Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Djoko Harmantyo
Abstrak :
Pemekaran daerah adalah suatu proses membagi satu daerah administratif (daerah otonom) yang sudah ada menjadi dua atau lebih daerah otonom baru berdasarkan UU RI nomor 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah hasil amandemen UU RI nomor 22 tahun 1999. Landasan pelaksanaannya didasarkan pada PP nomor 129 tahun 2000. Sedangkan konflik keruangan (spatial conflict) adalah potensi konflik kewilayahan yang timbul akibat adanya garis batas yang membagi satu wilayah menjadi dua wilayah yang berbeda. Prinsip desentralisasi dan otonomi daerah serta pemekaran daerah di Indonesia sebagai negara kepulauan daerah tropis, memiliki karakteristik tersendiri ditinjau dari besarnya jumlah penduduk yang tersebar tidak merata, keanekaragaman sosial budaya, sumberdaya alam, flora dan fauna serta keragaman fisik wilayah. Berdasarkan keragaman tersebut, dalam perspektif geografi, Indonesia memiliki potensi konflik kewilayahan yang tinggi. Berdasarkan studi awal yang bersifat deskriptif analisis dengan menggunakan model prediktif kuantitatif terhadap data periode tahun 1999 - 2005 terjadi pemekaran 148 daerah otonom baru (141 kabupaten/kota dan 7 propinsi) atau rata rata bertambah 30 daerah otonom baru. Jumlah tersebut melebihi angka perkiraan hasil perhitungan yaitu sebanyak 460 kabupaten dan kota di bawah koordinasi 46 propinsi. Berdasarkan model segi enam Christaller, secara teoritis diperlukan paling tidak 2760 bentuk kerjasama antar daerah otonom yang saling berbatasan untuk mengantisipasi peluang terjadinya 2760 konflik kewilayahan (spatial conflict). Penataan kembali konsep desentralisasi dan pemekaran daerah serta instrument penilaian, terutama kejelasan penetapan batas wilayah, merupakan salah satu upaya untuk mengendalikan kebijakan otonomi daerah.
Area divergence is a process to establish new autonomous region by dividing formerly local authority entity. This process was driven by the Regional Autonomy Law no. 32, 2004 which ensure decentralization mechanism to occur from. Spatial conflict is a term of interregional conflicts that is potentialy related to former administrative divided border line, which then will create border line dispute. This potential for any interregional relationship (including conflict) is a function neighbour number. According to an Internal Affairs report, thus recent phenomena of local divided authorities has been escalating in Indonesia. Since 1999-2005, there has been 148 new local autonomous governments or more than thirty new additional local autonomus government were born annualy. There are two main questions arise from these issues (1) what is the ideal number of local autonomous government in Indonesia, and (2) what is the quantity of interregional relationship needed to relate spatial conflicts. Based on the central place theory and a spatial conflicts model the ideal number of autonomous districts in Indonesia is 460 of kabupaten/kota and 46 provinces. Theoretically, they need 2760 forms of interregional relationships or six relationship forms in each local government to eliminate the spatial conflict potentialy. Rearrangement of regional autonomous policy focusing on the implementation of areal divergences shall be done as quickly as possible.
Depok: Lembaga Penelitian Universitas Indonesia, 2007
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Ghalih Wirahadi Akbari
Abstrak :
ABSTRAK
Microhyla heymonsi merupakan spesies yang memiliki distribusi sangat luas, mulai dari Taiwan, China, India, Indochina, Semenanjung Malaysia, hingga Sumatra. Spesies dengan distribusi sangat luas seringkali mengandung spesies kriptik akibat pemisahan goegrafis sehingga terjadi isolasi reproduksi, mutasi gen, dan evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan filogenetik antara spesies M. heymonsi dari Sumatra dan luar Sumatra, serta nilai jarak genetik antara kedua kelompok spesies tersebut. Nilai jarak genetik yang digunakan sebagai batas pembeda spesies adalah 3. Sekuens DNA didapatkan melalui proses DNA Barcoding dan kemudian dilakukan studi filogenetik melalui analisis Unweighted Pair Group Method with Arithmatic Mean, Neighbourhood Joining, Maximum Likelihood, dan Bayesian Inference. Hasil menunjukkan bahwa spesies M. heymonsi dari Sumatra membentuk satu clade besar tersendiri pada pohon filogeni dari semua metode analisis dengan didukung nilai bootstrap yang signifikan. Nilai jarak genetik antara M. heymonsi Sumatra dengan M. heymonsi Singapura dan Malaysia masih di bawah 3. Nilai jarak genetik antara M. heymonsi Sumatra dengan M. heymonsi Thailand, Myanmar, Vietnam, dan China telah melebihi angka 3.
ABSTRACT
Abstract Microhyla heymonsi is a species that has very wide distribution, ranging from Taiwan, China, India, Indochina, Peninsular Malaysia, to Sumatra. Species with a very wide distribution often contain cryptic species due to the geographical barrier resulting in reproductive isolation, gene mutation, and evolution. This study aims to determine the phylogenetic relationship between M. heymonsi species from Sumatra and outside Sumatra, as well as the value of genetic distance between the two groups of species. The genetic distance threshold as a species delimitation is 3. DNA sequences were obtained through the process of DNA barcoding and then phylogenetic studies were performed through analysis of Unweighted Pair Group Method with Arithmatic Mean, Neighborhood Joining, Maximum Likelihood, and Bayesian Inference. The results show that the M. heymonsi species from Sumatra form a large single clade on the phylogenetic tree of all analytical methods with significant bootstrap values. The genetic distance value of M. heymonsi Sumatra with M. heymonsi Singapore and Malaysia is still below 3. The genetic distance values between M. heymonsi Sumatra and M. heymonsi Thailand, Myanmar, Vietnam and China have exceeded 3.
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Syahrani
Abstrak :
Kemasan produk memiliki peran penting dalam persepsi konsumen dan keputusan pembelian. Dalam konteks musik, sampul album berperan sebagai kemasan produk musik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah desain kemasan yang kreatif pada sampul album musik mempengaruhi motivasi untuk memproses dan keputusan pembelian. Model penelitian ini berfokus pada dampak dari dimensi kreativitas, yaitu divergence dan relevance, terhadap respon konsumen, yang diukur melalui variabel brand attitude dan purchase intention. Curiosity dan motivation to process diselidiki sebagai variabel mediasi. Pendekatan analisis kuantitatif digunakan, dan data dikumpulkan melalui kuesioner online. Ada dua kuesioner terpisah yang didistribusikan untuk meneliti sampul album yang sangat kreatif dan sampul album yang kurang kreatif. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan metode Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) dengan bantuan Software SmartPLS 4. Hasil yang diperoleh dari kedua kuesioner tersebut dibandingkan dan dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang mempengaruhi brand attitude dan purchase intention pada cover album yang kreatif adalah relevance dan motivation to process. Namun, pada cover album yang kurang kreatif, brand attitude dipengaruhi oleh divergence, relevance, dan motivation to process, sedangkan purchase intention dipengaruhi oleh divergence dan motivation to process. ......Product packaging plays a crucial role in consumer perception and purchase decisions. In the music context, album artwork or cover is referred as the packaging of music products. The purpose of this research is to analyze whether creative packaging design of music album covers influence motivation to process and purchase decisions. The research model focuses on the impact of creativity dimensions, namely divergence and relevance, on customers’ response, measured through brand attitude and purchase intention variables. Curiosity and motivation to process are investigated as mediating variables. A quantitative analytical approach is employed, and data is collected through online questionnaires. There are two separate questionnaires that distributed to examine highly creative album cover and less creative album cover. The respondent’s criteria are male and female who are domiciled in Indonesia, aged 18 and above, and are active music listeners from digital music streaming platforms or physical records. The collected data is processed using the Partial Least Squares-Structural Equation Modelling (PLS-SEM) method with the assistance of SmartPLS 4 Software. The results obtained from both questionnaires were compared and analyzed. The results of this study indicate that the factors influencing brand attitude and purchase intention in the highly creative album cover is relevance and motivation to process. However, in the less creative album cover, brand attitude is influenced by divergence, relevance, and motivation to process, while purchase intention is influenced by divergence and motivation to process.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library