Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 109 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ariq Mahira
"Fetal Alcohol Spectrum Disorder (FASD) adalah kumpulan kelainan pada anak-anak yang disebabkan oleh konsumsi alkohol prenatal dari ibu, yang dapat menyebabkan masalah fisik dan pembelajaran. Salah satu masalah dengan FASD adalah gejalanya mirip dengan penyakit pada bayi lainnya, sehingga sulit untuk didiagnosis. mahasiswa dari Universitat Duisburg-Essen membuat aplikasi android untuk membantu mendiagnosis dan menyimpan catatan pasien FASD. Namun demikian, ada beberapa perbaikan yang perlu dilakukan, salah satunya adalah meningkatkan pengukuran fitur fisiognomi bayi yang baru lahir. Salah satu opsi yang diusulkan untuk meningkatkan pengukuran adalah dengan menerapkan algoritma Face Landmark untuk mengukur fitur fisiognomik. Ada banyak program face landmark yang tersedia, termasuk FaceONNX dan DLIB. Skripsi ini akan membandingkan FaceONNX dan DLIB untuk meningkatkan algoritma pengukuran dari prototipe aplikasi pertama.

Fetal Alcohol Spectrum Disorder (FASD) is a group of disorders in children caused by the mothers' prenatal alcohol consumption, which can cause physical and learning issues. One problem with FASD is that its symptoms are identical to those of other new-born baby disorders, making diagnosis challenging. A student from Universitat Duisburg-Essen made an android application to help diagnose and saves FASD patient records. However, there are several improvements that needs to be done, one of them is improving measurements of the physiognomics features of the new born baby. One option proposed to improve the measurement is to apply the Face Landmark algorithm to measure the physiognomics features. There are numerous facial landmark libraries available, including FaceONNX and DLIB. This bachelor thesis is going to compare both FaceONNX and DLIB in order to improve the measurement algorithm from the first application prototype."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulianah
"Tingginya penggunaan perangkat bergerak seperti smartphone atau tablet untuk mengakses internet menjadi peluang sekaligus tantangan bagi perpustakaan untuk memperluas fitur layanan digital. Salah satu bentuk layanan digital potensial yang dapat diimplementasikan oleh Perpustakaan TSM adalah aplikasi perpustakaan atau mobile library application berbasis Android. Pengembangan aplikasi perpustakaan berbasis Android sebagai upaya implementasi fungsi Perpustakaan TSM sebagai penyedia informasi bagi seluruh sivitas akademika akan menjadi salah satu langkah maju, sekaligus mengangkat citra Perpustakaan TSM sebagai model perpustakaan yang mampu berinovasi dan mengikuti perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terkini. Tersedianya aplikasi Perpustakaan TSM berbasis Android di Google Play Store yang dapat dibagikan melalui beberapa media sosial seperti Facebook, Google+, Line, Path, Skype, Twitter, WhatsApp merupakan promosi yang efektif untuk menjangkau seluruh sivitas akademika tanpa terkendala ruang dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akses terhadap basis data Perpustakaan TSM perlu dikembangkan lebih lanjut dengan menerapkan konsep aplikasi perpustakaan berbasis Android dengan tujuan utama menjangkau pengguna yang sebagian besar merupakan generasi internet."
Jakarta: Perpustakaan Nasioanl RI , 2017
020 VIS 19:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ardhika Gilang Respati
"Perkembangan smartphone android yang begitu pesat menarik peneliti untuk melakukan penelitian terhadap loyalitas merek para pengguna smartphone android. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh harga yang tinggi terhadap pembelian kembali produk smartphone android dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh masa penggunaan terhadap pembelian kembali produk smartphone android. Data diolah menggunakan regresi linier dengan kesimpulan tidak ada pengaruh antara harga terhadap pembelian kembali dan bahwa masa penggunaan konsumen pengguna smartphone android memiliki pengaruh terhadap pembelian kembali. Disarankan untuk produsen android berusaha untuk bisa mempertahankan penjualan tetap tinggi dan tetap menjaga hubungan yang baik dengan konsumen. Untuk penelitian selanjutnya supaya bisa mendapatkan gambaran yang lebih konkret dan lebih jelas mengenai loyalitas merek pada pengguna smartphone android. Untuk penelitian yang lebih mendalam harus memasukkan loyalitas merek pada pengguna smartphone android ke dalam analisa.

Android smartphone developments so rapidly attract researchers to conduct research on brand loyalty Android smartphone users. This thesis aims to determine whether there is any influence of high prices on the repeat purchase on android smartphone products and to find out if there is any influence term of use against the repeat purchase on android smartphone products. The data is processed using linear regression with the conclusion there is no effect between price with repeat purchase and term of usage of android smartphone users have an influence on repeat purchase. Recommended for android producer attempt to remain high for maintain sales with consumers and keeps a good relationship with consumers. For further research in order to get a more concrete and more clear about brand loyalty on android smartphone users. For further in- depth studies should be conducted put brand loyalty of android smartphone users for analysis."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2013
S44377
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Anugerah Gunawan
"Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasi dan menganalisis sistem Smart wheeled robot dengan menggunakan Smartphone Android dan Modul IOIO yang dapat mengutilisasi sensor dan aktuator eksternal dari robot. Sistem Smart wheeled robot yang dirancang menggunakan kumpulan algoritma umum untuk wheeled mobile robot, algoritma remote control dan algoritma human interaction untuk memenuhi fungsi yang dibutuhkan berdasarkan system requirement dari berbagai referensi dan tukar wawasan. Smartphone Android dijadikan pusat kontrol robot yang mengendalikan fungsi bernavigasi, melakukan penghindaran tabrakan, serta menjalankan fungsi-fungsi lainnya yang berakar dari fasilitas smartphone Android. Robot beroda ini akan dapat bergerak sesuai dengan program navigasi yang diimplementasikan padanya dengan menggunakan sifat modularitas dan Object Oriented Programming. Implementasi tersebut dilakukan dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang telah dikhususkan untuk Android. Hal tersebut dapat mempermudah pembuatan dan maintenance dari aplikasi. Dari penelitian ini, didapatkan data bahwa animo responden sangat tinggi terhadap teknologi yang dikembangkan dengan pendapat setuju sistem yang diteliti menarik hingga 96%, kebermanfaatan sistem 77%, dan 53% berminat untuk hasil akhir penelitian yang dikomersialisasi dari 30 responden beta tester. Dari segi beban aplikasi, kebutuhan CPU Smartphone berkisar antara 16-75%, dan 4.96-8.47% dari 826 MB RAM untuk platform ujicoba yang digunakan. Hal tersebut memungkinkan aplikasi untuk dikembangkan lagi untuk lebih memfungsikan kemampuan smartphone dan diimplementasikan kedalam sistem yang lebih aplikatif seperti Smart system dan autonomous car.

This research has purpose to implement and analyze a Smart wheeled robot System using Android Smartphone and IOIO Module to utilize robot?s external sensors and actuators. Smart wheeled robot system designed with a set basic algorithm for Wheeled Robot, Remote Control algorithm, and Human Interaction aglorithm to fullfil functions based on System Requirement gathered from references and insight from other roboticist. Android smartphone is used as main control unit to control navigation, collision avoidance and other functions which roots from Android smartphone?s facility. This robot can move according to the navigation module implemented on the program using object oriented programming based on JAVA. This usage can simplify the implementation and maintenance of the application. From 30 of the beta tester, the respondent seems really excited and interested with the proven concept with 96% agree the concept is interesting, 77% agree the system will be useful, 53% personally interested with research?s final product and its commercialization. From the performance side, the smartphone?s CPU usage is ranging between 16-75% and 4.96-8.47% from the 826MB RAM available for the system in the testing platform. This robot can be used as testing platform of many algorithms and systems development such as smart and autonomous car."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2014
S55872
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ahmad Fikri
"Skripsi ini menjelaskan tentang perbandingan Android Runtime ART dan Dalvik pada aplikasi berbasis Android, tahap pertama akan dibuat aplikasi yang dijalankan pada kode native dan selanjutnya uji coba pada empat versi Android, yaitu versi 4.1 Jelly Bean, 4.2 Jelly Bean, 4.4 KitKat, versi 6.0 Marshmallow dan 7.0 Nougat, hasil percobaan yang dihasilkan dibandingkan sesuai dengan urutan algoritma perhitungan yang dijalankan. Algoritma yang menjadi penentu perbandingannya adalah algoritma perhitungan Quick sort, Float calculation dan Prime number yang akan dijalankan pada platform berbasis native. Hasil pengujian membuktikan bahwa ART bekerja lebih baik daripada Dalvik dari segi performa dan implementasinya.

This final project explains the comparison of Android Runtime ART and Dalvik in the Android based app. First step is creating a native based app and test it on four versions of Android, that is version 4.1 Jelly Bean, 4.2 Jelly Bean, 4.4 KitKat, 6.0 Marshmallow and 7.0 Nougat. The results that have been tested will compare three kind of calculation algorithm, that run on a native based platform. That is Quick Sort, Float calculation and Prime number algorithms. The experiment show that native C is better when used with ART rather than DALVIK in terms of performance and implementation."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aphrizal
"ABSTRAK
Perilaku membolos sekolah pada remaja saat ini dapat disebabkan oleh beberapa factor-faktor personal atau siswa itu sendiriantara lain hilangnya minat akademik siswa, kondisi ketinggalan pelajaran, atau karena kenakalan remaja, serta faktor keluarga misalnya karena kurangnya partisipasi orang tua/wali dalam pendidikan anak. Absensi manual yang diterapkan saat ini masih menggunakan surat sehingga butuh jangka waktu yang ditentukan sekolah agar orang tua dapat mengetahui status anaknya. Dengan penerapan sistem presensi siswa berbasis android orang tua/wali siswa dapat memantau anaknya secara berkala berdasarkan jam pelajaran. Aplikasi ini dibuat dalam bentuk mobile dan website. Metode yang digunakan adalah rancang bangun pengambilan data kegiatan secara langsung dan data dari pihak sekolah menggunakan perangkat penyimpanan data. Aplikasi ini menggunakan koneksi GPRS/HSDPA atau Wifi sebagai media konektivitasnya Aplikasi ini dapat digunakan oleh guru dan orang tua/wali siswa serta mampu memberikan informasi tentang status presensi siswa bagi orang tua/wali siswa secara online."
Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya, Perangkat, dan Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2017
607 JPPI 7:1 (2017)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Fahrurozi
"Salah satu sistem operasi yang banyak digunakan saat ini adalah android. Sistem android adalah sistem operasi berbasis linux untuk telepon seluler seperti smartphone."
Yogyakarta: Akademi Angkatan Udara, 2021
050 JDST 10:1 (2021)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ratri Ciptaningtyas
"ABSTRAK
Anemia merupakan masalah kesehatan yang utama di kalangan remaja putri meskipun berbagai program pencegahan anemia telah dijalankan. Salah satu program yang telah dilaksanakan yaitu edukasi tentang anemia menggunakan media cetak. Perlu adanya bukti ilmiah yang membuktikan bahwa aplikasi android merupakan sarana efektif yang dapat membantu pencegahan anemia dengan meningkatkan konsumsi makanan dan zat gizi pada remaja putri. Desain studi yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksplorasi, pengembangan (pendekatan prototyping) dan open label non-randomized trial. Lokasi penelitian bertempat di  enam SMP Muhammadiyah Depok. Penelitian ini dilakukan dari Oktober 2015 hingga Juni 2016 dengan tahapan formatif melalui pendekatan kualitatif, pengembangan material, pengukuran pra intervensi, implementasi selama lima bulan, pengukuran paska intervensi serta follow-up selama satu bulan. Besar sampel remaja putri kelompok intervensi pada studi diperoleh dari perhitungan dengan estimasi rata-rata beda dua kelompok yaitu 228 orang pada kelompok aplikasi android dan 250 orang pada kelompok modul cetak serta dilakukan analisis statistik General Linear Model untuk melihat perbedaan efektivitas pada konsumsi makanan, zat gizi dan hemoglobin (Hb). Penelitian ini menunjukkan setelah pengukuran pra intervensi dikontrol, perbedaan yang signifikan pada konsumsi vitamin B12. Zat gizi lain dan Hb tidak signifikan secara statistik dikarenakan terdapat pengaruh dari variabel yang dikontrol yaitu environment constraint dan Hb pra intervensi. Selain itu tidak ada kenaikan yang signifikan pada niat sebagai faktor yang langsung berhubungan dengan perilaku. Studi ini menunjukkan kelompok remaja putri yang menggunakan aplikasi android lebih baik dalam determinan perilaku, konsumsi makanan serta zat gizi dan Hb karena mereka lebih banyak terlibat dalam implementasi intervensi serta lebih puas dalam menggunakan aplikasi dibandingkan kelompok modul cetak. Kesimpulannya aplikasi android dapat digunakan sebagai intervensi lebih lanjut. Aplikasi android dapat digunakan sebagai alat edukasi untuk mencegah anemia pada remaja perempuan. Efektivitas hasil studi ini dapat diujicobakan pada remaja putri dengan mengoptimalkan fitur sosial media sehingga lebih interaktif. 


Anemia is a significant public health problem in female adolescents although intervention program has been established until present. One of the intervention programs, education on anemia is delivered by paper-based module. A scientific evidence is needed to evaluate the effectiveness of android application to prevent anemia through improvement in food and nutrient intake among female adolescents. The design studies used in this research, i.e. exploration, development (prototyping approach) and open label non-randomized trial. The location of this study was at six Muhammadiyah junior high schools in Depok since October 2015 to June 2016 with the phases of formative, pre-intervention, implementation for five months, post-intervention and follow-up for one month. Sample size calculation in this study was based on estimation means difference between two groups (228 subjects in android application group & 250 subjects in paper-based module group) with statistical analysis using General Linear model to evaluate the effectiveness of android application versus paper-based module on food & nutrient consumption and hemoglobin (Hb). This study showed that after controlling pre-intervention factors, there was significant different on the change in vitamin B12 intake. Other nutrients and Hb level between android application group and paper-based module group were not statistically different because of the influence factors from controlling factors, i.e. environment constraint & pre-intervention Hb. In addition to that, there was no statistically different in intention change after post-intervention and follow-up. This study revealed that adolescents using android application was better in determinant of behaviors, food & nutrient intake and Hb because they were more engaged in implementation intervention and more satisfied in experiencing the intervention. While paper-based module seemed to experience lower satisfaction. This can be interpreted that android application can be used for further intervention. Android application can be used as an education tool to prevent anemia among female adolescents. This effectiveness should optimize social media feature that female adolescents can have more interactive experience.

 

"
Depok: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2019
D-Pdf
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fitri Wibowo
"Group CASA dari laboratorium riset VALORIA Universite de Bretagne-Sud mengembangkan sebuah framework yang bernama SAJE (System-Aware Java Environment). Framework ini didedikasikan untuk mengobservasi sumber daya yang ada dalam sebuah sistem operasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Pada awal pengembangannya, framework ini ditargetkan untuk berjalan di atas sistem operasi Linux atau Windows. Seiring dengan perkembangan pesat teknologi mobile saat ini, maka akan sangat menarik jika bisa menjalankannya pada sistem operasi yang berbeda seperti Android.

The group CASA of VALORIA have developed SAJE (System-Aware Java Environment) which is a framework dedicated to the observation of system resources in Java. This platform was originally developed to run on top of a Linux or Windows operating system. It would now be interesting to carry on a system like Android, which would include the use of devices like smart-phones."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2011
T29585
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Raden Roro Martiningsih
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman peserta didik dalam materi sudut di kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surabaya. Hal ini disebabkan guru kurang tepat dalam memilih media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep sudut menggunakan laboratorium maya versi android. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus, di mana setiap siklus diawali dengan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII E SMP Muhammadiyah 1 Surabaya tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik 36 orang. Data dalam penelitian ini berupa penilaian proses yang diperoleh dari peserta didik dalam beraktivitas dan penilaian pada akhir siklus. Kemudian, data dianalisis untuk memperoleh gambaran tentang berhasil tidaknya pembelajaran yang telah dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dalam memahami konsep sudut setelah belajar menggunakan laboratorium maya versi android pada siklus pertama dengan teman sebangku dan laboratorium maya versi android secara individu pada siklus kedua. Indikasi peningkatan hasil belajar didasarkan pada perolehan nilai pada siklus pertama dan siklus kedua."
Jakarta: Pusat Data dan Teknologi Informasi, 2020
371 TEKNODIK 24:1 (2020)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>