Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 31 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Athiya Dista Ramadhani
"ABSTRAK
Penelitian berjudul ?Peralihan Medium Komunikasi di Antara Generasi Muda Sebagai Dampak dari Munculnya Aplikasi Pesan Instan dan Media Sosial? membahas tentang apakah generasi muda melihat interaksi sosial di dunia maya sama halnya dengan interaksi langsung. Karena pada dasarnya komunikasi bersifat dinamis, dapat di pengaruhi oleh budaya, dan diubah oleh media dan teknologi, komunikasi selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Pada era digital sekarang ini, teknologi sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat dan sedikit banyak dianggap telah mempengaruhi alur komunikasi dari generasi muda dan merubah pengalaman komunikasi mereka dari apa yang telah dialami oleh generasi terdahulu. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk membuktikan hipotesis yang telah dikembangkan terlebih dahulu yang mengatakan bahwa kehadiran media sosial dan aplikasi pesan instan tidak berarti mengurangi kualitas komunikasi antar pengguna melainkan hanyalah sebatas peralihan alur komunikasi. Pembuktian dari hipotesis didapatkan melalui wawancara dan pengamatan dari cara pandang responden terpilih yang sesuai dengan kriteria penelitian

ABSTRACT
The research titled ?Shifting Communications platforms among youth due to the emergence of Instant Messaging and Social Media? discusses about whether youth, or the digital natives, perceive socializing digitally as similar to a physical face-to-face socialization. As communication is naturally dynamic, being affected by culture and being transformed by the media and technology, communication has always been changing from time to time. In today‟s digital era, technology has become a part of the society‟s culture and seems to affect the way of communications among the new generation, and alter their communication experience as different from the older generation. This qualitative research aims to testify the prior developed hypothesis saying that the emergence of social media and instant messaging do not necessarily reduce the quality of communication but a mere shift in platform through in depth interview and observations of the selected respondents who fit the research criteria.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Selly Ariyanswari Hanggarini
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai fungsi instant messaging yaitu Slack di dalam komunikasi internal pada perusahaan yang masih dalam fase pengembangan atau rintisan startup yaitu ZEN Rooms Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan mengenai fungsi instant messaging seperti Slack sebagai media komunikasi internal yang digunakan oleh perusahaan rintisan startup yaitu ZEN Rooms Indonesia. Pada penelitian ini menggunakan paradigma post-positivisme dan pendekatan kualitatif dengan strategi deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam dan obersevasi. Triangulasi yang digunakan adalah sumber data primer, data sekunder dan tinjauan literatur. Penelitian menggunakan konsep dari fungsi komunikasi internal Conrad 1985 dengan hasil penelitian menunjukkan dua dari tiga fungsi komunikasi dalam organisasi menurut Conrad 1985 melalui instant messaging yaitu Slack yang terpenuhi dalam komunikasi internal pada perusahaan rintisan startup yaitu ZEN Rooms Indonesia, adalah 1 the command function dan 2 the ambiguity-management function. Fungsi relasional didalam komunikasi internal tidak terpenuhi, dikarenakan media komunikasi instant messaging seperti Slack hanya dapat diakses oleh publik internal perusahaan. Namun selain fungsi komunikasi internal menurut Conrad 1985, dalam penelitian menemukan fungsi membangun hubungan dengan rekan kerja. Penelitian ini juga menemukan bahwa instant messaging seperti Slack berbiaya murah dan sesuai dengan perusahaan rintisan yang memiliki karakteristik limited resource, baik dalam sumber daya manusia maupun keuangan.

ABSTRACT
This research discusses the function of instant messaging such as Slack in internal communications used by startups such as ZEN Rooms Indonesia. This research is using post positivist paradigm and qualitative approach with descriptive strategy. Data collection is done by in depth interview and observation. Triangulation that is used are primary data source, secondary data and literature review. The research used the concept of internal communication function Conrad 1985 with the result of this research that two of three communication functions in organization according to Conrad 1985 through instant messaging that is Slack which fulfilled in internal communication at startups company such as ZEN Rooms Indonesia, there are 1 command functions and 2 management functions of ambiguity. Relational functions in internal communication is not fulfilled, because instant messaging such as Slack can only be accessed by internal public company. But in addition to internal communication functions according to Conrad 1985 , in this research found a relationship building with colleagues. This research also found that instant messaging such as Slack is low cost and with one of the characteristics of the pilot company that is limited resources, both in human and financial resources.Keywords Startups company, Function of internal communication, Instant messaging."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Blum, Daniel J.
Reading, Mass: Addison-Wesley , 1994
384.34 BLU e
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Alida Widiawaty
"[ABSTRAK
Latar belakang dan tujuan: Akne vulgaris (AV) adalah penyakit peradangan menahun unit pilosebasea yang bersifat swasirna, ditandai dengan lesi pleomorfik berupa papul, komedo, pustul, dan nodul. Pengobatan AV memerlukan waktu yang cukup lama. Penyakit menahun dengan waktu pengobatan yang lama, berdampak terhadap kepatuhan pasien. Kepatuhan pengobatan topikal lebih rendah daripada sistemik. Hanya akne vulgaris ringan (AVR) yang diterapi menggunakan obat-obatan topikal saja. Layanan pesan singkat merupakan salah satu cara yang praktis dan efisien dalam upaya meningkatkan kepatuhan pengobatan AV, dengan pertimbangan prevalensi AV lebih banyak pada usia remaja dan dewasa muda yang merupakan pengguna terbanyak layanan tersebut. Dengan layanan ini, diharapkan pasien tidak lupa menggunakan obat topikal pada AVR. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pesan singkat elektronik terhadap kepatuhan pengobatan AVR.
Metode: Studi eksperimen dengan desain randomized controlled trial (RCT) terhadap pasien AVR usia 15-25 tahun yang berobat ke Poliklinik Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin (IKKK) Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM). Penelitian ini melibatkan 2 kelompok, yaitu: kelompok intervensi yang mendapat pesan singkat elektronik dan kelompok kontrol. Kedua kelompok diberi pengobatan tretinoin krim 0,05% dan/atau klindamisin gel 1,2% selama 6 minggu.
Hasil: Tidak terdapat perbedaan bermakna antara kepatuhan pengobatan AVR kelompok kontrol dengan kelompok intervensi pada minggu kedua (p=0,376) dan keempat (p=0,432). Namun pada minggu keenam, kelompok intervensi secara bermakna lebih patuh daripada kelompok kontrol (p=0,032).
Kesimpulan: Pesan singkat elektronik meningkatkan kepatuhan pengobatan AVR terutama pada minggu keenam di Poliklinik IKKK RSCM.

ABSTRACT
Background and objectives: Acne vulgaris (AV) is a self limited, chronic inflammatory disease of pilosebaceous unit, characterized by pleomorphic lesions consist of papules, comedones, pustules, and nodules. Acne vulgaris requires a long duration of treatment. Chronic disease with a long duration of therapy usually has an impact on adherence. Topical therapy adherence is lower than systemic. Only mild AV is treated with topical medications. Electronic text messaging is a practical and efficient method in order to improve adherence to AV therapy, with a consideration of the AV prevalence are more on teens and young adults who are the majority users of electronic text messaging service. With this method, patients are expected not to forget the use of medication. This study was conducted to determine the effectiveness of electronic text messaging to improve adherence of mild AV therapy.
Methods: Experimental study, randomized controlled trial (RCT) to mild AV patients, age 15-25 years old who came to Dermatology and Venereology Clinic dr. Cipto Mangunkusumo Hospital. This study involved two groups: intervention group who received electronic text messaging, and the contrary is the control group. Both groups were prescribed tretinoin 0,05% cream and/or clindamycin 1,2% gel for six weeks.
Results: There were no significant differences in adherence of mild AV therapy between both groups in the second (p = 0.376) and fourth week (p = 0.432). The intervention group was significantly higher in terms of adherence than the control group in the sixth week (p = 0.032).
Conclusions: Electronic text messaging improve adherence of mild AV therapy especially in the sixth week at Dermatology and Venereology Clinic dr. Cipto Mangunkusumo Hospital.;Background and objectives: Acne vulgaris (AV) is a self limited, chronic
inflammatory disease of pilosebaceous unit, characterized by pleomorphic lesions
consist of papules, comedones, pustules, and nodules. Acne vulgaris requires a
long duration of treatment. Chronic disease with a long duration of therapy
usually has an impact on adherence. Topical therapy adherence is lower than
systemic. Only mild AV is treated with topical medications. Electronic text
messaging is a practical and efficient method in order to improve adherence to
AV therapy, with a consideration of the AV prevalence are more on teens and
young adults who are the majority users of electronic text messaging service.
With this method, patients are expected not to forget the use of medication. This
study was conducted to determine the effectiveness of electronic text messaging
to improve adherence of mild AV therapy.
Methods: Experimental study, randomized controlled trial (RCT) to mild AV
patients, age 15-25 years old who came to Dermatology and Venereology Clinic
dr. Cipto Mangunkusumo Hospital. This study involved two groups: intervention
group who received electronic text messaging, and the contrary is the control
group. Both groups were prescribed tretinoin 0,05% cream and/or clindamycin
1,2% gel for six weeks.
Results: There were no significant differences in adherence of mild AV therapy
between both groups in the second (p = 0.376) and fourth week (p = 0.432). The
intervention group was significantly higher in terms of adherence than the control
group in the sixth week (p = 0.032).
Conclusions: Electronic text messaging improve adherence of mild AV therapy especially in the sixth week at Dermatology and Venereology Clinic dr. Cipto Mangunkusumo Hospital.;Background and objectives: Acne vulgaris (AV) is a self limited, chronic
inflammatory disease of pilosebaceous unit, characterized by pleomorphic lesions
consist of papules, comedones, pustules, and nodules. Acne vulgaris requires a
long duration of treatment. Chronic disease with a long duration of therapy
usually has an impact on adherence. Topical therapy adherence is lower than
systemic. Only mild AV is treated with topical medications. Electronic text
messaging is a practical and efficient method in order to improve adherence to
AV therapy, with a consideration of the AV prevalence are more on teens and
young adults who are the majority users of electronic text messaging service.
With this method, patients are expected not to forget the use of medication. This
study was conducted to determine the effectiveness of electronic text messaging
to improve adherence of mild AV therapy.
Methods: Experimental study, randomized controlled trial (RCT) to mild AV
patients, age 15-25 years old who came to Dermatology and Venereology Clinic
dr. Cipto Mangunkusumo Hospital. This study involved two groups: intervention
group who received electronic text messaging, and the contrary is the control
group. Both groups were prescribed tretinoin 0,05% cream and/or clindamycin
1,2% gel for six weeks.
Results: There were no significant differences in adherence of mild AV therapy
between both groups in the second (p = 0.376) and fourth week (p = 0.432). The
intervention group was significantly higher in terms of adherence than the control
group in the sixth week (p = 0.032).
Conclusions: Electronic text messaging improve adherence of mild AV therapy especially in the sixth week at Dermatology and Venereology Clinic dr. Cipto Mangunkusumo Hospital., Background and objectives: Acne vulgaris (AV) is a self limited, chronic
inflammatory disease of pilosebaceous unit, characterized by pleomorphic lesions
consist of papules, comedones, pustules, and nodules. Acne vulgaris requires a
long duration of treatment. Chronic disease with a long duration of therapy
usually has an impact on adherence. Topical therapy adherence is lower than
systemic. Only mild AV is treated with topical medications. Electronic text
messaging is a practical and efficient method in order to improve adherence to
AV therapy, with a consideration of the AV prevalence are more on teens and
young adults who are the majority users of electronic text messaging service.
With this method, patients are expected not to forget the use of medication. This
study was conducted to determine the effectiveness of electronic text messaging
to improve adherence of mild AV therapy.
Methods: Experimental study, randomized controlled trial (RCT) to mild AV
patients, age 15-25 years old who came to Dermatology and Venereology Clinic
dr. Cipto Mangunkusumo Hospital. This study involved two groups: intervention
group who received electronic text messaging, and the contrary is the control
group. Both groups were prescribed tretinoin 0,05% cream and/or clindamycin
1,2% gel for six weeks.
Results: There were no significant differences in adherence of mild AV therapy
between both groups in the second (p = 0.376) and fourth week (p = 0.432). The
intervention group was significantly higher in terms of adherence than the control
group in the sixth week (p = 0.032).
Conclusions: Electronic text messaging improve adherence of mild AV therapy especially in the sixth week at Dermatology and Venereology Clinic dr. Cipto Mangunkusumo Hospital.]"
Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 2015
T58825
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
I Made Sanadhi Sutandi
"ABSTRAK
Notifikasi merupakan salah satu fitur komunikasi via pesan yang penting keberadaannya di aplikasi pada smartphone. Penerapan sistem notifikasi push notification mampu meningkatkan interaksi antar pengguna dan penggunaan layanan yang disediakan perangkat lunak Berbagi Kendaraan. Aplikasi Berbagi Kendaraan merupakan aplikasi berbasis Android yang dikerjakan pada studi ini. Tujuan aplikasi adalah untuk menciptakan platform berbagi kendaraan yang aman sebagai bagian dari aplikasi sistem transportasi cerdas. Diperlukan adanya sistem push notification yang efektif untuk meningkatkan interaksi penggunaan layanan yang disediakan. Tulisan ini membahas implementasi dan evaluasi kinerja dari layanan push notification pada aplikasi Berbagi Kendaraan menggunakan Google Cloud Message(GCM), IMF Push Bluemix, dan Telegram API. Stress testing dengan variasi concurrent request dilakukan untuk menguji implementasi. Hasil pengujian menunjukkan layanan GCM lebih baik dengan persentase minimum pesan diterima 95,09%. Diikuti dengan layanan IMF Push dengan persentase minimum pesan diterima 85,44% dan Telegram API sebesar 52,50%. Evaluasi kinerja dilakukan dengan pengambilan dan pengolahan data pada latency, jitter, packet loss dan throughput melalui tiga kondisi uji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa layanan Google Cloud Messaging merupakan layanan push notification berbasis cloud yang memiliki kinerja paling baik pada implementasi untuk aplikasi Berbagi Tumpangan dengan nilai rata-rata latency 209,65 milidetik, jitter 107,62 milidetik, packet loss 0% dan throughput 8478,89 bit/detik.

ABSTRACT
Notification is one of the most important communication features that should exist on smartphone's applications. The implementation of the push notification system may increase the interaction between users and the usage of Vehicle Sharing's services. Vehicle Sharing application is an Android-based application that is being studied in this experiment. The goal is to create a safe platform for vehicle sharing as a part of an intelligent transportation system. Therefore, it is necessary to implement an efficient push notification system to enhance the user experience. This paper describes the implementation and performance evaluation of several push notification services, i.e. Google Cloud Messaging (GCM), IMF Push Bluemix, and Telegram API. Stress tests with variation of concurrent request were conducted to evaluate the implementation. The result shows that the GCM service outperform others with minimum messages received of 95,09%. It is followed by the IMF Push services with 85,44% messages received and subsequently the Telegram API with 52,50% messages received. The performance evaluation was conducted by collecting and analyzing the latency, jitter, packet loss and throughput of each push services through three scenarios. The result shows that the GCM service performs better as a more reliable cloud-based push notification service on the Vehicle Sharing application with the mean latency of 209,65 ms, jitter of 107,62 ms, packet loss of 0%, and throughput of 8478,89 bit/s.;;"
2016
S64487
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
"Saat ini terdapat beberaha bentuk komunikasi seluler dengan tujuan sejumlah pelanggan sekaligus, di antaranya SMS Group dan Instant Messaging (Chat). Karena menggunakan SMS, maka SMS Group pasti lebih mahal, sedangkan Chat mengharuskan semua penggunanya untuk sama-sama online. Pada jurnal ini dibuat suatu sistem aplikasi Messaging-List agar pengguna ponsel dapat mengirimkan pesan ke banyak orang dalam suatu komunitas tertentu (grup). Aplikasi ini berfungsi sebagai suatu alternatif sarana diskusi dan sharing informasi berupa pengiriman pesan ke dalam suatu grup komunitas tertentu. Pesan dikirim ke server yang menampung semua pesan teks dan menyimpan ke dalam database sesuai grup masing-masing. Setelah itu anggota grup lain bisa mengambil semua pesan dalam grup tersebut. Aplikasi Messaging-List pada ponsel dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java 2 Micro Edition (J2ME) dengan memanfaatkan layanan teknologi GPRS untuk komunikasi data. Sedangkan untuk Message Manager pada servernya dibangun dengan PHP dan MySQL sebagai DBMSnya. Dari pengamatan jumlah data yang dikirim dan diterima pada saat ponsel mclakukan koneksi, didapat bahwa biaya aplikasi Messaging List relatif lebih murah dari Instant Messaging maupun SMS Group baik untuk pengiriman pesan secara point-to-point maupun one-to-many. Hal ini mcnjadi salah satu kelebihan dari Messaging List."
384 JURTEL 11:2 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"Saat ini terdapat beberaha bentuk komunikasi seluler dengan tujuan sejumlah pelanggan sekaligus, di antaranya SMS Group dan Instant Messaging (Chat). Karena menggunakan SMS, maka SMS Group pasti lebih mahal, sedangkan Chat mengharuskan semua penggunanya untuk sama-sama online. Pada jurnal ini dibuat suatu sistem aplikasi Messaging-List agar pengguna ponsel dapat mengirimkan pesan ke banyak orang dalam suatu komunitas tertentu (grup). Aplikasi ini berfungsi sebagai suatu alternatif sarana diskusi dan sharing informasi berupa pengiriman pesan ke dalam suatu grup komunitas tertentu. Pesan dikirim ke server yang menampung semua pesan teks dan menyimpan ke dalam database sesuai grup masing-masing. Setelah itu anggota grup lain bisa mengambil semua pesan dalam grup tersebut. Aplikasi Messaging-List pada ponsel dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman Java 2 Micro Edition (J2ME) dengan memanfaatkan layanan teknologi GPRS untuk komunikasi data. Sedangkan untuk Message Manager pada servernya dibangun dengan PHP dan MySQL sebagai DBMSnya. Dari pengamatan jumlah data yang dikirim dan diterima pada saat ponsel mclakukan koneksi, didapat bahwa biaya aplikasi Messaging List relatif lebih murah dari Instant Messaging maupun SMS Group baik untuk pengiriman pesan secara point-to-point maupun one-to-many. Hal ini mcnjadi salah satu kelebihan dari Messaging List."
384 JURTEL 11:2 (2006)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
"In establish good relationship with customer, companies need to have a good customer relationship management system as well. The purpose of this study is to explore the level of development of the use of instant messaging applications that are used for mobility of companies in establishing relationships with customers."
005 ULTI 5:1 (2014)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Flynn, Nancy
"Instant Messaging is a powerful business communications tool, but it can get companies into a big mess - quickly. The "Instant Messaging Handbook" addresses the potentially costly legal, regulatory, productivity, security, training, and management challenges that IM brings to the workplace. This timely guide offers workable solutions for establishing and enforcing rules and policies, controlling IM content, deploying security and monitoring technology, maintaining employee productivity, and maximizing the business potential of IM technology. A best practices toolkit for workplace IM usage, the "Instant Messaging Handbook" will help employers keep their organizations out of harm's way, while giving employees access to a cutting-edge, productivity enhancing tool."
New York: [American Management Association;, ], 2004
e20438488
eBooks  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>