Hasil Pencarian  ::  Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Ika Agustina Murpratiwi, author
Disruptive behavior merupakan salah satu bentuk perilaku bermasalah pada anak. Disruptive behavior perlu mendapatkan intervensi sedini mungkin agar tidak berkembang menjadi gangguan yang lebih serius. Mengingat disruptive behavior secara signifikan dipengaruhi oleh hubungan yang tidak baik antara orang tua dan anak akibat pola asuh yang keliru menggunakan kekerasan fisik dan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2017
T51607
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Melissa Magdalena, author
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas Parent-Child Interaction Therapy PCIT dalam mengurangi perilaku agresif anak usia sekolah. PCIT digunakan untuk meningkatkan keterampilan interaksi ibu dengan anak dan keterampilan dalam mendisiplinkan anak. Perilaku agresif diukur dengan menggunakan Eyberg Child Behavior Inventory ECBI . Keterampilan orangtua diukur menggunakan Dyadic Parent-Child Interaction Coding...
2017
T49616
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Amanda Anggriani Kinasih, author
Studi kali ini bertujuan untuk meneliti penerapan prinsip Parent-Child Interaction Therapy (PCIT) dalam mengurangi masalah disruptive behavior pada anak dengan Adverse Childhood Experience (ACE). Penelitian ini menggunakan single case pretest-posttest design, dengan partisipan seorang anak berusia 7 tahun dan ibunya. Adanya peningkatan keterampilan berinteraksi pada ibu diprediksi mampu mengurangi disruptive...
Depok: Universitas Indonesia, 2019
T53459
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Mutia Aprilia Permata Kusumah, author
Temper tantrum adalah hal yang umum ditemukan pada toddler, namun dapat dikatakan abnormal jika durasi, frekuensi, dan/atau intensitasnya berlebihan atau disertai dengan mood negatif yang menetap di antara periode tantrum. Tantrum abnormal dapat menimbulkan berbagai masalah perilaku pada anak, distress bagi orangtua, dan kualitas interaksi orangtua-anak yang buruk, yang bertahan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2018
T50972
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Yasir, author
[ABSTRAK
Penelitian ini mengkaji efektivitas penerapan prinsip parent-child interaction therapy untuk mengatasi masalah separation anxiety disorder (SAD) pada anak. Partisipan adalah seorang anak laki-laki berusia 6 tahun 11 bulan. Saat pre-treatment assessment, subjek menunjukkan perilaku memukul, merengek, menangis, dan berteriak saat ibu pergi. Pengukuran dengan CBCL menunjukkan bahwa kelompok masalah externalizing...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T42352
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Sinaga, Deceiria Adventine, author
ABSTRAK
Studi ini menggunakan prinsip Parent-Child Interaction Therapy (PCIT) untuk mengatasi masalah perilaku disruptive pada anak laki-laki usia 9 tahun. Melalui prinsip PCIT sebagai intervensi dyadic, ibu diajarkan dan dilatihkan kemampuan untuk menciptakan interaksi yang hangat dan cara pendisiplinan yang efektif. Studi ini menggunakan desain penelitian single subject design. Guna mengevaluasi efektivitas...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T41894
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Mella Yusthiani, author
Perilaku disruptif seperti berteriak-teriak, berperilaku agresif, kasar, melawan, dan merajuk merupakan perilaku-perilaku yang sering tampak pada anak yang mengalami ketidakmampuan intelektual (ID). Kemunculan perilaku disruptif ini semakin diperkuat oleh adanya faktor lingkungan, salah satunya adalah pola asuh yang mencakup interaksi antara anak dengan orangtua dan penerapan disiplin yang efektif terhadap...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T46528
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Salfiana Nurita, author
Studi ini menggunakan pendekatan PCIT untuk menurunkan perilaku disruptive pada anak laki-laki usia 7 tahun. Melalui pendekatan PCIT sebagai intervensi dyadic, orang tua (ibu) mendapatkan pengajaran dan pelatihan guna meningkatkan keterampilan untuk menciptakan interaksi ibu dan anak yang lebih hangat dan mendisiplinkan perilaku anak. Studi ini menggunakan desain penelitian singlesubject...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2012
T31196
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Azza Maulydia, author
Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas penerapan prinsip-prinsip Parent-Child Interaction Therapy PCIT dalam mengatasi perilaku disruptive pada anak usia 7 tahun dengan Attention Deficit/Hyperactivity Disorder ADHD . PCIT digunakan untuk meningkatkan keterampilan orangtua dalam melakukan interaksi positif dengan anak dan keterampilan dalam mendisiplinkan anak. Kedua keterampilan tersebut kemudian akan meningkatkan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2016
T47347
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
cover
Anindya Dewi Paramita, author
Perilaku disruptive merupakan suatu istilah yang memayungi serangkaian perilaku seperti temper tantrum, menangis dan mengeluh yang berlebihan, terus menerus menuntut perhatian, tidak patuh, melawan, agresif terhadap diri sendiri atau orang lain, mencuri, berbohong, merusak barang-barang, serta tindak kekerasan (Schroeder & Gordon, 2002). Pada penelitian ini, peneliti memberikan intervensi berupa pelatihan...
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2014
T38932
UI - Tesis (Membership)  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>