Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
Mohamad Jatiardi Fitriantoro
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna SCeLE di Jurusan Akuntansi FEB UI dengan mengaplikasikan model End-User Computing Satisfaction. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS). Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna terdiri dari konten, akurasi, bentuk, kemudahan penggunaan, dan ketepatan waktu. Selain itu, penelitian ini juga melakukan uji beda terhadap tingkat kepuasan yang dilakukan dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua faktor yang terdapat dalam model End-User Computing Satisfaction berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Selain itu, hasil uji beda menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara mahasiswa laki-laki dan mahasiswa perempuan., dan terdapat perbedaan tingkat kepuasan antara mahasiswa angkatan awal dan mahasiswa angkatan akhir.
ABSTRACT
This research aims to analyze the factors affecting SCeLE?s user satisfaction on Accounting Department of FEB UI by applying End-User Computing Satisfaction model. The analysis is conducted by using Partial Least Square method. Factors that affect user satisfaction, based on End-User Computing Satisfaction model are consists of content, accuracy, format, ease of use, and timeliness. This research also conducts independent sample t-test. The results showed that all of the factors which carried by End-User Computing Satisfaction model have significant impact to SCeLE?s user satisfaction. Furthermore, this research also implies that there is statistically significant difference in terms of satisfaction level between male student and female student, and there is also statistically significant difference in terms of satisfaction level between first year student and fourth year student
2016
S64418
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Alita Dantrie
Abstrak :
Penelitian ini melihat hubungan antara persepsi kegunaan yang dirasakan oleh mahasiswa Universitas Indonesia dan kepuasannya setelah menggunakan SCELE-UI. Perbedaan individu memiliki peran penting untuk memprediksi tingkah laku pembelajar; karenanya trait conscientiousness yang erat kaitannya dengan pencapaian akademis digunakan sebagai moderator penelitian ini. Responden merupakan 236 mahasiswa dari Universitas Indonesia. Trait conscientiousness diukur menggunakan Big Five Inventory (John, Donahue, & Kentle, 1991) yang telah diadaptasi Ramdhani (2012). Kepuasan pengguna dan persepsi kegunaan menggunakan alat ukur Mohammadi (2015). Hasil penelitian menunjukkan, 1) terdapat hubungan antara persepsi kegunaan dan kepuasan pengguna; 2) terdapat hubungan antara conscientiousness dan persepsi kegunaan dan dengan kepuasan pengguna; 3) Tidak terdapat efek moderasi dari conscientiousness pada hubungan antara persepsi kegunaan dan kepuasan pengguna. Penelitian ini dapat menjadi dasar konsiderasi inovasi dan penyesuaian fitur SCELE-UI bagi KSDP UI.
......This study examined the relationship between perceived usefulness felt by University of Indonesia students and their satisfaction after using SCELE-UI. Individual differences have an important role to predict learner's behavior; hence conscientiousness trait, which is closely related to academic achievement, is used as the moderator of this research. The respondents were 236 students from University of Indonesia. Conscientiousness was measured using the Big Five Inventory (John et al., 1991) which had been adapted by Ramdhani (2012). User satisfaction and perceived usefulness was measured using instruments developed by Mohammadi (2015). The results show that, 1) there is a relationship between perceived usefulness and user satisfaction; 2) there is a relationship between conscientiousness and perceived usefulness and with user satisfaction; 3) There was no moderating effect from conscientiousness on the relationship between perceived usefulness and user satisfaction. This research can be a basis for innovation consideration and adjustment of SCELE-UI features for KSDP UI.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ananda Adella Rosid
Abstrak :
Hubungan antara manfaat yang dirasakan dan kepuasan pengguna pada SCELE-UI di antar siswa merupakan hal yang penting untuk diketahui sebagai salah satu evaluasi terhadap sistem SCELE-UI. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara manfaat yang dirasakan dan kepuasan pengguna pada pengguna SCELE-UI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode Perceived. alat pengukur Kegunaan dan Kepuasan Pengguna diadaptasi dari Mohammadi (2015). Penelitian ini dilakukan terhadap 212 mahasiswa Universitas Indonesia yang masih atau pernah menggunakan SCELE-UI semester ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan memiliki hubungan yang signifikan dengan kepuasan pengguna.
......The relationship between perceived benefits and user satisfaction on SCELE-UI among students is an important thing to know as one of the evaluations of the SCELE-UI system. This study aims to see the relationship between perceived benefits and user satisfaction on SCELE-UI users. This research is a quantitative research that uses the Perceived method. measuring device User Usability and Satisfaction adapted from Mohammadi (2015). This research was conducted on 212 University of Indonesia students who are still or have used SCELE-UI this semester. The results of this study indicate that perceived usefulness has a significant relationship with user satisfaction.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Ayu Satyari Irawan
Abstrak :
Perkembangan informasi dan teknologi yang semakin canggih ternyata juga berpengaruh dalam bidang pendidikan. Salah satu implementasi perkembangan informasi dan teknologi dalam bidang pendidikan tersebut adalah e-learning atau elektonik learning. E-learning merupakan media pembelajaran yang memanfaatkan jaringan internet sehingga memungkinkan tersampaikannya bahan ajar kepada peserta ajar tanpa adanya tatap muka. Media pembelajaran ini saat ini juga telah diterapkan pada Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, yang dinamakan dengan SCeLE (Student Centered E-Learning Environtment). Pada penelitian ini akan dibahas mengenai bagaimana pemanfaatan e-learning SCeLE itu sendiri sebagai media pembelajaran oleh mahasiswa Fasilkom UI. Objek penelitian ini adalah e-learning SCeLE yang ada di Fasilkom UI. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa e-learning SCeLE di Fasilkom UI sudah dimanfaatkan dengan baik, hanya saja pemanfaatannya belum optiamal. Terbukti dari masih adanya fasilitas-fasilitas pada SCeLE yang kurang dimanfaatkan seperti fasilitas untuk berdiskusi. Sehingga saat ini pemanfaatan SCeLE di Fasilkom UI cenderung lebih sering digunakan untuk penyampaian bahan ajar atau materimateri kepada mahasiswa yang bersifat untuk mereview atau mengulang kembali materi yang telah dijelaskan oleh dosen pada saat di kelas.
Abstract
The Development of information and technology that increasingly sophisticated is also influential in the field of education. One application of information and technology developments in the field of education is e-learning or electronic learning. E-learning is a learning media that uses the internet network to enable delivery teaching materials to the teach participants without face to face. This learning media now been applied to the Faculty of Computer Science University of Indonesia, called SCeLE (Student Centered E-Learning Environtment). In this reseach will be discussed on how is the use of e-learning SCeLE itself as a media for learning by students of Faculty of Computer Science University of Indonesia. Object of this research is SCeLE as e-learning in Faculty of Computer Science University of Indonesia. This research is a quantitative study with descriptive research design. The results of this study indicate that SCeLE or e-learning in Faculty of Computer Science University of Indonesia has been used well, just do not use optimal. Proven that there is still facilities in SCeLE are underutilized, such as discuss facility. So that, in the present time the use of e-learning (SCeLE) in Faculty of Computer Science University of Indonesia tend more often used for delivery of materials or teaching materials for students to review or repeat material that has been described by the lecturer in class.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2009
S15041
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Farras Elmira Zein
Abstrak :
Kepuasan pengguna pada siswa pengguna SCELE-UI salah salah satu indikator untuk menilai keberhasilan e-learning di Universitas Indonesia. Faktor yang paling mempengaruhi kepuasan pengguna adalah manfaat yang dirasakan dan faktor intrinsik individu itu sendiri, salah satunya adalah kebutuhan akan kognisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara manfaat yang dirasakan dan kepuasan pengguna dengan kebutuhan kognisi sebagai moderator pada pengguna SCELE-UI. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan pada 236 mahasiswa menggunakan SCELE-UI. Hasil studi menemukan bahwa manfaat yang dirasakan (M=19.72, SD=4.80) memiliki hubungan yang positif dan signifikan (r = .761, p < .01, two tails) dengan kepuasan pengguna (M=16.40, SD=4.33). Hasil lain yang ditemukan dalam penelitian ini adalah perlunya kognisi yang tidak memiliki pengaruh moderasi yang signifikan terhadap kepuasan pengguna dengan nilai t = 0,75; p = 0,45. Perlu perbaikan dalam hal penampilan SCELE-UI dan penambahan fitur notifikasi tugas akan mempengaruhi kepuasan pengguna yang akan mengarah pada niat menggunakan SCELE-UI dan meningkatkan motivasi belajar pengguna.
User satisfaction on SCELE-UI user students is wrong one of the indicators to assess the success of e-learning at the University of Indonesia. The factors that most influence user satisfaction are the perceived benefits and the individual's own intrinsic factors, one of which is the need for cognition. This study aims to identify the relationship between perceived benefits and user satisfaction with cognitive needs as a moderator of SCELE-UI users. This research is a quantitative research conducted on 236 students using SCELE-UI. The results of the study found that perceived benefits (M=19.72, SD=4.80) had a positive and significant relationship (r = .761, p < .01, two tails) with user satisfaction (M=16.40, SD=4.33). Another result found in this study is the need for cognition which does not have a significant moderating effect on user satisfaction with a value of t = 0.75; p = 0.45. Need improvement in the appearance of SCELE-UI and the addition of the task notification feature will affect user satisfaction which will lead to the intention to use SCELE-UI and increase user learning motivation.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Aulia Titia Paramadina
Abstrak :
ABSTRAK
E-learning adalah salah satu contoh pemanfaatan internet di bidang pendidikan.
SCELE merupakan salah satu contoh pengaplikasian e-learning di FIK UI.
Adanya proses diskusi yang berlangsung melalui SCELE menimbulkan beragam
persepsi pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi
mahasiswa FIK UI Reguler terhadap metode pembelajaran online melalui SCELE.
Penelitian menggunakan desain deskriptif sederhana. Pengambilan sampel dengan
teknik stratified random sampling, dengan jumlah responden sebanyak 83
mahasiswa FIK UI reguler, dari angkatan 2008, 2009, 2010 dan 2011. Hasil
analisa data menunjukkan bahwa 51,8% mahasiswa FIK UI mempunyai persepsi
negatif terhadap SCELE. Peneliti merekomendasikan agar penelitian berikutnya
menggunakan sampel yang lebih variatif, tidak hanya di FIK, tetapi seluruh
fakultas yang menggunakan SCELE.
Abstract
E-learning is one example of the use of internet in education. SCELE is one
example of application of e-learning in FIK UI. The discussion process that goes
through SCELE causes on different perceptions among students. This study aims
to describe FIK UI Regular students? perceptions to SCELE. This research used
quantitative descriptive design. Sampling technique used was stratified random
sampling on 83 regular students? of FIK UI, class of 2008, 2009, 2010 and 2011.
The results showed that 51.8% of students have a negative perception to SCELE.
Researcher recommended that next research should use more diverse sample, not
only from FIK UI, but also other faculties that used SCELE.
Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2012
S43597
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Barus, Jan Harianda
Abstrak :
Keamanan website adalah komponen penting untuk melindungi dan mengamankan situs web dan server. Situs Web dipindai untuk mengetahui kerentanan dan malware melalui perangkat lunak keamanan situs website. Kerentanan dalam teknologi informasi (IT), adalah cacat dalam kode atau desain yang menciptakan titik kompromi keamanan potensial untuk titik akhir atau jaringan. Kerentanan menciptakan kemungkinan vektor serangan, dimana penyusup dapat menjalankan kode atau mengakses memori sistem target. Tools OWASP-ZAP adalah fitur untuk melakukan penetration testing pada sebuah website. SCELE adalah salah satu platform yang disediakan Universitas Indonesia untuk mengakses info akademis. Dengan tool OWASP-ZAP pendeteksian kerentanan pada website SCELE dapat dilakukan serta analisa dari hasil kerentanan tersebut juga dapat disimpulkan agar dapat menjadi acuan untuk memperbaiki sistem SCELE yang telah ada.
......Website security is an important component to protect and secure websites and servers. The website is scanned to find out vulnerabilities and malware through website security software. Vulnerability in information technology (IT), is defect in code or design that creates a point of potential security compromise for endpoint or network. Vulnerability creates the possibility of an attack vector, where intruders can run code or access the target systems memory. The OWASP-ZAP tool is a feature for penetration testing of a website. Scele is one of the platform provided by University of Indonesia to access academic info. With OWASP-ZAP tool, vulnerability detection on the SCELE website can be done and and analysis of the result of these vulnerabilities can also be concluded to be reference to improve the existing SCELE system.
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Mohammad Dwi Jatirizki Ramadhana
Abstrak :
ABSTRAK
Student Centered E-Learning (SCeLE) merupakan media pembelajaran online yang mulai digunakan pada tahun 2008. Penggunaan SCeLE pada Cluster Sosial dan Humaniora paling rendah dibandingkan dengan Cluster Sains dan Teknologi dan Cluster Ilmu Kesehatan di Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penerimaan teknologi yang mempengaruhi tingkat kepuasan siswa sosial dan humaniora dalam menggunakan SCeLE. Penelitian ini menggunakan kombinasi model kesuksesan informasi teori DeLone & McLean dan Technology Acceptance Model (TAM) dengan analisis menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian terhadap 9 hipotesis, yaitu 7 hipotesis diterima dan 2 hipotesis ditolak. Hipotesis yang ditolak adalah bahwa kualitas layanan berpengaruh terhadap persepsi kegunaan, dan kualitas sistem berpengaruh terhadap persepsi kegunaan. Hipotesis yang diterima adalah Kualitas layanan mempengaruhi persepsi kemudahan kita, Kualitas informasi mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan, Kualitas informasi mempengaruhi persepsi kegunaan, Kualitas sistem mempengaruhi persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kemudahan penggunaan mempengaruhi niat perilaku, persepsi kegunaan mempengaruhi niat perilaku, perilaku niat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna.
ABSTRACT
Student Centered E-Learning (SCeLE) is an online learning media that began to be used in 2008. The use of SCeLE in the Social and Humanities Cluster is the lowest compared to the Science and Technology Cluster and the Health Science Cluster at the University of Indonesia. This study aims to determine the technology acceptance factors that affect the level of social and humanities student satisfaction in using SCeLE. This study uses a combination of the DeLone & McLean theorys information success model and the Technology Acceptance Model (TAM) with analysis using SEM-PLS. The results of the study on 9 hypotheses, namely 7 hypotheses accepted and 2 hypotheses rejected. The rejected hypothesis is that service quality affects perceived usefulness, and system quality affects perceived usefulness. The accepted hypothesis is that service quality affects our perceived convenience, information quality affects perceived ease of use, information quality affects perceived usability, system quality affects perceived ease of use, perceived ease of use affects behavioral intention, perceived usefulness affects behavioral intention, behavioral intention affects user satisfaction.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library