"
ABSTRAKJurnal ini membahas film Sevilla (2012), film pendek tentang liburan tiga sahabat ke kota Sevilla. Hal yang tidak terduga terjadi dalam liburan itu. Dari kejadian luar biasa itu, masalah yang diangkat adalah hakikat persahabatan di antara ketiganya. Penelitian ini mengaitkan peran unsur sinematografi; mise-en-scène, tata kamera dan tata cahaya, dalam menggambarkan hakikat persahabatan itu. Dari tata kamera terlihat posisi tiga tokoh yang tidak setara. Tata cahaya menandai dua macam alur; yang maju dan yang mundur. Cahaya terang dipakai ketika suasana persahabatan ceria, sedang cahaya gelap sebaliknya terutama ketika salah satu sudah tiada. Pencahayaan terang biasanya bersamaan dengan long shot, pencahayaan gelap bersamaan dengan medium shot.
ABSTRACTThis journal analyses the film Sevilla (2012), short film that tells the story of three best friends holiday to Sevilla. An unexpected thing happened during the holiday. From that unexpected thing, the problem that will be analyzed is the meaning of friendship among these three. This study uses cinematographical elements such as mise-en-scène, the kind of shots and lighting, in analyzing the meaning of that friendship. From the camera layout, the position of three characters is not equal. The lighting marks two kinds of plot, forward and backward. The bright one marks the joy of that friendship, while the dark one marks the gloom of the friendship especially when one of them is gone. The bright lighting used along with long shot, the dark one with medium shot."