Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 71 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Dama Dhia Nisrina
"Dewasa ini, bermunculan sosok penghibur maya yang disebut Virtual Youtuber. Mereka merupakan orang-orang yang menggunakan avatar berbentuk karakter fiktif bergaya Anime ketika melakukan siaran daring di Youtube. Avatar tersebut mereka gunakan sebagai perwakilan diri dalam bertelepresensi di ruang virtual. Dalam telepresensinya, para Virtual Youtuber menyajikan beragam hiburan seperti permainan video, stand up comedy, karaoke, bahkan berbincang langsung dengan pemirsanya. Kendati hanya merupakan karakter animasi di balik layar gawai, para penonton memperlakukan mereka selayaknya manusia. Menggunakan metode analisa kritis dan teori hiperealitas Baudrillard, penulis menemukan bahwa dalam telepresensinya, Virtual Youtuber membawa dua syarat penting dalam fenomena telepresensi. Yaitu simulakra dan simulasi. Keduanya merupakan bentuk replikasi dari objek referal yang eksis di dunia. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa telepresensi Virtual Youtuber bersifat hipereal karena referensi inti simulasi dan simulakra mereka diperoleh dari manusia itu sendiri.

As of recently, appears a new cast of virtual entertainers that called themselves Virtual Youtubers. These entertainers are essentially people who used avatars shaped and drawn in the style of anime characters that came to the forefront whenever they streamed themselves live over at Youtube. These avatars themselves are used as the representations for the people behind these virtual youtubers, as they were telepresenting themselves in the virtual environment. Included in their act of telepresence, are the various genres of entertainment that they could offer, ranging from playing video games, stand up comedy, singing karaoke, even interacting directly with their audience. Despite being nothing but a two-dimensional characters under the screen of electronic devices, the member of the audience are treating them as if they were just another human being. Through the utilization of critical analysis and Baudrillard's theory of hyperreality, the researcher has found that in its telepresence, Virtual Youtubers had brought over two important conditions in the phenomenon of telepresence, which are simulacrum and simulation. Both are forms of
replication of referral objects which exist in the material world. Thus, it can be concluded that the telepresence of virtual youtubers possessed a hyperrealistic characteristic due to the object of reference used by the process of simulation and simulacrum utilized came from human beings themselves.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Burgess, Jean
Cambridge, Massachusetts: Polity, 2018
302.231 BUR y
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Dominikus Juju
Jakarta: Elex Media Komputindo, 2009
004.678 DOM t
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
"Latar belakang: Menyiasati upaya promosi kesehatan dalam hal pengendalian penyakit dengan menggunakan media atau jejaring sosial merupakan sebuah terobosan inovatif bagi sebuah wilayah dengan jangkauan yang sangat luas seperti Indonesia dan bahkan dunia global. Terdapat peningkatan secara signifikan dari jumlah promosi kesehatan yang disebarluaskan melalui platform video pada media sosial, seperti YouTube, Vimeo, dan Veoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ketersediaan informasi tentang penyakit demam berdarah dengue (DBD) pada media sosial YouTube dan potensi media sosial YouTube sebagai salah satu media promosi kesehatan untuk penyebarluasan pengetahuan. Metode:
Pada penelitian ini situs media sosial yang dipergunakan adalah website atau situs video hosting paling populer di dunia, ‘YouTube’, dengan kata kunci ‘dengue haemorrhagic fever’. Video yang dipilih berkaitan dengan DBD secara langsung, video yang menggunakan Bahasa Inggris yang diikutkan dalam penelitian ini, menggunakan huruf latin dalam keterangan videonya; dengan durasi kurang atau sama dengan 5 menit. Terpilih 76 video yang dianalisis dengan metode analisis isi terhadap isi video. Hasil: Penelitian menunjukkan dari 76 video terbagi menjadi kategori pencegahan, pengendalian, penularan, penatalaksanaan, pengobatan DBD, dan kategori lainnya. Kategori informasi lainnya menjelaskan klasifikasi
derajat keparahan infeksi virus dengue, vektor DBD (morfologi, bionomik), fase instrinsik virus dengue dan beberapa penelitian yang dilakukan sebagai upaya penemuan vaksin dengue. Kesimpulan: Ketersediaan informasi tentang DBD pada media sosial YouTube dirasa masih sangat kurang. Saran: Media sosial YouTube sangat berpotensi sebagai salah satu media promosi kesehatan untuk penyebarluasan informasi tentang DBD."
613 BULHSR 17:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Dimas Indiarto Sumiko
"Penggunaan Youtube sebagai sumber informasi meningkat khususnya dalam konteks ketika konsumen ingin membeli sesuatu. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pengaruh konten rekomendasi produk di Youtube untuk meningkatkan niat membeli secara impulsif produk yang direkomendasikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Kuesioner digunakan sebagai instrumen untuk pengumpulan data. Responden yang dilibatkan dalam penelitian ini adalah 338 pengguna Youtube di Indonesia yang menonton saluran Youtube GadgetIn setidaknya di tahun lalu. Data diproses menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dan menggunakan perangkat lunak Lisrel 8.0. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa karakteristik sinyal tertentu memiliki efek pada kepercayaan pada merekomendasikan dan kasih sayang produk untuk menciptakan perilaku pembelian impulsif pelanggan.

The use of Youtube as source of information is increasing specially in a context when consumers want to buy something. This study aims to understand the effect of product recommendation content on Youtube to increase the intention to buy impulsively the products recommended. This study uses a quantitative approach. The questionnaire is used as an instrument for data collection. Respondent who were included in this study are 338 Youtube users in Indonesia who watched GadgetIn Youtube channel at least in last year. Data is processed using the Structural Equation Modeling SEM method and using Lisrel 8.0 software. The result of the study concluded that certain signals characteristics have an effect on trust in recommender and product affection in order to create an impulsive buying behaviour of customers."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Diptanta Wahya Jati Nugraha
"Tulisan ini mendiskusikan bahasan mengenai pemanfaatan YouTube dalam dunia periklanan di Indonesia yang menitikberatkan pada gagasan bahwa paling tidak di Indonesia YouTube kini menjadi salah satu media periklanan yang baru. Penggunaan YouTube sebagai media iklan menimbulkan pertanyaan mengapa dunia periklanan memilih YouTube. Tulisan ini membahas permasalahan tersebut dengan menggunakan konsep internet advertising, dengan menekankan pada bagaimana para pengiklan menggunakan YouTube. Tulisan ini menyimpulkan bahwa para pengiklan menggunakan YouTube karena keunggulannya sebagai media iklan dalam hal efisiensi, efektivitas, pengelolaan, dan biaya yang terjangkau, dibanding dengan media lain.

The article discusses a topic about the utilization of YouTube in Indonesia’s advertising which emphasizes on idea that, at least in Indonesia, YouTube becomes one of new advertising media. The utilization of YouTube as advertising media causes wonderment why it is chosen. The article discusses that problem using internet advertising concept with emphasizing on how advertisers use YouTube. The article concludes that advertisers use YouTube because of its excellences as advertising media such as efficiency, effectiveness, manageable, and low cost, than the others media.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Annisa Inggita P.
"Perkembangan teknologi internet di bidang audio visual menciptakan sebuah video streaming platform yang menggeser peran TV terestrial sebagai media informasi dan hiburan. Pergeseran ini telah terlihat bukan hanya dari sisi teknologi distribusinya, tetapi juga dari sisi bisnis. Salah satu video streaming platform paling populer adalah situs Youtube, yang akan menjadi bahan penelitian dalam penulisan ini. Permasalahan yang diangkat dalam penulisan ini adalah (1) Bagaimana pengaruh pergeseran media menonton video terhadap jenis konten video, dan (2) Video seperti apakah yang sebaiknya dibuat oleh penyedia konten di Youtube. Tujuannya untuk mengetahui pengaruh pergeseran media menonton video terhadap konten video dan mengetahui jenis video yang sebaiknya dibuat oleh penyedia konten di Youtube. Penulisan dilakukan dengan cara mengadakan survei sederhana. Hasilnya, didapatkan bahwa pergeseran media menonton video tidak berpengaruh terhadap jenis konten video yang sudah ada, namun pergeseran ini menciptakan jenis konten video baru. Jenis konten video baru yang muncul pada platform video streaming Youtube, seperti vlog dan webseries.

The evolution of internet technology in the field of audio-visual creating a video streaming platform which shifts the role of TV as a medium of information and entertainment. This shifting has been seen not only in terms of its distribution technology, but also from the business side. One of the most popular video streaming platform is Youtube site, which will be the subject of research in thhis paper. Issues raised in this paper are (1) How the influence of the shifting of watching video medium to the type of video content, and (2) What kind of video that should be made by the provider of the content on Youtube. The goal is to find out the shifting effect to the type of video content and to determine the type of video that should be made by the provider of the content on Youtube. The writing is done by conducting a simple survey. As a result, it was found that the shifting of media watching video does not affect the type of video content that is already there, but shift is creating new types of video content that appears on Youtube streaming video platform, such as vlog and webseries and 2 What kind of video that should be made by the provider of the content on Youtube The goal is to find out the shifting effect to the type of video content and to determine the type of video that should be made by the provider of the content on Youtube The writing is done by conducting a simple survey As a result it was found that the shifting of media watching video does not affect the type of video content that is already there but shift is creating new types of video content that appears on Youtube streaming video platform such as vlog and webseries.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Ariani
"Beberapa tahun belakangan, program yang menggunakan video YouTube sebagai sumber utama produksi siaran marak bermunculan di layar kaca televisi Indonesia. Membuat program dengan video YouTube sangatlah mudah dan murah dibanding dengan memproduksi sendiri suatu tayangan. Dengan bermodalkan waktu dan biaya yang sedikit, program sejenis ini dapat mendulang keuntungan yang sangat besar. Pionir dari program 'Courtesy of YouTube' ini adalah On The Spot yang ditayangkan oleh Trans 7 sejak tahun 2010. Meskipun program On The Spot meraih kesuksesan, terdapat beberapa masalah yang menghadangnya, yaitu masalah copyright dan validitas informasi.
Penelitian ini bermaksud untuk menganalisa acara On The Spot dilihat dari peraturan YouTube, Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan opini masyarakat dari tahap produksi, konsumsi sampai distribusi. Pada akhirnya, On The Spot menjadi kontroversi dan terbukti melanggar peraturan yang ditetapkan oleh YouTube dan KPI.

In recent years, programs that use YouTube's videos as the main source of its production are widely spread in Indonesia's television industry. Creating a program with YouTube's video is very simple and inexpensive, compared with producing the original one. It only takes a little time and low cost to gain a very satisfying revenue. The pioneer is 'On The Spot', which has been broadcasted by Trans 7 since 2010. Despite its success, there are some serious problems with this program, involving copyright and information's validity issue.
This research is made to analyze the 'On The Spot' program from the perspective of YouTube's term of service, Komisi Penyiaran Indonesia's (KPI) regulation and public opinion, from production to consumption and distribution level. In the end, 'On The Spot' has become a controversy and has been caught violating the rules that has been established by YouTube and KPI.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Ivan
"Tesis ini membahas tentang produksi pesan video di Youtube. Produksi pesan video blogging dalam penelitian ini menunjukkan bagaimana isu-isu agama dikemas dalam sebuah video. Dengan menggunakan analisis tekstual kualitatif melalui metode analisis wacana Teun Van Dijk ditemukan (1) bahwa produksi pesan video sangat berkaitan erat dengan latar belakang, pengetahuan, pengalaman, dan nilai-nilai budaya pembuat video. (2) Bahwa gaya bicara langsung, lugas, dan berterus terang merepresentasikan budaya low context yang secara tidak langsung menggambarkan nuansa liberalisme pemikiran yang kental. (3) Penggunaan humor dan bahasa vulgar yang tertanam dalam video merupakan pendukung utama penyampaian pesan.

This thesis discusses the production of video message on YouTube. Video blogging message production shows how religious issues are packed in the video. By using qualitative textual analysis through Teun Van Dijk discourse method found; (1) video messages production are intimately associated with the background, knowledge, experience, and cultural values of the video maker (2) That the direct speaking style, to speak fluent, and fortright represent a low context culture, which indirectly describes liberalism thought (3) The use of humor and vulgar language embedded in the video is the main support to delivery the messages."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sitohang, Indra C.
"Tesis ini membahas mengenai legalitas atas hak cipta lagu parodi yang diunggah di dalam layanan berbagi video YouTube dengan mengkaji sejauhmana Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta mengatur hal tersebut termasuk perlindungan terhadap hak moral dan hak ekonomi pencipta dan pelaku pertunjukan lagu asli. Dengan kemajuan teknologi, kepastian hukum atas suatu ciptaan lagu yang ditransformasikan menjadi parodi dan kemudian diunggah di internet sangatlah penting untuk dikertahui oleh pencipta dan pelaku pertunjukan lagu asli. Terdapat dua cara untuk mengetahui sejauhmana suatu lagu parodi yang diunggah melalui YouTube adalah sah ataukah bertentangan dengan UUHC. Jika terjadi pelanggaran hak cipta, maka pencipta dan pelaku pertunjukan lagu asli berhak atas perlindungan hukum dengan cara mengajukan penghentian, gugatan perdata, maupun tuntuan pidana yang diatur di dalam UUHC, UU ITE dan Copyrigts on YouTube.

This thesis discusses the legality to Copyright of Parody Song which being uploaded in video-sharing website, YouTube by analyzing at how far The Law of Republic of Indonesia Number 28 Year 2014 Regarding Copyright regulates this matter including the protection of moral right and economic right of the original songwriter and performer. With the progress of technology, legal certainty of the song which being transformed to parody and also uploaded to internet is very important for original songwriter and performer to know. There are two ways to find out about a parody song which were uploaded through YouTube be valid or contrary to UUHC. When there is a violation of copyright, the original songwriter and performer have a rights to access legal protection by reporting the termination, filing a lawsuit for compensation, and criminal charges as governed in UUHC, UU ITE, and Copyrights on YouTube."
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
T45878
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8   >>