Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 15 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ahmad Zamroni Lathif
Abstrak :
Aspek keselamatan, kesehatan, dan lingkungan (K3L) pada hunian mahasiswa seringkali terabaikan, padahal universitas wajib memberikan jaminan keselamatan dan kesehatan mahasiswa yang berada di luar kampus sebagai tanggung jawab moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek K3L pada hunian mahasiswa yang berada di sektiar Universitas Indonesia, salah satu universitas terbesar di Indonesia, yang belokasi di Pondok Cina, Beji, Depok, Jawa Barat. Aspek K3L yang di observasi dalam penelitian ini meliputi (1) tugas dan tanggung jawab pemilik dan penghuni; (2) struktur, fasilitas, dan ketentuan ruang; (3) keselamatan dan keamanan personal; (4) pencahayaan dan sistem kelistrikan; (5) kenyamanan suhu, ventilasi, dan efisiensi energi; (6) kontrol kelembaban, limbah padat, dan manajemen hama; dan (7) agen kimia. Penelitian ini menggunakan desain dekriptif dengan pendekatan cross sectional, dilakukan pada 65 hunian mahasiswa yang berada di sekitar Universitas Indonesia yang berlokasi di Pondok Cina, Beji, Depok, Jawa Barat. Lembar checklist yang digunakan untuk observasi dan panduan wawancara mencakup penilaian terhadap aspek K3L pada hunian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya aspek agen kimia yang menunjukkan sangat kurang yakni sebesar 12% hunian mahasiswa. Untuk kategori kurang, sebanyak 12% hunian untuk aspek tugas dan tanggung jawab, 12% untuk aspek keselamatan dan keamanan personal, 9% untuk aspek kenyamanan suhu, ventilasi, dan efisiensi energi, 20% untuk aspek kontrol kelembaban, limbah padat, dan manajemen hama, dan 22% untuk aspek agen kimia. Namun, secara keseluruhan pemenuhan aspek K3L pada hunian mahasiswa sebagian besar sudah sangat baik. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk perbaikan aspek K3L pada hunian mahasiswa. Selanjutnya, perlu dilakukan sosialisasi terkait aspek K3L pada hunian mahasiswa baik dari kampus maupun dari pemerintah.
The safety, health and environmental (SHE) aspects of student housing are approved to be neglected, even though the university is required to provide Student Safety and Health outside of campus as a moral responsibility. SHE in student housing located at the University of Indonesia, one of the largest universities in Indonesia, located in Pondok Cina, Beji, Depok, West Java. SHE aspects which are the results of observations in this study (1) Duties of owners and occupants Aspects; (2) Structure, Facilities and Space Requirements Aspects; (3) Safety and Personal Security Aspects; (4) Lighting and Electrical System Aspects; (5) Thermal Comfort, Ventilation and Energy Efficiency Aspects; (6) Moisture Control, Solid Waste, and Pest Management Aspects; and (7) Chemical Agent Aspects. This study used a descriptive design with a cross sectional design, carried out on 65 student housings located in Pondok Cina, Beji, Depok, West Java. The checklist sheet that is used for observation and interview guides is completed on the SHE aspects of student housing. The results showed that only 12% of student housing. For the relatively unsafe category, 12% for Duties of owners and occupants aspects, 12% for Safety and Personal Security Aspects, 9% for Thermal Comfort, Ventilation and Energy Efficiency, 20% for Moisture Control, Solid Waste, and Pest Management Aspects, and 22 % for chemical agents aspects. However, most of the SHE in student housing has been very good (safe). The results of this study can be used as evaluation material to improve HSE aspects in residential students. Furthermore, it is necessary to disseminate SHE aspects of student housing both from campus and from the government.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
T52956
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Sudarta
Abstrak :
Modeling is one part of ways to determine and define the risk level of potentially failure caused by several factors and impact result due to system failures. On perfomting of pipeline safety risk analysis where pipeline is used to transport natural gas by PT. XYZ from one place to other place with using W. Kent Muhlbauer’s model. This model will use to calculate and to define the risk level from gathered data that collected from PT. XYZ. The risk analyses results are used to justify the actions are to be taken in accordance with priority level.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2008
T34389
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Yuniautami
Abstrak :
Penelitian ini untuk bertujuan mengevaluasi Sistem Manajemen Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (SMK3L) di laboratorium Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada tahun 2016 dengan mencari besar persentase pemenuhan lima aspek: kebijakan dan komitmen, perencanaan, implementasi, pemeriksaan, dan tinjauan manajemen. Penelitian ini adalah penelitian semi kuantitatif dengan desain deskriptif. Hasil penelitian menunujukkaan bahwa total pemenuhan SMK3L di laboratorium Fakultas Teknik Universitas Indonesia pada tahun 2016 adalah sebesar 50,07%. Masing-masing aspek memiliki besar persentase 67% untuk aspek kebijakan dan komitemen, 33% untuk aspek perencanaan, 56,2% untuk aspek implementasi, 23,5% untuk aspek pemeriksaan, dan 0% untuk aspek tinjauan manajemen.
The purpose this research is to evaluate implementation of Safety, Health, and Environment Management Systems (SHEMS) in Faculty of Engineering Universitas Indonesia in 2016 to look for percentage of the fulfillment of the five aspects : policy and commitment, planning, implementation, inspection, and management review. This research is a semi-quantitative descriptive design. Total fulfillment SHEMS is 50,07%, and fulfillment of each aspects is 67% for policies and commitments, 37,1% for planning, 56,3% for implementation, 23,5% for inspection, and 0% for management review.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2016
S63049
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sam Pangalo
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Keselamatan Kesehatan Kerja dan Lingkungan K3L sebagai pengabdian masyarakat dengan pendekatan prinsip leadership engagement dan community participation melalui mekanisme pembentukan Komite K3L dengan cara mengkombinasikan indikator-indikator yang mendukung pembentukan Komite K3L di FKM UI. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan metode wawancara mendalam, telaah dokumen dan observasi yang menggunakan pendekatan kerangka kerja logis. Informan dalam penelitian ini merupakan representasi dari stakeholder yang terlibat dalam pembentukan K3L di FKM UI. Hasil penelitian menunjukkan Komite K3L di FKM UI belum ada anggaran yang secara khusus di alokasikan untuk menunjang program K3L serta perbaikan dan pengendalian risiko K3L yang merupakan temuan sepanjang tahun sehingga disarankan untuk memasukkan anggaran pelaksanaan program K3L tersebut ke dalam RKAT masing-masing departemen atau unit. Selain itu Komite K3L FKM UI juga belum memiliki surat keputusan pengesahan, Kebijakan K3L organisasi serta pedoman atau manual Komite K3L FKM UI yang di tandatangani oleh Manajemen Puncak sehingga disarankan agar Dekan FKM UI segera menetapkan dan mensahkan secara tertulis Komite K3L FKM UI, Kebijakan K3L organisasi serta manual pelaksanaannya dan dikomunikasikan ke semua pihak sehingga semua orang dapat mengetahui, memahami dan melaksanakan kewajiban serta perannya masing-masing dalam organisasi dan memiliki komitmen yang sama terhadap kebijakan yang ditetapkan.
This study aims to develop Health Safety and Environment HSE as community service by leadership principles approach and community participation through mechanism of HSE Committee establishment by combining indicators that support HSE Committee establishment at FKM UI. This study was descriptive qualitative research with in depth interviews, documents review and observations methods using the logical framework approach. Informen in this study were a representatitive of the stakeholders involved in the establishment of HSE at FKM UI. The results showed that the HSE Committee FKM UI does not have a budget for supportting the HSE program as well as HSE improvement and risk control which are the findings throughout the year and it is recommended to put into the Annual Work Plan and Budget AWPB of each Department or Units. The HSE Committee FKM UI also does not have the legalization decree, HSE policy as well as guidelines or manuals of HSE Committee that is signed by the Top Management. It is recommended that Dean of FKM UI immediately establish and ratify in writing the HSE Committee, HSE policy and manual, and communicated to all parties so that everyone knowns, undertands and implements their respective obligations and roles in the organization and have the same commitment to the policy set.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S67996
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sunaryo
Abstrak :
Sejak diterapkannya azas cabotage pada tahun 2005, jumlah armada nasional tumbuh dengan sangat signifikan dari sekitar 6.000 unit menjadi sekitar 32.500 unit pada 2019. Namun armada tersebut didominasi oleh kapal berusia tua. Selain pertumbuhan armada kapal tua yang harus ditutuh, pertumbuhan industri penutuhan kapal juga dipicu oleh tingginya permintaan skrap besi baja dari industri baja nasional. Kondisi ini menjadi pendorong berkembangnya industri penutuhan kapal di Indonesia, namun kebanyakan dilakukan secara tradisional, tanpa memerhatikan keselamatan dan kesehatan pekerja, dan lingkungan. Selain itu beberapa galangan reparasi melakukan penutuhan kapal dengan lebih ramah lingkungan, karena adanya potensi pasar internasional. Untuk mewujudkan industri penutuhan kapal yang ramah lingkungan dan mendapat rekognisi internasional, diperlukan adanya prosedur keselamatan dan kesehatan kerja, dan lingkungan atau K3L yang benar. praktik keinsinyuran yang dilakukan ini bertujuan untuk menyusun pedoman K3L pada galangan penutuhan kapal yang ramah lingkungan. Praktik keinsinyuran ini dilakuakn pada PT X, yang merupakan galangan penutuhan kapal terbesar di Jawa. Pedoman yang disusun disesuaikan dengan tahapan penutuhan kapal, mulai dari kedatangan kapal sampai dengan selesainya proses penutuhan, dan berfokus pada: pekerjaan di ketinggian, pekerjaan dengan panas, pekerjaan di ruang terbatas, dan pekerjaan dengan bahan berbahaya dan beracun. ...... Since the implementation of cabotage principle in 2005, the number of Indonesian shipping fleet has been growing significantly from around 6,000 units to 32,500 units in 2019. But the feet are dominated by old ships. Beside triggered by the growth of old shipping fleet, the growth of ship recycling industry is also generated by the high deman of iron steel scraps from the national steel industry. The ship recycling activities in Indonesia are mostly carried out traditionally, without considering the work safety and health, and the the environment. Beside that, some ship repair yards are recycling ships in a more environmentally friendly ways, due to high potential of international market. To realize the environmentally friendly ship recycling industry, and gain the international recognition, proper procedures are needed. The engineering practise that has been conducted aimed to arrange a guideline for work safety and health, and environment at a green ship recycling yard, which was carried out at PT X, the largest ship recycling yard in Jawa. The guideline was refered to the stages of ship recycling processes, starting from the ship arrival to the completion of the recycling processes, and focussed on the work at height, work with heat, work in the confined space, and work with hazardous and toxic materials.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Hariman Satria
Abstrak :
ABSTRAK
PT. X. merupakan perusahaan EPC (Engineering Procurement Construction) nasional yang sedang berkembang dan mempunyai visi dan misi menjadi perusahaan berkelas dunia. Dengan pelanggan yang tidak hanya dari lokal, PT. X. berusaha mendapatkan pelanggan internasional dimana para pelanggan ini ratarata telah mempunyai kebijakan memprioritaskan K3L. Dewasa ini PT. X dihadapkan kepada permasalahan nilai kepuasan pelanggan yang semakin menurun dari tahun ke tahun serta penerapan K3L yang masih perlu ditingkatkan. Penelitian ini membuktikan bahwa terdapat faktor-faktor dengan level risiko sangat tinggi yang dapat mempengaruhi melesetnya target kinerja K3L suatu proyek EPC. Penelitian ini juga membuktikan bahwa laporan kinerja K3L mempunyai hubungan yang erat dengan nilai kepuasan pelanggan meskipun proyek tersebut telah memenuhi harapan pelanggan dalam hal on budget, on schedule dan on quality
ABSTRACT
PT. X. is a developed national EPC (Engineering Procurement Construction) company which has a vision and mission to become a world class EPC company. With its customer not only from local, PT. X is trying to get more and more international customer which averagely they have company policy to prioritize safety more than anything. Nowadays, PT. X are having their customer satisfaction value decreasing each year and safety performance issue that need improvement. This research proves that there are factors at a very high level of risk that may affect the K3L?s performance targets slipping at an EPC project . This research also proved that the K3L?s performance report has close links with the value of customer satisfaction even though the project has met the expectations of customers in terms of on-budget , on schedule and on quality
2016
T46216
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfina Hapsari
Abstrak :
Industri jasa konstruksi memiliki resiko kecelakaan kerja yang tinggi. Sepanjang Agustus2017 hingga Februari 2018, telah terjadi tiga belas kecelakaan konstruksi dengan tigakasus fatality accident pada proyek pekerjaan jalan tol dan jalan rel di Indonesia. Safetyleadership merupakan salah satu komponen penting dalam meningkatkan kinerjaKesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan K3L . Penelitian ini mengkajisafety leadership model pada posisi pimpinan di proyek dan departemen operasi proyekinfrastruktur PT X yang bergerak di bidang kontraktor konstruksi. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif dengan metode kuantitatif berdasarkan dua variabelutama dari safety leadership, yaitu leadership style transformational leadership danbest practices. Data penelitian didapatkan dari kuesioner dan wawancara pada subyekpenelitian serta observasi mengenai penerapan K3L di lokasi proyek PT X pada bulanApril ndash; Mei 2018. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa safety leadership masih kurangmenonjol kecuali pada posisi General Manager. Hal ini dikarenakan kurangnyapemahaman mengenai kebijakan K3L, kurangnya komunikasi, lemahnya konsistensi dankomitmen penerapan K3L, serta kurangnya tindakan proaktif dan inisiatif saatmenghadapi masalah K3L. Hal yang dapat diterapkan untuk meningkatkan safetyleadership tersebut antara lain dengan menyusun dan melaksanakan program pelatihansafety leadership bagi semua level pimpinan serta menjaga monitoring pelaksanaanprogram K3L di tempat kerja. ......The construction industry has a high risk of occupational injury. Throughout August 2017to February 2018, there had been thirteen construction accidents with three cases offatality accidents in toll road and rail road projects in Indonesia. Safety Leadership is oneof the important components in improving Safety, Health and Environment SHE performance. This study examines Safety Leadership Model at the lead position in theproject and the operations department of the infrastructure project at PT X as aConstruction Contractor Company. This study was a descriptive research withquantitative method based on two main variables of Safety Leadership, those areLeadership Style and Best Practice. Research data obtained from questionnaires,interviews, and observations on the application of SHE at PT X rsquo s project location in April May 2018. This research obtained that Safety Leadership is still weak except TheGeneral Manager. This is due to lacks of understanding of SHE policies, communication,consistency and commitment to the implementation of SHE, proactive and initiativeaction when facing SHE issues. This suggests that company should improve by preparingand implementing Safety Leadership training program for all manager levels as well asmaintaining the monitoring of SHE program implementation in the workplace.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2018
T50299
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Eko Kuswardono Budiardjo
Abstrak :
Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), menjalankan misi untuk mengumpulkan dana abadi dan membangun kesenjangan telekomunikasi/internet di wilayah terluar, tertinggal, terdepan (3T) melalui program Universal Service Obligation (USO), sebagai dana yang disihkan dari pendapatan setiap penyedia operator telekomunikasi. Dalam menjalankan misi ini, BAKTI menjalin Kerjasama dengan Universitas Indonesia melalui UKK Hudev dalam upaya membangun platform aplikasi tata kelola desa (PTKD-NG), sebagai bagian tak terpisahkan dari pendayagunaan internet di wilayah 3T. Praktik keinsinyuran pada kegiatan perencanaan dan perancangan PTKD-NG menghasilkan arsitektur PTKD-NG, klasterisasi desa sesuai tingkat kesiapan adopsi teknologi, strategi & program rekayasa sosial, dan peta jalan pembangunan & implementasi PTKD-NG. Praktik ini dijalankan dengan memperhatikan Profesionalisme, Keselamatan, Kesehatan, Keamanan kerja & Lingkungan (K3L), Kode Etik dan Etika Profesi Insinyur (KEEI) pada setiap tahapan kegiatan. Platform baru ini merupakan pembaharuan dari generasi sebelumnya. Hal ini diupayakan guna menyelaraskan dengan perkembangan sistem administrasi desa dan perkembangan teknologi digital. Kompetensi keinsinyuran PII yang dilaksanakan mencakup (a) aspek profesionalisme nomor W.2.2.1–6; (b) aspek K3L nomor W.1.3.1., W.1.3.3., W.1.4.1., W.1.4.3.; dan (c) aspek KEEI nomor W.1.1.4., W.1.2.3–8. ......Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), has the mission to manage the endowment fund to fill the telecommunication/internet gap in the area for those in frontier, outermost and least developed regions often referred to as 3T (terdepan, terluar, tertinggal) regions. This fund has been collected from telecommunication operators via Universal Service Obligation (USO) program. One of their efforts for the mission is establishing cooperation with Universitas Indonesia via UKK Hudev Unit. The goal of this collaboration is to plan, design, construct, and deploy PTKD-NG platform. It is expected that this effort will improve internet utilization in 3T regions. The engineering practices output includes the PTKD-NG architecture, village clustering based on their readiness level, social engineering strategy & program, and development roadmap. Professionalism, K3L, KEEI has been successfully applying the engineering process. This effort aims to modernize the platform due to the industrial revolution 4.0 technology advancements and the development of village governance. Professional engineer's competency has been followed includes (a) professionalism aspect number W.2.2.1–6; (b) K3L aspect number W.1.3.1., W.1.3.3., W.1.4.1., W.1.4.3.; and (c) KEEI Aspect number W.1.1.4., W.1.2.3–8.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Wahyu Pramono
Abstrak :
Keandalan performa peralatan dan sistem kelistrikan merupakan salah satu faktor pendorong yang dapat menjaga on time performance PT MRT Jakarta (Perseroda). Melihat pentingnya keandalan sistem kelistrikan dalam menjaga on time performance PT MRT (Perseroda) maka dibutuhkan pemenuhan kriteria ruang peralatan listrik yang sesuai dengan kebutuhan dari masing-masing peralatan. Listrik yang andal ialah listrik yang dapat menyuplai beban dengan aman dan memiliki sistem proteksi yang andal. Baterai merupakan sumber tenaga sistem kontrol dan proteksi peralatan kelistrikan PT MRT Jakarta (Perseroda), tanpa adanya baterai sistem proteksi listrik tidak dapat bekerja. Pengkondisian udara untuk ER (Electrical Room) dan TSS (Traction Substation) dibutuhkan untuk memastikan temperatur ruangan sesuai dengan kebutuhan temperatur kerja baterai. Dengan terjaganya kesesuaian suhu ruang ER dan TSS diharapkan lifetime dan performa kerja baterai dapat terjaga dengan andal. Penulis melakukan analisis pekerjaan keinsinyuran yang sudah penulis kerjakan di salah satu perusahaan swasta yaitu, PT. Trasfello Bangun Teknika, yang beralamat di Plaza 3 Pondok Indah Jakarta Selatan, yaitu “Project Pengkondisian Udara Ruang ER (Electrical Room) dan TSS (Traction Substation) di PT. MRT Jakarta. Pada laporan ini penulis ingin menganalisi mengenai apakah project tersebut sudah memenuhi dan menerapkan kaidahkaidah pokok keinsinyuran yang sudah dipelajari pada semester kesatu, yaitu Profesionalisme, Kode Etik da n Etika Profesi Insinyur, Serta Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan (K3L). Dari hasil analisis yang sudah di lakukan di dapatkan bahwa project ini sudah menerapkan (K3L) dalam setiap kegiatan pekerjaan dari awal hingga akhir dan tidak ditemukannya pelanggaran kode etik dalam penyelesaian project tersebut melainkan terdapat beberapa pengamalan kode etik insinyur yang di lakukan selama penulis menyelasaikan pekerjaan project ini dikerjakan secara profesional dengan hasil waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan project ini lebih cepat dari schedule yang sudah di rencanakan dengan tidak ada kecelakan kerja yang terjadi (Zero Accident). ......Reliability of equipment performance and electrical systems is one of the driving factors that can maintain the on time performance of PT MRT Jakarta (Perseroda). Seeing the importance of the reliability of the electrical system in maintaining the on time performance of PT MRT (Perseroda), it is necessary to fulfill the criteria for electrical equipment space in accordance with the needs of each equipment. Reliable electricity is electricity that can supply loads safely and has a reliable protection system. The battery is a power source for the control and protection system of PT MRT Jakarta (Perseroda) electrical equipment, without a battery the electrical protection system cannot work. Air conditioning for ER (Electrical Room) and TSS (Traction Substation) is needed to ensure that the room temperature matches the battery working temperature requirements. By maintaining the suitability of the ER and TSS room temperatures, it is expected that the lifetime and performance of the battery work can be maintained reliably. The author analyzes the engineering work that the author has done in one of the private companies, namely, PT. Trasfello Bangun Teknika, which is located at Plaza 3 Pondok Indah, South Jakarta, namely "Project Air Conditioning ER Room (Electrical Room) and TSS (Traction Substation) at PT MRT Jakarta". In this report the author wants to analyze whether the project has fulfilled and applied the main rules of engineering that have been studied in the first semester, namely Professionalism, Code of Ethics and Professional Ethics of Engineers, as well as Safety, Occupational Health, and Environment (K3L). From the results of the analysis that has been carried out, it is found that this project has implemented (K3L) in every work activity from start to finish and no violations of the code of ethics were found in the completion of the project but there are several practices of the engineer's code of ethics that were carried out during the author's work on this project done professionally with the results of the time needed to complete this project faster than the planned schedule with no work accidents occurring (Zero Accident).
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Ekki Dwi Novanto
Abstrak :
Indonesia, dengan kekayaan 60 cekungan sedimen, memiliki sejarah panjang dalam industri minyak dan gas. Blok Minyak Lepas Pantai Tenggara Sumatera (OSES) merupakan wilayah kerja migas yang memberikan kontribusi signifikan terhadap produksi minyak dan gas bumi. Sistem OSRE Oil Boom dikembangkan sebagai solusi inovatif untuk mengatasi tumpahan minyak di laut, khususnya di wilayah Blok OSES. Sistem ini terdiri dari boom dan jib-arm pada kapal untuk menampung dan mengarahkan minyak ke tempat penampungan. Pengembangan Sistem OSRE Oil Boom didasarkan pada penggabungan observasi lapangan, Finite Element Analysis (FEA), diagram Ishikawa, dan penilaian risiko. Analisis menunjukkan bahwa keberadaan oil boom secara signifikan meningkatkan hambatan dan daya kapal. Struktur sling, jib-arm, dan rangka OSES telah diuji dan terbukti aman serta mampu menahan beban oil boom di laut. Aspek-aspek Etika Insinyur dan K3L telah terpenuhi dengan baik. Analisis K3L mengidentifikasi enam (6) potensi utama risiko kecelakaan kerja yang dapat terjadi pada kegiatan operasional OSRE. Diharapkan, pengembangan Sistem OSRE Oil Boom dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas penanganan tumpahan minyak di laut, serta meminimalisir dampak negatif terhadap lingkungan. ...... Indonesia, blessed with 60 sedimentary basins, boasts a rich history in the oil and gas industry. The Southeast Sumatra Offshore Oil Block (OSES) is a key contributor to the country's oil and gas production. The OSRE Oil Boom System has been developed as an innovative solution to address offshore oil spills, particularly in the OSES Block region. This system comprises a boom and jib-arm on a vessel to collect and direct oil to a containment reservoir. The development of the OSRE Oil Boom System is grounded in a combination of field observations, Finite Element Analysis (FEA), Ishikawa diagrams, and risk assessment. Analysis indicates that the presence of the oil boom significantly enhances the vessel's resistance and power. The sling structure, jib-arm, and OSES frame have undergone rigorous testing and have been proven to be safe and capable of withstanding the oil boom's load at sea. Ethical Engineering and OHS aspects have been thoroughly addressed. OHS analysis has identified six (6) primary potential occupational accident risks during OSRE operational activities. The development of the OSRE Oil Boom System is anticipated to enhance the efficiency and effectiveness of offshore oil spill management, while minimizing negative environmental impacts.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2024
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>