Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
Nadya Valerie Shanaz, author
Penelitian ini berusaha menjelaskan terjadinya komodifikasi pekerja media (jurnalis) dalam industri media massa televisi dengan studi kasus pada grup media MNC. Peneliti mengembangkan kerangka pemikiran dari teori ekonomi politik komunikasi, dengan menggunakan konsep utama komodifikasi. Penelitian ini menggunakan paradigma kritis dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Penelitian ini mengungkapkan...
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
T-pdf
UI - Tesis Membership Universitas Indonesia Library
Langitantyo Tri Gezar, author
Industri televisi Indonesia terus memproduksi konten media hiburan seperti program musik dengan menggunakan jasa penonton bayaran dalam proses produksinya demi menarik khalayak dan meraih keuntungan ekonomi yang berpatokan pada rating dan share, lalu menjualnya kepada pengiklan. Dalam hal ini, industri televisi melakukan komodifikasi konten, khalayak, dan pekerja media yang menempatkan...
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
S64970
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Lintang Ratri Rahmiaji, author
ABSTRAK
Disertasi ini pada dasarnya berusaha menunjukkan bagaimana dalam industri
pertelevisian Indonesia yang tumbuh pesat saat ini, berlangsung eksploitasi dalam
bentuk komodifikasi pekerja anak yang terus berlangsung karena adanya proses
naturalisasi pekerja anak. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjelaskan bentuk
eksploitasi yang dialami artis anak dalam industri sinetron, bagaimana proses
eksploitasi anak itu bisa berlangsung secara berkelanjutan...
2016
D2224
UI - Disertasi Membership Universitas Indonesia Library