah satu contohnya adalah dorongan angka unduhan Mobile JKN, sebuah aplikasi yang dirilis oleh BPJS Kesehatan yang bertujuan untuk mempermudah dalam mendapatkan informasi dan layanan bagi warga negara Indonesia. Bapak Ali Ghufron Mukti, Direktur Utama BPJS Kesehatan, menargetkan peningkatan jumlah peserta BPJS Kesehatan menjadi 244,9 juta pengguna pada akhir tahun 2022 dan juga memiliki target yang telah ditetapkan sebelumnya untuk mencapai 265 juta peserta pada tahun 2024. Namun, aplikasi tersebut telah menuai banyak kritik dari para penggunanya. Melalui tulisan ini, Penulis berupaya meningkatkan Mobile JKN untuk lebih meningkatkan kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini mengikuti pendekatan design thinking dengan menggunakan berbagai tools yaitu Kansei engineering, PSSUQ, usability testingprototyping, dan lainnya, untuk membantu pembuatan prototipe yang bertujuan untuk perbaikan dari desain awal Mobile JKN. ...... The pandemic has made it difficult for a lot of people to carry out several activities and has pushed people into resorting to the use of mobile applications even more. With the rise of mobile apps globally, health apps are no exceptions. One example is the push of download numbers of Mobile JKN, an application released by BPJS Kesehatan serving purpose of easier information and service obtaining for Indonesian citizens. Mr. Ali Ghufron Mukti, BPJS Kesehatan’s Managing Director, they have targeted an increase of total BPJS members to 244,9 million by the end of 2022 while also having a previously set target of reaching 265 million members in 2024. However, the app has garnered many criticisms from its users. Through this paper, Author attempts on improving Mobile JKN
to further improve ease of use and user satisfaction. This study follows the approach of design thinking while utilizes various tools, namely Kansei engineering, PSSUQ, usability testing, prototyping, and more, to help the creation of a prototype that is aimed to be an improvement over the original design of Mobile JKN.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhila Bianca Shabrina
Abstrak :
Internet telah mengubah banyak hal dalam kehidupan sehari-hari dengan cara digitalisasi. Salah satu bentuk digitalisasi terjadi pada buku, yaitu e-book. Saat ini, tingkat literasi dan minat membaca di Indonesia saat ini masih cukup rendah, dimana UNESCO (2016) menyebutkan bahwa Indonesia urutan kedua dari bawah soal literasi dunia dari 61 negara. Untuk mengatasi hal tersebut, e-book menjadi salah satu upaya yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca. Salah satu bentuk perkembangan e-book di Indonesia adalah aplikasi Lontara, yang memiliki visi untuk membangun ekosistem literasi masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informasi. Namun menurut survei yang dilakukan kepada pengguna Lontara, saat ini masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi pada aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan rancangan usulan perbaikan dengan fitur-fitur yang sesuai untuk menghasilkan User Experience (UX) aplikasi Lontara yang baik, dengan menggunakan pendekatan design thinking sebagai kerangka utama penelitian. Penelitian ini juga mengukur tingkat usability aplikasi dengan menggunakan metode usability testing yang terdiri dari performance metrics dan self-reported metrics. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mock up dari desain antarmuka aplikasi yang terbukti meningkatkan user experience yang dapat dilihat dari peningkatan nilai completion rate, time on task yang lebih singkat, error rate yang lebih kecil, dan nilai usability yang lebih baik. ...... The internet has changed many things in our daily life with digitization, which also occurs in the book reading activity. Currently, Indonesia's literacy and reading interest level is still low. UNESCO (2016) states that Indonesia ranked 60 out of 61 countries regarding world literacy. To overcome this, e-book is one of the technologies that can be implemented to increase reading interest. Lontara is one of the e-book applications with the vision to build a literacy ecosystem for the Indonesian people by utilizing information technology. However, according to a survey conducted on Lontara users, there are still some problems that occur in the application. This study aims to obtain a proposed design improvement with appropriate features to produce a good User Experience (UX) for the Lontara application, using a design thinking approach as the main framework of this research. This study also measures the usability level using the usability testing method consisting of performance and self-reported metrics. The final result of this research is a mock-up of the Lontara interface design, which is proven to improve the user experience, which can be seen from the increase in the completion rate, shorter time on task, lower error rate, and better usability value.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fathmi
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan perpustakaan dan informasi di Perpustakaan Nasional Rl berdasarkan persepsi dan harapan pemustaka pada tiga dimensi LibQuaJ+TM, yaitu service affect, library as place, dan information control. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan studi kepustakaan yang relevan dan mendukung penelitian ini, dengan jumlah responden sebanyak 129 orang pemustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan informasi di Perpustakaan Nasional Rl sudah baik karena skor persepsi pemustaka lebih tinggi dari harapan minimum, walaupun belum sampai pada harapan idealnya. lni artinya pemustaka merasa puas dengan layanan yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional Rl. Dari ketiga dimensi kualitas LibQuaJ+TM, dimensi information control (I C) adalah yang paling tinggi dengan nilai rata-rata AG 0,89, yang diikuti dimensi service affect (SA) dengan nilai rata-rata AG 0,79. lndikator kondisi perpustakaan yang selalu bersih dan dijaga dengan baik adalah yang memiliki AG positif yang paling besar yaitu sebesar 1, 16. Kekuatan layanan Perpustakaan Nasional Rl terletak pada kondisi perpustakaan yang selalu bersih dan dijaga dengan baik; waktu layanan perpustakaan yang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan; ruang perpustakaan yang nyaman; dan kenyamanan waktu dalam mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Kelemahan layanan perpustakaan dan informasi Perpustakaan Nasional Rl pada koleksi e-resources dan koleksi tercetak yang belum memenuhi kebutuhan informasi pemustaka.
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2017
020 VIS 19:2 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Fatmawati
Abstrak :
Disadari oleh adanya perubahan konsep ruang perpustakaan yang semula tradisional dan saat ini menjadi lebih modern menjadi latar belakang mengapa penelitian ini dilakukan. Konsep praktik pemaknaan dalam penelitian bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pemustaka menandai sekaligus memaknai ruang perpustakan fakultas ekonomika dan bisnis UNDIP. Hal ini untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif dengan melakukan analisis kritis terhadap praktik pemaknaan pemustaka atas ruang perpustakaan. Metodenya dengan menggunakan etnografi baru. Pengumpulan data dengan observasi partisipan, wawancara, dan studi pustaka. Informan berjumlah empat yang dipilih secara purposif. Hasilnya ruang perpustakaan dimaknai sebagai tempat yang nyaman untuk berselancar ke internet, tempat untuk menghabiskan waktu luang selepas kuliah, tempat orang pintar, dan kemudian menjadi media untuk mengonstruksi identitas pemustaka yang bergaya hidup modern.
Jakarta: Pusat jasa Perpustakaan dan Informasi ( Perpustakaan Nasional RI), 2016
020 VIS 18:1 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yunita Riris Widawaty
Abstrak :
Antarmuka perpustakaan digital menjadi jembatan yang menghubungkan kebutuhan informasi pemakai dengan sumber-sumber dan layanan yang ada di perpustakaan. Oleh sebab itu pengembangan antarmuka perpustakaan digital harus melibatkan pemakai secara aktif sejak perencanaan sampai evaluasi. Salah satu cara mengevaluasi antarmuka dikenal dengan nama uji ketergunaan atau usability testing. Uji ketergunaan adalah mengukur kemudahan digunakan, kemudahan dipelajari, efsiensi dan kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat ketergunaan antarmuka AtmaLib, mengidentifikasi masalah-masalah yang ditemui pemakai sewaktu menggunakan AtmaLib, dan mengetahui perubahan-perubahan yang harus dilakukan pada AtmaLib. Kriteria ketergunaan yang diujikan meliputi kemudahan digunakan, kemudahan dipelajari (langkah-langkah, istilah yang digunakan, kecepatan sistem, waktu, dan konsistensi), kesalahan, dan bahasa yang sebaiknya digunakan AtmaLib. Enam orang responden dipilih dengan memperhatikan latar belakang, keaktifan, pengetahuan, ketrampilan, dan frekuensi penggunaan Internet dan AtmaLib. Pengumpulan data dilakukan dengan meminta keenam responden mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan setiap menu dan sub menu di AtmaLib, wawancara mendalam dan catatan pengamatan. Perekaman data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak CamStudio t8 dan tape recorder. Data yang didapatkan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian yang didapatkan, adalah : 1. Terdapat 12 menu dan 7 sub menu yang termasuk dalam kategori yang mudah digunakan, yaitu Pencarian (berdasarkan subyek), melakukan Login, Usulan pembelian buku (Request New Collection), Daftar buku yang diusulkan (My Book Resquest), Daftar file yang telah dimasukkan atau di-upload (My Uploaded Collection), Profil pemakai (My User Profile), Mengubah password (Change My Password), Profil Perpustakaan (About Us), Berita-berita terbaru di perpustakaan (News), Pencarian buku di perpustakaan lain (Links), Most Wanted Collections, Most Popular Collections, Most Active Students, Most Active Employees, The Largest Collections by Departments, The Largest Collections by Subjects, The Largest Collections by'Authors. 2. Mudah dipelajari. a. Langkah-langkah yang dilakukan oleh seluruh responden terhadap 12 menu yang dikerjakan dengan benar adalah sama yaitu dengan meng-klik menu yang dimaksudkan. b. Terdapat 10 istilah yang tidak dapat dimengerti oleh para responden, meliputi Type, Fulltext, Borrowable, My Upload, Ask Librarians, Most wanted collections, dan Most popular collections. c. Seluruh responden menyatakan kecepatan AtmaLib sudah cukup dalam memberikan respons kepada setiap perintah yang diberikan. d. Sebagian besar soal dikerjakan lebih cepat oleh pemakai terampil (pencarian berdasarkan subyek dan Profil perpustakaan (About us). e. Hanya terdapat satu ketidak-konsistenan yang ditemukan oleh responden, yaitu pada nama menu dan tajuk pada menu tersebut (My Resume). 3. Terdapat enam kesalahan dilakukan AtmaLib sewaktu pengujian, yaitu tidak dapat melihat fulltext, tidak berhasil melakukan login, tidak muncul halaman konfirmasi usulan buku (Request new collection), tidak muncul halaman konfirmasi Upload, tidak muncul halaman User profile, dan tidak muncul halaman Most popular collections. 4. Tiga responden mengusulkan untuk menggunakan dua bahasa (Indonesia dan inggris) di AtmaLib. Sedangkan tiga lainnya mengusulkan hanya dalam bahasa Inggris saja. 5. Masalah-masalah yang terdapat di AtmaLib adalah : a. Istilah yang digunakan. b. Cara penggunaan menu dan sub menu. c. Ketidaktahuan responden pada penggunaan menu tertentu. d. Letak menu. 6. Usulan-usulan perbaikan yang diberikan responden adalah : a. Memberikan keterangan pada tiap-tiap menu. b. Meningkatkan kecepatan AtmaLib dalam memberikan respons. c. Menghilangkan kesalahan (error) pada AtmaLib. d. Meningkatkan konsistensi . pada menu-menu yang terdapat di AtmaLib. e. Memberikan pilihan bahasa Indonesia, selain bahasa inggris yang telah digunakan AtmaLib. f. Menambahkan menu yang memberitahukan status buku yang sedang diperbaiki
Digital library interface is a mean that relates users information needs with resources and services available in the library. It's therefore necessary to involves users in the development of digital library interface, i.e. from planning to evaluation. One of the ways to evaluate interface is by using usability testing. Usability testing measures usability, learnability, and efficiency of the user's satisfaction. The objective of this research is to find usability of AtmaLib interface, to identify problems facing users when use AtmaLib, and to see the change must be done in AtmaLib. Usability criterion included easy to use, easy to learn (the steps that taken, terms used, system speed, time, and consistency), errors, and language that must be used by AtmaLib. Six respondents were chosen based on their background, knowledge, skills, and the use of Internet and AtmaLib. They were required to perform several tasks regarding .to menu and submenu of AtmaLib. They were encourage to ask and speak out the problems they found. Interviews were also carried out to find the problems they face and solutions to make. The data recorded by using CamStudio 1.8 software and tape recorder. The data that has been obtained then was analyzed quantitatively and qualitatively. The result of the research shows that: 1. Easy to use. There is 12 menus and 7 submenus classified into usability, that is Search (based on subject), Login, Request New Collection, My Book Request, My Uploaded Collection, My User Profile, Change My Password, About Us, News, Links, Most Wanted Collections, Most Popular Collections, Most Active Students, Most Active Employees, The Largest Collections by Departments, The Largest Collections by Subjects, The Largest Collections by Authors. 2. Easy to learn. a. The steps taken by all respondents on 12 menus that is easy to use is same, that is by clicking menu intended. b. There are 10 terms unknown by respondents: Type, Fulltext, Borrowable, My, Upload, Ask Librarians, Most Wanted Collections, and Most Popular Collections. c. All respondents stated that AtmaLib is fast enough in responding every request. d. Most of questions are completed faster by expert users (searching by subjects and library profil About Us). e. Only one inconsistency found by respondents, that is menu name and heading of that menu (My Resume) 3. There are six errors made by AtmaLib during the test: fulltext did not show up, login could not be done, book confirmation page (Request New Collection) did not show up, Upload confirmation page did not show up, User Profile page could not be loaded, Most Popular Collections page did not show up. 4. Three respondents recommend using two languages (Indonesia and English) in AtmaLib, whereas the other three recommend using only English. 5. Problems found with AtmaLib were: a. The use of terms. b. How to use menu and submenu c. Respondent that is unfamiliar with certain menus. d. Location of menus 6. Solution suggestions were: a. To give short explanation on every menu. b. To increase AtmaLib speed in responding. c. To omit errors in AtmaLib. d. To increse consistency in menus on AtmaLib. e. To provide Indonesian, in addition to English. f. To add menu showing book
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
T11221
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>