Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 86 dokumen yang sesuai dengan query
cover
M. Karjadi
Bogor: Politieia, [1971?]
629.283 2 KAR s
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Miller, Johnm
"Buku yang berjudul "The driving instructor's handbook 1995" ini merupakan sebuah buku panduan mengenai instruksi-instruksi dalam berkendara."
[Place of publication not identified]: Kogan Page, 1994
R 629.383 MIL d
Buku Referensi  Universitas Indonesia Library
cover
Firma Oktaviana
"Kecelakaan yang terjadi pada kendaraan motor menyebabkan kematian, cedera atau kecacatan pada penderitanya. Banyaknya korban dan kerugian yang ditimbulkan, baik akibat hilangnya jam kerja, maupun biaya yang diperlukan untuk pengobatan dan rehabilitasi penderita, maka cedera karena kecelakaan lalu lintas termasuk dalam masalah kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola cedera kecelakaan lalu lintas pada kendaraan bermotor roda dua serta hubungannya dengan karakteristik sosio demografi, perilaku, mekanisme kecelakaan serta kejadian kematian kasus yang cedera. Studi crosssectional ini menggunakan data rekam medik RSUPN Cipto Mangunkusumo, Jakarta tahun 2003-2007. Jumlah sampel yang dianalisis adalah 577 dari 618 kasus cedera.
Penelitian menemukan jumlah kasus tertinggi terdapat pada tahun 2006 (157 kasus). Proporsi kasus yang meninggal sebesar 42 kasus (7,3%). Proporsi kasus tertinggi pada laki-laki (86,3%), berusia 17-39 tahun (75%), bekerja di bidang swasta (60,8%), peran sebagai pengendara (84,2%), dengan mekanisme kecelakaan motor dengan mobil (51,0%). Riwayat kasus yang mengkonsumsi alkohol ada sebanyak 6,4% sedangkan kasus yang tidak memakai helm saat terjadi kecelakaan ada sebanyak 94 kasus (16,3%). Cedera yang paling banyak pada kasus adalah cedera fraktur multiple dengan cedera otot dan tendon (53,0%) dan lokasi cedera pada kepala (40,6%). Kasus dengan cedera kombinasi dengan fraktur yang meninggal ada sebanyak 40 kasus.
Hasil uji statistik menunjukkan nilai p=0,000. Kasus meninggal dengan cedera di bagian kepala saja ada 24 kasus (10,3%) dan ada 16 kasus pada kasus dengan cedera pada anggota tubuh lain dengan kombinasi kepala. Hasil uji statistic menunjukkan nilai p=0,071 Penelitian menemukan bahwa perilaku yang tidak aman (safety) seperti tidak memakai helm dan minum alkohol dalam berkendara mempengaruhi kejadian cedera dan meninggal pada kasus. Oleh karena itu pentingnya kesadaran pengendara dan penumpang kendaraan bermotor roda dua dalam berperilaku safety dalam berkendara serta pentingnya sosialisasi terhadap keselamatan berkendara."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Fajri Hamid
"Kejadian kecelakaan mobil perusahaan menambah daftar terjadinya kasus kecelakaan mobil yang terus meningkat dari tahun ketahun dan ini terjadi hampir diseluruh dunia. Bahkan diberbagai negara, kecelakaan menjadi pembunuh yang paling handal. Di Amerika Serikat (USA), dilaporkan orang yang meninggal akibat kecelakaan mobil meningkat setiap tahunnya, yaitu 40.716 orang pada tahun 1994 dan meningkat menjadi 42.643 orang pada tahun 2003. Di Indonesia pada tahun 1997 tercatat sekitar 34.000 korban, dan pada tahun 1999 meningkat menjadi 47.000 korban kecelakaan.
Berdasarkan hasil analisis data statisik di Indonesia, penyebab kecelakaan lalu lintas terbesar adalah faktor manusia, dan ternyata sekitar 90% kecelakaan diakibatkan oleh pengemudi bukan faktor mekanis atau faktor lainnya. (data Ditlantas Polri tahun 2002). Tingkat pengetahuan dalam mengemudi dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya umur, pendidikan, pengalaman mengemudi dan pelatihan mengenai safety driving. PT. X yang bergerak dalam bidang jasa pengeboran, banyak menggunakan berbagai jenis kendaraan untuk mendukung operasional kegiatan perusahaan, seperti mobil van, truck, wheel loader, mobile crane, dll. Untuk itu pengetahuan mengenai safety driving penting bagi setiap driver untuk mencegah terjadinya kecelakaan, yang dapat merugikan perusahaan dan karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan observasional dan bersifat desktiptif analisis. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah driver PT. X yang ada di kantor Jakarta. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa driver PT. X memiliki tingkat pengetahuan yang cukup dan tinggi dan tidak satupun yang memiliki tingkat pengetahuan yang rendah mengenai safety driving."
Depok: Universitas Indonesia, 2008
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Hole, Graham
"Road accidents are the major cause of death and injury among young people in the developing world, and the field of psychology can offer great insights into the many factors that are at play when we get behind the wheels of our cars. Based on data collected around the world on drivers of all age groups, Graham Hole provides an up to date picture of the realities of driving, including visual perception issues, cell phone distractions, fatigue, drugs, and the effects of aging. These insights can help explain why we crash, as well as how we achieve the amazing feat of not crashing more oft"
New Jersey: Lawrence Erlbaum, 2007
153.8 HOL p
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Golovach, Aleksandr Fedorovich
Moscow: MIR Publisher, 1967
674.43 GOL e
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Abdur Rohman Harits Martawireja
"ABSTRAK
Grafik kecepatan, jarak dan waktu berkendaraan atau yang lebih dikenal dengan driving cycle telah dikembangkan sebagai referensi untuk berbagai macam bidang penelitian. Karakteristik kecepatan selama berkendaraan dipresentasikan dengan grafik hubungan antara kecepatan dengan waktu maupun kecepatan dengan jarak kendaraan. Dari karakteristik grafik hubungan tersebut didapatkan persamaan model matematis hubungan antara kecepatan dan jarak. Untuk selanjutnya, model ini diasosiasikan dengan bentuk model polinomial sebagai model berkendaraan.Pengumpulan data dilakukan di ruas jalan antara Depok sampai dengan Lenteng Agung melalui alat GPS logger yang dipasang pada kendaraan. Data posisi dan kecepatan dari GPS diambil dengan interval setiap 1 detik untuk 1 jenis kendaraan yaitu sepeda motor. Hasil dari analisis disajikan dalam grafik driving cycle selama berkendara yang merupakan hubungan antara kecepatan dengan jarak. Grafik ini kemudian dibuat hubungan matematis dengan format persamaan fourier yang akan menghasilkan sejumlah data dengan x berupa jarak selama perjalanan dan y adalah kecepatan kendaraan. Model matematis berupa polinomial orde 4 dihasilkan sebagai model berkendaraan untuk sepeda motor.

ABSTRACT
Driving velocity, distance, and time curve, or commonly called by lsquo driving cycle rsquo has been developed as reference for various research areas. The velocity characteristic during driving is presented by velocity vs. time and velocity vs. distance curves. From the characteristic of the curve, mathematics model of the relation between velocity and distance is derived. Then, this model is associated with polynomial model form as the driving model.The data collection is conducted on the main road between Depok to LEnteng Agung by using GPS logger attached to the motorcycle. Position and velocity data is logged every 1 second.The analysis result is presented by driving cycle curve of velocity vs. distance, which later its mathematical relation is derived using Fourier equation. From the Fourier equation, series of data x and y, with x is distance and y is velocity during the driving are derived. Mathematical model in form of 4th order polynomial is created as driving cycle model for motorcycle"
2018
T49061
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sherena Athadi Gayo
"Distraksi dalam mengemudi merupakan kontributor utama terjadinya kecelakaan lalu lintas, dimana tugas verbal atau yang dikenal dengan percakapan ialah salah satu faktor penyebabnya. Percakapan adalah aktivitas rumit yang melibatkan pertukaran informasi verbal. Ketika tuntutan untuk mengemudi dan tugas verbal meningkat, kemampuan pengemudi untuk membagi perhatian antara tugas menurun dan menghasilkan peningkatan risiko kecelakaan mobil. Gangguan verbal yang dikenal luas adalah percakapan dengan penumpang dan melakukan panggilan telepon. Sementara penelitian ini menambahkan potensi distraksi verbal lainnya dari maraknya tren rapat daring (Online Meeting) akibat COVID-19. Korelasi dengan faktor manusia terletak pada pengaruh distraksi terhadap performa berkendara dan beban kerja mental. Penelitian ini akan berfokus pada pengemudi wanita yang terbukti secara statisik mengemudi lebih aman dibandingkan pengemudi pria. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh distraksi verbal yaitu Berbicara dengan Penumpang, Melakukan panggilan telepon, dan Rapat Daring terhadap kinerja mengemudi dan beban kerja mental pengemudi menggunakan simulator mengemudi. Metodologi yang digunakan adalah perhitungan kesalahan pengemudi untuk performa berkendara dan NASA-TLX untuk beban kerja mental, dan selanjutnya menerapkan analisis statistik untuk mendapatkan analisis yang konkrit. Dari 12 responden pengemudi wanita, hasilnya terungkap bahwa baik dalam performa berkendara maupun beban kerja mental Melakukan panggilan telepon memiliki pengaruh terbesar dan diikuti oleh Rapat Daring dengan perebedaan kecil. Sementara itu, Berbicara dengan Penumpang hanya memiliki sedikit efek tau tidak ada efeknya dibandingkan tanpa gangguan.

Distracted driving is a main contributor to traffic accidents, where verbal tasks or known as a conversation are one of the contributing factors. A conversation is a demanding activity that involves an exchange of verbal information. As demands for driving and verbal tasks increase, the ability of drivers to divide attention between tasks degrade and results in an increased risk of car crashes. The widely known verbal distractions are having a conversation with passengers and calling on the phone. While this study adds another verbal distraction potential from the rise of the online meeting trend due to COVID-19. The correlation with human factors lies in the effect of distraction on driving performance and mental workload. This research will focus on female drivers who are statically proven to drive safer than male drivers. Thus, the research aims to analyze the effect of verbal distractions, namely Talking with Passengers, Calling on the Phone, and Online Meeting, with respect to drivers driving performance and mental workload using a driving simulator. The methodology used is a driver errors calculation for driving performance and NASA-TLX for the mental workload, before further applying statistical analysis to have a concrete analysis. From the 12 female driver respondents, the result revealed that in both driving performance and mental workload, Calling on the Phone has the largest effect and is followed by Online Meeting with a minor gap. Meanwhile, Talking with Passengers has a small or no effect in comparison with no distraction."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"This is the sixth volume of a sub series on Road Vehicle Automation published within the Lecture Notes in Mobility. The contents have been provided by researchers, engineers and analysts from all around the world. Topics covered include public sector activities, human factors and challenges, ethical, legal, energy and technology perspectives, vehicle systems development, as well as transportation infrastructure and planning. The book is based on the Automated Vehicles Symposium held on July 9-12, 2018 in San Francisco, CA (USA). "
Switzerland: Springer Cham, 2019
e20510444
eBooks  Universitas Indonesia Library
cover
Anggi Eka Putri Nurtantri
"Dalam penggunaan transportasi, banyak pengendara yang hanya memikirkan kepentingan individu mereka, tanpa memikirkan kepentingan pengguna jalan lainnya. Akibatnya, banyak terjadi kecelakaan lalu lintas. Data Kepolisian RI menyebutkan pada 2010, jumlah korban meninggal kecelakaan lalu lintas di Indonesia menacapai 31.234 orang, 21%-nya merupakan pejalan kaki. Secara umum, kecelakaan lalu lintas terjadi karena beberapa faktor seperti kelalaian manusia, kondisi jalan, kelayakan kendaraan, dan belum optimalnya penegakan hukum lalu lintas. Berdasarkan teori Rasmussen, dasar perilaku seseorang dipengaruhi oleh keterampilan (skill), peraturan (rule), dan pengetahuan (knowledge). Pengetahuan merupakan dasar dari seseorang untuk menganalisis dan mengambil keputusan serta berperilaku. Kurangnya pengetahuan tentang keselamatan dan keamanan saat berkendara dapat membuat pengemudi kurang tanggap terhadap situasi yang membahayakan pengguna jalan, termasuk para pejalan kaki yang akan menyebrang melewati zebra cross, sehingga berpotensi terjadinya kecelakaan di jalan raya. Oleh karena itu, dilakukan penelitian mengenai tingkat pengetahuan mahasiswa S1 Ekstensi FKM UI angkatan 2012 yang mengendarai kendaraan mobil ataupun motor terkait fasilitas zebra cross. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survei (kuesioner). Responden adalah 106 mahasiswa/i Ekstensi FKM UI angkatan 2012 yang dapat berkendara. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan mahasiswa/i baik dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan mengenai aspek rambu lalu lintas yang terkait dengan fasilitas zebra cross yaitu sebesar 83,96%. Pertanyaan-pertanyaan mengenai standar/pedoman mengemudi terkait dengan fasilitas zebra cross memperoleh hasil sebanyak 99,06% mahasiswa/i berpengetahuan baik. Sedangkan untuk peraturan perundangan terkait dengan fasilitas zebra cross, tingkat pengetahuan mahasiswa/i yang baik dan yang kurang baik tidak jauh berbeda yaitu sebesar 54,72% dan 45,28%.

In the context of the use of transportation, many people in fact only care about their individual interests, without looking carefully at the interests of the other road users. Consequently, there are many accidents on the road. The data from Indonesian National Police in 2010 confirmed, the death toll of traffic accidents in Indonesia reached 31 234 people, 21% of them were pedestrians. In general, traffic accidents occurred due to several factors such as human error, road conditions, vehicle eligibility, and traffic enforcement that has not been used optimally. Based on the theory of Rasmussen, a person's behavior is influenced by basic skills (skills), rules (rule), and knowledge (knowledge). Knowledge is the basis of a person to analyze and make decisions and behave. The lack of knowledge about safety and security when they are driving can make the driver less responsive to the situations which endanger road users, including pedestrians to cross through the zebra crossing, so that make a potential occurrence of accidents on the highway. Therefore, the research is needed on the level of student knowledge S1 Extension FKM UI 2012 who are driving automobile or motor vehicle related to zebra crossing facilities. The method used is descriptive study using a survey method (questionnaire). Respondents were 106 extension student from FKM UI 2012 who can drive. The results showed that the good level from student knowledge to answer questions about the aspects of traffic signs associated with the zebra crossing facilities in the amount of 83.96%. Questions regarding standards / guidelines related to zebra crossing facilities obtain the result of 99.06% for good knowledgeable students. Meanwhile, the driving rules related to the zebra crossing facilities, the good level of knowledge of the student and the less is not much different in the amount of 54.72% and 45.28%
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
S59105
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9   >>