Ditemukan 145 dokumen yang sesuai dengan query
Clikeman, Paul M.
New York: Routledge, 2009
364.163 CLI c
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Alifah
Abstrak :
Pemda DKI mewujudkan tujuan pembangunan kesehatan dengan menyediakan dana JPK Gakin. Peserta program JPK Gakin adalah keluarga miskin di DKI Jakarta yang terdata oleh BPS, pemegang kartu sehat serta Surat Keterangan Tidak Mampu yang memiliki KTP DKI Jakarta.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan manajemen piutang pasien JPK Gakin dan SKTM. Penelitian dilaksanakan di RSUD Koja. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan pengamatan langsung disertai wawancara mendalam dengan pegawai RS dan pasien JPK Gakin dan SKTM. Metode penelitian yang digunakan adalah metodologi penelitian kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah penerapan manajemen piutang pasien JPK Gakin dan SKTM di RSUD Koja pada tahun 2009 tidak sepenuhnya sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Saran yang diberikan adalah memperbaiki sistem manajemen piutang dari unsur masukan dan proses.
......The governor of DKI Jakarta implement the goals of healthy development by providing some fund allocation of JPK Gakin. The people who involved JPK Gakin program are the underprivileged family in DKI Jakarta who listed in BPS, had healthy card, SKTM, and DKI Jakarta ID.
The aim of this research is to study the application of account receivable management for JPK Gakin and SKTM patients. This research held in Koja Hospital. The type of this research is descriptive analytic with observation and depth interview with hospital staff and JPK Gakin and SKTM patients. The method of this research is qualitative method.
The result of this research is the application of account receivable management for JPK Gakin and underprivileged patient at Koja Hospital in 2009 not fully based on policy from Health Department of DKI Jakarta. The advice for this research is to fix the system of account receivable management from input and process.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
S-Pdf
UI - Skripsi Open Universitas Indonesia Library
Faizah Aini Rahmi
Abstrak :
Penyusunan laporan magang ini bertujuan untuk mengevaluasi prosedur audit akun Piutang Usaha entitas ABC tahun 2019 yang dilakukan oleh KAP DEF serta membuat refleksi diri dari pembelajaran yang didapatkan selama menjalani magang di KAP DEF. Evaluasi dilakukan dengan membandingkan praktik yang dijalankan dengan teori audit yaitu untuk prosedur pemahaman pengendalian internal, pengujian substantif atas transaksi, prosedur analitik substantif, dan pengujian terinci atas saldo. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa KAP DEF belum menjalankan prosedur sesuai dengan standar dan teori audit. Selanjutnya, refleksi diri dilakukan dengan mengevaluasi hal yang sudah dan belum berjalan dengan baik selama periode magang berlangsung. Penulis menyadari bahwa kemampuan kerja sama, daya analisis, serta pengetahuan penulis memengaruhi hal tersebut. Hasil evaluasi ini kemudian menjadi masukan bagi penulis agar bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih siap menghadapi dunia kerja sesungguhnya
......The preparation of this internship report is intended to evaluate the audit procedures for Accounts Receivable accounts carried out by KAP DEF and to make self-reflections on the lessons learned during the internship at KAP DEF. The evaluation was carried out by comparing the practices carried out with audit theory, namely procedures for understanding internal control, substantive tests of transactions, substantive analytical procedures, and test of details of balances. The evaluation results show that KAP DEF has not carried out procedures in accordance with audit standards and theories. Furthermore, self-reflection is carried out by evaluating what has been and has not gone well during the internship period. The author realizes that the ability to work together, the analytical skills, and the knowledge of the author affect this. The results of this evaluation then become input for the author to become a better person and better prepared to face the real world of work
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2005
S8544
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Divalino Barid
Abstrak :
Verifikasi merupakan tugas baru bagi Account Representative. Skripsi ini meneliti kompetensi account representative dalam menjalankan tugas verifikasi. Penelitian ini menggunakan teori kompetensi, analisis pekerjaan, manajemen sumber daya manusia dan pemeriksaan pengawasan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan studi literatur dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan kompetensi account representative dalam melaksanakan tugas verifikasi kurang memadai. Masalah yang dihadapi account representative dalam melaksanakan tugas verifikasi adalah jumlah account representative yang kurang untuk dapat menangani wajib pajak dengan efisien dan juga jumlah diklat sebagai bekal pendidikan account presentative yang sedikit kuotanya.
......Verification is a new task for Account Representative. This thesis examines account representative competence in performing the verification role. This study uses the competence theory, job analysis theory, human resource management theory and account representative task theory. This study is a qualitative research with literature study and interviews. The results show account representative incompetence in performing verification role. Problems that encountered in implementing the account representative verification task is the number of account representative is not sufficient in handling tax payers and the training amount is not sufficient too.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Wainwright, W. Howard
London : Hutchinson Technical Education , 1963
692.8 WAI v
Buku Teks Universitas Indonesia Library
Ulvy Yulita Dini
Abstrak :
ABSTRAK
Laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit dan perlakuan akuntansi yang dilakukan oleh KAP ABC untuk Aset Tetap pada laporan keuangan PT AIR yang berakhir 31 Desember 2015, dengan mengacu kepada Interpretasi Standar Akuntansi Keuangan 27 tentang Pengalihan Aset Dari Pelanggan. Prosedur audit yang dilakukan meliputi uji pengendalian dan uji rincian yang terdiri dari peninjauan komponen-komponen perhitungan saldo pada akun Aset Tetap berdasarkan standar akuntansi keuangan yang berlaku. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis, prosedur yang dilakukan KAP ABC telah sesuai dengan International Standards on Auditing (ISA). Namun dalam perlakuan akuntansi untuk Aset Tetap pada PT AIR yang dilakukan manajemen, PT AIR belum sepenuhnya mengikuti standar keuangan seperti yang diatur dalam ISAK 27 sehingga KAP ABC mengajukan penyesuaian
ABSTRACT
This internship report explains audit procedures and accounting treatment performed by KAP ABC for Fixed Asset on PT AIR’s financial report for the period ended December 31st, 2015, referred to ISAK 27: Transfer of Asset from Customer. The audit procedures performed were test of control and test of detail, which include reviewing components for the calculation of fixed asset based on financial accounting standards. Based on the analysis, audit procedures performed by KAP ABC have complied with International Standards on Auditing (ISA). But the accounting treatment for fixed asset applied by PT AIR has not fully complied with the standards. Thus, KAP ABC proposed an adjustment to PT AIR’s Fixed Asset account referred to ISAK 27.
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Gerry Chandradinata
Abstrak :
ABSTRAK
Tujuan dari laporan magang ini adalah membahas dan menganalisis prosedur audit atas program kemitraan pada PT ATM untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2015. Laporan ini akan membahas secara rinci tentang prosedur audit yang dilakukan oleh KAP XYZ atas akun-akun yang terkait dengan program kemitraan PT ATM, yaitu piutang dan pendapatan jasa administrasi, serta memberikan analisis atas proses audit tersebut. Berdasarkan analisis yang telah dibuat, praktik audit yang diterapkan oleh KAP XYZ telah sesuai dengan teori dan standar audit yang berlaku. Selama melakukan audit, temuan paling banyak disebabkan oleh kesalahan pencatatan dan terdapat permasalahan lain pada piutang yang belum direkonsiliasi dengan BUMN Pembina Lain. Untuk itu, saran yang diajukan adalah pemberian training kepada bagian akuntansi dan meningkatkan fungsi supervisi dan monitoring terhadap pencatatan, selain itu melakukan rekonsiliasi secara berkala dengan BUMN Pembina Lain agar tidak ada perbedaan nilai piutang tercatat.
ABSTRACT
The aim of this report is to explain and analyze the audit procedure of partnership program in PT ATM for period ended December 31st 2015. Author will meticulously explain the audit procedure done by KAP XYZ for accounts that related to partnership program, which are account receivables and administration income, and analyzes the audit process performed by KAP XYZ. Based on that analysis, audit practices done by KAP XYZ has complied with the theory and standards prevailed in the practice of auditing. During the audit, most of the findings caused by misstatement and there is other problem occurred caused by account receivables that haven’t been reconciled with BUMN Pembina Lain. Therefore, this study suggests PT ATM to give more training to its accounting department and improve supervision and monitoring functions over recording. Moreover, PT ATM should reconcile account receivables periodically with
2016
TA-pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Rasyad Pandhega Shora Djan
Abstrak :
Tujuan dari laporan magang ini membahas mengenai prosedur audit yang dilakukan oleh KAP CDE atas akun piutang usaha pada PT CD untuk periode yang berakhir pada 31 Desember 2017. Laporan magang ini secara keseluruhan akan membahas mengenai kebijakan akuntansi, proses audit yang dijalankan KAP CDE, serta analisis piutang usaha PT CD. Berdasarkan analisis yang telah dibuat, laporan magang ini menyimpulkan bahwa praktik audit yang telah dilaksanakan oleh KAP CDE telah sesuai dengan teori serta standar audit yang berlaku.
......The purpose of this report is to explain the audit procedure conducted by KAP CDE regarding the account receivables of PT CD for the period ended on 31st December 2017. This report explains the accounting policy, audit process conducted by KAP CDE, and analyzes the practice of account receivables by PT CD. Based on the analysis, this internship report concluded that KAP CDE has applied an audit practice that complies with the theory and the applicable audit standards.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2018
TA-Pdf
UI - Tugas Akhir Universitas Indonesia Library
Ayi Djembarsari
Abstrak :
ABSTRAK
Saat ini rumah sakit tidak dapat hanya mengandalkan pendapatan dari pembayaran tunai saja. Pembayaran secara kredit dapat ditempuh dalam upaya meningkatkan pendapatan rumah sakit, tetapi apabila tidak dikelola dengan hati-hati rumah sakit akan gagal dan harus menyediakan dana tambahan yang akan menambah besarnya modal yang harus disediakan.
Masalah dalam penelitian ini diidentifikasi saat residensi dimana diketahui bahwa piutang pasien rawat inap jaminan perusahaan mengambil bagian terbesar dari piutang yang terjadi serta cenderung meningkat dari tahun ke tahun. Keadaan tersebut disebabkan oleh lemahnya penagihan piutang pasien rawat inap jaminan perusahaan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model penagihan untuk pasien rawat inap jaminan perusahaan Untuk memperoleh model yang sesuai dilakukan analisis terhadap faktor-faktor yang ada didalarn dan diluar rumah sakit, psosedur penagihan yang saat ini berjalan dan dibandingkan dengan teori yang ada.
Metodologi penelitian yang dipakai pada penelitian ini adalah kualitatif analitik yang berupa suatu telaahan kasus dengan pendekatan pemecahan masalah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mendapatkan hasil penagihan yang maksimal, rumah sakit harus mempunyai kesepakatan yang jelas dengan pihak penjamin. Upaya penagihan piutang harus sudah dimulai pada saat pasien masuk rumah sakit dan sebaiknya dilakukan secara berkala selama pasien dirawat sehingga diharapkan pada saat pasien lepas rawat tidak ada piutang atau piutang yang ada dapat ditekan. Karena kegiatan tersebut melibatkan beberapa bagian yang ada di rumah sakit, untuk pelaksanaannya perlu dibentuk suatu tim yang berada dibawah koordinasi Direksi rumah sakit.
Impelmentasi dari model penagihan piutang pasien rawat inap jaminan perusahaan ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan rumah sakit sehingga rumah sakit dapat meningkatkan kinerjanya.
ABSTRACT
Account Receivable Collecting System for Inpatient Deposit on Company's Account in "Dharmais" Cancer HospitalRecently hospitals cannot just depend on cash payment only. Credit payment can be arranged in order to increase the hospital revenue, however the system should be managed properly, otherwise the hospital will have to provide more capital as it should be.
This research identified that the main problem comes from Account Receivable Inpatient on Company?s Account and tend to increase from year to year. This condition is due to the difficulties in collecting payment from Inpatient on Company?s Account.
This study is designated to develop a system by analyzing condition internal and external hospital factors, existing collecting procedure and benchmarking with the theory. Qualitative analysis is used in this research by using problem solving approach.
This research implies that to get a maximum payment collection, the hospital has to have mutual commitment with the company. Account receivable collection effort has to be started when the patient admitted to the hospital and it should be done regularly while the patient is in the hospital so that when the patient is discharged there would be no more account receivable or at least living some small part of the account receivable payment.
Because all the activities will involve some departments in the hospital, the implementation of this system should be coordinated by a governing board.
Implementation of the Account Receivable Collecting System for Inpatient Deposit on Company's Account is hopefully could increase the hospital revenue so the hospital could improve its performance.
Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia, 1997
T-Pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library