Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 18 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Naomi Tiodora Carolina
"Artikel ini membahas identitas in-between narator Aku dalam teks esai Pourquoi j’écris karya Henri Lopes. Secara garis besar, teks esai ini menjelaskan alasan dan tujuan narator Aku menulis. Tujuan artikel ini adalah untuk membahas bagaimana posisi dan identitas in-between narator Aku diperlihatkan dalam esai Pourquoi j’écris. Artikel ini menggunakan metode kualitatif melalui analisis struktur tekstual yang kemudian dikaitkan dengan konteks latar belakang penulis, yaitu Henri Lopes. Analisis struktur tekstual dilakukan untuk menemukan makna esai dan posisi penulis. Hasil penelitian menunjukkan posisi dan identitas in-between narator Aku diperlihatkan melalui pemikirannya dalam esai yang dipengaruhi dua identitas latar belakangnya yang berbeda, yaitu sebagai bagian dari orang Kongo dan Belgia.

This article discusses the identity in-between of narrator ‘I’ in the essay of Henri Lopès, Pourquoi j'écris. Broadly speaking, this essay explains the reasons and purpose of why narrator ‘I’ started writing. The purpose of this article is to explains how the narrator’s position and identity in-between are represented in the essay. This article used a qualitative method through textual structure analysis which is then linked to the context of the author's background, namely Henri Lopes. Textual structure analysis was conducted to find the meaning of the essay and the writer's position. The results showed that the narrator’s position and identity in-between was shown through his thoughts in the text which was influenced by two different cultural identities, namely as part of the Congolese and Belgian."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indoneisa, 2020
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dilla Natasia
"Skripsi ini membahas mengenai makna lain dibalik sosok perempuan Afrika yang digambarkan dalam puisi Femme Noire karya L'opold Sedar Senghor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan teori analisis wacana. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sosok perempuan Afrika yang digambarkan dalam puisi Femme Noire tersebut merepresentasikan sosok benua Afrika.

The Focus of this study is about the other meaning of African woman's figure on the poem Femme Noire by L'opold Sedar Senghor. This research is qualitative, using the theory of text analyse. The result of this research shows that the figure of African woman on the poem Femme Noire represents the figure of Africa itself."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S14471
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Afifa Ezi Ramadhiyanti
"ABSTRAK
Kesusastraan frankofon memiliki tema yang bervariasi. Salah satu tema yang menonjol adalah ideologi patriarki. Salah satu karya sastra Frankofon dengan ideologi patriarki sebagai wacana dominan teks adalah cerpen berjudul Annie et Fatima karya Assia Djebar, seorang penulis perempuan dari Aljazair. Bercerita tentang pasangan yang berbeda etnis; Annie, warga negara Prancis, dan Idir, imigran dari Aljazair. Perceraian mereka membuat Idir membawa pergi putri mereka, Fatima, ke Aljazair, tanpa sepengetahuan Annie. Artikel ini bertujuan untuk memaparkan ideologi patriarki dalam teks. Pendekatan struktural digunakan untuk mengkaji isi teks. Hasil analisis menunjukkan keberadaaan ideologi patriarki yang dipegang teguh oleh tokoh laki-laki, ditunjukkan melalui tindakan-tindakannya. Pengukuhan ideologi patriarki ditinjau dari relasi kuasa dan dominasi terhadap tokoh perempuan. Latar ruang sangat berpengaruh dalam munculnya pengukuhan ideologi dan praktik patriarki. Ideologi patriarki dapat diimplementasikan dengan sukses di tempat yang mengakui dan mendukung eksistensinya.

ABSTRACT
Francophone literature carries various themes throughout the plurality of its works. One of the prominent theme is patriarchy. One of the works in francophone literature with patriarchy as its main focus is the short story titled Annie et Fatima, written by Assia Djebar, a prominent female writer from Algeria. It tells a story about a multi ethnic couple, Annie, a French woman, and Idir, an Algerian immigrant. Their divorce made Idir take their daughter, Fatima, away to Algeria, without Annie rsquo s consent. This article aims to show patriarchal ideology in the text. This paper uses structural approach to analyse the text. The result shows the existence of patriarchal ideology that is believed so strongly by the leading male, shown through his actions. The enforcement of patriarchal ideology is shown through the relation of power and domination over the leading woman. The setting holds a crucial role for the ideology and practice of patriarchy. Patriarchal ideology can be implemented successfully where it is recognized and supported."
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Syifa Isma Sheranila
"ABSTRAK
Sebagai salah satu negara bekas jajahan Prancis, Senegal memiliki banyak karya sastra yang menggunakan bahasa Prancis, yang disebut sebagai kesusastraan frankofon. Ada banyak tokoh kesusastraan frankofon yang terkenal berasal dari Senegal, salah satunya yaitu L opold S dar Senghor. Cher Fr re Blanc adalah salah satu puisi karya L opold S dar Senghor yang terkenal di Prancis. Puisi ini berisi luapan perasaan kaum kulit hitam atas tindakan rasisme yang dilakukan oleh bangsa kulit putih. Melalui karya sastranya yang diwakili oleh puisi Cher Fr re Blanc, Senghor memaparkan identitas ras-etnis bangsa kulit hitam. Melalui identitas ras-etnis yang tuangkan dalam puisinya, terlihat upaya Senghor dalam melakukan perlawanan terhadap diskriminasi ras yang diterima oleh bangsa kulit hitam. Puisi ini juga memperlihatkan adanya sindiran atas diskriminasi ras yang dilakukan bangsa kulit putih terhadap bangsa kulit hitam.

ABSTRACT
As one of French colonies, Senegal has many literature works that use French, which is referred as francophone literature. There are many famous francophone writers from Senegal, one of them is L opold S dar Senghor. Cher Fr re Blanc is one of L opold S dhar Senghor rsquo;s poems that famous in France. This poem contains an outpourings of black people 39;s feelings for racism by white people. Through his literature work is represented by the poem Cher Fr re Blanc, Senghor describes the racial-ethnic identity of black people. Through the racial-ethnic identity in this poem, Senghor 39;s attempts were seen the fight to racial discrimination of black people. This poem also shows a satire of racial discrimination of black people by the white people. "
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Marco Abram Christian
"Linda Lê merupakan penulis frankofon yang berasal dari Vietnam. Karyanya yang berjudul Œuvres Vives ia mengangkat bahwa bagaimana kolonialisme berpengaruh terhadap tindakan seseorang yang bahkan tidak mengalaminya. Novel ini menceritakan tentang jurnalis muda yang pada novel ini disebut dengan tokoh aku menemukan sebuah buku karya seorang penulis berdarah Vietnam yang bernama Antoine Sorel di sebuah kota bernama Le Havre. Akan tetapi tak lama kemudian ia menemukan bahwa penulisnya yang bernama Antoine Sorel telah mati bunuh diri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan tekstual dan menggunakan teori analisis naratif Barthes (1975) serta teori fokalisasi oleh Gerard Genette (1983) serta teori identitas Stuart Hall (1997). Penelitian ini akan membahas bagaimana konflik identitas yang dimiliki oleh Martin Tran yaitu ayah dari Antoine Sorel dan Antoine sorel sendiri dalam novel Œuvres Vives. Ketidakharmonisan ini membuat anak-anak dari Martin Tran khususnya Antoine Sorel yang menjadi salah satu fokus penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pembentukan identitas diri pada seorang Martin Tran yang malu menjadi bagian dari orang Vietnam dan Antoine Sorel yang memiliki sifat bertolak belakang dengan ayahnya Marin Tran yaitu ingin mencari tahu asal usulnya. Selain itu penelitian ini akan melihat inferioritas Martin Tran yang merasa malu bahwa ia adalah orang keturunan Vietnam. Temuan pada Penelitian ini adalah bagaimana konflik identitas yang dialami oleh beberapa tokoh dapat mengubah cara pandang dan perilaku dari tokoh tersebut terhadap kolonialisme.

Linda Lê is a francophone writer from Vietnam. Her work Œuvres Vives is about how colonialism affects the actions of someone who did not even experience it. The novel tells the story of a young journalist who, in this novel, is called the character I, finds a book by a Vietnamese writer named Antoine Sorel in a city called Le Havre. However, shortly afterward he discovered that the author named Antoine Sorel had committed suicide. This research uses a qualitative research method with a textual approach and uses Barthes' narrative analysis theory (1975) as well as Gerard Genette's focalization theory (1983) and Stuart Hall's identity theory (1997). This research will discuss how the conflict of identity owned by Martin Tran, the father of Antoine Sorel and Antoine Sorel himself in the novel Œuvres Vives. This disharmony makes the children of Martin Tran, especially Antoine Sorel, one of the focuses of the research. The purpose of this research is to see the formation of self-identity in a Martin Tran who is ashamed to be part of the Vietnamese people and Antoine Sorel who has the opposite nature to his father Marin Tran, namely wanting to find out his origins. In addition, this study will look at the inferiority of Martin Tran who feels ashamed that he is a person of Vietnamese descent. The finding of this research is how identity conflicts experienced by several characters can change the perspective and behaviour of these characters towards colonialism.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vanessa Tandy
"Cerita mengenai penyiksaan terhadap Aurore Gagnon dikenal sebagai tragedi nasional di Kanada yang menampilkan nilai sosial budaya yang ada pada masanya di awal abad ke-20. Pada tahun 2005, muncul film dengan judul Aurore yang disutradarai oleh Luc Dionne. Terdapat karakter sentral dalam film ini, yaitu Pastor Antoine Leduc yang merupakan pemimpin agama di Québec yang dikenal sangat patuh pada nilai-nilai Gereja. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menelaah permasalahan antara tokoh Pastor Antoine Leduc dengan masyarakat kota Fortierville yang dapat ditafsirkan sebagai sebuah ironi. Pada bagian analisis naratif digunakan teori naratif A.J Greimas (1966) dan Tzvetan Todorov (1969) untuk membagi peristiwa dan alur, serta aspek pemaknaan warna oleh Bellantoni (2011). Pada bagian tematis, digunakan teori mengenai ironi oleh D.C Muecke (1972) dan psikoanalisis oleh Freud (1885). Hasil analisis menunjukkan bahwa Pastor Antoine Leduc menyalahgunakan kekuasaan yang ia miliki sebagai tokoh agama, yang menunjukkan adanya ironi situasional yang kemudian menyebabkan ironi tragis dan dramatis. Ironi yang ada tercipta berakar pada kegagalan pada kepribadian Pastor Antoine menyeimbangkan struktur psikisnya akibat dominasi Id berupa keinginan utamanya untuk pergi ke Vatikan.
.....The story of the torture of Aurore Gagnon is known as a national tragedy in Canada that displays the socio-cultural values of its time in the early 20th century. In 2005, there was a movie called Aurore directed by Luc Dionne. There is a central character in this movie, Father Antoine Leduc, who is a religious leader in Québec, a city known to be very obedient to the values of the Church. This study aims to examine the problems between the character of Father Antoine Leduc and the people of Fortierville that can be interpreted as irony. In the narrative analysis section, the narrative theories of A.J Greimas (1966) and Tzvetan Todorov (1969) are used to divide events and plot, as well as aspects of color meaning by Bellantoni (2011). In the thematic part, the theories of irony by D.C Muecke (1972) and psychoanalysis by Freud (1885) were used. The analysis shows that Father Antoine Leduc abuses the power he has as a religious figure, which shows the existence of situational irony which then causes tragic and dramatic irony. The irony created is rooted in the failure of Father Antoine's personality to balance his psychic structure due to the dominance of the Id in the form of his ultimate desire to go to the Vatican."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Prima Nadia Sarah Zainuddin
"Kesusastraan Aljazair mulai berkembang setelah perang kemerdekaan Aljazair, sekitar tahun 1970-an. Identitas dan kebebasan adalah dua tema utama yang sering diangkat dalam karya sastra penulis Aljazair. Masalah identitas pada masyarakat Aljazair muncul akibat penjajahan Prancis, salah satunya berupa penggunaan dua bahasa utama negara tersebut, yaitu bahasa Arab dan Prancis. Masalah identitas ini terjadi karena eratnya hubungan antara bahasa Prancis sebagai bahasa kolonial dengan identitas masyarakat Aljazair itu sendiri, yang pada akhirnya berujung pada rekonstruksi identitas masyarakat Aljazair. Artikel ini membahas rekonstruksi identitas yang terjadi pada tokoh utama dalam novel La Disparition de la langue française karya Assia Djebar. Artikel ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi pustaka. Analisis makalah ini menggunakan konsep naratif yang dikemukakan oleh Roland Barthes (1966) untuk membedah struktur teks. Lebih lanjut, artikel ini juga menggunakan studi postkolonial Homi Bhabha (1994) dan dibantu oleh konsep memori kolektif oleh Maurice Halbwachs (1992) dan konsep identitas individu Phillip Gleason (1983) untuk menganalisis rekonstruksi identitas yang terjadi pada karakter utama. Artikel ini menghasilkan beberapa temuan. Dua bahasa, Prancis dan Arab, yang digunakan dalam novel mempengaruhi perubahan identitas tokoh utama. Memori juga berperan dalam rekonstruksi identitas karakter utama. Artikel ini menyimpulkan bahwa rekonstruksi identitas, pada akhirnya, meskipun dipengaruhi oleh bahasa dan ingatan, adalah kebebasan seseorang untuk memilih.

Algerian literature began to develop after the Algerian war of independence, which was around the 1970s. Identity and freedom are the two main themes that are often raised in the literary works of Algerian writers. The problem of identity in the Algerian people arises due to French colonialism, one of which is in the form of the use of the country's two main languages, namely Arabic and French. This identity problem occurs due to the close relationship between French as a colonial language and the identity of the Algerian people themselves, which ultimately results in the reconstruction of the Algerian people's identity. This article discusses the identity reconstruction that occurs in the main character in the novel La Disparition de la langue française by Assia Djebar. This article is qualitative research using a literature review as the method. The analysis of this paper uses the narrative concept brought by Roland Barthes (1966) to dissect the structure of the text. Furthermore, this article also uses the post-colonial study of Homi Bhabha (1994) and assisted by the concept of collective memory by Maurice Halbwachs (1992) and the concept of individual identity of Phillip Gleason (1983) to analyze the reconstruction of identity that occurs in the main character. This article found several main findings. The two languages, French and Arabic, used in the novel affect the changes in the main character's identity. Memory also plays role in the identity reconstruction of the main character. This article concludes that identity reconstruction, at the end of the day, though affected by languages and memories, is one's freedom to choose."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Afifah Faizah
"Black Bazar merupakan salah satu novel karya penulis frankofon yang berasal dari Republik Kongo, yaitu Alain Mabanckou. Novel ini bercerita tentang kehidupan tokoh Fessologue di Paris sebagai seorang pria imigran kulit hitam yang berasal dari Republik Kongo. Lingkungan sosial yang baru membuatnya harus meniru perilaku orang Prancis agar dapat berintegrasi di sana. Artikel ini membahas pencarian identitas Fessologue melalui peniruan yang menyebabkan keadaan ambivalen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan kajian naratologi Gérard Genette dan analisis struktur naratif Roland Barthes dengan diperdalam menggunakan teori representasi dan identitas Stuart Hall, serta teori hibriditas budaya Homi K. Bhabha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penokohan dan latar cerita menggambarkan ambivalensi identitas budaya tokoh Fessologue. Peniruan-peniruan yang dilakukan Fessologue tercermin dalam gaya berpakaian, gaya hidup, dan cara berpikirnya agar sama dengan orang Prancis. Proses peniruannya tersebut tidak terus berlanjut sehingga timbul ambivalensi dalam dirinya karena berada di antara dua budaya, yaitu budaya Prancis dan Kongo. Keadaan ambivalen menyadarkannya bahwa tidak ada budaya yang murni sehingga tidak perlu mengagungkan kemurnian suatu identitas budaya.

Black Bazar is a novel by a francophone writer from the Republic of Congo, Alain Mabanckou. This novel tells a story about the life of a character named Fessologue in Paris as a black immigrant man from the Republic of Congo. The new social environment required him to impersonate French behavior in order to successfully integrate there. This article discusses the search for Fessologue's identity through impersonation which leads to ambivalence. The method used in this research is a qualitative method with the study of the narratology of Gérard Genette and the analysis of the narrative structure of Roland Barthes with further study of representation and identity of Stuart Hall and Homi K. Bhabha's theory of cultural hybridity. The results showed that the characterizations and story settings illustrate the ambivalence of Fessologue's cultural identity. Fessologue's imitations are reflected within his style of dressing, lifestyle, and way of thinking to be the same as French people. The imitation process did not continue which cause an ambivalence in him because he is in between two cultures, French and Congolese cultures. The ambivalent state made him realize that there is no real pure culture, therefore there is no need to glorify the purity of cultural identity."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nabilla Nur Hanifah
"Kebebasan dan ketubuhan merupakan dua hal yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Ketubuhan dapat dimaknai sebagai sebuah keberadaan eksistensial seperti yang tertuang di dalam novel Un Pays Pour Mourir (2015) karya Abdellah Taïa. Novel ini menceritakan tentang kehidupan tokoh utama yang bernama Zahira, seorang perempuan Maghribi yang bermigrasi ke Paris bersama dengan teman-temannya yang sama-sama berprofesi sebagai pelacur. Hal yang ingin dipaparkan melalui artikel ini adalah bagaimana setiap tokoh menggunakan tubuh mereka untuk mendapatkan kebebasannya sehingga mereka sadar atas eksistensi dirinya dan pada akhirnya dapat menempatkan dirinya sebagai subjek di dunianya. Berdasarkan metode kualitatif, ditemukan bahwa unsur ketubuhan menjadi penggerak fungsi utama di dalam novel ini sekaligus hambatan utama yang dihadapi oleh para tokoh baik dari lingkungan keluarga maupun lingkungan sosialnya. Melalui konsep kebebasan dan ketubuhan yang dihadirkan oleh penulis, timbul kesadaran mengenai kebebasan yang mereka miliki atas tubuhnya sehingga masing-masing tokoh akan memahami eksistensinya melalui tubuh yang mereka miliki. Tubuh yang dimiliki oleh seseorang seringkali dijadikan sebagai alat untuk mendapatkan kebebasan tersebut, baik untuk untuk tetap bertahan hidup dan menikmati kebebasan di dunia, atau dengan mematikan tubuhnya sehingga mendapatkan kebebasan yang abadi atau kematian.

Freedom and body are two things that are related to one another. The body can be interpreted as an existential being as stated in the novel Un Pays Pour Mourir (2015) by Abdellah Taïa. This novel tells about the life of the main character Zahira, a Maghreb woman who migrated to Paris with her friends and worked as prostitutes. This article discusses how each character uses their bodies to get their freedom so that they are aware of their existence and can finally place themselves as subjects in their world. Based on the qualitative method, it was found that the physical element becomes the main issue in this novel as well as the main obstacle faced by the characters both from the family and society. Through the concepts of freedom and body presented by the author, awareness arises about the freedom they have over their bodies so that each character will understand their existence through the bodies they have. A person's body is often used as a tool to get that freedom, either to survive and enjoy freedom in the world, or by turning his body off to get eternal freedom or death."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Amalia Saraswati Putri
"Perang sipil yang terjadi di Afrika Barat, khususnya Liberia dan Sierra-Leone berlangsung pada 1989 hingga 1997. Perang ini terjadi karena adanya kecemburuan sosial antarkelompok, khususnya kelompok-kelompok etnis. Salah satu novel yang dilatarbelakangi oleh peristiwa tersebut adalah novel Allah n’est pas Obligé yang merupakan novel keempat karya salah satu penulis frankofon yang berasal dari Pantai Gading, Ahmadou Kourouma. Novel ini menceritakan petualangan tokoh Birahima selama perang sipil yang terjadi di Afrika Barat, tepatnya di Liberia dan Sierra Leone serta kondisi kehidupan masyarakat Afrika Barat ketika terjadi penindasan yang dilakukan oleh beberapa petinggi negara dan kelompok serdadu anak atau enfants-soldats. Artikel ini membahas politik identitas yang ditampilkan di dalam novel tersebut. Dengan metode kualitatif, penelitian ini menggunakan teori naratif teks Roland Barthes untuk membedah struktur novel serta diperdalam dengan konsep politik identitas milik Kwame Anthony Appiah (2006). Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga cara politik identitas yang digunakan di dalam novel sebagai alat untuk mendapatkan kekuasaan dan berpengaruh pada dinamika pergerakan tokoh di dalam novel. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa politik identitas di dalam novel ini terjadi dalam dua kelompok, yaitu kelompok antaretnis yang berbeda dan kelompok antaretnis yang sama.

Civil wars that occurred in West Africa, especially Liberia and Sierra-Leone, took place from 1989 to 1997. These wars occurred because of social jealousy between groups, especially ethnic groups. The identity politics strategy was then used in the war. One of the novels based on this event is the novel Allah n'est pas Obligé which is the fourth novel by one of the francophone writers from Ivory Coast, Ahmadou Kourouma. This novel tells the adventures of the character Birahima while being a child soldier in the civil war that occurred in West Africa, specifically in Liberia and Sierra Leone and tells the living conditions of the people of West Africa when there was a civil war and oppression carried out by several state officials and groups of child soldiers or enfants-soldats. This article discusses the identity politics shown in the novel. With a qualitative method, this study uses Roland Barthes' narrative text theory to dissect the structure of the novel and is deepened by Kwame Anthony Appiah's concept of identity politics (2006). The results show that there are three ways of identity politics that are used in the novel as a tool to gain power and influence the dynamics of the movement of the characters in the novel. This study also reveals that identity politics in this novel occurs in two groups, namely different inter-ethnic groups and the same inter-ethnic group.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>