Ditemukan 21 dokumen yang sesuai dengan query
Danar Nugroho Wicaksono
"Penggunaan teknologi informasi inovatif baru pada sektor retail telah banyak diterapkan. Salah satunya adalah kiosk elektronik yang digunakan pada minimarket di Indonesia. Akan tetapi karena layanan dengan menggunakan mesin ini masih tergolong baru, banyak kesulitan yang dialami pengguna serta rancangan user interface yang belum ramah pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi usability dari user interface mesin kiosk elektronik yang digunakan sehingga dapat diketahui bagaimana rancangan user interface agar pengguna merasa nyaman menggunakan mesin kiosk elektronik tersebut. Pengujian usability dilakukan dengan metode usability testing menggunakan teknik performance measurement, retrospective think aloud (RTA), dan kuesioner System Usability Scale (SUS) serta Questionnaire For User Interaction Satisfaction (QUIS). Setelah mendapatkan letak permasalahan usability langkah selanjutnya adalah mendesain ulang user interface sistem yang memiliki masalah. Sebagai hasilnya adalah rancangan perbaikan user interface sistem kiosk elektronik yang dapat meningkatkan kemudahan penggunaan mesin tersebut.
Innovative information technologies have commonly used in retail business. One of them is electronic kiosk that operated in various convenience store in Indonesia. However, this is a newly established kind of retail service and many users find the user interface is too confusing ,thus make this machine difficult to operate. This research is aming to measure the usability of electronic kiosk so the user can use it easily. To measure the usability, we use usability testing method such as performance measurement, retrospective think aloud, System Usability Scale (SUS), and Questionnaire For User Interaction Satisfaction (QUIS). The result of this research is a recommended user interaction design for electronic kiosk that allows the user to use electronic kiosk machine easily."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S58909
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Priyo Raharjo
"Creating a university librarys website needs to pay attention to usability aspect as a key of success and also as a user requirement for a website existence. The purpose of this research is to identify and analyze what problem would user facing and also giving a recommendation for maintenance in websites interface to become more user-friendly. In this research, we did usability test to Universitas Mercu Buana librarys website using cognitive walkthrough method. A Cognitive walkthrough is a method to test usability where tester does series of task scenario to reach its goal. Usability test component covers effectiveness and efficiency. The result of this testing shows that the rate of finished task scenario from respondent are 90%. The Margin of error in this task scenario are from downloading from ProQuest database article. The average time for respondent completes all the task scenario is 680 seconds. The problem that users facing when using the website are finding book title, downloading thesis, finding journal title, finding article title, and downloading article from ProQuest database. the improvement this website need are adding the new search filter for ProQuest database article, the search box should be on every web pages, collection availability status should be showing in the search result without clicking title or call number, and term naming should be relevant to the content."
Bogor: Perpustakaan IPB, 2016
020 JPI 15:1-2 (2016)
Artikel Jurnal Universitas Indonesia Library
Farhan Fauzan Jamaludin
"Situs Perpustakaan Universitas Indonesia (UI) adalah sistem informasi
perpustakaan digital akademik yang dimiliki oleh Universitas Indonesia atau bisa disebut juga Library Automation and Digital Archive (LONTAR), yang digunakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia sebagai salah satu unit pendukung pengajaran dan penelitian. Dikembangkan mulai dari tahun 2003, situs Perpustakaan UI hingga saat ini belum pernah dilakukannya penelitian terkait evaluasi usability. Selain itu, situs Perpustakaan UI memiliki bounce rate yang tinggi apabila dibandingkan dengan perpustakaan digital Perguruan Tinggi Negeri lainnya, sehingga perlunya diadakan evaluasi pada situs Perpustkaan UI. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pengguna dan kesulitan apa saja yang dimiliki oleh pengguna selama menggunakan situs Perpustakaan UI. Pengguna yang akan diteliti di penelitian ini adalah mahasiswa dan juga alumni dari Universitas Indonesia. Evaluasi usability dan perancangan desain perbaikan dilakukan dengan menggunakan pendekatan User-Centered Design. Evaluasi dilakukan dengan survei daring, usability testing, dan juga contextual interview dengan metode kuantitatif dan kualitatif yang selanjutnya dihubungkan dengan prinsip Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil penelitian dari survei daring dan usability testing serta contextual interview dapat menghasilkan tiga persona dan menunjukkan bahwa usability dari situs Perpustakaan UI yang sekarang perlu dilakukannya perbaikan. Rancangan desain perbaikan yang telah dibuat terbukti menyelesaikan permasalahan usability yang ada, diukur dari completion rate dan time-based efficiency yang meningkat secara signifikan pada situs Perpustakaan UI.
The Universitas Indonesia Digital Library website is an academic digital library information system owned by the Universitas Indonesia (UI) or can be called the Library Automation and Digital Archive (LONTAR), which is used by the Universitas Indonesia students as one of the learning and research support units. Developed since 2003, the UI Digital Library website has never been done any research on usability evaluation, to date. In addition, the UI Library website has a high bounce rate when compared to the other Public Universities Digital Library, so there is a need to conduct an evaluation on the UI Library website. This research was conducted to find out what is needed by the user and what kind of difficulties that user has while using the UI Library website. Users who will be examined in this research are the students and the alumni of Universitas Indonesia. Usability evaluation and design improvements is carried out using the User-Centered Design Approach. Evaluations are carried out with the online survey, usability testing and also contextual interviews with quantitative and qualitative methods which are then linked to the principle of Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. The results of the online survey, usability testing and contextual interview produced three personas of users and show that the usability of the UI Library website needs to be improved. The design improvements that have been made, has been proven to solve the existing usability problem measured by completion rate and time-based efficiency which have increased significantly on the UI Library website."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Luthfi Ferdian
"Mempelajari Alquran adalah sebuah kewajiban bagi orang beragama Islam. Oleh karena itu, banyak upaya telah dilakukan untuk dapat mempelajari Alquran dengan baik dan benar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah merancang sebuah metode pembelajaran Alquran. Saat ini, telah banyak metode pembelajaran Alquran diperkenalkan.Di sisi lain, sudah banyak aplikasi pembelajaran Alquran yang membantu umat Islam dalam mempelajari Alquran.Namun, belum ada aplikasi yang menggunakan metode pembelajaran Alquran denganpenampilan Asbabun Nuzulyang disusun berdasarkan turunnya ayat Alquran. Padahal, jika dilihat secara garis besar, pada zaman dahulu Nabi Muhammad ﷺ mengajarkan umatnya kala itu secara berangsur-angsur sesuai dengan turunnya suatu ayat. Mempelajari Asbabun Nuzul merupakan hal penting dalam mempelajari Alquran. Dengan mempelajari Asbabun Nuzul,seseorang akan mengetahui konteks dari ayat tersebut sehingga dapat menginterpretasikan pelajaran tersebut dengan lebih baik. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain aplikasi pembelajaran Alquran dengan metode penampilan Asbabun Nuzulyang disusun berdasarkan turunnya ayat Alquran. Dalam mengevaluasi desain aplikasi tersebut, penulis menggunakan metode mixed methodyang memadukan antara evaluasi kuantitatif dan kualitatif. Evaluasi dilakukan pada 10 orang responden. Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan bahwa desain aplikasi pembelajaran Alquran yang diteliti memilikirespons yang cukup baik dari segi kualitatif, serta mendapatkan nilai yang cukup tinggi dari perhitungan kuantitatif.
Learning the Qur'an is mandatory for Muslims. That's why, researchers have done several studies to help people learn the Qur'an properly and correctly. One of the efforts made is to design a method of learning the Qur'an. Nowadays, there are many methods to learn the Qur'an that have been introduced. On the other hand, there are many Qur'an learning applications that help Muslims in learning the Qur'an. However, there is no application that uses the Qur'an learning method using Asbabun Nuzulpresentation technique which is compiled based on the verses of the Qur'an were revealed. In fact, in the broad sense, the Prophet Muhammad ﷺtaught his people at that time in gradually manner according to when the verses of the Qur'an were revealed. From this situation, this study aims to evaluate the design of Qur'an learning applications with the Asbabun Nuzulmethod which is to arrange the studies based on when the verses of the Qur'an were revealed. The author uses a mixed method methodology that combines quantitative and qualitative evaluations. Evaluation was carried out on 10 respondents. Based on the evaluation results, it was found that the design of the Qur'an learning application had a good response in terms of qualitative, as well as getting a high enough score from quantitative calculations."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aditya Rizki Auli Dwibangga
"Saat ini Universitas Indonesia (UI) sudah menerapkan Smart Card UI salah satunya untuk daftar kehadiran mahasiswa yaitu sistem Presentronik. Dengan adanya sistem Presentronik, pengisian presensi yang biasanya dilakukan dengan menandatangani kertas presensi dapat digantikan dengan hanya melakukan tap KTM. Akan tetapi sistem Presentronik yang ada pada saat ini masih memiliki kekurangan dan terdapat banyak potensi untuk dikembangkan. Berangkat dari permasalahan tersebut, penelitian ini akan membahas tentang kebergunaan (usability) sistem Presentronik yang ada pada saat ini untuk selanjutnya akan dibuat alternatif desain untuk sistem Presentronik dengan menggunakan metode user-centered design. Penulis membuat alternatif desain untuk sistem Presentronik. Dari hasil alternatif desain partisipan penelitian merasa terbantu dan memberikan nilai yang lebih baik dibandingkan pada penilaian sistem Presentronik yang ada pada saat ini. Setelah mendapatkan hasil evaluasi alternatif desain, penulis membuat rekomendasi desain untuk sistem Presentronik. Hasil dari penelitian ini adalah rekomendasi desain untuk sistem Presentronik dan saran untuk penelitian selanjutnya agar penelitian tersebut dapat berjalan lebih baik lagi.
Currently Universitas Indonesia (UI) has implemented the Smart Card UI, one of which is to register student attendance, namely the Presentronic system. With the Presentronic system, presence attendance, which is usually done by signing the presence paper, can be replaced by just taping the KTM. However, the presentronic system still has shortcomings and there is a lot of potential to be developed. Departing from these problems, this research will discuss about the usability of the current Presentronic system henceforth an alternative design for the Presentronic system will be made using the user-centered design method. The author makes alternative designs for the Presentronic system. From the results of alternative design research participants felt helped and gave a better value than the present Presentation system assessment. After getting the results of the evaluation of alternative designs, the authors make design recommendations for the Presentronic system. The results of this study are design recommendations for the Presentronic system and suggestions for further research so that the research can run better."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Kamrozi
"Kawn POS merupakan salah satu produk aplikasi penyedia layanan service POS (Point of Sales) berdiri sejak tahun 2018 yang dikembangkan oleh salah satu perusahan teknologi swasta di daerah Jakarta Selatan, yaitu PT IndoSterling Technomedia Tbk. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna aplikasi Kawn POS dalam meningkatkan loyalitas dan pengalaman pengguna untuk mempertahankan pengguna agar tidak kehilangan sumber pemasukan potensial PT. IndoSterling Technomedia Tbk. Evaluasi pengalaman pengguna dan usability dilakukan menggunakan User Experience Questionnaire (UEQ), System Usability Scale, Usability Testing dan Wawancara Kontekstual. Hasil dari analisis yang dilakukan menjadi acuan dalam pengembangan desain perbaikan berupa prototipe sebagai hasil akhir dari penelitian ini. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kumpulan feedback dari kuesioner yang disebar kepada seluruh pengguna Kawn POS. Terdapat 67 responden yang terlibat dalam pengisian kuesioner yang telah disebarkan, dan terdapat tujuh pengguna yang terlibat dalam Usability Testing dan Wawancara Kontekstual. Hasil evaluasi UEQ menunjukkan nilai UEQ sudah berada di level yang positif. Namun, ketika menggunakan metode usability testing dan wawancara tekstual ditemukan beberapa area yang perlu dilakukan perbaikan seperti konsistensi bahasa, serta penambahan fitur penghapusan dan edit product ketika dalam proses penjualan. Rekomendasi desain perbaikan yang dilakukan akan dapat menjadi pertimbangan untuk meningkatkan usability dan kepuasan pengguna aplikasi Kawn POS.
Kawn POS is one of the point of sales service application provider products that has been available since 2018, developed by a private technology company located in south jakarta, namely PT. IndoSterling Technomedia Tbk. This research aims to evaluate the user experience of the Kawn POS application in enhancing user loyalty and experience to retain users and prevent potential revenue loss for PT. IndoSterling Technomedia Tbk. User experience and usability evaluation is conducted using the User Experience Questionnaire (UEQ), System Usability Scale (SUS), usability testing, and contextual interviews. The analysis results were used for references in the development of alternative designs in the form of prototypes as the final outcome of this research. The data used in this research consists of feedback collected from questionnaires to be distributed to all Kawn POS users. From the data collection process, 67 respondents were involved in filling out the questionnaires, and seven users participated in usability testing and contextual interviews. The UEQ evaluation results indicate that the UEQ scores are at a positive level. However, when using usability testing and textual interviews. Several areas requiring improvement were identified, such as language consistency and the addition of product deletion and editing features during the sales process. The recommendations for improvement in design will serve as considerations to enhance the usability and user satisfaction of the Kawn POS application."
Jakarta: Fakultas Ilmu Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Emny Harna Yossy
"Saat ini setiap universitas di Indonesia mencoba untuk mempromosikan prestasi dan keunggulan mereka yang didukung oleh website Namun banyak ditemukan website perguruan tinggi yang dikelola dengan seadanya tanpa memperlihatkan esensi inti dan performa dari sebuah perguruan tinggi Terdapat penilaian terhadap perguruan tinggi yang hanya didasarkan oleh penampilan dan isi dari website sebuah perguruan tinggi yang membuatnya mendapatkan rangking website terbaik Hal tersebut akan menyebabkan ketidakakuratan penilaian untuk website perguruan tinggi yang tidak dikelola dengan baik Oleh karena itu studi ini mengusulkan sebuah kerangka untuk mengukur tingkat kegunaan dari situs situs di universitas Indonesia yang dikembangkan oleh Nielsen's Framework Penilaiannya akan dilakukan untuk kriteria learnability efficiency memoribility errors dan satisfaction Hasil dari analisa menyatakan bahwa peringkat lima tertinggi website perguruan tinggi yang usable adalah Universitas Indonesia Universitas Sriwijaya Universitas Udayana Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Katolik Parahayangan kemudian hasil tersebut dibandingkan dengan lima nilai akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional BAN PT tertinggi adalah Universitas Gadjah Mada Universitas Indonesia Institut Teknologi Bandung Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Pendidikan Indonesia sehingga dapat disimpulkan bahwa perguruan tinggi yang mempunyai nilai terbaik dalam penilaian akreditasi BAN PT tidak serta merta memerlukan peringkat situs terbaik
Nowadays every university in Indonesia tries to promote their achievements and excellence through their websites However there are many university's website which are not properly managed neither displaying quintessence core and performance of the university There are some university evaluation which are based solely by the appearance and content of the website of a university This will cause an inaccurate assessment for university websites that are not managed properly and the impact is experienced by many universities Therefore this study proposes a framework for measuring the level of usability of university websites in Indonesia which was developed by Nielsen's Framework 2000 The assessment is based on the criteria of learnability efficiency memoribility errors and satisfaction The results of the analysis shows that the top five universities with higher usability are Universitas Indonesia Universitas Sriwijaya Universitas Udayana Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang dan Universitas Katolik Parahayangan However the value of accreditation from the Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi BAN PT shows that the top five universities are Universitas Gadjah Mada Universitas Indonesia Institut Teknologi Bandung Institut Teknologi Sepuluh November dan Universitas Pendidikan Indonesia "
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2013
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Falahdina Aprilia
"TukangSayur.co merupakan salah satu platform yang diandalkan oleh masyarakat di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan mereka terutama dalam membeli bahan makanan secara daring.Selain itu, dengan adanya TukangSayur.co, masyarakat menjadi lebih sadar akan kesehatan dengan membudayakan memasak di rumah. Sayangnya, masih terdapat bagian dariTukangSayur.co yang dapat diperbaiki, baik dari segi tampilan maupun fungsi onalitas fitur-fitur yang ada. Hal ini menjadi salah satu pendorong dibutuhkannya evaluasi usability pada aplikasi untuk menemukan permasalahan yang dialami pengguna dan menentukan solusi dalam bentuk desain alternatif yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna atau user experience (UX). Pada penelitian ini, metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif berupa survei daring danmetode kualitatif berupa user interview. Pendekatan penelitian ini menggunakan prinsip desain User-Centered Design (UCD). Hasil yang ditemukan pada penelitian ini menyangkut padamasalah usability sehingga membutuhkan perbaikan pada fitur-fitur yang sudah ada dan perancangan fitur baru untuk meningkatkan usability. Solusi desain yang dirancang berdasarkan masalah usability yang ditemukan selanjutnya dievaluasi pada kegiatan Usability Testing (UT). Secara keseluruhan, hasil evaluasi yang diperoleh positif secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil UT yang didapat adalah rata-rata sebesar 97,992% untuk tingkat keberhasilan tugas yang diuji danrata-rata sebesar 98,046% untuk tingkat keberhasilan setiap pengguna. Hasil evaluasi juga menunjukkan bahwa pengguna mendapatkan kesan yang baik dan memberikan umpan balik positif terhadap rancangan desain alternatif.
TukangSayur.co is one of the platforms that people in Indonesia rely on to meet their needs, especially when it comes to buying groceries boldly. In addition, with TukangSayur.co, people arebecoming more aware of their health by making it a habit to cook at home. Unfortunately, thereare still parts of TukangSayur.co that can be improved, both in terms of appearance and functionality of existing features. This is one of the drivers that requires usability evaluation in applications to find problems experienced by users and determine solutions in the form ofalternative designs that can improve user experience or user experience (UX). In this study, the method used is a quantitative method in the form of a survey and a qualitative method in the form of user interviews. This research approach uses design principle of User-Centered Design (UCD). The results found in this study relate to usability problems so that itrequires improvements to existing features and the design of new features to improve usability. Design solutions that are designed based on the usability problems found are then evaluated in the Usability Testing (UT) activity. Overall, the evaluation results obtained were positive quantitatively and qualitatively. The UT results obtained are an average of 97.992% for the success rate of the tasks tested and an averageof 98.046% for the success rate of each user. The evaluation results also show that users get a good impression and provide positive feedback on alternative designs."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Reska Nugroho Sudarto
"Aplikasi Tes Potensi, sebuah platform digital yang digunakan oleh BPSDM Hukum untuk layanan penilaian kompetensi, digunakan untuk menilai kemampuan pegawai di kementerian hukum dan lembaga kementrian lainnya. Dalam penggunaannya, aplikasi ini masih menghadapi beberapa masalah terkait fungsi dan desain antarmuka. Sistem belum optimal untuk penambahan peserta secara massal dan memiliki keterbatasan fungsionalitas yang memperpanjang waktu pemrosesan. Ketiadaan fitur anti-screenshot dan pengawasan peserta yang komprehensif membuka peluang untuk kecurangan. Selain itu, antarmuka yang kurang user-friendly dan beberapa bug menghambat kenyamanan dan kelancaran pelaksanaan penilaian. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengalaman pengguna terhadap aplikasi tes potensi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian metode campuran dengan teknik wawancara, kuisoner, dan analisis data. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kegunaan dan memberikan rekomendasi perbaikan desain antarmuka aplikasi tes potensi. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat beberapa kendala pada sistem seperti tidak efisien sistem dalam melakukan penambahan peserta baru dalam jumlah banyak, sehingga prosesnya memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya. Direkomendasikan beberapa perbaikan berdasarkan masalah yang ditemukan pada modul beranda, modul event, pengaturan modul, dan modul tes yang terdapat pada rancangan desain perbaikan SP1, SP2, SP3, dan SP4. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan yang bermanfaat bagi BPSDM Hukum untuk meningkatkan kualitas aplikasi tes potensi pada Layanan Penilaian Kompetensi sehingga dapat memberikan pelayanan yang lebih baik bagi para pengguna.
The Potential Test Application, a digital platform used by the Law Human Resources Development Agency for competency assessment services, is used to assess the abilities of employees in the ministry of law and other ministerial institutions. In use, the application still faces several issues related to functionality and interface design. The system is not optimized for mass addition of participants and has limited functionality that extends processing time. The absence of anti-screenshot features and comprehensive participant monitoring opens up opportunities for cheating. In addition, the less user-friendly interface and several bugs hinder the convenience and smoothness of the assessment. This study aims to evaluate the user experience of the potential test application. The research method used is mixed method research with interview techniques, questionnaires, and data analysis. From these problems, this study aims to evaluate usability and provide recommendations for improving the interface design of the potential test application. Based on the results of the study, there are several obstacles to the system such as the inefficiency of the system in adding new participants in large numbers, so that the process takes longer than it should. Several improvements are recommended based on the problems found in the home module, event module, module settings, and test module contained in the SP1, SP2, SP3, and SP4 improvement designs. This research is expected to provide useful input for Law Human Resources Development Agency to improve the quality of the potential test application in the Competency Assessment Service so that it can provide better service for users."
Jakarta: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Maria Gretalita Niken Winaputri
"
ABSTRAKPerancangan Visual Usability pada Aplikasi Financial Personal Assistant dengan Metode Kansei Mining Salah satu aplikasi personal assistant yang mulai marak digunakan adalah financial assistant. Aplikasi financial personal assistant adalah sebuah aplikasi yang dapat menjawab masalah pengelolaan keuangan yang seringkali dialami oleh kaum muda. Pengembangan aplikasi financial personal assistant juga perlu diperhatikan dari segi user interface-nya. Untuk merancang user interface pada aplikasi mobile yang interaktif dengan pengguna, seorang desainer harus berfokus pada pengalaman pengguna user experience agar aplikasi tersebut menarik dan berfungsi dengan baik. Penelitian ini memetakan Kansei Word terhadap gambar desain aplikasi financial personal assistant sehingga didapatkan beberapa Kansei Word yang terkait dengan beberapa gambar desain aplikasi financial personal assistant dan fitur-fitur yang diinginkan oleh konsumen. Penelitian ini memberikan alternatif desain baru untuk desain aplikasi financial personal assistant yang memenuhi kebutuhan afektif konsumen.
ABSTRACTVisual Usability Design of the Financial Personal Assistant Application with Kansei Mining MethodOne of the personal assistant applications that began to bloom in use is a financial assistant. A financial personal assistant application is an application that can address financial management issues that are often experienced by young people. Development of financial personal assistant application also needs to be considered in terms of its user interface. To design user interfaces on interactive mobile applications with users, a designer must focus on the user experience to make the app attractive and functioning properly. This research mapped Kansei Word on financial design application design drawing so that some Kansei Word related to some image design of financial personal assistant application and features desired by consumer. This research provides a new design alternative for the design of financial personal assistant applications that meet the affective needs of consumers."
2017
T48173
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library