Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Meutia Thahira
"Tesis ini bertujuan untuk meneliti pengaruh dari green brand image, green trust, dan green satisfaction terhadap repurchase intention pada produk IKEA. Data berasal dari 165 responden yang sebelumnya sudah membeli produk IKEA yang dianalisis menggunakan structural equation modeling (SEM). Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa green brand image berpengaruh terhadap green trust dan green satisfaction. Green trust memiliki pengaruh terhadap repurchase intention sedangkan green satisfaction tidak berpengaruh terhadap repurchase intention pada produk IKEA.
Dari hasil penelitian, peneliti menyarankan IKEA untuk tetap mempertahankan usahanya dalam membentuk green brand image, mengedukasi konsumen untuk meningkatkan kesadaran hingga merubah perilaku mereka dalam menggunakan produk-produk ramah lingkungan, melakukan kegiatan corporate social responsibility atau community development, dan meningkatkan faktorfaktor lain yang menjadi pendorong adanya repurchase intention pada konsumen terutama di Indonesia.

This thesis aims to investigate the influence of the green brand image, green trust and satisfaction towards repurchase intention green on IKEAproducts. Data were taken from 165 respondents who had previously been purchasing IKEA products and were analyzed with structural equation modeling (SEM). The results of this research showed that green brand image influence on green trust and green satisfaction. Green trust has an influence on repurchase intention, while green satisfaction has no effect on repurchase intention in IKEAproducts.
From the results of this study, the researchers suggest IKEA to maintain its efforts in forming green brand image, to educate consumers to raise awareness to change their behavior in using the products that are environmentally friendly, conducting corporate social responsibility or community development, and improve other factors that may be driving consumer?s repurchase intention, especially in Indonesia.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kristel Elissa
"ABSTRAK
Industri produk kecantikan dan perawatan pribadi natural di Indonesia terus berkembang. Konsumen semakin
sadar dan teredukasi tentang isu lingkungan, sehingga mereka mulai menggunakan produk kecantikan dan
perawatan pribadi yang mengandung bahan natural dan ramah lingkungan. Agar sebuah merek ramah lingkungan
memiliki diferensiasi dari kompetitor dan dapat membuat konsumen melakukan pembelian, perlu dilakukan
strategi green brand positioning (GBP) melalui atribut fungsional maupun manfaat emosional yang dirasakan
konsumen. Love Beauty and Planet (LBP) yang menyatakan mereknya sebagai merek kecantikan dan perawatan
pribadi yang ramah lingkungan dan menggunakan bahan natural telah melakukan implementasi strategi GBP. Pada
jurnal makalah ini, analisis dilakukan pada kemasan produk, media sosial, dan situs resmi LBP terhadap sejumlah
aspek fungsional dan emosional dari strategi GBP yang telah dieksekusi. Hasil analisis GBP dari LBP dipetakan
ke dalam tiga komponen brand image, yaitu kekuatan, kesukaan, dan keunikan, untuk melihat aspek apa saja yang
dapat membangun image merek ramah lingkungan. Analisis menunjukkan bahwa LBP melakukan strategi GBP
dengan menyampaikan atribut fungsional dan manfaat emosional yang ditawarkan merek, yang fungsinya saling
mendukung. Implementasi strategi GBP dari LBP dapat membangun kekuatan, kesukaan, dan keunikan LBP.

ABSTRACT
Natural beauty and personal care industry in Indonesia is continuously growing. Consumers are getting more aware
and educated towards environmental issue, as they are starting to use more natural and environmentally friendly
beauty and personal care products. For a green brand to gain differentiation among competitors and convince
consumers to make purchase, a brand needs to launch green brand positioning (GBP) strategy through
communicating their functional attributes and emotional benefits. Love Beauty and Planet (LBP), a beauty and
personal care brand that identify itself as a natural and environmentally friendly has already implemented GBP
strategy. In this paper, analysis was done on LBP`s product packaging, social media, and official web site towards
a number of functional and emotional aspects of the executed GBP strategy. Analysis result on LBP`s GBP strategy
was mapped to the three components of brand image, which is strength, favorability, and uniqueness, to see which
aspect could potentially build a green brand`s image. Analysis showed that LBP did both functional and emotional
GBP, since it complements each other. Also, LBP`s GBP strategy could build the strength, favorability, and
uniqueness association of the brand.
"
2020
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Fae Hanifa
"Indonesia memiliki industri kosmetik yang terus mengalami perkembangan pesat tiap tahunnya tetapi perkembangan ini diiringi dengan permasalahan baru yaitu meningkatnya jumlah sampah kemasan produk kecantikan. Dengan kesadaran akan permasalahan lingkungan mendorong merek kosmetik, termasuk Raine Beauty untuk mengadopsi konsep green branding sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh green brand image, green brand attitude, green brand trust terhadap green brand love pada konsumen Raine Beauty di DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada konsumen yang pernah membeli dan menggunakan Raine Beauty dengan jumlah sampel 115 responden. Peneliti menggunakan metode Structural Equation Model atau SEM, dan data yang didapatkan diolah melalui perangkat lunak SPSS 25 serta SmartPLS 4. Hasil dari penelitian ini adalah ditemukannya hubungan yang positif antara green brand image terhadap green brand attitude, green brand image terhadap green brand trust, green brand image terhadap green brand love, green brand attitude terhadap green brand love, green brand trust terhadap green brand love.

Indonesia has a cosmetics industry that continues to experience rapid development each year, but this progress is accompanied by a new issue, namely the increasing amount of beauty product packaging waste. With awareness of environmental issues driving cosmetic brands, including Raine Beauty, to adopt the concept of green branding as an effort to address these problems. The aim of this research is to examine how the influence of green brand image, green brand attitude, and green brand trust affects green brand love among Raine Beauty consumers in DKI Jakarta. This study uses a quantitative approach with a survey method to consumers who have purchased and used Raine Beauty, with a sample size of 115 respondents. The researcher employs the Structural Equation Model (SEM) method, and the data obtained are processed using SPSS 25 and SmartPLS 4 software. The results of this study indicate a positive relationship between green brand image and green brand attitude, green brand image and green brand trust, green brand image and green brand love, green brand attitude and green brand love, and green brand trust and green brand love."
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library