Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Beri Bagja Putra Pamungkas
"Skripsi ini membahas tentang masalah komunikasi dalam masyarakat industri yang tergambar pada keempat cerita pendek karya Peter Bichsel. Dalam semua teks ini, komunikasi antartokoh tidak berlangsung efektif. karena tidak terdapat dialektika antara pengirim dan penerima. Penclitian ini menggunakan metode deskriptif analitis yang menggunakan pendekatan Hermeneutik kritis Paul Ricoeur dan teori komunikasi Wilbur Schramm serta Karl Buhler. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa komunikasi di dalam masyarakat industri scring mengalami kegagalan akibat ketidaksempurnaan elemen_elemen dalam proses komunikasi, serta pengaruh kondisi psikologis para tokoh dan lingkungan sekitarnya; Individualitas yang tinggi menyebabkan kurangnya komunikasi antarwarga, schingga terjadi dehumanisasi dan anonimitas dalam masyarakat.

This study focuses on communication problem in urban society which has been described in Peter Bichsel's short stories. In every story, communication among figures is not effective, because there is no dialectic between sender and receiver. This research uses descriptive analysis method with Paul Ricoeur's hermeneutic critic approach and communication theory from Wilbur Schramm and Karl Buhler. The conclusions of this research are that communication in urban society frequently fail because of imperfect elements in communication process and psychology influence from figures in the stories and their surroundings as well; High individuality cause the lack of communication among people so that cause dehumanization and anonymity in society."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2010
S14601
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Balqis Syifa Prastina
"Penelitian ini membahas deiksis persona yang banyak muncul dalam lirik kedua lagu Cro yang berjudul “Victoria’s Secret” dan “1 INSTAGRAMM”. Deiksis persona menunjuk pada referen orang dalam lagu dan dari deiksis persona tersebut dapat dipahami hubungan antarpersona dalam lagu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi penggunaan deiksis persona dan referen. Dengan menggunakan teori deiksis Levinson (1983), dilengkapi oleh teori Finkbeiner (2018), teori makna kontekstual Hannapel/Melenk (1979), dan teori karakteristik ruang internet Amichai-Hamburger (2017), penggunaan deiksis persona orang pertama dan kedua serta referennya akan diteliti. Hasil dari penelitian ini adalah kedua lagu tersebut menggunakan deiksis persona ich dan du yang mencerminkan pengguna internet dan media sosial dengan anonimitas, kontrol komunikasi, serta tingkat paparan fisik yang berbeda. Dari hubungan antarpersona dalam kedua lagu ditemukan juga masalah komunikasi digital, yaitu intensitas komunikasi yang menurun, timbul perasaan cemas dan stres, ketidakterbukaan, keagresifan dalam berkomunikasi, dan hubungan parasosial.

This study discusses the person deixis that often appears in the lyrics of the two Cro songs entitled "Victoria's Secret" and "1 INSTAGRAMM". Person deixis refers to the referent of the person in the song and from the person deixis it can be understood the relationship between persons in the song. The purpose of this study is to identify the use of person deixis and their referents. By using Levinson's theory of deixis (1983), complemented by Finkbeiner's (2018) theory, Hannapel/Melenk's theory of contextual meaning (1979), and Amichai-Hamburger's theory of internet space characteristics (2017), the use of first and second person deixis and their referents will be investigated. The results of this study are that both songs use person deixis ich and du which reflect internet and social media users with different levels of anonymity, communication control, and physical exposure. From the relationships between persons in the two songs, digital communication problems are also found, namely decreased communication intensity, feelings of anxiety and stress, unopenness, aggressiveness in communicating, and parasocial relationships."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Tobing, Farida Haryoko
"Dalam pekerjaan kita sebagai psikolog yang melaksanakan pemeriksaan psikologis bagi perusahaan untuk keperluan seleksi maupun evaluasi atau identifikasi potensi karyawan, tolok ukur keberhasilannya adalah bila hasil pemeriksaan yang kita lakukan diterima dengan baik, karena dapat menjawab kebutuhan perusahaan. Namun tidak selamanya kita dapat berhasil mencapainya. Adakalanya karyawan / pejabat / partisipan menolak hasil evaluasi kita karena ia tidak dapat dipromosikan sehingga ia merasa "dunianya sudah kiamat", sehingga akibatnya motivasi kerjanya menurun, dan ia kehilangan loyalitas pada perusahaan.
Sebagai profesi psikolog, jelas bahwa tuntutan terhadap keterampilan komunikasi sangat besar. Pekerjaan psikolog sangat mengandalkan kemampuan komunikasi. Psikolog sebagai pemberi jasa dan pihak perusahaan sebagai penerima jasa, masing-masing mempunyai latar belakang pendidikan, keluarga, sosial ekonomi bahkan budaya yang berbeda-beda, yang mana hal-hal tersebut sangat mempengaruhi persepsi seseorang. Padahal persamaan persepsi, persamaan anti merupakan titik tolak dimana kira berangkat untuk memecahkan permasalahan. Oleh karena itu bagaimana klta dapat menangkap aspirasi, kebutuhan dan harapan pihak perusahaan di satu sisi dan dari pihak karyawan I partisipan di lain sisi, sebenamya merupakan masalah komunikasi. Kesalahan dalam menterjemahkan hal-hal tersebut merupakan permasalahan komunikasi yang kurang efektif.
Bahasan ini bertujuan untuk menganalisa kemungkinan komunikasi yang kurang efektif antara psikolog sebagai pemberi jasa dan pihak perusahaan sebagai penerima jasa, Serta memberikan usulan pemecahan masalahnya."
2001
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library