Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Khabibu Toha
"ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengujian tentang peran khusus atribut ramah halal di Singapura dalam membentuk citra sebuah destinasi dan niat intensi perilaku wisatawan muslim. Singapura merupakan salah satu negara pariwisata dengan minoritas penduduk Muslim. Singapura selama empat tahun terakhir berada di peringkat satu destinasi wisata halal negara-negara non-OIC. Bertambahnya jumlah wisatawan muslim akan menjadi prospek menjanjikan bagi industri pariwisata Singapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Data diolah dengan metode Structural Equation Modelling (SEM) pada Lisrel 8.8. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah 259 wisatawan muslim Indonesia yang pernah mengunjungi Singapura dalam empat tahun terakhir. Hasil dari penelitian ini ditemukan lima atribut ramah halal di Singapura memiliki pengaruh positif terhadap citra destinasi secara keseluruhan, citra destinasi secara afektif, niat mengunjungi kembali, dan niat merekomendasikan ke orang lain. Sedangkan citra destinasi secara afektif tidak memiliki pengaruh terhadap niat mengunjungi kembali dan niat merekomendasikan ke orang lain.

ABSTRACT
This study aims to look the special role of halal-friendly attributes in Singapore in forming destination image and behavioral intention. Singapore as one of the tourism countries with a Muslim minority. With the growing number of Muslim tourists will be a promising prospect for Singapore's tourism industry. This study uses a Confirmatory Factor Analysis (CFA) approach. Data is processed using the Structural Equation Modeling (SEM) method in Lisrel 8.8. The sample used in this study was 259 Indonesian Muslim tourists who had visited Singapore in the last four years. The results of this study found five halal-friendly attributes in Singapore have a positive influence on the overall destination image, revisit intention, and recommendation intention. While the affective destination image does not have an influence on the revisit intention and the recommendation intention."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2020
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Najla Salsabila
"Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan antara push motivation, pull motivation, attitude, subjective norm dan behavioral intention intention untuk aktivitas wisata pada potensi pasar wisatawan Muslim. Adapun analisis utamanya akan dilakukan terhadap keseluruhan sampel, yang kemudian juga dilanjutkan dengan analisis terhadap dua kelompok yang didasarkan pada tingkat kepeduliannya terhadap aspek Islamic norms and practices (INP) saat berwisata. Responden yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap aspek INP saat berwisata dimasukkan ke dalam kelompok High INP, sedang responden yang memiliki tingkat kepedulian rendah terhadap aspek INP dimasukkan kedalam kelompok Low INP. Penelitian ini melibatkan 853 responden secara total. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling, yaitu dengan mengambil sampel masyarakat Muslim di Indonesia. Analisis data dilakukan menggunakan metode SEM (Structural Equation Modeling) dengan perangkat lunak AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa push motivation dapat mempengaruhi calon wisatawan muslim untuk memiliki intensi berwisata. Jalur hubungan tersebut dapat ditemukan baik secara langsung, maupun melewati attitude yang nantinya mempengaruhi behavioral intention. Subjective norm juga ditemukan mempengaruhi intensi berwisata, khususnya pada kelompok responden yang memiliki tingkat kepedulian tinggi terhadap aspek Islamic norms and practices (INP). Hubungan antara pull motivation dan intensi berwisata tidak ditemukan pada penelitian ini

The purpose of this study is to analyze the relationship between push motivation, pull motivation, attitude, subjective norms and behavioral intention in terms of traveling for potential Muslim travelers. The main analysis will be carried out on the whole sample, which is then followed by an analysis of two groups based on their level of concern for Islamic norms and practices (INP) aspect when traveling. Respondents who have a high level of concern for INP when traveling are included in the High INP group, while respondents who have a low level of concern for INP when traveling are included in the Low INP group. This study involved 853 respondents in total. Convenience sampling techniques was used. Data analysis are performed using SEM (Structural Equation Model) method in AMOS. The results of the study show that push motivation can affect travel intention for potential Muslim Travelers in Indonesia. The relationship can be found directly or through an attitude that later affects the behavioral intention. Subjective norm is also found to affect the travel intention, especially in groups of respondents who have a high level of concern for Islamic norms and practices (INP). The relationship between pull motivation and travel intention is not found to be significant in this research."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library