Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Lingga Detia Ananda
Abstrak :
Studi ini berangkat dari fenomena online shopping, yakni proses seorang konsumen melakukan transaksi atas barang yang dibeli melalui internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan trust serta tipe trust apa yang terbentuk pada proses belanja online di media sosial Instagram. Diketahui bahwa trust pada lingkungan online memiliki kecenderungan yang lebih sulit dibentuk, karena proses komunikasi yang terjadi tidak secara tatap muka. Analisis dalam penelitian ini menggunakan konsep trust yang terkait dengan perilaku konsumen. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif dengan strategi studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada informan dan observasi, yang menghasilkan bahwa trust dapat terjalin di antara pihak penjual dan pembeli online tergantung dari trusting intentions, trusting beliefs, rekomendasi pihak ketiga, dan media yang digunakan, dimana proses tersebut berlangsung pada tiga fase transaksi. Ditemukan bahwa rekomendasi pihak ketiga memiliki peran yang paling penting dalam pembentukan kepercayaan. Ini karena pembentukan trust terjadi pada konteks masyarakat jejaring, dimana proses pembentukan kepercayaan bukan lagi berupa isu yang hanya fokus pada diri individu, melainkan pada kelompok dalam jejaring yang memiliki maksud dan tujuan yang sama. Berdasarkan tipenya, trust yang terbentuk pada penelitian ini adalah tipe Knowlegde-based Trust. ......This study departed from the phenomenon of online shopping, which is the transaction process of goods purchased through the internet done by a consumer. This study aims to determine the process of trust establishment and type of trust that formed in online shopping through social media Instagram. As a matter of fact that trust in the online environment has a more difficult tendency to be formed, due to the communication process occured by not face to face communication. The analysis in this study used concept of trust relate to consumer behavior. This research was conducted through qualitative approach with case study strategy. The data collections done by using in-depth interview and observations. The result showed that trust establishment between two parties in online transaction depends on trusting intentions, trusting beliefs, third party recommendations, and used media, in which the process occured in three phases of the transaction. It was found that third party recommendations have the most important role in establishing trust, because the trust establishment occured in network society context, in which the process of trust establishment is no longer an issue that focuses solely on the individual, rather on the networking groups that have the same goals and objectives. Based on the type, the trust formed in this study is Knowlegde-based Trust.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2017
T47776
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Sugihandari
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis ini menguji teori ketergantungan pada sistem media media system dependency/MSD theory yang awalnya dikembangkan oleh Ball-Rokeach dan DeFleur 1976 . Teori MSD menekankan relasi antara sistem media, khalayak, dan sistem sosial sebagai penentu efek media pada khalayaknya. Konflik sosial yang terjadi pascapilkada Jakarta 2017 menjadi konteks masalah penelitian ini. Kelompok mahasiswa dipilih sebagai sampel penelitian kuantitatif ini. Menggunakan uji statistik regresi linear berganda, data primer yang dikumpulkan dari 240 responden diolah berdasarkan kategori tujuh tipe media, yaitu koran, televisi, situs berita online, Twitter, Facebook, YouTube, dan WhatsApp Group. Hasil penelitian menyimpulkan variabel ketergantungan pada media secara konsisten di semua media kuat dipengaruhi oleh variabel kepercayaan pada media. Variabel bebas lainnya, yaitu penggunaan media, dan usia terbukti berpengaruh dengan variasi tergantung tipe media. Sementara itu, variabel ancaman perpecahan yang dirasakan terbukti tidak bisa menjadi prediktor dalam semua tipe media. Penelitian ini perlu ditindaklanjuti dengan penelitian-penelitian berikutnya dengan koreksi model dan memperluas kategori responden.
ABSTRACT
The focus of this study is theoritical testing of media system dependency MSD theory who was introduced by Ball Rokeach and DeFleur 1976 . This theory emphasize on the relation of media system, audience, and society as a determinant for media effect on the audience. The context issue of this research is social conflict as a result of Jakarta election 2017. A group consist of 240 college student were selected as a sampling. This quantitative research use multiple linear regression for measuring the influence of media use, media trust, perceived threat, and age on the media dependency. Newspaper, television, online news site, Twitter, Facebook, YouTube, and WhatsApp Group were tested to reveal the differrence of findings in each media type. The conclusion tells that media dependency variable is influenced significantly by media trust variable. Except perceived threat that is not proved as the predictor, other variables are influencing media dependency with some variations depend on media type. Next studies will be needed to evaluate more the MSD theory with some correction on the theoritical design and broaden the sampling
2017
T49167
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Andhini Hastrida
Abstrak :
Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk memperoleh kepercayaan dari masyarakat adalah melalui pemanfaatan media sosial untuk berkomunikasi secara langsung dengan publiknya. Dalam negara yang demokratis, kepercayaan publik pada pemerintah menjadi hal penting yang dibutuhkan sebagai modal yang memungkinkan keberhasilkan kerja lembaga pemerintah. Tesis ini membahas mengenai pengaruh dari faktor orientasi mutualitas dan faktor iklim keterbukaan dalam komunikasi dialogis yang dilakukan pemerintah melalui media sosial terhadap kepercayaan pada pemerintah. Pengukuran pengaruh komunikasi dialogis dilakukan dengan menggunakan skala pengukuran untuk konsep organization-public dialogic communication (OPDC) yang telah diadaptasi untuk penggunaan di media sosial, sedangkan kepercayaan pada pemerintah diukur menggunakan konsep kompetensi, kebajikan, dan kejujuran. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif yang dilakukan melalui survei online terhadap 350 follower media sosial Kementerian Ketenagakerjaan RI. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari faktor orientasi mutualitas dan faktor iklim keterbukaan dalam komunikasi dialogis melalui media sosial terhadap kepercayaan pada pemerintah, dan bahwa faktor iklim keterbukaan lebih mempengaruhi kepercayaan pada pemerintah dibandingkan dengan faktor orientasi mutualitas. ......One of the efforts made by the government to gain the trust of the public is through the use of social media to communicate directly with the public. In a democratic country, public trust in government is an important thing needed as capital that enables the successful work of government institutions. This thesis discusses the influence of the mutuality orientation factor and the climate factor of openness in the government's dialogic communication through social media on trust in the government. Measurement of the influence of dialogic communication is carried out using a measurement scale for the concept of organization-public dialogic communication (OPDC) which has been adapted for use in social media, while trust in the government is measured using the concepts of competence, benevolence and honesty. This research is an explanatory quantitative research conducted through an online survey of 350 social media followers of the Ministry of Manpower of the Republic of Indonesia. The results of the study show that there is a significant influence of the orientation of mutuality factor and the climate of openness factor in dialogic communication through social media on trust in the government, and that the climate of openness factor influences trust in the government more than the orientation of mutuality factor.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library