Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 38 dokumen yang sesuai dengan query
cover
cover
Tampubolon, Sisca
"Kedudukan perpustakaan perguruan tinggi sangat panting karena bertugas menghimpun, mengolah dan menyebarkan infor_masi, sehingga dapat dikatakan bahwa perpustakaan adalah jantung sebuah universitas. Pentingnya sebuah perpustakaan akan dapat dirasakan jika perpustakaan tersebut dapat dipergunakan oleh mahasiswa dengan secara maksimal. Untuk itu diperlukan suatu kemampuan yang baik dalam menggunakan perpustakaan. Kemampuan ini dapat diperoleh melalui suatu program bimbingan yang disebut Program Pendidikan Pemakai, yang bertujuan memperbaiki kemampuan mahasiswa untuk menggunakan sumber-sumber dan pelayanan yang ada di perpustakaan secara efektif guna menemukan informasi yang diperlukan.
Berdasarkan hal tersebut, maka penulis membuat suatu penelitian yang bertujuan untuk mengevaluasi kemampuan mahasiswa Unika Atma Jaya dalam menggunakan perpustakaan, sehingga dari sana akan terlihat apakah program orientasi perpustakaan yang telah dilaksanakan selama ini sudah mencukupi atau belum dalam memberikan kemampuan pada mahasiswa untuk dapat menggunakan perpustakaan dengan baik dan efektif."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1992
S15702
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Hindar Purnomo
"Tujuan penelitian adalah mengetahui cara penyelenggaraan dan operasi pelayanan jasa media AV (2) mengetahui efektivitas pelayanan media AV dari segi keterpakaiannya (3) mengetahui tingkat kepuasan pemakai terhadap berbagai aspek pelayanannya. Penelitian dilakukan dengan cara evaluasi karena dengan cara ini dapat diketahui berbagai fenomena yang terjadi pada pelayanan.
Subjek penelitian adalah pemakai jasa pelayanan media audiovisual yang terdaftar sebagai anggota. Subjek dikelompokkan berdasarkan kelompok usia dan kelompok kegunaan media AV bagi pemakai. Data yang dikumpulkan dengan metode angket dianalisis secara statistik dengan uji analisis varian satu arah Kruskal-Wallis. Sementara ini Perpustakaan British Council menyediakan tiga jenis media yaitu berupa kaset video, kaset audio, dan siaran televisi BBC.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga media tersebut diminati oleh banyak pemakai dalam berbagai kelompok usia untuk berbagai kelompok tujuan kegunaan seperti mencari bahan pengajaran, belajar bahasa atau ketrampilan khusus, mendapatkan informasi pengetahuan, serta sebagai hiburan. Pelayanan media audiovisual ini ternyata lebih disukai usia muda. Sebagian besar pemakai menggunakan media audiovisual untuk mencari informasi pengetahuan. Ternyata pemakai lebih menyukai jenis fiksi dibandingkan jenis nonfiksi.
Secara keseluruhan pelayanan media audiovisual menunjukkan efektif dilihat dari keterpakaian koleksinya maupun tingkat kepuasan pemakainya. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa antarkelompok usia maupun tujuan kegunaan tidak ada perbedaan yang berarti dalam menanggapi berbagai aspek pelayanan media audiovisual.

Audiovisual Media Service: Case Study at The British Council Library Jakarta 1994/1995.The purposes of this research are as follow: (1) to investigate how audiovisual media services being performed and operated (2) to investigate the audiovisual media service effectiveness from its usage (3) to investigate user satisfaction level to many aspects of the service. This research is conducted by evaluation method in order to know many phenomenon existed in the services. The data gathered were analyzed statistically using Kruskal-Wallis one way variance analysis test.
The research studied the users of audiovisual media service who are registered as members. Respondents are divided based on age and the purposes of using audiovisual media. There are three media are available in the services, those are video cassettes, audio cassettes, and BBC broadcast.
It is concluded that the users interested in such media, particularly the teenagers (18-20 year-old users). Almost all of the users use the media for learning_ Hypotheses test proved that there are no significant differences between groups of age and purpose in using the audiovisual media Concerning the audiovisual collection usage and user's satisfaction, the service is generally effective."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1995
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ashry Noviana Fajry
"Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR dan Elsevier Science Direct oleh pengguna Perpustakaan FEUI. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana gambaran pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR, dan Elsevier Science Direct, mengetahui tujuan pengguna memanfaatkan pangkalan data terpasang, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang, kendala apa saja yang dihadapi dalam memanfaatkan pangkalan data terpasang tersebut, mengetahui pangkalan data terpasang yang paling banyak dan yang paling sedikit dimanfaatkan oleh pengguna, dan yang terakhir mengetahui pendapat pengguna mengenai fasilitas dan sosialisasi yang dilakukan perpustakaan FEUI dalam mendukung pemanfaatan pangkalan data terpasang di FEUI. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemanfaatan pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis Proquest, JSTOR dan Elsevier Science Direct di FEUI masih rendah karena hanya 62,5% responden yang pernah menggunakan pangkalan data terpasang tersebut. Mahasiswa FEUI umumnya memanfaatkan pangkalan data dengan tujuan untuk mencari informasi untuk mengerjakan tugas kuliah. Responden menyatakan setuju dengan kelebihan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang yaitu kemutakhiran koleksi, kemampuan mengakses informasi lain, kemudahan dan kecepatan akses, ketersediaan informasi dan kemampuan menelusur artikel full text. Responden menyatakan setuju dengan kekurangan/kelemahan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang yaitu ketergantungan pada perangkat teknologi; ketidanyamanan saat membaca artikel di komputer; dibutuhkan keterampilan dalam menggunakan komputer untuk membaca koleksi elektronik. Sedangkan kekurangan pangkalan data terpasang akan kualitas teks, grafik dan tulisan hasil alih media tercetak ke elektronik yang terkadang rendah ditemukan hasil yang berimbang antara responden yang menyatakan setuju, netral dan tidak setuju. Kendala yang sering dihadapi responden yaitu kesulitan saat melakukan pencarian (search). Pangkalan data terpasang yang sering digunakan adalah JSTOR sedangkan yang paling jarang digunakan adalah Elsevier Science Direct. Pengguna berpendapat fasilitas komputer dan tempat untuk mengakses pangkalan data terpasang di lingkungan FEUI sudah cukup baik, sedangkan koneksi internet masih belum baik. Menurut pendapat pengguna, sosialisasi yang dilakukan perpustakaan untuk mensosialisasikan pangkalan data terpasang masih kurang. Pengguna juga berpendapat perlu ditambah pangkalan data terpasang bidang Ekonomi dan Bisnis yang dilanggan. "
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2008
S15166
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Dhestari Wardhani
"Dhestari Wardhani, Pencarian Informasi Melalui Internet oleh Peneliti Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia Mengenai Study of Human Resources Management Practice in Japan and Indonesia. Skripsi di bawah bimbingan Laksmi, M.A. Depok: Universitas Indonesia, 2005. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pencarian informasi melalui internet oleh Peneliti Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia khususnya Tim II dalam memenuhi kebutuhan informasi mereka pada kegiatan penelitian mengenai Study of Human Resources Management Practice in Japan and Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus terhadap Tim II Peneliti PSJ UI mengenai Studi Mengenai Praktek Manajemen Kerja Sumber Daya Manusia di Jepang dan Indonesia dengan pendekatan penelitian kualitatif Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam kepada Tim II Peneliti Pusat Studi Jepang Universitas Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencarian informasi Tim II Peneliti PSJ UI dilakukan karena adanya kebutuhan informasi yang hams dipenuhinya melalui sumber informasi internat. Tim II Peneliti PSJ UI melakukan formulasi kata kunci berdasarkan topik penelitiannya dan metode Fish Bone Diagram. Tim II Peneliti PSJ UI menggunakan pola pencarian informasi dari David Ellis khususnya tahapan surveying, chaining, browsing, distinguishing, filtering, extracting, dan verging melalui fasilitas search engine seperti Google, Yahoo, dan Amazon. Pencarian informasi Tim II Peneliti PSJ UI mengalami keterbatasan-keterbatasan yang disebabkan oleh kurangnya pengetahuan Tim II Peneliti PSJ UI dalam melakukan strategi pencarian informasi yang benar seperti Boolean Operator, penggunaan fasilitas pencarian yang hanya terbatas pada search engine Google, Yahoo!, dan Amazon, serta jaringan internet yang kurang memadai bagi kebutuhan pencarian informasi."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2005
S15205
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohammad Rezcky Ramadhan
"ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai pemanfaatan pangkalan data terpasang oleh mahasiswa FKM UI. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui gambaran pemanfaatan pangkalan data terpasang oleh mahasiswa FKM UI, mengetahui kelebihan dan kekurangan yang dirasakan saat memanfaatkan pangkalan data terpasang, dan mengetahui apakah fasilitas dan sosialisi sudah cukup untuk mendukung mahasiswa dalam memanfaatkan pangkalan data terpasang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif dan menggunakan kuesioner sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan walupun tingkat kesadaran akan keberadaan fasilitas ini cukup tinggi (82% responden) namun tingkat pemanfaatannya masih rendah yaitu hanya 62,7% responden. Sebagaian besar responden menyatakan memanfaatkan pangkalan data terpasang sebagai referensi untuk mengerjakan tugas kuliah seperti: penulisan makalah harian, UTS, dan UAS. Hasil penelitian ini juga menyarankan bahwa fakultas dan perpustakaan harus memaksimalkan fasilitas yang mendukung peningkatan pemanfaatan pangkalan data terpasang.

ABSTRACT
This study discusses the use of online database by students in FKM UI. The objectives of this study are to see the description of the use of online database by FKM UI students, identify the advantages and disadvantages for the students when they use it, and ascertain whether the facility and its socialization is sufficient to support the students in using the online database. This is a quantitative research with descriptive design. This study uses questionnaire as a method to collect the data. The result of this study shows that even though the awareness level of the existence of this facility is quite high (82%), the level of the use is still low at only 62.7% of the respondents. Most of the respondents said that they use the online database as a reference to perform the assignments such as: writing the daily papers, mid-tests, and final exams. In addition, the result also suggests that the faculty and its library should provide the supporting facilities that able to increase the use of online database."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2011
S513
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Diah Ismiatun
"Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja arsiparis di unit layanan dalam memberikan layanan kepada pengguna. Hal ini didorong oleh munculnya ketidakpuasan pengguna terhadap kinerja layanan arsiparis yang dianggap lamban dan kurang responsif terhadap kebutuhan pengguna. Untuk itu penulis melakukan kajian terhadap keberadaan arsiparis guna menemukan penyebab lamban atau kurang responsifnya arsiparis terhadap kebutuhan pengguna. Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah arsiparis di unit layanan arsip Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan objek penelitiannya adalah kegiatan dan cara arsiparis dalam memberikan layanan pengguna. Informan dalam penelitian ini diambil dari kalangan arsiparis dan non arsiparis di lingkungan ANRI dan pengguna yang datang lte rang baca pada saat penelitian. Informan kunci berjumlah lima orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu: (1) wawancara; (2) pengamatan partisipan; dan (3) penelitian dokumen sebagai pengkayaan infonnasi. Dari basil penelitian ini disimpulkan bahwa kinerja arsiparis dalam memberikan layanan pengguna belum optimal. Hal ini dapat dilihat dari kompetensi yang dimiliki arsiparis yang belum sesuai dengan kriteria persyaratan arsiparis di layanan. Ditemukan bahwa sebagian besar arsiparis tidak mempunyai kemampuan bahasa asing, belum menguasai infonnasi khasanah arsip yang ada sehingga kesulitan berkomunikasi dengan pengguna dalam layanan konsultasi, kurang memahami deskripsi kerja dalam layanan, dan memiliki disiplin kerja yang cenden.mg rendah. Kinerja yang tidak optimal juga dipengaruhi kondisi kerja dan perilaku pimpinan unit layanan. Terhadap kondisi seperti ini pimpinan organisasi selayaknya meningkatkan kinerja arsiparis dengan pemberian peluang pengembangan karir, motivasi kerja, dan memperlakukan arsiparis secara adil.

This research is aimed at knowing archivist performance in the service unit. It is prompted by the unsatisfaction to the archivist service performance wich is clumsy and unresponsive to the user need. Thus, it is done in order to find out why such unsatisfaction service happen. This is a qualitative research whose subjects are archivists at the service unit of the National Archives of the Republic of Indonesia, while its research objects are the activities and the way how archivists deliver their service. The research informants are archivists and non-archivists of the National Archives of the Republic of Indonesia. Some users are also included as informants. This research has five key informants. Data were collected through interview, partisipation observation, and document research. The result of this research shows that archivist performance is still not optimum yet. It is known from the personal competence of these archivists which still does not match with the service archivist criteria. It is found that most archivists do not master any foreign language, have no idea about holdings information, less of communication skill, do not understand their own job description, and have low discipline. This low performance of archivist is also influenced by the working condition and the unsupporting behavior of service supervisor. It is suggested to the organization to improve the archivist performance through giving more career advancement, developing their work motivation, and treating them more fairly."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T37490
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Manar
"Knowledge management merupakan suatu pendekatan terpadu untuk mengelola pengetahuan baik pengetahuan eksplisit maupun tacit. Pendekatan knowledge management dalam pengelolaan dan pemanfaatan modal pengetahuan di perpustakaan digital ialah meliputi penyediaan sumberdaya dan infrastruktur bagi proses penciptaan pengetahuan, pengadaan, penyaringan, pengorganisasian dan penyebarannya kepada pengguna, dengan berhasis teknologi informasi, serta menciptakan lingkungan yang kondusif untuk kolaborasi dan berbagi pengetahuan dengan sesama guna meningkatkan corporate IQ dan kemampuan pribadi serta perkembangan pengetahuan terus-menerus. Penelitian ini bertujuan: pertama, ingin mengetahui proses pengelolaan modal pengetahuan dengan pendekatan knowledge managemenet yang meliputi proses penciptaan, pengadaan, penyaringan, dan penyebaran pengetahuan di IndonesiaDL'N. Kedua, mengetahui bagaimana modal pengetahuan khususnya yang eksplisit yang telah dikelola tersebut dimanfaatkan oleh pemakai melalui suatu jaringan perpustakaan digital IndonesiaDLN. Ketiga, mengetahui faktor¬faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan dan pemanfaatan modal pengetahuan dengan pendekatan knowledge management di IndonesiaDLN. Penelitian yang dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Oktober 2001 ini menggunakan pendekatan kualitatif, di mana peneliti terlibat langsung dalam kegiatan para pekerja pengetahuan untuk melakukan pengamatan, observasi dan wawancara serta memanfaatkan data sekunder untuk pengumpulan data. Analisis data menggunakan model triangulasi, di mans data yang diperoleh dikonfirmasikan kembali kepada sumber data dan kepada teori ilmiah yang ada. Data kemudian dideskripsikan, disintesakan, lalu dibuat hipotesa-hipotesa, selanjutnya dirumuskan suatu temuan sehagai teori grounded, yaitu teori yang dibangun berdasarkan data dari lapangan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kenowedge management sangat efektif untuk: meningkatkan akumulasi modal pengetahuan yang bisa dimanfaatkan bersama. Setiap partner yang tergabung dalam IndonesiaDLN bisa meningkatkan modal pengetahuannya sampai ribuan kali lipat yang diperoleh dari sating berbagi pengetahuan melalui frame work perpustakaan digital. Juga tumbuhnya kesadaran partner untuk berbagi pengetahuan. Tapi masih ditemukan adanya hambatan-hambatan: yaitu belum meratanya tingkat kesadaran partner untuk berbagi pengetahuan dan masih adanya kelemahan SDM, pengadaan infrastruktur, dan belum adanya kemauan bersama suatu institusi"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2006
T37187
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1996
S6253
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4   >>