Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Satria Aditama
"Pandemi dan pemberlakuan PSBB berdampak signifikan terhadap penurunan jumlah kunjungan dan performa layanan museum. Salah satu jalan keluar atau alternatif yang muncul dan sempat naik daun saat pandemi adalah tur virtual. Tur virtual hadir sebagai strategi baru bagi museum untuk terus beroperasi di masa pandemi. Tujuan penelitian ini untuk melihat eksistensi tur virtual museum yang diadaptasi oleh museum di Jakarta dalam menjaga keberlangsungan pariwisata. Metode yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah studi pustaka. Penulis melakukan kunjungan tur virtual pada museum-museum di DKI Jakarta dengan rentang waktu November 2021 hingga Mei 2022. Kajian mengenai tur virtual museum di Indonesia didominasi dengan pembahasan mengenai proses produksi dalam lingkup teknis perancangan dan pembuatan tur virtual museum, belum membahas sejauh mana potensi tur virtual dalam menjaga keberlangsungan pariwisata. Penelitian ini menemukan bahwa tur virtual museum hadir sebagai alternatif pengganti layanan kunjungan fisik. Selain itu, eksistensi tur virtual museum juga secara tidak langsung menjadi strategi marketing atau media promosi bagi museum-museum. Hadirnya dua fungsi tersebut krusial dalam menjaga keberlangsungan pariwisata museum.

The pandemic and the implementation of PSBB had a significant impact on the sudden decrease in the number of visits and museum’s performance. One of the solutions or alternatives that emerged and had become popular during the pandemic was virtual tours. Virtual tours came up as a new strategy for museums to be able to continue operating during the pandemic. The purpose of this research is to see the existence of virtual museum tours adapted by museums in Jakarta in maintaining the sustainability of tourism. The method used by the author in this research is literature study. The author makes virtual tour visits to museums in DKI Jakarta with a time span of November 2021 to May 2022. The study of virtual museum tours in Indonesia mainly discusses about production process within the scope of designing and making virtual museum tours, but not to the extent of the potential of virtual tours in maintaining tourism sustainability. This study found that virtual museum tours exist as an alternative to physical visiting tours. In addition, the existence of virtual museum tours also indirectly becomes a marketing strategy or media promotion for museums. These two functions are crucial in maintaining the sustainability of museum tourism."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
"Penelitian ini bertujuan untuk membahas fenomena budaya pariwisata virtual yang berkembang melalui virtual tour. Virtual tour merupakan simulasi lokasi atau objek wisata dengan menggunakan rangkaian video atau gambar beserta tambahan musik, efek suara, teks, dan narasi. Studi sebelumnya menemukan bahwa virtual tour muncul karena adanya perkembangan teknologi, kebutuhan promosi objek wisata, dan kebutuhan penjagaan warisan budaya. Berdasarkan pemikiran Baudrillard, kondisi hyperreality merupakan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi dan pandemi Covid-19 yang menguatkan kehidupan cyberspace. Namun peneliti berargumen bahwa tidak serta merta kondisi hyperreality dapat terjadi, khususnya dalam virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A. Peneliti berargumen bahwa terdapat kompleksitas tersendiri untuk menciptakan kondisi hyperreality. Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan apakah virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A merupakan sebuah kondisi hyperreality pada industri pariwisata di era digital. Penelitian ini menemukan bahwa hyperreality tidak tercipta dalam virtual tour yang dikelola oleh perusahaan A. Terdapat beberapa komponen hyperreality sesuai pemikiran Baudrillard, yaitu model simulasi, seperti simulasi rute perjalanan, simulasi visual, simulasi narasi, dan simulasi interaksi. Namun masih terdapat keterbatasan yang menghalangi terciptanya kondisi hyperreality pada virtual tour. Menurut wisatawan, virtual tour merupakan inovasi yang menarik, namun mereka belum sepenuhnya menikmati perjalanan wisata virtual.

This study aims to discuss the phenomenon of virtual tourism culture that develops through virtual tours. A virtual tour is a simulation of a location or tourist attraction using a series of videos or images along with additional music, sound effects, text, and narration. Previous studies have found that virtual tours arise because of technological developments, the need for promotion of tourist objects, and the need for preserving cultural heritage. Based on Baudrillard's thinking, the hyperreality condition is a logical consequence of technological developments and the Covid-19 pandemic that strengthens cyberspace life. However, the researcher argues that hyperreality does not necessarily occur, especially in a virtual tour managed by company A. The researcher argues that there is a distinct complexity to creating hyperreality conditions. This study seeks to explain whether the virtual tour managed by company A is a hyperreality condition in the tourism industry in the digital era. This study finds that hyperreality is not created in a virtual tour managed by company A. There are several components of hyperreality according to Baudrillard's thinking, namely simulation models, such as travel route simulations, visual simulations, narrative simulations, and interaction simulations. However, there are still limitations that prevent the creation of hyperreality conditions on virtual tours. According to tourists, virtual tours are an interesting innovation, but they have not fully enjoyed virtual travel."
[Depok, Depok]: [Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia], 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library