Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Eugene Andreas Muskananfola
"ABSTRAK
Abstrak Konvergensi antara teknologi informasi dan dunia digital merupakan sesuatu yang tidak dapat dihindarkan. Kini, berbagai perusahaan pers berlomba-lomba menghadirkan versi daring untuk setiap konten berita yang mereka publikasikan dan mengakibatkan akses untuk setiap berita menjadi lebih praktis. Namun tidak jarang, dengan mengatas namakan faktualitas, berbagai unsur-unsur dasar dalam jurnalistik sering terlupakan. Sebagai salah satu hal yang esensial, kredibilitas dari koran daring secara konsisten harus tetap dijaga. Makalahmerupakan kajian literatur terhadap dua makalah penelitian yang membahas mengenai kredibilitas koran daring. Literatur pertama ditulis oleh Yoshiko Nozato yang mencari benang merah antara persepsi khalayak dengan berbagai aspekkredibilitas koran daring, dan literatur kedua yang ditulis oleh Ji Young Kim dan Stephen Masiclat yang meneliti pengaruh faktor-faktor sosial, personal dan interaktivitas terhadap kredibilitas koran daring. Hasil kajian menunjukkan bahwa disamping perbedaan temuan, kedua penelitian menunjukkan bahwa terdapat kecenderungan publik untuk menilai kredibilitas koran daring melalui faktor personal dan lingkungan. Kata Kunci : Kredibilitas, Koran Daring, Jurnalisme, Konvergensi Teknologi, Khalayak.

ABSTRACT
Abstract The convergence between the information technology and the digital world has become more unavoidable. News media companies are racing for online versions of up to date news content to publish thus resulting in a more practical access to all news segments for the audience. As factuality is regarded as a prime priority, some basic elements of journalism oftentimes tend to be overlooked. News credibility, as one of the essential elements of online newspaper, however, needs to be consistently maintained. This article is a literature review on two research papers on the credibility of online newspapers. The first paper authored by Yoshijo Nozato looked into the relationship between public perception and various aspects of online newspaper credibility, and the second paper co authored by Ji Young Kim and Stephen Masiclat looked into the influence of social significance, personal significance and interactivity factors on the perceived credibility of online newspaper. It is shown that despite the discrepancies, both researches reveal that the public tend to assess the credibility of online newspapers on the basis of personal and social significance factors. Keywords Credibility, Online Newspaper, Journalism, Technology Convergence, Public"
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2016
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Anggia Nirmala
"Tesis ini membahas hubungan faktor-faktor positioning surat kabar dengan
keputusan pembelian, studi pada surat kabar cetak dan online Kompas. Penelitian
ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain eksplanatif, responden mahasiswa
pascasarjana komunikasi Universitas Indonesia, berjumlah 170 orang. Metode
analisa data dilakukan dengan analisa statistik deskriptif dan analisa Structural
Equation Modeling (SEM) untuk membuktikan hipotesa dalam penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan dimensi yang paling dominan dalam menjelaskan
faktor-faktor positioning surat kabar cetak dan online adalah dimensi citra produk,
dimensi yang paling dominan dalam membentuk keputusan pembelian pada surat
kabar cetak adalah dimensi kepastian membeli, sedangkan dimensi yang paling
dominan dalam membentuk keputusan pembelian pada surat kabar online adalah
dimensi keinginan membeli, serta terdapat hubungan yang signifikan yang positif
antara faktor-faktor positioning dengan keputusan pembelian, baik pada surat
kabar cetak maupun online = This thesis disscusses about relationship between positioning factors and purchase
intention. This research use quantitative explanatory design, the respondents are
communication college student of University Indonesia, total respondents 170.
Data analysis method are descriptive statistical analysis and Structural Equation
Modeling (SEM) to prove hypothesizing in this research. Results from this
research are: product image is dominant dimension that forms positioning factors
for both printed and online newspapers, definitely would is dominant dimension
that forms purchase intention of printed newspaper, meanwhile likely is dominant
dimension that forms purchase intention of online newspaper, and there is
relationship which significant positive between positioning factors and purchase
intention for both printed and online newspaper"
Jakarta: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2014
T42119
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library