Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Sonya Kamila Feristya
"Maskulinitas hegemonik yang terdapat pada setiap wilayah didasarkan pada latar belakang budaya tertentu. Pada wilayah Korea Selatan, soft masculinity merupakan salah satu bentuk maskulinitas yang umum ditemui dalam industri hiburan, khususnya industri musik K-pop. Soft masculinity berkembang sebagai salah satu bentuk alternative masculinity yang bertentangan dengan maskulinitas tradisional di Korea Selatan. Perkembangan industri K-pop melalui gelombang Korea membantu pembentukan pandangan masyarakat pada wilayah luar Korea Selatan terhadap maskulinitas, salah satunya di Indonesia. Penggemar K-pop di Indonesia turut berpartisipasi dalam berbagai kegiatan budaya penggemar (fan culture). Data yang diperoleh melalui wawancara dengan para penggemar K-pop menjelaskan bagaimana fan culture membuat para penggemar membangun kedekatan dengan industri K-pop, termasuk maskulinitas di dalamnya. Para informan yang menjadi sumber utama dalam tulisan ini merupakan penggemar K-pop dengan beberapa latar berbeda. Melalui intensitas partisipasi para penggemar dalam fan culture, mereka mendapatkan pemaknaan tersendiri tentang konsep soft masculinity. Dalam tulisan ini ditemukan bahwa penggemar K-pop dapat membentuk suatu pemaknaan baru terkait sifat cair dan bentuk alternatif dari maskulinitas dominan melalui soft masculinity yang mereka temukan dalam proses fan culture.
Hegemonic masculinity that could be found in a society differs according to a region’s culture and background. In South Korea, soft masculinity is deemed to be one of the many masculinities that could be found in their entertainment industry, especially in the K-pop music industry. Soft masculinity becomes one of the alternative masculinities that counters the notion of traditional masculinity in South Korea. The development of the K-pop industry through Korean wave helps the process of deconstructing the view of people from outside South Korea regarding masculinity, which includes Indonesia. K-pop fans in Indonesia participate in various kinds of fan culture activity. The data collected from various interviews with K-pop fans explains how fan culture helps them develop a sense of familiarity with the K-pop industry, including the masculinity in it. All informants who act as the main source of this paper have different backgrounds regarding their fandom experience. Through the intensity of fans’ participation in fan culture, they gain their own meaning of soft masculinity as a concept. In this paper, I found that K-pop fans could develop a new meaning regarding the fluidity and alternative forms of masculinity of dominant masculinity through soft masculinity which they found during the process of fan culture."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Muhammad Rafly Febryan
"Masuknya pengaruh yang dibawa oleh Korean Wave atau yang lebih dikenal sebagai Hallyu ke Indonesia, seakan tidak bisa ditolak oleh beberapa kalangan masyarakat, yang pada akhirnya menciptakan aktivitas baru yang berhubungan dengan fan culture. Salah satu bentuk aktivitas dari fan culture itu sendiri, terlihat dengan bagaimana penggemar seakan berbondong-bondong untuk membeli merchandise dari idola favorit mereka. Selama pandemi COVID-19, aktivitas pembelian merchandise yang dilakukan oleh para penggemar K-Pop seakan meningkat. Dilihat dengan bagaimana mulai bermunculan fenomena pengunggahan merchandise ke berbagai media sosial, yang dilakukan oleh para penggemar. Di satu sisi, penelitian ini mencoba untuk mengedepankan perspektif material culture, yang telah memberikan banyak sudut pandang multidisiplin dengan melihat hubungan manusia dengan objek yang mereka miliki. Data yang diperoleh melalui depth interview dan observasi, yang dibalut oleh pendekatan etnografi digital, memperlihatkan adanya beberapa jejaring penggemar yang memiliki hubungan erat dengan merchandise K-Pop. Tiap-tiap jaringan tersebut telah memberikan konstruksi makna yang beragam terkait dengan merchandise yang mereka miliki. Makna-makna tersebut pun seakan bersifat melampaui apa yang terlihat, sesuai dengan apa yang coba ditunjukkan oleh perspektif material culture, terkait dengan pemaknaan dan fungsi objek terhadap pemiliknya.
The influx of influence brought by the Korean Wave or better known as Hallyu to Indonesia, seems to be undeniable by some circles of society, which in the end creates new activities related to fan culture. One form of activity from fan culture itself, can be seen by how fans seem to flock to buy merchandise from their favorite idols. During the COVID-19 pandemic, the activity of purchasing merchandise by K-Pop fans seemed to be increased. Judging by how the phenomenon of uploading merchandise to various social media began to emerge, which was carried out by fans. On the one hand, this research tries to put forward a material culture perspective, which has provided many multidisciplinary perspectives by looking at the relationship between humans and the objects ttha they have. The data obtained through in-depth interviews and observations, that also wrapped by a digital ethnographic approach, show that there are several fan networks that have close relationships with K-Pop merchandise. Each of these networks has provided various constructions of meaning related to the merchandise that they have. These meanings also beyond what it seems, in accordance with what the material culture perspective is trying to show, related to the meaning and function of objects to their owners."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library