Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yanto Yulianto
"Sebuah proyek pasti melibatkan beberapa pihak (stakeholder) untuk pelaksanaannya, Posisi para stakeholder tidak selalu berdekatan, bahkan sering lokasi proyek berbeda kota atau berbeda negara dengan lokasi para stakeholder. Kondisi seperti ini disebut dengan co-located proyek atau disebut sebagai proyek yang terkendala factor geografis untuk komunikasinya. Komunikasi merupakan salah satu factor penting dalam keberhasilan sebuah proyek. Faktor geografis yang memisahkan para stakeholder tidak boleh menjadi kendala dalam kelancaran komunikasi sebuh proyek.
Beragam media komunikasi dapat dimanfaatkan untuk kemudahan dan kelancaran komunikasi, tetapi menjadi masalah yang signifikan apabila dengan lokasi yang berjauhan media komunikasi masih menggunakan media konvensional seperti pengiriman dokumen text atau photo melalui kurir, pengiriman pesan singkat melalui Short Message Service (SMS), atau percakapan melalui telepon.
Pemanfaatan media internet untuk diaplikasikan pada komunikasi proyek menjadi hal yang menarik untuk diteliti, salah satu pemanfaatan media komunikasi melalui internet adalah komunikasi melalui email. Berdasarkan beberapa penelitian email masih mempunyai kelamahan untuk efektivitas komunikasi. Tuntutan efektifitas komunikasi proyek semakin hari semakin meningkat, sehingga muncul teknologi baru yang lebih dikenal dengan istilah web 2.0 dengan microblogging nya, sebagai alternative media komunikasi. Dalam penelitian ini dibahas mengenai sejauh mana penggunaan microbloging dapat meningkatkan efektiifitas waktu komunikasi dalam proyek yang terkendala factor geografis.
Penelitian dilakukan diawali dengan kajian pustaka untuk mengidentifikasikan factor-faktor apa saja yang diharapkan para stakeholder untuk efektifitas komunikasi dalam sebuah proyek, kemudian penelitian dilanjutkan dengan mengidentifikasi fasilitas-fasilitas apa saja dalam teknologi microblogging yang dapat memenuhi tuntutan kebutuhan komunikasi proyek tersebut. Analisa Statistik diterapkan untuk menghitung seberapa besar pengaruh microblogging terhadap efektifitas waktu komunikasi sebuah proyek. Dan membuktikan bahwa penggunaan microblogging pada komunikasi.

A project consist of multiple parties (stakeholders) for the implementation, the position of the stakeholders are not always contiguous, and often the project site different cities or different countries with the location of the stakeholder's office. This condition is called "colocated project" or projects constrained by geographic factor. Communication is one important factor in the success of a project. Geographic factors that separate the stakeholders should not be an obstacle in the smooth running of the project.
Variety of communication media can be used for easy and smooth communication, but significant problem will still occurs when we still using conventional ways for remote communication. Conventional ways such as mail delivery via courier, sending short messages via Short Message Service (SMS), or phone conversations.
Use of internet media to be applied to project communication becomes interesting to study, one of the utilization of communication media over the Internet is communication through email. Based on several studies still have weaknesses email for communication effectiveness. Demands of the effectiveness of project communication is increasingly rising, so there is a new technology, better known by the term Web 2.0 with its microblogging, as an alternative medium of communication. This study addressed the extent to which the use of microblogging may increase effectivity of project communication that constrained geographic factors.
The study was conducted starting with a literature review to identify any factors that are expected of stakeholders for effective communication in a project, then proceed with research to identify any facilities in the microblogging technology that can meet the demands of the communication needs of the project. Statistical analysis is applied to calculate how much influence of microblogging to the effectiveness of project communication. And prove that the use of microblogging in project communications can be applied to improve the effectiveness of project communication."
Depok: Universitas Indonesia, 2011
T30589
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ditty Heppyanti Lulu
"Tesis ini membahas tentang media sosial microblogging yang digunakan oleh radio Lembaga Penyiaran Publik (LPP) maupun dari Lembaga Penyiaran Swasta (LPS). Penggunaan media sosial microblogging pada radio LPP maupun LPS, dilakukan dengan menentukan alasan-alasan yang menjadi dasar penggunaan media sosial microblogging; fungsi dan posisi media sosial microblogging bagi radio; serta pengelolaan media sosial microblogging radio. Penelitian terkait dengan media sosial microblogging ini menggunakan metodologi kualitatif dengan menggunakan tipe penelitian deskriptif eksploratif (exploratory descriptive research). Peneliti dapat memperoleh data primer melalui hasil wawancara secara mendalam (indepth interviews) yang dilakukan kepada pihak RRI Pro 2 FM Surabaya, Hardrock FM Surabaya, dan Gen FM Surabaya.
Kemudian, data sekunder penelitian ini diambil dari pengumpulan arsip, dokumentasi, konten media sosial microblogging yang telah terpublikasikan, dan literatur-literatur pendukung. Hasil dari penelitian ini termasuk dalam tiga hal: Pertama, alasan radio menggunakan media sosial microblogging adalah sebagai bentuk adaptasi radio; Kedua, media sosial microblogging memiliki fungsi dan posisi peripheral, dimana media sosial microblogging digunakan sebagai pendukung kegiatan radio dan dapat tergantikan oleh media yang lain; dan ketiga, terkait dengan pengelolaan media sosial microblogging radio yang berdasarkan pemahaman, persiapan & pemantauan (monitoring), dan respon yang dilakukan oleh pihak radio melalui media sosial microblogging.

This thesis discusses the microblogging social media used by Public Broadcasting Radio (LPP) and Private Broadcasting Radio (LPS). The use of social media microblogging on radio, carried out by determining the reasons on which the use of social media microblogging; function and position of social media microblogging for radio; also, the management of social media microblogging radio. This study is expected to provide comprehensive information about the strategies use microblogging and social media utilization for mass media industry such as radio. The research related to the microblogging social media using qualitative methodology using exploratory descriptive type. Researchers can obtain the results of primary data through in-depth interviews conducted to three radio: RRI Pro 2 FM Surabaya, Hardrock FM Surabaya, and Gen FM Surabaya.
Then, the secondary data was taken from the archive collection, documentation, microblogging social media content that has been publicized, and literature support. The results of this study are included in three things: First, the reason for using social media microblogging is a radio adaptation; Second, microblogging social media of radio have a peripheral function and position, which the microblogging social media used to support the radio activity and can be replaced by the other media; and third, related to the management of microblogging social media by the radio, based on the understanding; the preparation and monitoring; and the response made by the radio via social media microblogging.
"
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2015
T41156
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Usman Noor
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan informasi melalui twitter dengan partisipasi pengguna Perpustakaan (Universitas Indonesia)UI di twitter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian deskripsi analitik dan analisis bivariat. Variabel penelitian ini terdiri dari 2 variabel bebas yaitu desain layanan informasi dan jenis informasi serta 1 variabel terikat yaitu partisipasi pengguna.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengikut akun twitter perpustakaan UI merasa desain layanan informasi dan jenis informasi yang disajikan sudah cukup sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pengikut. Selain itu, diketahui pula bahwa desain layanan informasi dan jenis informasi memiliki pengaruh positif signifikan terhadap partisipasi pengguna. Penelitian juga dapat menunjukkan pola partisipasi pengguna di twitter antara perpustakaan dan pengguna. Pengolahan dan analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan aplikasi pengolah data.

The purpose of this research is to understand implication of information services trough twitter platform with UI library user participation in twitter. This research used quantitative approach with the analytic descriptive and bivariat analytic methods. The variable consists of 2 independent variables (information services design and type of information) and 1 dependent variable (user participation).
The results of this research shows follower of UI Library twitter @UI_Library perceive design and type of the information that given was appropriate with user needs. Therefore, information service design and type of information have a positive implication to user participation. This research shows user participation pattern in twitter platform between library and user. Process and data analysis used multiple linear regression analysis methods using data processing software.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
T43291
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Haura Khalisha Syahputri
"Twitter is a popular microblogging site that also functions to spread news or recent conditions about everything that is happening in the world right now. The features that Twitter offers enables people to access and spread information fast, such as the features of Retweet, Quote Tweet, Reply or Like. In the COVID-19 pandemic, information has become something essential for everyone, including Indonesia. Local news account that focuses on COVID-19 starts to emerge. One of the Twitter accounts that focuses on spreading information and facts about the pandemic in Indonesia is the Twitter account @KawalCOVID19. This paper aims to discuss the use of the Reciprocal Journalism model in understanding gatekeeping from @KawalCOVID19 Twitter account. The method used is a digital ethnography method from the qualitative approach. The results of the findings show that @KawalCOVID19 uses the model in their daily activities to create content for their audience. The interactions done between @KawalCOVID19 and their audience proves the use of Reciprocal Journalism in their gatekeeping process that results in a two way and participative journalism.

Twitter merupakan suatu peron microblogging populer yang dapat juga bertujuan untuk menyebarkan berita atau situasi terkini mengenai hal-hal yang sedang terjadi di dunia. Fitur-fitur yang ditawarkan Twitter seperti fitur Retweet, Quote Tweet, Reply, atau Like, memudahkan informasi untuk diakses dan disebarkan dengan cepat. Dalam pandemi COVID-19 ini, informasi menjadi hal esensial bagi semua orang, tak terkecuali di Indonesia. Akun berita lokal yang berfokus pada topik COVID-19 pun mulai merebak. Salah satu akun Twitter yang berfokus untuk menyampaikan informasi dan fakta mengenai pandemi COVID-19 di Indonesia adalah akun Twitter @KawalCOVID19. Karya ilmiah ini bertujuan untuk membahas penggunaan model komunikasi Jurnalisme Resiprokal dalam memahami gatekeeping yang dipraktikkan oleh akun Twitter @KawalCOVID19. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif melalui digital etnografi yang berpusat pada aktivitas-aktivitas akun Twitter @KawalCOVID19. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun Twitter @KawalCOVID19 menggunakan model jurnalisme resiprokal dalam proses gatekeeping untuk menghasilkan konten bagi para audiens mereka sehari-harinya. Interaksi antara akun Twitter @KawalCOVID19 dan para audiensnya membuktikan penggunaan jurnalisme resiprokal yang tidak hanya berpusat pada tim dibalik akun Twitter @KawalCOVID19 saja, melainkan juga pada para audiens, sehingga tercipta proses jurnalisme dua arah yang partisipatif."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2021
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library