Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 13 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Adhelia Anjani
"Salah satu permasalahan yang tengah dihadapi negara ini adalah memudarnya semangat nasionalisme dikalangan anak muda. Hal ini ditandai dengan kurang menghayatinya anak muda terhadap simbol-simbol kebangsaan seperti lagu kebangsaan, upacara nasional, dan menganggap budaya luar negeri lebih menarik. Berdasarkan studi-studi sebelumnya bahwa memudarnya rasa nasionalisme anak muda disebabkan oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal yang dimaksud adalah arus globalisasi, paham liberal, dan maraknya produk luar negeri. Sedangkan faktor internalnya adalah desentralisasi sistem pemerintahan, keluarga yang tidak mengajarkan nasionalisme, dan sentiment primordial atau etnis. Peneliti berargumen bahwa memudarnya rasa nasionalisme anak muda disebabkan oleh adanya pergeseran makna nasionalisme pada pemuda sekarang dimana mereka tidak lagi mengandalkan sloganistik/simbolistik tetapi lebih ke tindakan substantif. Melalui wawancara mendalam serta studi dokumen dan visual, peneliti menyimpulkan bahwa memudarnya rasa nasionalisme dikarenakan pergeseran makna dari makna nasionalisme sebelumnya. Melalui konstruksi sosial yang diberikan oleh institusi pendidikan, media masaa, dan pemikiran mahasiswa itu sendiri munculah interpretasi makna sehingga menghasilkan tindakan rasional. Tindakan rasional ini dibagi menjadi dua tipe yaitu Tindakan Rasional Nilai dan Tindakan Rasional Instrumental pada arena kegiatan organisasi, volunteer, dan komunitas sebagai pemahamannya terhadap makna nasionalisme di era sekarang. Sehingga membentuk identitas nasional baru melalui nilai-nilai yang anut berdasarkan historis sejarah, pemikiran anak muda yang kritis, dan kegiatan mahasiswa yang bersifat nasionalis, sukarelawan, atau base on profit.

One of the problems facing this country is the waning spirit of nationalism among young people. This is marked by the lack of respect for young people against national symbols such as national anthems, national ceremonies, and consider foreign culture more interesting. Based on previous studies that the waning sense of nationalism of young people is caused by external factors and internal factors. The external factors in question are the current of globalization, liberalism, and the rise of foreign products. Whereas internal factors are decentralized government systems, families that dont teach nationalism, and primordial or ethnic sentiments. Researchers argue that the waning sense of nationalism of young people is caused by a shift in the meaning of nationalism in today's youth where they no longer rely on sloganistic / symbolistic but rather on substantive actions. Through in-depth interviews and document and visual studies, the researcher concluded that the fading sense of nationalism was due to a shift in meaning from the meaning of previous nationalism. Through social construction given by educational institutions, mass media, and students thinking it self, interpretations of meaning emerge to produce rational actions. These rational actions are divided into two types namely Rational Value Actions and Instrumental Rational Actions in the arena of organizational, volunteer and community activities as their understanding of the meaning of nationalism in the current era. Thus forming a new national identity through profound values based on historical history, critical thinking of young people, and student activities that are nationalist, volunteering, or base on profit."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2020
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Prihandini Anisa Arinal
"ABSTRAK
Artikel artikel yang diterbitkan di majalah Reader rsquo s Digest edisi USA telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia untuk edisi Indonesia dengan target pembaca yang berbeda baik dari segi kategori budaya maupun pemahaman Proses penerjemahan artikel artikel Reader rsquo s Digest ini memiliki beberapa aspek yang perlu diperhatikan misalnya metode penerjemahan yang digunakan dalam menyampaikan isi pikiran dan pesan dari teks yang diterjemahkan Sejauh ini penelitian yang fokus pada penggunaan metode penerjemahan beserta pergeseran makna yang terjadi dalam proses penerjemahan masih terbatas Untuk alasan tersebut artikel ini memiliki tujuan untuk menganalisis metode yang digunakan oleh penerjemah artikel Reader rsquo s Digest untuk mengatasi berbagai masalah penerjemahan dan menemukan jenis jenis pergeseran makna yang muncul dalam artikel yang disebabkan atau diatasi oleh metode penerjemahan yang telah dipilih Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan teks dari edisi USA berbahasa Inggris dengan edisi Indonesia untuk menentukan metode penerjemahan yang telah digunakan oleh penerjemah dan menemukan pergeseran makna di dalam teks Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa pergeseran makna yang muncul di dalam teks dan beberapa pergeseran makna tersebut dapat dihindari dengan penggunaan metode penerjemahan yang tepat atau strategi penerjemahan lainnya yang memperkecil kemungkinan terjadinya pergeseran makna

ABSTRACT
The articles published in Reader rsquo s Digest USA edition have been translated into its Indonesian edition in Bahasa Indonesia with different types of readers cultures and understandings This translation process of Reader rsquo s Digest articles has many issues regarding the translation methods used in order to fulfil the necessity of transferring the whole thought and message of the text Only a few researches that address the use of particular methods of translation as well as the shifts of meanings that result from those methods chosen have been done To solve the problem this paper aims to analyze the methods that are used by the translator of the Reader rsquo s Digest article to tackle any translation problems and to discover the shifts of meanings that occur in the articles caused and minimized by the chosen translation methods The research is done by comparing the Reader rsquo s Digest USA version and the Indonesian version to decide on the most possible translation methods chosen by the translator and to find any shift of meaning The result of the research shows several shifts of meanings that could be solved by using appropriate translation methods or other possible translation strategies"
2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Belanawane
"
Theoretical shifts in anthropological studies in recent decades has given way to renewed recognition of looking at issues of identity, namely that the sociall life, the arena in which the identity plays in, must be fundamentally understood as negotiating meanings. This is where Clifford Geertz?s interpretative approach becomes important yet problematic. Important because Geertz offers a humanistic approach which examines how meanings and symbols become important in the view of the community itself. Therefore, he argues, cultural interpretation requires a more in-depth analysis, also more intelligent and complex in which its purposes and those complexed cultural forms that can not simply be reduced to the effects on the social engines and organisms as claimed by structuralist and functionalist scholars before him. At the same time, it is also problematic because of Geertz?s position that searches for meaning makes him seem neglective or underestimative of the process of how interaction ? the arena of where meanings work ? is produced. In this case, Geertz?s critics have ?helped? by reminding him of what is power relations and agency. Refering to the conception of Sherry Ortner, the author argues that through the agency there is a way to see this debate from the mid. The side which is not for eliminating the significant influence of Geertz is also not to ignore the significance of the critics? arguments, but to bridge the two (meaning and power relations). Efforts in connecting this theory through the concept of agency consequently will include the significance of one party, at the same time improve its insignificance through the criticism of others and vice versa.
"
2011
PDF
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Nida Adilah
"ABSTRAK
Jurnal ini menganalisis makna bunga krisan dalam film Curse of The Golden Flower karya Zhang Yimou. Berdasarkan kebudayaan Cina, bunga krisan merupakan salah satu bunga yang memiliki makna positif. Hal tersebut membuat pemunculan bunga krisan dalam berbagai adegan film Curse of The Golden Flower menjadi menarik. Tujuan penulisan jurnal ini adalah untuk menganalisis makna simbol bunga krisan dan keterkaitannya dengan jalan cerita film. Dalam analisis, makna simbolik dari bunga krisan dalam kebudayaan Cina akan dihubungkan dengan adegan-adegan yang menampilkan bunga krisan dalam film dan melihat kesesuaiannya.

ABSTRACT
This journal analyzes the significance of the chrysanthemum flower in Zhang Yimou rsquo s Curse of the Golden Flower. According to Chinese culture, the chrysanthemum is a flower that possesses positive meanings. The appearance of chrysanthemum within several scenes of Curse of the Golden Flower makes it intriguing. The purpose of this journal is to analyze the significance of the flower and how it is connected to the storyline of the movie. The correlation between the symbolic meaning of chrysanthemum in Chinese culture and the scenes played out within the film is presented within the analysis.
"
2017
MK-Pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Ifo Dio Dihandono
"ABSTRAK
Perkembangan fesyen streetwear di Jakarta membuat beberapa anak muda dalam komunitas North Sneakers Squad mulai mengkoleksi beberapa pakaian bertema fesyen streetwear. Mereka mengoleksi beberapa pakaian dari merek dagang internasional. Dari berbagai macam merek dagang tersebut anggota komunitas North Sneakers Squad hanya mengoleksi tiga merek dagang yang dianggap sebagai merek dagang eksklusif. Bagi anggota komunitas tersebut, pakaian bertema fesyen streetwear ini memiliki makna tersendiri yang mana antar setiap anggota memiliki pemaknaan yang berbeda dengan yang lainnnya. Pemaknaan tersebut berkaitan dengan pengalaman pribadi yang dialami oleh aktor dalam komunitas tersebut. Adanya pengetahuan baru tidak lepas dari proses pembelajaran terjadi dalam komunitas North Sneakers Squad dalam pemilihan style dalam fesyen streetwear.

ABSTRACT
The development of Streetwear fashion industry in Jakarta made some young people in North Sneakers Squad community start collecting streetwear labels of fashion industry. They collect some clothing from international brands. Of the various clothing brands, members of the North Sneakers Squad community only collect three brands that are considered to be exclusive brands. For members of the community, this streetwear clothing has its own meaning which between each member has a different meaning from the others. This streetwear fashion context exhibits how the actors in the community give meaning of their highly individual experience. The existence of their knowledge is also cannot be separated from the learning process occurs in the North Sneakers Squad community in the selection of styles in streetwear fashion. "
2017
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Aqil Ersa Putra
"Skripsi ini akan membahas konsep place yang dihasilkan dari space secara sementara. Pembahasan dari place pada skripsi ini adalah yang hadir melalui elemen penanda dari place yang bersifat sementara. Place temporer dilihat berdasarkan pemahaman konsep place yang dilihat sebagai pause; yaitu ketika space adalah pergerakan, maka ketika adanya pemicu tertentu dan hadirnya suatu nilai, akan menjadi place yang merupakan jeda dari pergerakan tersebut. Forms dan activities berperan sebagai elemen yang bersifat temporer dan dapat dielaborasi secara objektif dan mengalami perubahan secara terus menerus melalui prinsip-prinsip placemaking. Perubahan melalui proses placemaking ini didasari oleh framework 5P yang masing-masing berkaitan dengan kedua elemen penanda place. Melalui proses ini, meanings dari place akan dapat diketahui melalui pengalaman penggunanya pada tingkat tertentu mulai dari mereka yang menggunakannya hingga memiliki kontribusi serta pengorbanan untuk mengkonstruksikannya. Pemahaman lebih dalam dari skripsi ini dilakukan dengan studi literatur dan studi kasus relevan yang terlihat secara fisik hadir secara sementara pada waktu tertentu. Kasus yang digunakan untuk memahami konsep ini adalah Gultik Blok M sebagai place dengan kehadiran sementara yaitu pada malam hari dan pada siang hari activities serta forms yang terdapat di dalamnya absen. Berdasarkan studi yang sudah dilakukan melalui kajian literatur dan studi kasus, meanings dari sebuah place dapat hadir melekat secara permanen bagi mereka yang terlibat di dalamnya (sekedar datang hingga memiliki kontribusi). Walau elemen berupa forms dan activities hanya hadir secara temporer, apabila perubahan yang dilakukan untuk menghadirkan keduanya dilakukan secara terus menerus maka akan terbentuk meanings yang tertanam secara permanen.

This study explores the concept of place as a product of a transformed space temporarily. The notion of place within this essay is identified through three elements that are considered temporary. Understanding temporary place can be done by seeing it as a pause; in which if space is defined as a movement, then place can be defined as the pause of it. Containing value within this phenomena. Observing this pause is possible by objectively identifying the forms and activites within. As both of them act as temporary elements to define place, they can be intervened and change through a countinuous process called placemaking. Through this process, meanings can be achieved through the experience of a person when doing the activities within the forms. In order to understand this concept more throroughly, literature and case study will be done. For the case, Gulai TIkungan Blok M will be the object to be studied by observing the elements that can identify place within the area. Through the case study, we will see how people contributing to the place perceive place itself. Although forms and activities exist only momentarily, if the change is done continuously, the meanings will be embedded to the place permanently."
Depok: Fakultas Teknik Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Salsabila Fitriana Putri
"CoolBlue adalah salah satu perusahaan e-commerce terbesar di Belanda. Sebagai perusahaan dengan banyak pesaing, Coolblue harus membuat perusahaannya lebih menarik bagi pelanggan dibandingkan perusahaan sejenis yang lain. Oleh karena itu Coolblue menjadikan iklan sebagai teknik marketing-nya. Karya ilmiah ini membahas mengenai ikon, indeks, dan simbol dalam tiga iklan Coolblue. Selain itu karya ilmiah ini juga memaparkan makna kontekstual dalam ketiga iklan Nederlandse Coolblue yang diunggah di Youtube. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Teori semiotika milik Charles Sanders Peirce digunakan untuk mengkaji ikon, indeks dan simbol dalam iklan Coolblue. Selanjutnya dipaparkan makna kontekstual yang terkandung dalam video-video iklan itu. Hasil analisis menunjukkan bahwa, indeks, ikon, simbol dan makna kontekstual dihadirkan pada ketiga iklan Coolblue untuk memperkenalkan perusahaan Coolblue kepada pelanggan, memberikan informasi produk yang dijual, dan informasi layanan Coolblue yang lain. Analisis makna kontekstual juga menemukan bahwa Coolblue menayangkan iklan dalam konteks humor sebagai identitas dan ciri khasnya untuk menarik pelanggan.

CoolBlue is one of the largest e-commerce companies in the Netherlands. As a company with many competitors, Coolblue must make its company more attractive to customers than other similar companies. Therefore Coolblue makes advertising as its marketing technique. This paper discusses the icons, indexes, and symbols in three Coolblue advertisements. In addition, this scientific work also describes the contextual meaning in the three Nederlandse Coolblue advertisements uploaded on Youtube. This research is a qualitative research, using descriptive research methods. Charles Sanders Peirce's semiotic theory is used to study icons, indexes and symbols in Coolblue advertisements. Furthermore, the contextual meaning contained in the advertising videos is explained. The results of the analysis show that indexes, icons, symbols and contextual meanings are presented in the three Coolblue advertisements to introduce the Coolblue company to customers, provide information on products sold, and other Coolblue service information. The contextual meaning analysis also found that Coolblue served advertisements in the context of humor as its identity and characteristics to attract customers."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Barkah Agung Sanyoto
"Skripsi ini membahas hubungan antara branded product meanings dan self-esteem pada mahasiswa. Penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan desain korelasional menggunakan teknik korelasi ganda. Responden diambil menggunakan teknik accidental sampling berjumlah 151 mahasiswa angkatan 2013 di Universitas Indonesia yang memiliki pengetahuan mengenai branded products di Indonesia. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner Branded Product Meanings dari Strizhakova, Coulter, & Price (2008) dan Rosenberg Self-Esteem Scale (RSE) dari Rosenberg (1965).
Hasil uji statistik menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara branded product meanings dan self-esteem (r=0,356, p<0,05). Hasil tersebut didominasi oleh dimensi Nilai pada branded product meanings yang berhubungan signifikan dengan self-esteem (r=0,277, p<0,05). Hasil tersebut menunjukkan semakin tinggi pemaknaan nilai pada branded products, maka semakin tinggi juga self-esteem pada mahasiswa. Penelitian ini dapat digunakan bagi produsen, universitas, dan pengamat bahwa branded products meanings dapat menjadi salah satu sarana dalam meningkatkan self-esteem. Penelitian selanjutnya dapat menjadikan pemaknaan nilai sebagai mediator hubungan antara brand dengan self-esteem.

This study explored the relationship between branded product meanings and selfesteem among college student. This study was quantitative design which use multiple correlation technical statistics. The respondent were 151 college students batch 2013 in Universitas Indonesia who have knowledge about branded products in Indonesia with obtained by accidental sampling technique. Branded product meanings questionnaire from Strizhakova, Coulter, & Price (2008) and Rosenberg Self-Esteem Scale (RSE) were used to collect data.
The result indicates that positive significant correlation between branded product meanings and selfesteem (r=0,356, p<0,05). This result dominated by domain of value from branded product meanings which has significant correlation with self-esteem (r=0,277, p<0,05). That means higher meanings in Value domain of branded product meanings indicates higher self-esteem among college student. This Study can by used by company, university, and expertise to improve self-esteem of college student by increase his/her meanings to branded product. Future study can explore value meanings as mediator for correlation between branded products and selfesteem.
"
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
S58527
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Desli Yenita
"Penelitian ini membahas pemaknaan pengguna dan pengelola Perpustakaan atas
Perpustakaan Proklamator Bung Hatta sebagai Pusat Informasi tentang Bung Hatta yang
berpijak pada kenyataan subjektif dan kenyataan objektif menurut teori konstruksi sosial
Peter L Berger dan T. Luckman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan
menggunakan pendekatan fenomenologi yang dilakukan pada Januari hingga Maret
2020.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pengguna belum sepenuhnya memahami
PPBH sebagai pusat informasi tentang Bung Hatta dan disisi lain, pengelola sudah
memahami PPBH sebagai pusat informasi tentang Bung Hatta.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, berdasarkan proses dialektika,
muncul dua pemaknaan PPBH oleh pengguna, yaitu sebagai penyedia informasi umum
dan sebagai penyedia informasi khusus. Sedangkan bagi pengelola PPBH sebagai
perpustakaan yang menyediakan informasi tentang Bung Hatta. Kedua, ditemukan juga
bahwa pengguna PPBH merupakan pengguna potensial, pengguna yang diharapkan dan
pengguna aktual. Sedangkan pengelola PPBH merupakan pengelola yang loyal terhadap
lembaga.

This research discuses the meaning of Bung Hatta Library as the Information Center of
Bung Hatta from two point of view; liberary users and managers based on subjective
reality and objective reality of the social construction theory of Peter L Berger and T.
Luckman. This is a qualitative study with the phenomenological method and the data
was collected from January to March 2020.
The results of this study indicate that some library users do not understand PPBH as a
center for information about Bung Hatta and on the other hand, the library managers
have understood PPBH as a center for information about Bung Hatta.
The conclusion of this study shows that; First, based on the dialectic process, there are
two Bung Hatta Library’s meanings emerged among the library users, as a provider of
general information and as a provider of specific information. As for the library
managers, it provides information about Bung Hatta. Secondly, it was also found that
PPBH users are potential users, expected users and actual users. Whereas the managers
of library are managers who are loyal to the institution"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Viola Henry
"Tren mode berkelanjutan mulai digemari oleh masyarakat Indonesia, terutama masyarakat Jakarta. Selayaknya suatu tren, tren akan datang, pergi, dan digantikan dengan tren mode lainnya. Dengan menggunakan Teori Interaksionisme Simbolik oleh Mead, penelitian kualitatif ini akan membahas pemaknaan mode berkelanjutan pada pemilik pakaian berkelanjutan di Jakarta. Selain itu, penelitian ini juga melihat kriteria- kriteria yang dicari individu dalam memaknai mode berkelanjutan. Metode Interpretative Phenomenologycal Analysis akan digunakan oleh peneliti untuk mengeksplorasi refleksi yang dilakukan oleh pemilik pakaian berkelanjutan terkait mode berkelanjutan. Melalui pengumpulan data wawancara mendalam dengan tiga informan, penelitian ini menemukan bahwa pemaknaan mode berkelanjutan dihasilkan melalui pikiran, diri, dan masyarakat. Melalui aspek pikiran, individu memaknai mode berkelanjutan berdasarkan aspek sosial, ekonomi, dan lingkungan selama proses produksi dan konsumsi (penggunaan) pakaian berkelanjutan. Selain itu, pikiran juga memaknai mode berkelanjutan sebagai status simbol. Pemaknaan akan mode berkelanjutan terbentuk berdasarkan konsep diri yang dipengaruhi oleh faktor gender, budaya, pendidikan, hubungan, dan pengalaman hidup. Pemaknaan akan mode berkelanjutan juga dipengaruhi oleh kelompok particular others, yaitu keluarga, serta kelompok generalized others, yaitu lingkaran pertemanan dan media.

Sustainable fashion trend is starting to be favored by the Indonesians, especially in Jakarta. As a trend, trends will come and go and be replaced by other fashion trends. Using Mead's Symbolic Interactionism Theory, this qualitative research will discuss the meaning of sustainable fashion for sustainable clothing owners in Jakarta. In addition, this study also looks at the criteria that individuals are looking for in interpreting sustainable fashion. The Interpretative Phenomenological Analysis method will be used by the researcher to explore the reflections made by sustainable clothing owners regarding sustainable fashion. Through in-depth interviews with three informants, this study found that the meaning of sustainable fashion is generated through the mind, self, and society. Through the aspect of the mind, individuals interpret sustainable fashion based on social, economic, and environmental aspects during the production and consumption (usage) of sustainable clothing. In addition, the mind also interprets sustainable fashion as a status symbol. Meaning of sustainable fashion is formed based on self-concept which is influenced by gender, culture, education, relationships, and life experiences of the informants. Meaning of sustainable fashion is also influenced by particular others, namely family, and generalized others, which are friends and media."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>