Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 26 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Frida Yasmin
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
S5227
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Donna Riyani
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2010
S5968
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Gati Gayatri
" Makalah ini menyajikan analisis deskriptif terhadap efektivitas penggunaan media baru di humas pemerintah (C,Pf) Analisis dilakukan berdasarkan teori praktis yang relevan hubungan masyarakat dan data sekunder dari temuan penelitian empiris yang d.Iakukan di beberapa negara. Makalah ini menyimpulkan bahwa penggunaan media baru di humas pemerintah tergantung pada beberapa faktor, termasuk infrastruktur TIK, literasi T1K masyarakat, serta kesiapan organisasi untuk menggunakan teknologi. Berdasarkan hasil analisis, makalah ini mengusulkan tipologi cara menggunakan penggunaan media baru dalam kegiatan GPR."
Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika, 2016
384 JPPKI 7:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Amira Shafa Tiur Salsabila
"Pola kehidupan masyarakat urban memiliki pengaruh terhadap fenomena kesepian yang terjadi di Jerman. Sifat individualis masyarakat urban menimbulkan jarak antar individu di ruang kota hingga timbul fenomena kesepian di ruang urban. Problematika inilah yang berusaha disosialisasikan oleh gerakan sosial KeinerBleibtAllein di Jerman dengan cara memanfaatkan media baru Instagram sebagai wadah untuk menghubungkan antar individu di domisili serupa. Penelitian ini menggunakan pendekatan new media guna mengetahui pemanfaatan media baru sebagai wadah untuk mengatasi problematika sosial serta analisis semiotika oleh Charles Sanders Peirce untuk menganalisis refleksi dari peran KeinerBleibtAllein melalui beberapa unggahannya dan juga keterkaitannya dengan masyarakat urban di Jerman. Hasil penelitian membuktikan bahwa terbentuknya interaktivitas media melalui fitur ruang publik maya Instagram yang kemudian membantu gerakan sosial KeinerBleibtAllein untuk menjalankan perannya sebagai mediator antar individu dalam ruang publik maya. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa adanya keterkaitan antara pola kehidupan masyarakat urban dengan fenomena kesepian yang terjadi di Jerman serta bagaimana KeinerBleibtAllein berperan aktif dalam mensosisalisasikan isu kesepian tersebut.

The patterns of urban life is an influence on the loneliness phenomenon in Germany. Urban society’s individualistic nature creates distances between individuals in urban space, giving rise to the loneliness phenomenon. The social movement KeinerBleibtAllein in Germany tries to socialize this issue by utilizing the new media Instagram as a forum to connect individuals in the same area. With the new media approach, this study analyses the use of new media as a forum to overcome social problems. Furthermore, the semiotic analysis method by Charles Sanders Peirce is used to analyse the reflection of KeinerBleibtAllein's role through several Instagram uploads and its relationship with urban society in Germany. The results of this study show that media interactivity is formed through Instagram, a virtual public space feature, which also helps KeinerBleibtAllein to act as the mediator between individuals in virtual public spaces. Moreover, this study reveals a connection between the urban communitie’s lifestyle and the loneliness phenomenon occurring in Germany, and how KeinerBleibtAllein plays an active role in socializing the issue of loneliness."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2022
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Andamsari
"Tesis ini meneliti intcraktivitas portal pcmbelajaran e-dukasi.net berupa fitur-fitur interaktif dan anggapan interaktivitas yang dihubungkan dengan karaktcristik dcmograti pengguna, intensitas penggunaan Internet dan e-dukasi.net, serta motivasi mengakses, yang didasari teori Uses & Gratfcations, didukung konsep ‘media baru’ yaitu komunikasi bersarana kornputer (CMC) dan intemktivitas. Penelitian kuantitatif dengan desain ekspianatif memperoleh 480 responden dari metode sm'vei oniine. Data dianalisis menggtmakan model persamaan struktuml (SEM), menunjukkan bahwa karakteristik demograti memiliki hubungan signiiikan dengan intensitas menggunakan Intemet dan e-dukasi.net. Fitur sistem, konten, dan komunikasi memiliki pengaruh yang kuat bagi pengguna dalam menggunakan fitur-fitur interaktif e-dukasi.net. 'Anggapan interaktivitas' oleh pengguna menempati posisi terlinggi pada intcraktivitas dalam sistem, disusul oleh interaktivitas dalam dokumen/konten, dan interaktivitas antar pengguna.

This thesis analyzes interactivity of learning portal of e-dukasi.net as interactive features and perceived interactivity linked with demography characteristic of user, intemet usage intensity and e-dukasinet access, and also accessing motivation. Based on theory of (Lees & Gratyications, supported by concept of new media which is computer mediated communication (CMC) and interactivity. Quantitative research with explanative design gets 480 respondents of online survey method. Data was analyzed by using Structural Equation Model (SEM), point out that demography characteristic have significant relationship with intensity of intemet usage and e-dukasi.net access. System, content, and communication features have adequate influence for user to utilize interactive features of e-dukasi.nct. Perceived interactivity by user stays at highest position on interactivity in the system, overtaken by interactivity in document or content, and interactivity among users."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T33808
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Putri Fatia
"Perkembangan teknologi terutama teknologi komunikasi yang semakin canggih, melahirkan model media-media baru yang rnakin bervariatif. Kehadiran rned1a barn ini mengubah cara masyarakat unruk mencari informasi, hiburan, dan mendidik dirinya sendiri. Sebagai media baru, internet menunjukkan penetrasi ke masyarakat paling cepat dibanding media elektronik yang lain. Semakin banyaknya mata yang tertuju ke media intemet membuat para pengiklan pun ikut melirik. Ketika sebuah media baru cepat diadopsl orong, maka arus iklan juga akan meningkat dcngan cepat. Dari berbagai referensi tercatat 15 faktor keunggulan media internet yang tidak dimiliki media tradisional. Sedangkan untuk media planning di iklan online, ada lima faktor yang bisa diperhatikan advertiser dari sisi audience size dan cost of media.
Penelitian ini menemukan, faktor yang paling diperhatikan advertiser ketika beriklan di internet adalah kemudahan meng-update ketika ada infonnasi baru (97,5%) dan faktor tidak ada batasan geografis (97,5%). Untuk preferensi media online, penelitian ini menemukan faktor yang pallng diperhatikan pengikJan dalam memilih media online sebagai tempat beriklan adalah faktor besarnya audiens sebuah media seperti unique vis if or (97,5%), pageviews (94,9%) dan impression (91, 1 %). Kesimpulan dari hasil survey terhadap 79 responden yang pemah menggunakan iklan online di detik.com terlihat masih relevan dengan teori dan penelitian yang pemah diadakan sebelumnya.
Begitu juga yang ditemukan pada pertanyaan tentang preferensi beriklan di media online. Sesuai dengan teori media plmming dan penelitian sebelumnya, faktor audience size masih menjadi pertimbangan utama. Namun ditemukan JUga faktor-faktor kualitatif yang bersifat subyektif dan sulit diukur juga ikut berpengaruh. Dalam pengumpulan data pendukung lewat wawancara dengan responden ditemukan faklor kepercayaan, kredibilitas media, kedekatan dengan media, dan jenis media juga diperhatikan advertiser sebagai preferensi ketika memilih media online untuk tempat beriklan.

The development of communication technology, especially technology that highly sophisticated, delivered more types of new media. The existence of this new media changing the way people gather information, entertain, and educate themselves, As a new media, the internet penetration to the public proven faster than most other electronic media. When a new media quickly adopted by the people, then the flow of advertising will also increase quickly. From various references, listed 15 factors about the benefits to advertise on online media that not owned by others traditional media. While for the media planning on the internet, there are five factors about audience size and cost of media that can influenced the advertiser's preferences.
This research found, most popular factors considered when the advertiser choose to advertised on the internet are the internet is easy to update when there is new information (97 .5%) and the fact that the internet does not have geographical limitations (97,5%)" As for the preference in selecting online media as place to advertise. this research found that most factors considered is about the size audience1 such as unique visitor (97.5°/o), page views (94, 9%) and impressions (91.1%). Conclusions from the survey to the 79 detik.com advertisers still relevant with the theory and research that have been held previously.
The same result also found on statement about preferences in selecting online media as place to advertised. In accordance with the theory of media planning, the audience size is still be the focus consideration. But there's also influenced from qualitative factors on selecting online media. Through interviews with the respondents, this research found that trust factor, media credibility, closeness with the media. and the type of media is also considered as a preferences when selecting a media for online advertising.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2009
T32500
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Andina Dian Dwi Fatma
"ABSTRAK
Tesis ini membahas pembingkaian bloggers Kompasiana terhadap banjir Jakarta
pada tahun diselenggarakannya pemilu legislatif dan pemilu presiden, serta
tipologi kritik media apa saja yang muncul dalam rangkaian posting mereka
terkait tema tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan paradigma
konstruktivis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banjir Jakarta oleh bloggers
Kompasiana dibingkai bukan hanya sebagai bencana, namun juga sebagai
komoditas berita politik; tipologi kritik media yang muncul adalah Agenda
Setting, Framing, dan Praktik Jurnalistik; dan peran bloggers sebagai pilar kelima
baru mencapai tahap awal kemunculannya (emerging).

ABSTRACT
This thesis discusses the framing Kompasiana bloggers give to Jakarta floods in
the year of legislative and presidential elections, as well as the media critics
typology appear in the series of posts related to the theme. This study is a
qualitative study with a constructivist paradigm. The results showed that the
flooding in Jakarta is interpreted not only as a common event, but also a political
news commodity; media critics typology that arise are Agenda Setting, Framing,
and Journalistic Practices; and bloggers’ role as the fifth estate has just reached
the emerging state."
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42129
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kintan Ayunda Wisnu Putri
"Industri musik saat ini sudah merambah ke ranah digital. Perilaku masyarakat terhadap musik pun berubah dimana mereka lebih memilih untuk mengakses musik secara digital daripada secara fisik. Kemudahan tersebut juga berdampak terhadap semakin ketatnya persaingan antar musisi yang membuat munculnya banyak pilihan musik. Dikarenakan hal tersebut, pemain dalam industri musik harus membuat dirinya menonjol diantara pemain lainnya agar dapat bertahan di industri ini. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan guerilla marketing yang dapat menangkap perhatian orang-orang dengan memberikan efek surprise agar terjadi diffusion effect dan dengan biaya yang relatif rendah terutama dengan utilisasi media baru sebagai media alternatif. Penggunaan guerilla marketingmerupakan hal yang tidak lazim di Industri musik, namun sebuah grup band yang berasal dari Montreal bernama Arcade Fire mencapai kesuksesan dalam penjualan album barunya, Reflektor, dengan menerapkan guerilla marketinguntuk memasarkan album tersebut. Pihak Arcade Fire mengimplementasi penggunaan guerilla marketing tersebut berdasarkan model marketing A.I.D.A dan memanfaatkan media baru. Melalui hal ini, hasil akhir yang diharapkan adalah action dari masyarakat berupa pembelian album. Tulisan ini dibuat untuk menganalisa penggunaan guerilla marketingdengan menggunakan media baru di dalam industri musik.

Nowadays, the music industry is venturing into the digital realm. People’s behaviour towards music is changing whereas people nowadays prefer ro access music digitally rather than physically. This convinience also resulted in the increasing competition among musicians who provide music options. Based on this, a music industry player must make himself stand out among other players in order to survive in this industry. One of theway is by using guerilla marketing to promote their music which be able to capture people’s attention by surprising (surprise effect) them in order to create a diffusion effect at relatively at low cost, especially by the emergence of the new media as an alternative media. The usage of guerrilla marketing in the music industry is not a common thing, but Arcade Fire, a band from Montreal, achieved success by selling their newest album using guerrilla marketing. The implementation of this successful guerrilla marketing strategy is based on the AIDA marketing model and new media usage. Through this strategy, the expected result is action from the community in the form of purchasing the album. This paper is made to analyze the usage or guerilla marketing through new media in the music industry.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vetri Ridha Bhineka
"[ABSTRAK
Penelitian ini mengangkat tentang komunikasi sebagai salah satu bagian
fungsi utama museum dalam melayani masyarakat dan perkembangannya.
Komunikasi museum dilakukan melalui ekshibisi pameran. Lokasi penelitian
adalah Museum Penerangan yang terletak di kawasan wisata Taman Mini
Indonesia Indah. Penelitian ini menggunakan konsep new museum, konsep
komunikasi, konsep ekshibisi di museum. Hasil dari penelitian ini
mengidentifikasi bahwa Museum Penerangan belum dapat menampilkan
ekshibisinya dalam konsep new museum. Museum Penerangan untuk menjadi new
museum harus menampilkan ekshibisi dengan menggunakan pendekatan tematik
yang didukung dengan pendekatan kronologi untuk mengurutkan periodesasi
media komunikasi dari media komunikasi tradisional sampai media baru.

ABSTRACT
This study focussed on the communication as one of the main functions of the
museum in serving the community. Communication is done through an museum
exhibition. The research location is in Museum Penerangan, located in the tourist
area of Taman Mini Indonesia Indah. Analysis of research is using the concept of
the new museum, the concept of communication, the concept of an exhibition at
the museum. The results showed that Museum Penerangan may not display its
exhibition in the concept of the new museum. In order to become a new museum,
Museum Penerangan has to display by using a thematic approach that is supported
by the chronological approach to periodization sort of communication media from
traditional media to new media communication;This study focussed on the communication as one of the main functions of the
museum in serving the community. Communication is done through an museum
exhibition. The research location is in Museum Penerangan, located in the tourist
area of Taman Mini Indonesia Indah. Analysis of research is using the concept of
the new museum, the concept of communication, the concept of an exhibition at
the museum. The results showed that Museum Penerangan may not display its
exhibition in the concept of the new museum. In order to become a new museum,
Museum Penerangan has to display by using a thematic approach that is supported
by the chronological approach to periodization sort of communication media from
traditional media to new media communication, This study focussed on the communication as one of the main functions of the
museum in serving the community. Communication is done through an museum
exhibition. The research location is in Museum Penerangan, located in the tourist
area of Taman Mini Indonesia Indah. Analysis of research is using the concept of
the new museum, the concept of communication, the concept of an exhibition at
the museum. The results showed that Museum Penerangan may not display its
exhibition in the concept of the new museum. In order to become a new museum,
Museum Penerangan has to display by using a thematic approach that is supported
by the chronological approach to periodization sort of communication media from
traditional media to new media communication]"
2013
T43621
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Gemintang Kejora Mallarangeng
"Artikel ini mencoba melihat peran media baru, khususnya di politik, dan bagaimana penggunaan media tersebut dapat menarik partisipasi dari generasi tertentu di dalam politik itu sendiri. Artikel ini ditulis berdasarkan dua argumen utama, yaitu yang pertama, media hanyalah sebuah alat yang perlu dibentuk. Kedua, media apapun pada akhirnya akan ditinggalkan ketika datang sebuah media yang lebih baru. Dalam membuktikan argumen tersebut, artikel ini menggunakan kasus kampanye presiden Barack Obama pada tahun 2008 dan dibandingkan dengan kampanye presiden John F. Kennedy pada tahun 1960. Kasus ini dipilih karena keduanya sukses dengan bantuan dari media terbaru pada saat itu. Dimana kedua kampanye dengan sukses menggunakan media baru dan membentuknya sesuai dengan target mereka. Selain itu, perubahan trend media yang terjadi dari televisi ke internet juga mampu membuktikan argumen kedua.
This article explores the role of new media, especially in politics, and how the right use of that new media can attract a certain generations participation in politics. This article revolves around proving two central arguments. The first is that the new media is nothing but a tool that needs to be tailored. And second, any new media will eventually be obsolete when a newer media came along. In proving that, this articles uses the case of Barack Obama’s 2008 presidential campaign in comparison to John F. Kennedy’s 1960 presidential campaign. This case is chosen because both campaign succeeded with the help of the latest media at the time. From both those cases, the arguments presented in this article are supported. In which both campaign utilized new media and tailored it according to their target successfully. Also by the change of media trend in campaign from television to internet, shows how the second argument could be supported."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3   >>