Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 10 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Handayani
"PT XYZ adalah perusahaan properti yang bcrada di jantung kota Jakarta. Perusahaan yang berdiri tahun 1990 ini tumbuh berkembang pesat hingga pada tahun 1998, manajemen PT XYZ mulai membangun proyek perluasan kompeknya. Namun, krisis ekonomi yang melanda Indonesia sejak akhir 1997 membuat PT XYZ tidak sanggup untuk melanjutkan pembangunan proyek yang sudah dirintisnya.
Walaupun belum dapat mewujudkan keinginan untuk memperluas usahanya, namun performa keuangan PT XYZ dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan, hingga akhirnya pada pertengahan tahun 2006 ini, PT XYZ mulai dapat meneruskan pembangunan perluasan kompleknya yang nyaris tertunda hampir 8 (delapan) tahun.
PT XYZ mendanai proyek yang dimilikinya dengan menggunakan modal sendiri dan dana pinjaman dari bank-bank sindikasi. Adapun komposisi struktur modal yang digunakan adalah modal sendiri sebesar 34,28% dan pinjaman pihak ke-3 sebesar 65,72%.
Hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa proyek perluasan komplek PT XYZ ini layak untuk dibangun. Hal ini terlihat dari hasil Payback Period selama 11,40 tahun yang iebih cepat dari target perusahaan yaitu selama 15 (lima belas) tahun, Net Present Value yang positif sebesar USS 66.869.249,00, Internal Rate of Return yang lebih tinggi dari Cost of Capital, yaitu sebesar 23,93%, dan Profitability Index yang lebih besar dari pada 1 (satu), yaitu sebesar 1,28.
Selain menggunakan model yang disebutkan diatas, juga dilakukan analisis sensitivitas untuk mengetahui variabel apa yang sangat penting yang dapat mempengaruhi NPV yang diperoleh proyek. Dari analisis ini terlihat bahwa perubahan proyeksi tingkat hunian sangat berpengaruh terhadap arus kas proyek yang berdampak pada perubahan NPV.

PT XYZ is a property company which is located in the heart of Jakarta city. This company was established in 1990 and growth significantly until in 1998 management of PT XYZ started to build the extension project in its complex area, but economic crisis happened in Indonesia starling end of 1997 has made PTXYZ not to be able to continue to build the project.
Even though, the company have not successfully expand its business, but PT XYZ 's financial performance from year to year shown escalation, until by mid 2006, PT XYZ started to continue building the extension project which has been postponed almost for 8 (eight) years.
PT XYZ finances its project by using its own equity and loan from syndicated hanks. The capital structure to build the project is 34,28% by its own equity and 65,72% by borrowing from the 3"d party.
Analysis that has been done shown that PT XYZ?s extension project in its complex is feasible to be built. This can be seem by the Payback Period for 11,40 years which is faster than the management expectation of 15 (fifteen) years, positive Net Present Value of USS 66.869.249, 00, Internal Rate of Return which is higher than its Cost of Capital, which is 23,93%, and Profitability Index which is higher than 1 (one), which is 1,28.
Besides the model mention above, sensitivity analysis was also done to identify what is the most important variable that can impact the NPV of the project. From the analysis, it is shown that changes in projection of occupancy will influence the project cash flow which impacts the changes in NP V."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2006
T19773
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Resty Fatma Maeanti
"This study aims to evaluate the feasibility of biogas project in Suntenjaya Village, Bandung and identify factors that affect revenues, environment and wider economic benefit of the project, using benefit cost analysis, multiple regression, and descriptive analysis. The results show that biogas project is feasible to be developed. Variables that significantly influence on the biogas project are total amount of poultry's waste, total amount of water, and labor. Economic impact of biogas from employment is 1.96%. Furthermore, fuel cost savings of biogas is IDR1,406,160. Environmental impact shows that mostly of cow farmer agree that biogas development project give positive impacts to environment.

Studi ini bertujuan mengevaluasi kelayakan dari usaha biogas di Desa Suntenjaya, Bandung dan mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi usaha pengembangan biogas, serta mengidentifikasi dampak ekonomi dan lingkungan dari keberadaan usaha biogas. Metode yang digunakan adalah analisis keuangan, analisis biaya manfaat, model regresi berganda, dan analisis deskriptif. Evaluasi kelayakan proyek menunjukkan usaha peternakan sapi perah dengan pengembangan biogas adalah layak. Faktor-faktor yang memengaruhi usaha pengembangan biogas ialah jumlah kotoran sapi, jumlah air yang digunakan, dan jumlah tenaga kerja. Dampak ekonomi dari pengembangan biogas, yaitu penyerapan tenaga kerja sebesar 1,96% dan penghematan biaya bahan bakar yang dihemat sebesar Rp1.406.160 per tahun. Dampak lingkungan menunjukkan peternak setuju bahwa biogas memberikan dampak positif terhadap lingkungan."
2016
AJ-Pdf
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Reza Kazhimi
"Sebagai negara berkembang, di Indonesia saat ini sedang marak pelaksanaan pembangunan infrastruktur. Kemudian  Terdapat proyek-proyek infrastruktur (khususnya proyek jalan tol) yang masuk dalam proyek strategis nasional namun memiliki kelayakan yang rendah secara finansial , hal ini menjadi kasus penelitian untuk  memperoleh skenario/skema investasi agar proyek tersebut bisa tetap dapat diimplementasikan sesuai dengan rencana pemerintah. Analisis akan dilakukan dengan melakukan studi kasus yang mendalam tentang proyek Infrastruktur yang memiliki tingkat kelayakan investasi yang rendah di Indonesia. Studi kasus dilakukan untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang suatu masalah, serta melakukan identifikasi bagaimana solusi/strategi terbaik untuk meningkatkan kelayakan proyek ini agar dapat tetap diimplementasikan serta  mengetahui dampak dari penerapan skenario terbaik terhadap kelayakan finansial nya. Berdasarkan analisis yang dilakukan, pembangunan jalan tol hanya sampai Besuki ternyata merupakan skenario terbaik yang menghasilkan tingkat kelayakan terbaik. Alternatif lain adalah dukungan pemerintah untuk menyelesaikan jalan tol dari Besuki hingga Banyuwangi. Adanya dukungan pemerintah berupa VGF agar jalan tol Probolinggo Banyuwangi dapat terhubung dan memberikan tingkat pengembalian investasi yang menguntungkan bagi investor, dalam hal ini Badan Usaha Jalan Tol.

As a developing country, Indonesia is currently rampant in implementing infrastructure development. However, there are infrastructure projects (especially toll road projects) that are included in the National Strategic Project (PSN) but have low financial feasibility. Despite this, they are economically and socially politically feasible, and require a particular strategy to ensure the project can still be implemented. The analysis will be conducted by conducting in-depth case studies on infrastructure projects with low investment feasibility in Indonesia. These case studies aim to obtain a clear picture of the problem and identify the best solution/strategy to improve the feasibility of the project, enabling its implementation. Additionally, the impact of implementing the best scenario on its financial feasibility will be determined. Based on the analysis results, shortening the toll road segment is the best scenario that offers the highest financial feasibility. The second alternative involves seeking construction support from the Government to complete the toll road from Besuki to Banyuwangi, which represents the final stretch of the toll road on Java Island. The provision of VGF (Viability Gap Funding) in the form of construction support aims to facilitate the connection of the Probolinggo-Banyuwangi toll road and ensure a profitable rate of return on investment for Toll Road Business Entities, who are the investors in this project."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Albert Eddy Husin
"Infrastructure plays an important role to support the continued long-term development in order to increase economic growth. From the results of the World Economic Forum (WEF) in 2013 brought exciting news for Indonesia. One of the main programs of Mega Projects in the Infrastructure Master Plan for the Acceleration and Expansion of Indonesian Economic Development (MP3EI) 2011-2025 is the Sunda Strait Bridge (SSB) or Strategic Infrastructure and Regional Sunda Strait. The SSB will connect the islands of Sumatra and Java with a bridge at a length of ± 30 kilometers. The SBB is one of the mega infrastructure projects which is estimated to involve a total investment of US$25 Billion. This research establishes the approach to forecast demand in the case of conceptual design. The SSB is associated with innovations to determine the functions using value engineering methods. The approach involves forecasting demand with a System Dynamics simulation model that could provide a reliable estimate and generate scenarios to compare the financial feasibility of the project before and after the process involving innovation of project functions. Analysis involving demand forecasting with the System Dynamics Approach has confirmed that the Sunda Strait Bridge development with additional functions would increase the revenues of the overall project up to US$61.59 Million, in order to obtain an increased Internal Rate of Return (IRR) of the overall project up to 7.56% with a positive Net Present Value (NPV)."
Depok: Faculty of Engineering, Universitas Indonesia, 2015
UI-IJTECH 6:1 (2015)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Fitria Yuliani
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rancangan model pasar tradisional yang dapat memenuhi kriteria kelayakan bagi investor untuk pembangunan pasar dan pedagang itu sendiri. Penelitian ini dimulai dengan perancangan sebuah model pasar tradisional Z di daerah Jakarta Timur secara sederhana, namun tetap memenuhi kebutuhan pengunjung serta memudahkan pedagang dalam pengangkutan material, sehingga pasar tidak hanya rapi, teratur, bersih dan nyaman bagi pengunjung, namun juga memudahkan pedagang. Dengan menganalogikan pasar tradisional sebagai gudang (warehaouse) pada perancangan fasilitas (Facility Planning), prinsip penataannya dilakukan sesuai dengan kaidah similarity, popularity, dan characteristic. Selanjutnya rancangan pasar tradisional ini akan dianalisis kelayakannya bagi pihak-pihak terkait, seperti penyedia dana, pemilik tanah dan pedagang itu sendiri. Dari perancangan bangunan pasar akan diperoleh gambaran mengenai luas lahan dan bentuk bangunan sehingga dapat ditetapkan besarnya biaya investasi bangunan pasar yang akan digunakan dalam perhitungan kelayakan investasi bangunan pasar. Analisis kelayakan (Feasibility Study) model pasar tradisional ini akan dihitung dengan metode pada engineering Economy, yaitu Net Present Value (NPV) Method, Internal Rate of Return (IRR), Benefit/ Cost Ratio, Payback Period (PBP) dan analisa sensitivitas untuk faktor biaya pembangunan, suku bunga pinjaman dan biaya kepemilikan tanah. Untuk analisis kelayakan pedagang nya dihitung dengan Profit and Loss Statement pedagang yang dihitung secara rata-rata harian.

The purpose of this research is to examine design of traditional market model that fill criteria for the feasibility for investor and the trader. This research began with designing one model of traditional market Z at East Jakarta with simplicity, but still matches for necessity of buyer and facilitates the trader. Using the principle of warehouse (same function between market and warehouse), facility planning of traditional market model is done with similarity, popularity and characteristic principle. Afterwards, this research followed by calculation of financial feasibility study for relevant party, such as investor, land owner and trader. Feasibility calculation is done using engineering economy principle, such as Net Present Value (NPV) Method, Internal Rate of Return (IRR), Benefit/ Cost Ratio, Payback Period (PBP) and analysis sensitivity. For the feasibility analysis of trader, be calculated using Profit and Loss Statement of trader daily."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2010
S51704
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Okta Kurnia Putra
"Pada saat ini terjadi kepadatan (congestion) di Bandar Udara Soekarno Hatta yang berakibat pada penurunan kualitas pelayanan bandar udara dari segi kenyamanan dan ketidaktepatan (delay) jadwal penerbangan, hal ini disebabkan oleh lalu lintas penerbangan yang dilayani telah melebihi dari kapasitas bandar udara yang ada. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan pengembangan sistem multi bandar udara di kawasan metropolitan Jakarta. Hal-hal yang dilakukan adalah merumuskan konfigurasi dan alokasi fungsional sistem multi bandar udara, melakukan pemilihan bandar udara eksisting dan mengevaluasi kelayakan finansial.
Metode pengumpulan data adalah survey ke lokasi bandar udara eksisting dan penyebaran kuesioner kepada pakar dibidang bandar udara. Perumusan konfigurasi sistem multi bandar udara menggunakan metode multiple-case study analysis dan benchmarking, perumusan alokasi fungsional berdasarkan data pertumbuhan lalu lintas penerbangan dan kontribusi maskapai penerbangan bertarif rendah terhadap pertumbuhan lalu lintas penerbangan, pemilihan bandar udara eksisting menggunakan metode Multi-Criteria Decision Analysis (AHP, SAW dan TOPSIS) dan evaluasi kelayakan finansial menggunakan metode Net-Present Value, Benefit-Cost Ratio dan Payback Periode.
Hasil penelitiannya yaitu konfigurasi sistem multi bandar udara adalah 2 (dua) bandar udara dan keduanya berperan sebagai primary airport, bandar udara eksisting yang dikembangkan bersama Bandar Udara Soekarno Hatta (Internasional dan Domestik) adalah Halim Perdanakusuma (Domestik) dan hasil evaluasi kelayakan finansial untuk 3 (tiga) skenario proyeksi lalu lintas penerbangan yaitu pesimis, moderat dan optimis adalah layak.

At the moment traffic congestion has been happen at Soekarno Hatta which resulting degradation of airport services quality in terms of comfort and imprecision schedule, that situation was caused by exceeded of traffic against existing airport capacity. To overcome these problem need to develop multi-airport system in the Jakarta metropolitan region. The thing that need to be done are to formulate configuration and functional allocation of the multi-airport system, make a selection of existing airports and evaluate financial feasibility.
Methods of data collection that use on the research are survey in the existing airports and distributing questionnaires to experts. Multiple-case study analysis and bencmarking method use to formulate the configuration of multi-airport system, condition of air traffic growth and the contribution of low-cost airline on the traffic growth used to formulate functional allocation of multi-airport system, the selection of existing airports using the Multi-Criteria Decision Analysis (AHP, SAW and TOPSIS) and the evaluation of the financial feasibility using the Net-Present Value method, Benefit-Cost Ratio method and Payback Period method.
The result of these research are the configuration of multi-airport system in Jakarta metropolitan region is 2 (two) airports and both serve as the primary airport, the existing airport jointly developed Soekarno Hatta Airport (International and Domestic) is Halim (Domestic) and the result of financial feasibility evaluation for 3 (three) scenarios are pessimistic, moderate and optimistic is feasible.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2013
T43302
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farras Naufal
"Di Indonesia proses pembersihan tangki penyimpanan minyak mentahmasih menggunakan sistem pembersihan konvensional, dimana endapan minyak mentah di dalam tangki (sludge) akan dikeruk dan akan langsung dibuang kedalam pits penampungan, padahal 70% dari sludge tersebut masih mengandung minyak mentah yang layak produksi, dan merupakan bahan B3 (bahan berbahaya dan beracun). PT X yang merupakan perusahaan milik pemerintah menyadari adanya kerugian dalam penggunaan sistem konvensional pada proses pembersihan tangkiminyak mentah, berencana akan mengembangkan usahanya pada jasa pembersihan tangki dengan sistem baru, yaitu dengan menggunakan teknologi Blabo Automated Tank cleanig System, dengan sistem ini proses pembersihan minyak mentah dapat dilakukan dengan lebih cepat, lebih aman, lebih ramah lingkungan, dan sisa pembersihan (sludge) dapat direcovery menjadi minyak mentah yang layak produksi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengembanagan bisnis yang dilakukan PT X layak untuk dilakuakan, dengan menggunakan financial feasibility analysisberdasarkan NPV, IRR, DiscountedPayback period, Benefit cost ratio, danProfitability ratio. hasil analisis kelayakan tersebut diuji lebih lanjut dengan menggunakan Sensitfity Analysisuntuk variabel yang paling kritis terhadap bisnis ini. Analisis akan dilanjutkan denganmembuat proforma neraca keuangan pengembangan bisnis ini, setelah itu penelitian akan dilanjutkan dengan menganalisis pengaruh pengembangan bisnis terhadap keuangan perusahaan berdasarkan prroforma neraca keuangan PT X dengan teknik Revised balance sheet.
In Indonesia, the crude oil storage tank cleaning is still using conventional cleaning systems, where deposits of crude oil in the tank (sludge) will be dredged and will be directly discharged into the pits shelter, whereas 70% of the sludge still contains crude oil which can used for production, and it is hazardous materials. PT X which is a government-owned company is aware of the disadvantages in the use of the conventional system on a crude oiltank cleaning process, PT X plans to expand its business on tank cleaning services using new system, using Blabo cleanig Automated Tank System technology, with this system the tank cleaning process can be faster, safer, more environmentally friendly, and the sludge can be recovered into a viable crude oil production. The purpose of this study is to determine whether the business development conducted by PT X is feasible, using the financial feasibility analysis based on NPV, IRR, Discountedpayback period, Benefit cost ratio and Profitability ratio. the results of the feasibility analysiswill befurther tested using Sensitfity Analysis for the most critical variables for this business. The analysis will be continued by making a projectionof Financial Statement of this business and also the financial statement of PT X as the holding company after invested the funds to develop this business. The ?revised balance sheet? become the basic of the analysis on this paper."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S59576
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Catur Niken Suciati Utari
"Program Pemerintah dalam mencari energi gas alternatif sektor Rumah Tangga agar mengurangi impor LPG, salah satunya adalah Adsorbed Natural Gas (ANG). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan investasi Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas Adsorbed Natural Gas (SPBG ANG) dengan 3 skenario yaitu I.Tanpa subsidi Pemerintah; II.Subsidi Pemerintah untuk Tabung dan Karbonaktif; III.Subsidi Pemerintah untuk biaya investasi, Tabung dan Karbonaktif.
Hasil menunjukkan bahwa harga jual gas ANG masing-masing skenario adalah: Rp87.660; Rp70.714; Rp24.846. NPV untuk masing-masing skenario adalah: Rp5.364.324.075; Rp5.358.785.001; Rp789.756.318. Berdasarkan perhitungan NPV at Risk dengan tingkat keyakinan 95% diperoleh hasil skenario I , II dan III layak dilaksanakan.

Government programs to explore alternative gas energy for household sector, aiming at reducing LPG imports, one of which is Adsorbed Natural Gas (ANG). This study aims to analyze the feasibility of SPBG ANG with three scenarios: I. without government subsidy; II government subsidies for the cylinder and carbonactive; III. government subsidies for investment costs, the cylinder and carbonactive.
The results showed the price of gas ANG for each scenarios: Rp87.660; Rp70.714; Rp24.846. NPV for each scenarios: Rp5.364.324.075; Rp5.358.785.001; Rp789.756.318. Based on NPV at Risk with a confidence level of 95 % obtained results for scenario I, II and III are feasible.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
T44517
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alfonsus Adrian
"Skripsi ini membahas studi kelayakan finansial dari sistem parkir modern yang dikenal dengan nama Automated Vertical Parking, sebuah sistem parkir yang menggunakan bantuan mesin canggih untuk memarkirkan mobil pada suatu lahan yang jauh lebih kecil dari sistem parkir konvensional. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif yang bertujuan untuk menghitung nilai IRR, NPV, dan Payback Period proyek. Hasil penelitian menyarankan bahwa untuk membangun sebuah Automated Vertical Parking, diperlukan beberapa variabel penentu (jumlah kendaraan, inflasi, suku bunga) agar pembangunan bisa dinyatakan layak.

The focus of this study is to make a feasibility analysis for a new modern parking system called Automated Vertical Parking In this study we need to calculate the factors car amount inflation interest rate that The focus of this study is to make a feasibility analysis for a new modern parking system called Automated Vertical Parking. In this study, we need to calculate the factors (car amount, inflation, interest rate) that influence the value of NPV, IRR, and Payback Period Method of the project until its feasible to build.
"
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2015
S58204
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library