Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Hardianto Prihasmoro
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S8269
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dessy Ilsanti Sjarif
Abstrak :
Menjadi orangtua bagi anak merupakan tantangan yang sangat besar, yang menciptakan respon emosional dan butuh penyesuaian. Menjadi orangtua dari anak ASD membutuhkan perhatian lebih terhadap sikap sendiri, harapan, rasa takut dan harapan. Ketika orangtua merasa yakin atau percaya diri pada kemampuan mereka menjadi orangtua, mereka cenderung akan mempraktekkan pengasuhan yang lebih efektif, yang akan membantu perkembangan positif bagi anaknya. Metode penelitian merupakan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tiga orang ibu yang memiliki anak ASD usia sekolah menjadi partisipan. Kepada mereka diberikan intervensi dengan pendekatan solution-focused secara perorangan, sebanyak 4 sesi dalam kurun waktu 3 minggu. Setiap sesi dilakukan selama kurang lebih 1 hingga 2 jam. Kuesioner Parental Scale of Confidence digunakan sebagai alat pre-test dan post-test. Berdasarkan penilaian dan pengukuran sebelum dan sesudah intervensi, partisipan menunjukkan keberhasilan mendapatkan solusi dari permasalahan, yang mengakibatkan mengurangnya emosi negatif dan meningkatnya kepercayaan diri dalam mengasuh anak ASD. Penelitian ini membuktikan bahwa intervensi dengan pendekatan solution-focused dapat secara efektif membantu orangtua dalam mengatasi permasalahan yang terkait dengan pengasuhan anak ASD serta memberikan dampak positif pada diri orangtua.
Being a parent for a child has an enormous challenge, which could intrigue emotional response and thus needs an adjustment for the parent. Being the parent of an ASD child needs extra attention to owns's attitude, hope and fear. Once the parent has the confidence regarding his/her capabilities as parent, he/she tends to do a more effective parenting, which could give positive impact for the child's development. This research is a descriptive research which uses qualitative approach. Intervention with solution-focused approach is given individually to three mothers of ASD shool-age child, consist of 4 session with 1 to 2 hours each, within 3 weeks. Parental Scale of Confidence is used as pre-test and post-test. According to the evaluation and the assesment before and after the intervention, the participants successfully find the solution of their problem, which affect in lowering their negative emotion and increasing parents self-confeidence in parenting ASD child. This research has shown that the intervention with solution-focused approach could effectively help parent to overcome the problem regarding parenting issue, and also has positive effect for parent.
Depok: Universitas Indonesia, 2012
T30609
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Kalumpiu, Jane Florida
Abstrak :
Infeksi STH (Soil transmitted helminth) masih merupakan masalah kesehatan di Indonesia dan dapat ditemukan bersamaan dengan Kurang Vitamin A (KVA). Infeksi STH dapat menyebabkan gangguan penyerapan nutrisi termasuk vitamin A. Belum diketahui pengaruh pengobatan cacingan terhadap status vitamin A anak SD. Penelitian pre-eksperimental dilakukan pada anak SD kelas 3-5 di salah satu SDN di Jakarta Utara. Sampel tinja dan darah diambil sebelum dan tiga minggu sesudah pengobatan (albendazol 400mg tiga hari berturut-turut). Pemeriksaan FLOTAC dilakukan untuk infeksi STH dan High Performance Liquid Chromatography untuk retinol. Prevalensi STH didapatkan sebesar 61,9%. Dari 99 anak, prevalensi KVA kategori ringan (<1,05 μmol/l) ditemukan pada 17,2% anak dan sedang (<0,70 μmol/l) pada 2% anak. Status infeksi STH tidak berhubungan signifikan dengan konsentrasi retinol baseline. Anak laki-laki memiliki konsentrasi retinol baseline lebih rendah dibandingkan anak perempuan (p=0,045). Terjadi kenaikan konsentrasi retinol mendekati bermakna (p=0,05) setelah pengobatan, pada anak terinfeksi STH dan tidak terinfeksi. Konsentrasi retinol baseline memiliki hubungan terbalik dengan perubahan konsentrasi retinol (􀀁= -0,340, p=0,002). Dapat disimpulkan bahwa infeksi STH tidak mempengaruhi konsentrasi retinol baseline atau perubahan konsentrasi retinol setelah pengobatan. Jenis kelamin berperan sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi konsentrasi retinol baseline. Selisih konsentrasi retinol setelah pengobatan dapat diprediksi oleh konsentrasi retinol baseline. ......Soil Transmitted Helminthes (STH) infection is still a health problem in Indonesia and often found together with Vitamin A Deficiency (VAD). STH infection can impair absorption of nutrients including vitamin A. The effect of deworming on the vitamin A status of primary school children is unknown. Pre-experimental study was carried on children of grade 3-5 at one of primary schools in North Jakarta. Stool and blood samples were taken before and three weeks after treatment (albendazole 400 mg for three consecutive days). FLOTAC examination was used to determine STH infections and High Performance Liquid Chromatography for serum retinol. The prevalence of STH was 61.9%. Of 99 children, 2% had moderate deficiency (<0,7 μmol/l) and 17,2% had mild (<1,05 μmol/l) deficiency of vitamin A. STH infection was not significantly associated with serum retinol concentration at baseline. Boys had lower serum retinol concentration compared to girls (p = 0.045). After treatment serum retinol concentrations was increased with marginal significance (p = 0.05), occurring in those infected with STH or not. Serum retinol concentration at baseline had an inverse association with the change in serum retinol concentration after treatment (ß = -0.340, p = 0.002). To conclude, STH infection had no effect on serum retinol concentration before treatment as well as the change in serum retinol concentration after treatment. Gender was one of the factors that influenced the serum retinol concentrations at baseline. Serum retinol concentration at baseline can be used as a predictor for the magnitude of change in serum retinol concentration after treatment.
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015
T58661
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Indria Lestiati Pratiwi
Abstrak :
ABSTRAK
Setiap orang tua tentunya memiliki harapan-harapan pada anak yang diasuh dan dirawatnya. Salah satu harapan orang tua adalah agar anaknya mencapai keberhasilan. Kriteria keberhasilan yang dicapai oleh seorang anak mengandung makna yahg sangat luas, namun pada anak usia sekolah atau SD kriteria keberhasilan umumnya didasarkan atas prestasi belajarnya di sekolah. Prestasi belajar yang dicapai oleh seorang anak sangat erat kaitannya dengan pengasuhan yang dilakukan oleh orang tua, terutama ibu, sebagai orang yang terdekat dengan anak. Bagi ibu yang sepenuhnya tinggal di rumah mengasuh dan merawat anaknya, diharapkan ia dapat mengawasi dan membimbing anaknya, sehingga ia mengetahui segala hambatan dan kesulitan anaknya. Namun, zaman yang telah berkembang pesat pada saat ini, telah membuka kesempatan yang luas bagi wanita untuk berkarya di luar rumah. Berdasarkan data yang diperoleh, saat ini banyak sekali wanita yang telah memasuki dunia kerja, baik yang belum atau sudah berkeluarga. Pada awalnya keterlibatan wanita dalam dunia kerja, terutama bagi yang sudah berkeluarga, menimbulkan pendapat yang berbeda-beda, ada yang mendukung namun ada juga yang menentang. Dari beberapa hasil penelitian diperoleh bahwa ternyata anak yang ibunya bekerja lebih mandiri, percaya diri, memiliki tanggung jawab, memiliki intelektual yang lebih tinggi, lebih berorientasi pada pencapaian prestasi dan memberikan keterampilan-keterampilan untuk mengembangkan minat anak daripada anak yang ibunya tidak bekerja. Tampaknya terdapat perbedaan pengasuhan antara ibu bekerja dan tidak bekerja. Hal ini sesuai dengan pendapat Hoffman (dalam Hyde, 1985) yang menyatakan bahwa bagi ibu yang tinggal sepenuhnya di rumah akan memiliki pengasuhan yang berbeda dengan ibu yang bekerja di luar rumah. Beberapa ahli mengatakan bahwa pada dasarnya anak sangat perlu dibekali keterampilan-keterampilan untuk mencapai keberhasilan baik di sekolah atau di kemudian hari. Rich (1992) memperinci bahwa ada 10 keterampilan yang harus diberikan pada anak, yaitu keterampilan untuk ; menumbuhkan rasa percaya diri; untuk menumbuhkan rasa usaha pada anak dalam mengerjakan suatu pekerjaan, menumbuhkan motivasi pada anak; menumbuhkan rasa agar anak memiliki tanggung jawab; menumbuhkan inisiatif ;ketekunan ; agar agar anak dapat bekerja sama dengan orang lain ; agar anak memperhatikan orang lain ; melatih anak agar dapat berpikir rasional dan melatih anak untuk memecahkan masalah. Keterampilan-keterampilan ini disebut sebagai Keterampilan Mega. 10 keterampilan ini telah dilakukan oleh sebagian besar ibu-ibu di Amerika dan mereka merasakan manfaatnya terutama untuk keberhasilan anak di sekolah. Di Indonesia bagi anak yang berprestasi, tanpa disadari para ibu mungkin menerapkan 10 keterampilan tersebut. Penerapan keterampilan itu dapat saja terjadi bila tingkat pendidikan ibu cukup baik, berada pada kelas sosek menengah dan tinggal di perkotaan, karena memungkinkan mereka untuk memperoleh wawasan yang lebih luas mengenai pengasuhan anak. Oleh karena itu penelitian ini ingin mengetahui penerapan keterampilan mega antara ibu bekerja dan tidak bekerja dari anak SD yang berprestasi. Ingin dilihat apakah terdapat perbedaan dalam penerapan keterampilan mega antara ibu bekerja dan tidak bekerja tersebut. Alasan membandingkan antara ibu bekerja dan tidak bekerja karena dari hasil penelitian sebelumnya terdapat perbedaan pengasuhan antara ibu bekerja dan tidak bekerja, kemudian ingin dilihat apakah juga terdapat perbedaan penerapan keterampilan mega tersebut .dalam mengasuh anak-anak mereka. Dari 70 responden dalam penelitian ini , yang terbagi atas 35 responden ibu bekerja dan 35 responden ibu tidak bekerja, diperoleh hasil bahwa tidak terdapat perbedaan dalam penerapan keterampilan mega dan kedua kelompok cenderung menerapkan seluruh keterampilan tersebut. Pada ibu bekerja, keterampilan yang lebih sering diterapkan pada anak-anaknya adalah untuk menumbuhkan agar anak dapat bekerja sama dengan orang lain, sedangkan pada ibu tidak bekerja yang lebih sering diterapkan adalah untuk menumbuhkah rasa percaya diri pada anak.
1996
S2954
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Shelly Shalihat
Abstrak :
ABSTRAK
Kurangnya aktivitas fisik pada anak dapat menyebabkan kejadian penyimpangan gizi yaitu berupa kegemukan dan obesitas yang dapat menimbulkan kejadian penyakit lainnya seperti diabetes, jantung koroner dan sebagainya. Proporsi aktivitas fisik yang kurang aktif berdasarkan umur, tertinggi pada kelompok umur 10 ndash; 14 tahun sebesar 49,6 Riskesdas 2013. Berdasarkan pendidikan angka proporsi tertinggi kurangnya aktivitas fisik berada pada kelompok pendidikan tidak tamat Sekolah Dasar SD atau Madrasah Ibtidaiyah MI yaitu sebesar 33,0. SD IT Ummu l Quro mengalami sedikit peningkatan angka obesitas setiap tahunnya. Pada tahun 2017 angka obesitas di SD IT Ummu l Quro mencapai kurang lebih 30 dari total keseluruhan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas fisik pada anak di SD IT Ummu l Quro Kecamatan Beji Kota Depok tahun 2018 dengan mengunakan mix methode yaitu studi kuantitatif dan studi kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan bahwa gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi aktivitas fisik pada siswa SD IT Ummu l Quro adalah faktor pemungkin enabling yang terdiri dari sarana prasarana serta faktor penguat reinforcing yang terdiri dari pembiasaan orang tua, dukungan guru, peraturan disekolah, program pemerintah.
ABSTRACT
Lack of physical activity in children can lead to the occurrence of torture of nutrition that is in the form of obesity and obesity that can cause events such as diabetes, coronary heart and so forth. The proportion of inactive physical activity was age, the highest among the 10 14 years age group was 49.6 Riskesdas 2013. Based on education, the figures are the most effective in the education group did not complete elementary school SD or Madrasah Ibtidaiyah MI that amounted to 33.0. SD IT Ummu 39 l Quro, slightly faster, figures, numbers every year. In 2017 obesity rates in SD IT Ummu 39 l Quro reach approximately 30 of the total students. The purpose of this study is to determine the factors that affect the physical in children in Elementary School IT Ummu 39 l Quro Beji District Depok city in 2018 by using a mixed method of quantitative studies and qualitative studies. The result of this research is to know the factors that influence the activity of the students of SD IT Ummu 39 l Quro is a enabling factor consisting of various facilities and infrastructure. Reinforcing factor consisting of parents, teachers, school rules, government programs.
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Zulaekah
Abstrak :
Indonesia is still being challenged by nutritional problems, both under and over nutrition. The availability of various unhealthy food with attractive packaging combined with misconception of balance diet as 4 sehat 5 sempurna , might contribute to situation. This study aims at evaluating effectiveness of IEC strategy in changing knowledge, attitudes and practice regarding behavior diet among elementary school communities. The study design is a before and after, located at 2 public schools in depok, with 132 students grade 4 and 5 and their mother. Qualitative approach as well as baseline and endline surveys were used. Most students and their parents considered that balance diet is 4 sehat 5 sempurna. This knowledge was originated from their teachers teaching media. The teacher's knowledge was based on school reference book. Intervention has improved students main knowledge and attitude. While some pratices have improved there are others still need to be improved. It is concluded that IEC intervention is potential to change KAP of students. Teachers need to be supported by correct reference book to be in line with what they are teaching.
Universitas Muhamadiyah Surakarta, Fakultas Ilmu Kesehatan, Program Studi Gizi, 2010
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Siti Zulaekah
Abstrak :
Anemia merupakan masalah kesehatan utama yang diderita 26,5% anak usia sekolah dan remaja di Indonesia. Dengan pendidikan gizi pada anak anemia di Sekolah Dasar diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan gizi dan pola makan sehingga akan meningkatkan asupan besi dan kadar hemoglobin. Penelitian ini bertujuan mempelajari efek suplementasi besi dan pendidikan gizi terhadap pengetahuan gizi dan kadar hemoglobin anak SD yang anemia. Desain penelitian ini Quasy experiment with pretest postest control group. Penelitian dilakukan pada 107 sampel yang dibagi menjadi tiga kelompok. Pengolahan data dilakukan dengan One Way Anova dan Kruskal Wallis Test untuk uji beda. Hasil penelitian menunjukkan kadar hemoglobin dan pengetahuan gizi pada ketiga kelompok mengalami peningkatan. Peningkatan kadar hemoglobin terbesar pada kelompok suplementasi besi, vitamin C dan pendidikan gizi (2,89 poin), sedangkan peningkatan pengetahuan gizi terbesar pada kelompok suplementasi vitamin C dan pendidikan gizi (17,44 poin). Ada perbedaan bermakna perubahan pengetahuan gizi dan kadar hemoglobin anak SD yang anemia sebelum dan sesudah intervensi pada ketiga kelompok intervensi. Disimpulkan Pendidikan gizi dipadukan dengan pemberian suplementasi besi dan vitamin C pada anak anemia akan memberikan hasil kenaikan kadar hemoglobin yang paling signifikan daripada pendidikan gizi atau suplementasi saja.
Depok: Fakultas Ilmu kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2010
KESMAS 5:1 (2010)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Judhi Saraswati
Abstrak :
Asap rokok merupakan salah satu polutan dalam ruangan yang mengandung 4.000 jenis bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan tubuh. Asap rokok tidak hanya berbahaya bagi kesehatan orang yang merokok tetapi juga bagi orang- orang di sekitarya. Anak-anak merupakan kelompok yang berisiko. Dampak yang ditimbulkan dari asap rokok temebut salah satunya adalah gangguan saluran pcrnafasan, yaitu ISPA dan gangguan fungsi paru. Prevalensi orang merokok dari tahun ke tahun meningkat yang berarti prevalensi perokok pasifjuga meningkat. Berdasarkan survei yang dilakukan Badan Litbangkes tahun 2002, anak-anak umur 0-14 tahun merupakan kclompok berisiko yang paling banyak. Berdasarkan data dari Puskesmas Kelurahan Grogol mcnujukkan bahwa ISPA menempati urutan pertama dibandingkan penyakit Iainnya dan data tcntang gangguan fungsi paru belum tersedia di Kelurahan Grogol. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai hubungan antara pajanan asap rokok di rumah dengan kejadian ISPA dan gangguan fungsi paru sehingga menjadi informasi yang bermanfaat untuk memutuskan strategi mcngatasi dampak asap rokok terhadap kesehatan. Penelitian ini bcrsifat deskriptif analilik dengan pendekatan Cross Sectional, yang dilakukan terhadap anak SD kelas IV dan V di Kelurahan Grogol denganjumlah sampcl 174 responcien. Respondcn merupakan siswa yang sehat pada saat dilakukan pcngukuran fimgsi paru dan tidak mengalami penyakit TB paru, asma dan bronkhitis. Variabel independen yang diteliti adalah pajanan asap rokok jumlah perokok, jumlah konsumsi rokok per hari dan waklu merokok) karakteristik reponden (jcnis kelamin dan status gizi), lingkungan rumah (kepadatan rumah, ventilasi, jenis lantai, jenis dinding dan kelembaban rumah) dan aktifitas rumah (bahan bakar memasak dan penggunaan anti nyamuk) sedangkan variabel dependen adalah [SPA dan gangguan fungsi paru. Pengukuran gangguan fungsi paru responden dilakukan dengan menggunakan spirometri. Sedangkan pengambilan data variabel independen pajanan asap rokok, karakteristik responden, Iingkungan rumah dan aktifitas rumah dengan kuisioner yang diisi oleh orangtua rcspondcn. Kunjungan ke rumah responden dilakukan untuk pengukuran data kelembaban dan ventilasi rumah Serta konfirmasi jawaban kuisioner melalui wawancara kepada orang tua responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prevalensi ISPA 67,8% sedangkan prevalensi gangguan fungsi paru anak SD di Kelurahan Grogol sebesar 20,7% dengan prevalcnsi restriksi 5,2% dan prevalensi obstruksi l4,9% Serta restriksi dan obstruksi sebmar 0,57%. Jumlah perokok dan penggunaan bahan hakar memasak terbukti bermakna lerhadap ISPA dan variabcl yang dominan mempcngaruhi ISPA adalah penggunaan bahan bakar memasak dcngan OR 2,735. Sedangkan variabel jenis kelamin terbukti bermakna terhadap gangguan fungsi paru dengan OR 2,|67. Perlu penelitian lebih Ianjut dengan jumlah sampel yang Iebih banyak dengan mengikuti perjalanan pajanan asap rokok dan variabel lainnya terhadap reponden (studi kohort) sehingga dapat diketahui pengaruh dari pajanan asap rokok dengan kejadian ISPA dan gangguan fungsi paru.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
T32068
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rahmawati Anggraeni
Abstrak :
Indonesia telah berupaya untuk membudayakan kebiasaan praktik PHBS dikalangan anak sekolah dasar yaitu melalui peran kader sebaya dalam pelaksanaan dokter kecil. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan persepsi dalam pelaksanaan dokter kecil dengan praktik PHBS siswa. Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah responden 73 orang. Penelitian dilakukan di SDSN Kayu Putih 09 Pagi. Hasil uji Pearson Correlation didapatkan p value 0,02 artinya terdapat hubungan antara pelaksanaan dokter kecil dengan praktik PHBS siswa. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada pembina UKS untuk melakukan pengawasan dan pengontrolan kader sebaya dalam pengamatan kebersihan ataupun memotivasi teman sebaya dengan cara menyusun jadwal kegiatan harian yang harus dilakukan kader sebaya. ......Indonesia, there is peer cadres role as the implementation of little doctor program that aims to cultivate the habbit of CHL practice among primary school. The purpose of this study is to determine the relationship between little doctor implementation perceptions with CHL practices. This study used descriptive correlation with cross sectional approach by the number of respondents 73 people. The study was conducted in National Standard Elementary School Kayu Putih 09 Pagi. Pearson Correlation results obtained p value of 0,02, which means there is a relationship between the implementation of little doctor and CHL practice. The results of this study recommend to the constructor School Health Unit for monitoring and controlling a cadre activity such as peer observation of cleanliness or motivate peers by arranging cadre?s daily activity schedule.
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
S64671
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library