Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 6 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Pedro Wiriya
"Kemajuan teknologi saat ini mendukung peningkatan penggunaan barang elektronik yang mendukung aktivitas manusia. Penggunaan barang elektronik berlebih menyebabkan penumpukan limbah elektronik yang menimbulkan dampak bagi lingkungan dan manusia. Salah satu tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi limbah elektronik adalah menerapkan perilaku komputasi hijau. Komputasi hijau dipandang sebagai suatu konsep yang dapat membantu dalam mengurangi dampak lingkungan dari teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi intensi dan perilaku komputasi hijau pada kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan model yang terdiri dari konstruk yang diadaptasi dari Theory of Interpersonal Behavior (TIB), Norm Activation Model (NAM), dan performance shaping factor (PSF). Responden terdiri dari 194 mahasiswa. Analisis dilakukan dengan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa intensi terhadap perilaku komputasi hijau dipengaruhi oleh atiitude dan personal norm. Kemudian, personal norm dipengaruhi oleh ascription of responsibility, awareness of consequence, dan subjective norm. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perilaku komputasi hijau dipengaruhi oleh intensi terhadap perilaku komputasi hijau, habit, dan performance shaping factor. Implikasi teori dari penelitian ini adalah penelitian ini membuktikan bahwa TIB dapat digunakan di jenis penelitian yang bertopik tindakan pro-lingkungan. Dalam konteks Indonesia, penelitian ini diharapkan dapat menjadi kontribusi ilmiah bagi riset dan penelitian mengenai perilaku komputasi hijau di Indonesia. Implikasi praktis pada penelitian ini ditujukan kepada mahasiswa, universitas, pemerintah, dan industri hardware komputer.

The current advancement of technology supports the increased use of electronic devices that facilitate human activities. Excessive use of electronic devices leads to the accumulation of electronic waste, which has impacts on the environment and human health. One action that can be taken to reduce electronic waste is the implementation of green computing behavior. Green computing is seen as a concept that helps reduce the environmental impact of technology. This research aims to identify the factors influencing the intention and behavior of green computing among university students. The study utilizes a model consisting of constructs adapted from the Theory of Interpersonal Behavior (TIB), Norm Activation Model (NAM), and performance shaping factor (PSF). The respondents consist of 194 students. The analysis is conducted using the Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) method with SmartPLS 4 software. The results of this study indicate that the intention towards green computing behavior is influenced by attitude and personal norm. Furthermore, personal norm is influenced by ascription of responsibility, awareness of consequences, and subjective norm. The study also shows that green computing behavior is influenced by the intention towards green computing behavior, habit, and performance shaping factor. The theoretical implications of this research are that it demonstrates the applicability of TIB in pro-environmental action research. In the context of Indonesia, this study is expected to contribute to scientific research on green computing behavior in Indonesia. The practical implications of this research are directed towards students, universities, government, and computer hardware industry."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Atikah Nurul Khaninda
"ABSTRAK
Penelitian ini mengeksplorasi niat perilaku pro-lingkungan dalam pengaturan restoran, yang berfokus pada menu perilaku makan berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami niat perilaku konsumen dalam memilih menu pilihan nabati organik di restoran, serta niat mereka untuk mengunjungi restoran yang menampilkan menu pilihan nabati organik. Model pada penelitian ini mengadopsi pendekatan integratif dari Theory of Planned Behavior (TPB) dan Norm Activation Model (NAM), dengan penambahan dua hubungan antar variabel untuk mengatasi kesenjangan dari penelitian sebelumnya. Sebanyak 383 tanggapan dikumpulkan dari konsumen aktual dan potensial dari makanan dan minuman nabati organik di Indonesia yang berusia minmal 18 tahun. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), khususnya pendekatan CB-SEM yang dianalisis menggunakan LISREL 8.8. Temuan menunjukkan personal norm, attitude, dan perceived behavioral control adalah penentu niat untuk memilih menu pilihan nabati organik, yang pada akhirnya mendorong niat untuk mengunjungi restoran yang menampilkan menu nabati organik. Hasil menunjukan bahwa subjective norm memiliki pengaruh langsung yang tidak signifikan terhadap niat konsumen, namun subjective norm secara tidak langsung mempengaruhi niat konsumen melalui personal norm. Selanjutnya, perceived behavioural control ditemukan menjadi motif yang paling menonjol untuk memprediksi niat konsumen. Implikasi manajerial dari penelitian ini dibahas lebih lanjut bersama rekomendasi untuk penelitian masa depan.

ABSTRACT
This research explores pro-environmental behavior intention in a restaurant setting, especially it focuses on sustainable or green menu dining behavior. The purpose of this study is to understand consumer behavioral intention on choosing organic plant-based menu item at a restaurant, as well as their intention to visit restaurant featuring organic plant-based menu items. The study model adopts an integrative approach of the Theory of Planned Behavior (TPB) and Norm Activation Model (NAM), in addition to two additional relationships to address the gap of previous research. A total of 383 responses is gathered from an actual and potential consumer of organic plant-based food and beverages in Indonesia which is at least 18 years old. This study uses Structural Equation Modelling (SEM), particularly the CB-SEM approach that is analyzed using LISREL 8.8. The findings indicate personal norm, attitude, and perceived behavioral control are the determinants of intention to choose organic plant-based menu items, which ultimately drive intention to visit a restaurant that features an organic plant-based menu. The result indicates subjective norm has a non-significant effect directly towards consumer intention, however subjective norm indirectly influences intention through the personal norm. Further, perceived behavioral control is found to be the most salient motive to predict consumer intention. The managerial implication of the research is discussed further alongside recommendations for future research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Rafa Aurielle Adinda Diorra
"Konsep sustainable fashion, yakni pembuatan dan penggunaan produk fesyen yang mengutamakan keberlanjutan produk dan aspek lingkungan, penting untuk diterapkan karena permasalahan lingkungan yang secara signifikan diakibatkan oleh perkembangan industri fesyen. Di Indonesia, penerapan konsep ini mulai populer di sisi penjualannya, tetapi tidak di sisi pembeliannya. Sehingga diperlukan dorongan dan dukungan lebih agar masyarakat Indonesia dapat mengadopsi konsep ini dalam perilaku konsumsi produk fesyen. Di era transformasi pasar Indonesia, platform e-commerce memiliki peluang besar dalam mendorong perilaku pembelian produk sustainable fashion. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model teoretis terkait faktor-faktor yang memengaruhi niat seseorang dalam membeli produk sustainable fashion melalui aplikasi e-commerce serta untuk membuat rancangan antarmuka aplikasi yang dapat mendukung perilaku tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan design science research yang terdiri dari: (1) pengidentifikasian masalah secara kuantitatif dan kualitatif dengan melibatkan teori NAM, TAM, dan TRA; (2) perumusan solusi dari hasil analisis data; (3) perancangan high-fidelity prototype aplikasi; (4) pendemonstrasian skenario penggunaan aplikasi; (5) evaluasi rancangan aplikasi dengan UT dan SUS; serta (6) penarikan kesimpulan dan saran penelitian. Secara singkat, penelitian ini menunjukkan bahwa perceived enjoyment, attitude, awareness of consequences, ascription of responsibility, personal norm, dan subjective norm memengaruhi intention to purchase yang mana akan memengaruhi actual purchase. Akan tetapi, perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived risk tidak memiliki pengaruh terhadap intention to purchase. Dari temuan dan implikasi penelitian ini, diharapkan adanya perluasan wawasan terkait perilaku pembelian produk sustainable fashion masyarakat Indonesia serta dapat merekomendasikan rancangan aplikasi e-commerce yang dapat dijadikan acuan untuk mendukung perilaku tersebut.

The concept of sustainable fashion, namely the manufacture and use of the fashion products that prioritise product sustainability and environmental aspects, is important to implement because of the significant environmental problems caused by the development of the fashion industry. In Indonesia, the application of this concept is starting to become popular on the sales side, but not on the purchasing side. So more encouragement and support are needed so that Indonesians can adopt this concept in their fashion product consumption behaviour. In the era of Indonesian market transformation, e-commerce platforms have a great opportunity to encourage purchasing behavior for sustainable fashion products. The aim of this research is to create a theoretical model related to the factors that influence a person's intention to purchase sustainable fashion products through e-commerce applications and to create an application interface design that can support this behaviour. This research was carried out using a design science research approach consisting of: (1) identifying problems quantitatively and qualitatively involving NAM, TAM, and TRA theories; (2) formulating solutions from the results of data analysis; (3) designing high-fidelity application prototypes; (4) demonstrating the application usage scenarios; (5) evaluation of application design with UT and SUS; and (6) drawing conclusions and research suggestions. In short, this research shows that perceived enjoyment, attitude, awareness of consequences, ascription of responsibility, personal norms, and subjective norms influence intention to purchase which will influence actual purchase. However, perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk have no influence on intention to purchase. From the findings and implication of this research, it is hoped that there will be an expansion of insight regarding the purchasing behaviour of sustainable fashion products among Indonesians and can recommend an e-commerce application design that can be used as a reference to support this behaviour."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Luthmilla Sari Bhaskara
"Konsep sustainable fashion, yakni pembuatan dan penggunaan produk fesyen yang mengutamakan keberlanjutan produk dan aspek lingkungan, penting untuk diterapkan karena permasalahan lingkungan yang secara signifikan diakibatkan oleh perkembangan industri fesyen. Di Indonesia, penerapan konsep ini mulai populer di sisi penjualannya, tetapi tidak di sisi pembeliannya. Sehingga diperlukan dorongan dan dukungan lebih agar masyarakat Indonesia dapat mengadopsi konsep ini dalam perilaku konsumsi produk fesyen. Di era transformasi pasar Indonesia, platform e-commerce memiliki peluang besar dalam mendorong perilaku pembelian produk sustainable fashion. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuat model teoretis terkait faktor-faktor yang memengaruhi niat seseorang dalam membeli produk sustainable fashion melalui aplikasi e-commerce serta untuk membuat rancangan antarmuka aplikasi yang dapat mendukung perilaku tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan design science research yang terdiri dari: (1) pengidentifikasian masalah secara kuantitatif dan kualitatif dengan melibatkan teori NAM, TAM, dan TRA; (2) perumusan solusi dari hasil analisis data; (3) perancangan high-fidelity prototype aplikasi; (4) pendemonstrasian skenario penggunaan aplikasi; (5) evaluasi rancangan aplikasi dengan UT dan SUS; serta (6) penarikan kesimpulan dan saran penelitian. Secara singkat, penelitian ini menunjukkan bahwa perceived enjoyment, attitude, awareness of consequences, ascription of responsibility, personal norm, dan subjective norm memengaruhi intention to purchase yang mana akan memengaruhi actual purchase. Akan tetapi, perceived usefulness, perceived ease of use, dan perceived risk tidak memiliki pengaruh terhadap intention to purchase. Dari temuan dan implikasi penelitian ini, diharapkan adanya perluasan wawasan terkait perilaku pembelian produk sustainable fashion masyarakat Indonesia serta dapat merekomendasikan rancangan aplikasi e-commerce yang dapat dijadikan acuan untuk mendukung perilaku tersebut.

The concept of sustainable fashion, namely the manufacture and use of the fashion products that prioritise product sustainability and environmental aspects, is important to implement because of the significant environmental problems caused by the development of the fashion industry. In Indonesia, the application of this concept is starting to become popular on the sales side, but not on the purchasing side. So more encouragement and support are needed so that Indonesians can adopt this concept in their fashion product consumption behaviour. In the era of Indonesian market transformation, e-commerce platforms have a great opportunity to encourage purchasing behavior for sustainable fashion products. The aim of this research is to create a theoretical model related to the factors that influence a person's intention to purchase sustainable fashion products through e-commerce applications and to create an application interface design that can support this behaviour. This research was carried out using a design science research approach consisting of: (1) identifying problems quantitatively and qualitatively involving NAM, TAM, and TRA theories; (2) formulating solutions from the results of data analysis; (3) designing high-fidelity application prototypes; (4) demonstrating the application usage scenarios; (5) evaluation of application design with UT and SUS; and (6) drawing conclusions and research suggestions. In short, this research shows that perceived enjoyment, attitude, awareness of consequences, ascription of responsibility, personal norms, and subjective norms influence intention to purchase which will influence actual purchase. However, perceived usefulness, perceived ease of use, and perceived risk have no influence on intention to purchase. From the findings and implication of this research, it is hoped that there will be an expansion of insight regarding the purchasing behaviour of sustainable fashion products among Indonesians and can recommend an e-commerce application design that can be used as a refereference to support this behaviour."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Charles Pramudana
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan faktor psikologi sosial terhadap perilaku dan gerakan boikot produk pro-Israel pada masyarakat Indonesia. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan media sosial sebagai alat untuk menyuarakan gerakan sosial, tetapi sedikit penelitian yang berfokus pada konteks boikot produk pro-Israel di Indonesia, terlebih yang membedakan aktivitas pembagian informasi dan penerimaan informasi di media sosial. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana aktivitas di media sosial serta faktor psikologi sosial seperti norma pribadi, sikap terhadap boikot, tekanan sosial yang dirasakan mengenai boikot, kesadaran akan konsekuensi dari tidak melakukan boikot, dan persepsi kontrol yang dimiliki dari suatu perilaku dapat memengaruhi perilaku dan gerakan boikot. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode PLS-SEM dan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring kepada masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan media sosial dan berpartisipasi dalam gerakan boikot yang diisi oleh 645 responden secara valid. Sementara itu, pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara terhadap 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas membagikan informasi di media sosial memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku boikot, sementara aktivitas menerima informasi memerlukan mediasi dari faktor psikologi sosial untuk memengaruhi perilaku boikot. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa media sosial dan faktor psikologi sosial dapat memengaruhi gerakan boikot di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi perusahaan dalam menyusun konten media sosial yang bijak, pengembang aplikasi untuk mengembangkan fitur yang mendukung aksi kolektif, dan aktivis untuk menyusun strategi kampanye aksi kolektif yang lebih efektif.

This study aims to analyze the influence of social media usage and social psychological factors on the behavior and movement of boycotting pro-Israel products among Indonesian society. The background of this research is the increasing use of social media as a tool for voicing social movements, but there is limited research focusing on the context of boycotting pro-Israel products in Indonesia, especially distinguishing between information sharing and information receiving activities on social media. This study explores how activities on social media and social psychological factors such as personal norms, attitudes towards boycotts, subjective norms, awareness of the consequences, and perceived behavioral control can influence boycott behavior and movement. The methodology of this study employs a quantitative approach using PLS-SEM and a qualitative approach using content analysis. Quantitative data collection was conducted by distributing online questionnaires to Indonesians actively using social media and participating in the boycott movement, with 645 valid responses collected. Meanwhile, qualitative data collection was carried out through interviews with 30 respondents. The results show that information sharing activities on social media have a direct impact on boycott behavior, while information receiving activities require mediation from social psychological factors to influence boycott behavior. Additionally, this study indicates that social media and social psychological factors can influence boycott movements in Indonesia. This research is expected to provide practical guidance for companies in creating sensible social media content, application developers in creating features that support collective action, and activists in devising more effective collective action campaign strategies."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marvel Krent
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media sosial dan faktor psikologi sosial terhadap perilaku dan gerakan boikot produk pro-Israel pada masyarakat Indonesia. Latar belakang penelitian ini adalah meningkatnya penggunaan media sosial sebagai alat untuk menyuarakan gerakan sosial, tetapi sedikit penelitian yang berfokus pada konteks boikot produk pro-Israel di Indonesia, terlebih yang membedakan aktivitas pembagian informasi dan penerimaan informasi di media sosial. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana aktivitas di media sosial serta faktor psikologi sosial seperti norma pribadi, sikap terhadap boikot, tekanan sosial yang dirasakan mengenai boikot, kesadaran akan konsekuensi dari tidak melakukan boikot, dan persepsi kontrol yang dimiliki dari suatu perilaku dapat memengaruhi perilaku dan gerakan boikot. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode PLS-SEM dan pendekatan kualitatif dengan metode content analysis. Pengumpulan data kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring kepada masyarakat Indonesia yang aktif menggunakan media sosial dan berpartisipasi dalam gerakan boikot yang diisi oleh 645 responden secara valid. Sementara itu, pengumpulan data kualitatif dilakukan dengan wawancara terhadap 30 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas membagikan informasi di media sosial memiliki pengaruh langsung terhadap perilaku boikot, sementara aktivitas menerima informasi memerlukan mediasi dari faktor psikologi sosial untuk memengaruhi perilaku boikot. Selain itu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa media sosial dan faktor psikologi sosial dapat memengaruhi gerakan boikot di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi perusahaan dalam menyusun konten media sosial yang bijak, pengembang aplikasi untuk mengembangkan fitur yang mendukung aksi kolektif, dan aktivis untuk menyusun strategi kampanye aksi kolektif yang lebih efektif.

This study aims to analyze the influence of social media usage and social psychological factors on the behavior and movement of boycotting pro-Israel products among Indonesian society. The background of this research is the increasing use of social media as a tool for voicing social movements, but there is limited research focusing on the context of boycotting pro-Israel products in Indonesia, especially distinguishing between information sharing and information receiving activities on social media. This study explores how activities on social media and social psychological factors such as personal norms, attitudes towards boycotts, subjective norms, awareness of the consequences, and perceived behavioral control can influence boycott behavior and movement. The methodology of this study employs a quantitative approach using PLS-SEM and a qualitative approach using content analysis. Quantitative data collection was conducted by distributing online questionnaires to Indonesians actively using social media and participating in the boycott movement, with 645 valid responses collected. Meanwhile, qualitative data collection was carried out through interviews with 30 respondents. The results show that information sharing activities on social media have a direct impact on boycott behavior, while information receiving activities require mediation from social psychological factors to influence boycott behavior. Additionally, this study indicates that social media and social psychological factors can influence boycott movements in Indonesia. This research is expected to provide practical guidance for companies in creating sensible social media content, application developers in creating features that support collective action, and activists in devising more effective collective action campaign strategies."
Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library