Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 24 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: Depdikbud , 1978
610.1 IND h
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Endang Soelastri Soedito
"Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memiliki cara khususdalam pertumbuhannya dewasa ini. Perpustakaan FKUI terdiri dari Perpustakaan Pusat dan 32 Perpustakaan bagian. Jumlah tersebut tidak hanya menunjukkan jumlah yang besar, tetapi juga menggambarkan kesulitan yang di kandung di dalamnya. Kesulitan tersebut tidak terlepas dari tradisi dan sejarah pertumbuhan bagian-bagian dalam lingkungan FKUI. Perpustakaan bagian tumbuh lebih awal dari Perpustakaan Pusatsebagai ussaha untuk memnuhi kebutuhan masing-masing bagian. FKUI berkembang dari lembaga pendidikan tenaga para medis yang dimulai pad tahun 1851. Tujuan pendidikan adalah untuk mendapatkan tenaga mantra cacar. Pada tahun 1875 diadakan perubahan dengan tujuan untuk mendapatkan tenaga dokter Jawa. Tahun 1902 lulusan sekolah ini diberi nama Inlands art dengan lama pendidikan 7 tahun. Nama sekolah diubah menjadi School tot Opleiding Van Indische Artsen atau STOVIA. Sekolah ini menerima warga Tionghoa dan Belanda sebagai siswanya juga. Lulusan sekolah ini dianggap sama dengan lulusan Fakultas Kedokteran di Negeri Belanda. Pada jaman pendudukan Jepang Ikai Daigaku didirikan sebagai ganti dari Geneeskundige Hogeschool dan NIAS di Surabaya."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1974
S15225
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
M. Sofi-Jusuf
"ABSTRAK
Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada mula-mula berfungsi hanya sebagai penyalur buku dan majalah ke seksi-seksi dan bagian-bagian dalam lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Dengan demikian perpustakaan masing-masing seksi dan bagian berkembang, sedang perpustakaan Fakultas menjadi pasif.
Keadaan ini berakhir tahun 1969. Pada waktu itu Dekan menginstruksikan kepada Kepala Perpustakaan untuk mengadakan inventarisasi kembali koleksi yang telah di_terima. Mulai saat itu Perpustakaan Fakultas Kedokteran mengadakan kegiatan pemiajaman. Sistem pelayanan yang di gunakan adalah sistem tertutup. Pada tahun 1975/76 Fa_kultas Kedokteran pindah ke kampus Bulak Sumur, dan mu_lai saat itu pelayanan diberikan dengan sistem terbuka.
Dalam usaha-meningkatkan pelayanan, Perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada menghadapi berbagai masalah. Dengan dibukanya program pendidikan S2 dan S3 di Fakultas Kedokteran, koleksi perlu ditambah.

"
1985
S15730
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI-Press), 2008
001.4 MAN
Koleksi Publik  Universitas Indonesia Library
cover
Tri Erri Astoeti Adrianingsih
"Klinik Gigi Pendidikan (KGP) Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti didalam upaya pengembangannya, memerlukan suatu perencanaan strategik yang dapat sejalan dengan visi dan mini FKG Usakti yang tertuang pada Perencanaan Strategik FKG Usakti tahun 2000-2004. Untuk dapat menyusun perencanaan strategik dari KGP FKG Usakti, dilakukan penelitian operasional dengan analisis kualitatif dan kuantitatif dibantu dengan peramalan menggunakan Time Series Forecasting dan program QSB+. Penyusunan strategi ini melalui tahap I (input stage) terdiri dari analisis lingkungan eksternal dan internal dari KGP FKG Usakti, yang dilakukan oleh Consensus Decision Making Group(CDMG), yang terdiri dari pimpinan, guru besar, kepala KGP, dan kepala-kepala bagian kink FKG Usakti. Kemudian tahap II (matching stage), CDMG meaakukan analisis dengan matriks Internal-External (IE) dan SWOT. Selanjutnya tahap III (decision stage) menggunakan matriks QSPM untuk menentukan strategik terbaik. Dari hasil penelitian, pada pemilihan alternatif strategi dengan berdasarkan hasil dan matriks IE, memperlihatkan posisi KGP FKG Usakti pada kuadran II yang berarti pada posisi Grow and Build dengan strategi yang dianjurkan adalah strategi intensif (market penetration, market development, product development) dan strategi integratif (forward integration, backward integration, horizontal integration). Penelitian ini menyimpulkan bahwa KGP FKG Usakti memilild potensi pasar yang besar dengan dukungan internal yang kuat, walaupun dengan pesaing yang cukup kompetitif, sehingga masih diperlukan suatu tindakan untuk meningkatkan mutunya Sebagai saran untuk tindak lanjut, maka strategik yang terpilih perlu dioperasionalkan secara optimal dengan mengreorganisasi strategi-strategi terpilih menjadi tiga komponen yang menurut Hegel dan Singer (1999) adalah peningkatan penjualan dan pemasaran, peningkatan kemampuan dan kualitas operasi, serta peningkatan infrasiruktur pendukung.

The Educational Dental Clinic (KGP) Faculty of Dentistry Trisakti University (FKG Usakti) requires a strategic planning, in alignment to the vision and mission of FKG Usakti as described in its strategic planning for the year of 2000-2004. To develop an operational research with qualitative and quantitative analysis was performed with the aid of forecasting technique such as Time Series Forecasting from QSB+. The research was done in 3 (three) stages. Stage I (input stage) covers the external and internal analysis of KGP FKG Usakti through a Consensus Decision Making Group (CDMG). This group consisted of dean and staff, professors, KGP director, and department heads FKG Usakti. In stage II (matching stage), the result of stage I was analyzed using Internal-External (IE) matrix and SWOT matrix. The last stage (decision stage) was to determine best strategy priorities using the QSPM matrix. On the matching stage (stage II), CDMG agreed that KGP FKG Usakti is at Grow and Build position of IE matrix. Further, they decided to apply all strategies within Grow and Build, which are intensive strategies (market penetration, market development, product development), and integrative strategy (forward integration, backward integration, horizontal integration). It can be concluded than, that KGP FKG Usakti has a significant market potential and relatively strong internal capability, in a competitive atmosphere . The position of grow and build indicates that a quality improvement is still needed. The suggests that all selected strategies organized with the KGP FKG Usakti into three different structures following Hegel and Singer (1999), sales/marketing, operations and performances, and supporting bundle of structures."
Depok: Universitas Indonesia, 2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta : Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 1991
R 610.7 LAP
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Difa Jazana Aqila
"Banyak mahasiswa kedokteran yang memiliki tingkat aktivitas fisik dalam kategori
ringan. Kurangnya waktu, malas, dan kelelahan karena kegiatan akademik diidentifikasi
sebagai faktor penghambat bagi mahasiswa kedokteran yang tidak berolahraga.
Sementara itu, sebagian besar mahasiswa kedokteran juga memiliki harga diri (selfesteem) yang rendah. Berbagai tekanan dalam bentuk beban akademik, keuangan, dan
tekanan sosial dapat memengaruhi tingkat harga diri (self-esteem) mahasiswa kedokteran.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan tingkat aktivitas fisik dengan tingkat
harga diri (self-esteem) pada mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas
Indonesia.
Metode
Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik cross-sectional menggunakan
data primer dari survei kuesioner daring yang disebarkan kepada mahasiswa preklinik
Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia pada bulan Oktober 2023. Data tingkat
aktivitas fisik diperoleh dari pengisian International Physical Activity Questionnaire
Short Form (IPAQ-SF) dan data tingkat harga diri (self-esteem) diperoleh dari pengisian
Rosenberg Self Esteem Scale (RSES). Data dianalisis menggunakan SPSS, khususnya
dengan menggunakan uji Chi square.
Hasil
Hasil penelitian ini menunjukkan sebanyak 62,6% subjek memiliki tingkat aktivitas fisik
sedang dan sebanyak 75,6% subjek memiliki tingkat harga diri (self-esteem) sedang.
Hasil uji analisis statistik menunjukkan tidak terdapat hubungan bermakna antara tingkat
aktivitas fisik dengan tingkat harga diri (self-esteem) pada mahasiswa preklinik Fakultas
Kedokteran Universitas Indonesia (p=0,443).
Kesimpulan
Sebagian besar mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia memiliki
tingkat aktivitas fisik sedang dan tingkat harga diri (self-esteem) sedang. Aktivitas fisik
tidak terbukti berhubungan dengan tingkat harga diri (self-esteem) pada mahasiswa
preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Introduction
Many medical students have physical activity levels in the low category. Lack of time,
laziness, and fatigue due to academic activities were identified as inhibiting factors for
medical students who do not exercise. Meanwhile, most medical students also have low
self-esteem. Various pressures in the form of academic, financial, and social pressures
can affect the level of self-esteem of medical students. This research was conducted to
determine the relationship between the level of physical activity and the level of selfesteem in pre-clinical students at the Faculty of Medicine, University of Indonesia.
Method
This study was an analytical observational cross-sectional study that used primary data
from the online questionnaire survey that was distributed in October 2023. Physical
activity level data was obtained from filling in the International Physical Activity
Questionnaire Short Form (IPAQ-SF) and self-esteem level data was obtained from
filling in the Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Data were analyzed using SPSS,
specifically using the Chi square test.
Results
The results of this study showed that 62.6% of subjects had a moderate level of physical
activity and 75.6% of subjects had a moderate level of self-esteem. The results of
statistical analysis tests showed that there was no significant relationship between the
level of physical activity and the level of self-esteem in pre-clinical students at the Faculty
of Medicine, University of Indonesia (p=0.443).
Conclusion
Most of the pre-clinical students at the Faculty of Medicine, University of Indonesia, had
a moderate level of physical activity and a moderate level of self-esteem. Physical activity
has not been proven to be related to the level of self-esteem among pre-clinical students
at the Faculty of Medicine, University of Indonesia.
"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ratna Suprapti Samil
Jakarta: UI-Press, 1997
PGB 0565
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Aghniya Sabila
"Skripsi ini membahas mengenai hubungan hukum antara Fakultas Kedokteran, Rumah Sakit Pendidikan, dan Dokter Residen beserta tanggung jawab perdata yang diberikan Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Pendidikan atas pelayanan medis yang diberikan oleh Dokter Residen selama proses pendidikan dokter spesialis. Penulis mengajukan pokok permasalahan yaitu: 1. Bagaimanakah hubungan hukum antara Rumah Sakit Pendidikan, Fakultas Kedokteran, dan Dokter Residen? dan 2. Bagaimanakah bentuk tanggung jawab perdata dari Rumah Sakit Pendidikan dan Fakultas Kedokteran atas pelayanan medis yang diberikan oleh Residen kepada pasien? Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, maka diperlukan adanya pengaturan mengenai pemberian tanggung jawab hukum dari Fakultas Kedokteran ataupun Rumah Sakit Pendidikan terhadap Dokter Residen karena pelayanan medis Dokter Residen dapat menimbulkan kerugian terhadap pasien.

The focus of this study is about the legal relationship between Faculty of Medicine, Teaching Hospital, and Residents along with the civil liability given from Faculty of Medicine and Teaching Hospital on Residents? medical care to patients during the process of specialist profession education. The writer tried to describe the main issues, which are: 1. How is the legal relationship between Faculty of Medicine, Teaching Hospital, and Residents? And 2. How is the civil liability given from Faculty of Medicine and Teaching Hospital on Residents? medical care to patients? Based on the research conducted, the civil liability given from Faculty of Medicine and Teaching Hospital to Residents it is needed to be ruled because Residents? medical care clould provoke a loss to patients.
"
Depok: Fakultas Hukum Universitas Indonesia, 2016
S62552
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rifka Annisa Taufiq
"Kuliah merupakan salah satu metode pengajaran yang masih banyak digunakan saat ini. Kuliah yang efektif bisa mempengaruhi kualitas pembelajaran yang dihasilkan. Atribut dosen yang baik dalam memberikan kuliah bisa digunakan untuk mengetahui bentuk pengajaran yang efektif untuk mahasiswa. Penelitian ini merupakan studi cross-sectional. Sampel penelitian ini berjumlah 300 responden yang berasal dari tiga tahun pendidikan yang berbeda. Penelitian ini menggunakan kuesioner yang disusun oleh peneliti berdasarkan telaah kritis beberapa jurnal dan telah melalui review pakar. Hasil penelitian mendapatkan bahwa atribut utama dosen yang baik menurut mahasiswa adalah "memiliki kemampuan komunikasi yang baik", "mampu menyampaikan presentasi (materi kuliah) dari berbagai media dengan baik", "tepat waktu dalam menghadiri kuliah", "memiliki pengetahuan yang baik mengenai materi kuliah yang dibawakan", "mampu membuat suasana perkuliahan yang rileks meskipun serius/memiliki selera humor", dan "antusias dan bersemangat dalam membawakan kuliah". Sebagai kesimpulan, atribut dengan median skor tertinggi pada masing-masing tahun pendidikan mahasiswa dan jenis kelamin terdapat pada atribut yang sama.

Lecture is one of the teaching methods that are still widely used today. Effective lectures can affect the quality of learning. Good lecturer attributes in giving lectures can be used to find out effective forms of teaching for students. This study is a cross-sectional study. Sample of this study amounted to 300 respondents from three different years of education. This study uses a questionnaire compiled by researchers based on a critical review of several journals and has been through expert review. The results of the study found that the main attributes of a good lecturer according to students were "have good comunication skills", "able to deliver presentations (lecture material) from various media well", "on time to attend college", "have good knowledge about the lecture material delivered", "able to make the atmosphere of the lecture relaxed though serious/have a sense of humor", and "enthusiastic and excited on lecturing". In conclusion, attributes with the highest median scores in each student's education year and gender are found in the same attributes."
Depok: Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>