Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Cut Dhiya Sallina
Abstrak :
Konsumsi makanan organik adalah salah satu solusi dalam meminimalisir perubahan iklim yang saat ini cukup berdampak buruk bagi masyarakat, sehingga penting untuk mengetahui apa saja faktor yang memengaruhi intensi individu untuk membeli dan mengonsumsi makanan organik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah sikap terhadap makanan organik memediasi pengaruh persepsi kerentanan akan perubahan iklim terhadap intensi pembelian makanan organik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data penelitian diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara online kepada masyarakat Indonesia berusia 18-45 tahun (N=248) dengan teknik convenience sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini mencakup alat ukur Purchase Intention, alat ukur Perceived Vulnerability, dan alat ukur Attitude towards Organic Food yang ketiganya dibuat oleh Pang et al. (2021). Analisis data dilakukan dengan analisis multiple regression menggunakan PROCESS macro 4.0 melalui perangkat lunak IBM SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat efek mediasi secara penuh dari sikap terhadap makanan organik pada hubungan positif intensi pembelian makanan organik dan persepsi kerentanan akan perubahan iklim. ......Consumption of organic food is one of the solutions in minimizing climate change which is currently quite bad for the community, so it is important to know what factors influence individual intentions to buy and consume organic food. This study aims to determine whether attitudes towards organic food mediate the effect of perceived vulnerability to climate change on the intention to purchase organic food. This study is a quantitative study with research data obtained through the distribution of online questionnaires to Indonesians aged 18-45 years (N=248) using convenience sampling technique. The measuring instruments used in this study include the Purchase Intention measuring instrument, the Perceived Vulnerability measuring instrument, and the Attitude towards Organic Food measuring instrument, all three of which were made by Pang et al. (2021). Data analysis was performed by multiple regression analysis using PROCESS macro 4.0 through IBM SPSS software. The results showed that there was a fully mediating effect of attitudes towards organic food on a positive relationship between organic food purchase intentions and perceptions of vulnerability to climate change.
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Dhinda Trijayanti Vitriani
Abstrak :
Dengan dasar pendekatan evolusioner, penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah rasa takut, sebagai akibat dari pengaktifan disease avoidance system, mempengaruhi intensitas pembelian konsumen terhadap makanan sehat dibanding makanan tidak sehat Untuk menganalisa apakah terdapat efek moderasi dari budaya, sampel pada penelitian ini diambil dari dua warga negara, yaitu Indonesia dan Belanda. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa rasa takut menyebabkan intensitas pembelian yang lebih tinggi pada beberapa tipe makanan sehat jika dibandingkan dengan makanan tidak sehat. Namun, tidak terdapat efek mediasi dari pengaktifan disease avoidance system. Selain itu, efek moderasi dari budaya juga tidak mempengaruhi hubungan antara kedua variabel. ......On the basis of an evolutionary approach, this research examined whether fear, as a result from disease avoidance system activation, influence consumer purchase intention for healthy versus unhealthy food. To analyze whether there is a moderation effect of culture, the samples were taken from two countries nationals, namely Indonesian and Dutch. The study revealed that fear leads to higher purchase intention for some type of healthy food than unhealthy food. However, this finding does not came from the activation of the disease avoidance system. It is also found that culture does not affect the relationship between the two variables.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2016
S65217
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadhilah Rosa Masyhur
Abstrak :
ABSTRAK
Perkembangan teknologi yang pesat menimbulkan perubahan dalam dunia bisnis. Saat ini mulai bermunculan bisnis berbasis aplikasi online berupa layanan untuk melakukan pembelian makanan seperti GO-JEK, Klik-Eat, dan Raja-Makan. Namun, masih ditemukan beberapa masalah dalam pelaksanaan transaksi pembelian makanan melalui layanan aplikasi online karena, belum dilakukannya identifikasi terkait pola hubungan hukum yang terjalin dalam proses pembelian makanan tersebut. Pengidentifikasi hubungan hukum dilakukan untuk mengetahui pertanggungjawaban masing-masing pihak, dan dari pola hubungan hukum itu dilakukan perbandingan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan masingmasing aplikasi online. Proses pembelian makanan melalui layanan aplikasi online seperti GO-JEK, Klik-Eat, dan Raja-Makan sejatinya memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Walaupun begitu, terdapat keunggulan dari masingmasing aplikasi, apabila melihat dari kepentingan pihak pemesan, pihak perusahaan aplikasi, atau pihak restoran dan driver.
ABSTRACT
Technological developments lead to changes in the business world. When this started popping up online application form based business services to make the purchase of food such as GO-JEK, Klik-Eat, and Raja-Makan. However, still found some problems in the implementation of food purchases via online application service because, not related to the identification of the legal relationship scheme that exists in the process of purchasing the food. Legal relationship identifier conducted to determine the liability of each party, and of the legal relationship scheme were compared to determine the strengths and weaknesses of each online application. The process of purchasing food through online application services such as GO-JEK, Klik-Eat, and Raja-Makan actually has advantages and disadvantages of each. However, there are advantages of each application, when seen from the interests of the buyer, the company's application, or the restaurant and the driver.
[;;, ]: 2017
S66346
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Jihan Atikah
Abstrak :
Skripsi ini meneliti tentang faktor-faktor yang memengaruhi intensi pembelian produk makanan Halal pada Pasar Modern di DKI Jakarta. Penelitian tentang produk makanan Halal telah banyak dilakukan. Namun, faktanya, kesadaran Muslim akan kehalalan produk yang mereka konsumsi di Pakistan masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini akan mengidentifikasi faktor kesadaran Halal, persepsi personal-sosial, pemasaran Halal, sertifikasi Halal, dan keyakinan agama terhadap intensi pembelian produk makanan pada pasar modern di DKI Jakarta. Penelitian menggunakan survey melalui self-administrated questionnaire. Analisis dalam penelitian ini menggunakan Structural Equation Model dengan Partial Least Square SEM-PLS . Hasil penelitian ini memiliki kesamaan dengan jurnal acuan di mana semua variabel berpengaruh terhadap intensi pembelian produk makanan Halal, kecuali kesadaran Halal responden yang berbelanja di pasar modern wilayah DKI Jakarta tidak mempengaruhi intensi pembelian. ...... This research identifies factors that affecting intention to purchase Halal food product at Modern Retailers in DKI Jakarta. There have been many researches in conducting Halal products. However, in fact, halal awareness of the Muslims themselves doesn't affect intention to purchase of what they consume. Therefore, this research will exhibit five indicators Halal Awareness, Personal Societal Perception, Halal Marketing, Halal Certification, and Religious Belief toward intention to purchase Halal food product. Survey through self administrated questionnare is used to collect the data and analysis using Structural Equation Model with Partial Least Square SEM PLS. This research has the similar results as the research that has been conducted before in Pakistan where all the variables influences intention to purchase Halal Food Product at Modern Retailers in DKI Jakarta, except the respondents'Halal Awareness of this research is still has no significant influence toward purchase.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2017
S68936
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library