Hasil Pencarian

Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ratu Rayhana Haniefa
"Coraline 2002 adalah novella yang ditulis oleh Neil Gaiman. Pada tahun 2009, novella tersebut diadaptasi oleh Henry Selick menjadi film animasi. Terdapat beberapa perubahan dalam proses perubahan narasi novella ke naskah film. Salah satunya adalah penambahan karakter yang mempengaruhi perkembangan karakter utama dalam cerita. Jurnal ini memaparkan bahwa karakter tersebut tidak terlalu berkembang jika dibandingkan dengan teks awal dimana hal ini juga mengubah pesan moral. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk mengeksplorasi perbedaan dalam proses perkembangan karakter utama novella dan film adaptasinya.

Coraline 2002 is a novella by Neil Gaiman, and in 2009, it was adapted into an animation movie by Henry Selick. There are several changes in the process of rendering the narrative from a novella to a movie, in which one of them is the creation of new characters that affect the protagonist rsquo s development throughout the story. This paper argues that the protagonist in the adaptation has not much developed compared to the source text, so it also changed the moral message. This paper aims to explore the differences in the process of the protagonist to become fully developed between the novella and the movie."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ridho Budi Wijaya
"Throughout the years, scholars argue about the fidelity of adaptation works towards the original texts. However, we can see the adaptation works objectively if we see the original texts and the adaptation works autonomously. In this journal article, we can acknowledge how the concept of subversion in Roald Dahl's Fantastic Mr. Fox is represented from novel into film by Wes Anderson. This journal article focuses on textual analysis by using framework from George Bluestone. From the analysis, it is revealed that Dahl's concept of subversion is not drowned out by Anderson instead he deconstructs Dahl's idea of stealing. Hence, we can recognize that two different media have different way in delivering perception to the readers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2016
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Farizi Maulana Ramadhan
"Media Britania Raya telah menjadikan hooliganisme sebagai sisi negatif dari budaya penggemar sepak bola Inggris selama bertahun-tahun melalui penggambaran hooligan sebagai orang-orang yang brutal. Di samping itu, penggambaran ini dipertahankan oleh karya sastra mengenai hooligan yang muncul sejak tahun 1990-an. Walaupun demikian, ada beberapa karya sastra hooligan yang menjadi pengecualian, seperti novel The Football Factory yang mematahkan stereotipe-stereotipe mengenai hooligan. The Football Factory kemudian diadaptasi oleh Vertigo Films dan Rockstar Studio ke dalam film yang mengagungkan stereotipe-stereotipe mengenai hooligan. Karya sastra hooligan memainkan peran penting sebagai cara pandang alternatif dalam memahami hooliganisme, tetapi belum banyak jurnal-jurnal akademis yang membahas hal ini. Studi ini mencoba untuk meneliti proses adaptasi The Football Factory dari novel ke film dengan menggunakan analisis tekstual dengan membandingkan kedua teks dalam kerangka teori adaptasi oleh Hutcheon. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu bagaimana film tersebut mengagungkan stereotipe-stereotipe mengenai hooliganisme, yang bertolak belakang dengan versi novelnya, berdasarkan elemen-elemen film, ideologi pencipta, dan perubahan pada plot dalam film The Football Factory.

The British media has portrayed hooliganism as the negative side of English soccer fan culture over the years through the stereotype of the hooligan as brutish people. Furthermore, this portrayal is maintained by the hooligan literature that has emerged since the 1990s. However, there have been exceptions in the hooligan literature genre, such as the novel The Football Factory which debunks the stereotypes of the hooligan. Later, Vertigo Films and Rockstar Studios adapted The Football Factory into a film that glorifies the stereotypes regarding the hooligan. Hooligan literature plays an important role as an alternative perspective to understand hooliganism, yet it has not been adequately discussed in academic journals. This study attempts to examine the adaptation of the novel to the film by using a textual analysis by comparing both texts under the framework of Hutcheon rsquo s adaptation theory. This research aims to find how the film, contrary to the novel, glorifies stereotyped hooliganism based on the film elements, the ideology of the creators and the alteration of the plot in the film adaptation of The Football Factory.
"
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anak Agung Savitri Prada Gayatri
"Fahrenheit 451 merupakan sebuah novel yang ditulis oleh Ray Bradbury dan dipublikasi pada tahun 1953. Buku tersebut telah di adaptasi kedalam beberapa bentuk media lain, termasuk film, dan baik buku ataupun novel telah mengangkat banyak isu seperti pembakaran buku, sensor dan perbatasan pengetahuan. Fokus dari penulisan ini adalah untuk mengamati dua karakter, yakni Clarisse dan Mildred agar dapat melihat peran mereka diperlihatkan di dalam film-film, karena kedua film diproduksi di waktu yang berbeda yakni pada tahun 1966 dan tahun 2018. Meskipun diproduksi di dua era yang berbeda, film-film yang dibuat oleh Truffaut dan Bahrani memperlihatkan peran yang sama bagi kedua karakter. Penulis berpendapat bahwa penggambaran karakter dan juga tahun yang berbeda dalam adaptasi dapat memperlihatkan perbedaan dan perkembangan kedua karakter.

Fahrenheit 451 was written in 1953 by Ray Bradbury and had been adapted to different forms of media, including films. The focus of this paper is to look at two characters from the film (Clarisse and Mildred) to see how their characters are portrayed differently since they are from different eras. The paper chose Fahrenheit 451 as the source text and will look at the 2 film adaptations by François Troufaut (1966) and Ramin Bahrani (2018). Despite making film adaptations from the same text, both films by Truffaut and Bahrani have different ways of adapting their film and portraying Clarisse and Mildred. The author argued that different characterizations in the film and the respective year of the adaptation can signify the difference and the development of Clarisse and Mildred’s characters."
Lengkap +
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library