Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Yustika Rini
"Penerapan gaya dan perilaku kepemimpinan yang dilakukan oleh perawat dalam layanan kesehatan masih minim dilakukan. Dengan pembiasaan penerapan kepemimpinan selama menjalani proses pendidikan dapat membantu mahasiswa profesi ners untuk membiasakan diri menerapkan kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka pasti yang menggambarkan kecenderungan gaya dan perilaku kepemimpinan pada mahasiswa program pendidikan profesi ners di JABODETABEK. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan menggunakan quota sampling. Kuisioner yang digunakan untuk gaya kepemimpinan kuisioner yang dikembangkan oleh Al Amiri et al., 2019berdasarkan teori kepemimpinan dari Lewin, Lippitt, & White (1939) dan Avolio, Bass, & Jung, (1999) dan untuk perilaku kepemimpinan kuisioner Student Leadership Practices Inventory Self (Kouzes & Posner, 2014). Analisa data menggunakan univariat yang menyatakan bahwa gaya kepemimpinan didominasi demokratis, transaksional, dan transformational serta perilaku kepemimpinan enable others to act dan encourage the heart. Diharapkan pembelajaran terkait kepemimpinan keperawatan kedepannya lebih aplikatif dan mahasiswa profesi ners memiliki concern terhadap pengembangan karakter kepemimpinan yang dimiliki.

The application of leadership styles and behaviors by nurses in health services is still minimal. By habituating the application of leadership during the educational process, it can help nurse profession program students to get used to applying leadership. This study aims to determine the exact number that describes the trend of leadership style and behavior in nurse profession program students in JABODETABEK. The research method used is descriptive quantitative by using quota sampling. The questionnaire used for the leadership style questionnaire developed by Al Amiri et al., 2019 based on the leadership theory of Lewin, Lippitt, & White (1939) and Avolio, Bass, & Jung(1999) and for the leadership behavior questionnaire Student Leadership Practices Inventory Self (Kouzes & Posner, 2014). Data analysis uses univariate which states that the leadership style is dominated by democratic, transactional, and transformational and leadership behavior enables others to act and encourage the heart. Hope that learning related to nursing leadership in the future will be more applicable and nursing profession students have a concern for the development of their leadership character.
"
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Risma Bahtiar
"Pembelajaran yang efektif perlu dibentuk selama perubahan sistem menjadi jarak jauh karena hal tersebut dapat memengaruhi tingkat kecemasan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan profesi ners. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi hubungan efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan untuk melanjutkan pendidikan profesi ners. Desain yang digunakan yaitu deskriptif korelasional, dengan sampel 100 Mahasiswa Keperawatan Universitas Indonesia. Instrumen yang digunakan yaitu efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi COVID-19 dan Zung Self-rating Anxiety Scale. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara efektivitas pembelajaran jarak jauh dengan tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan untuk melanjutkan pendidikan profesi ners (p = 0,002; α = 0,05). Penelitian ini merekomendasikan agar mahasiswa dapat meningkatkan kesiapan dan kepercayaan diri dalam menghadapi lingkungan baru di jenjang pendidikan profesi dengan mengembangkan program yang dapat menurunkan angka kecemasan untuk melanjutkan pendidikan profesi. Penelitian lebih lanjut yang menghubungkan minat dan motivasi untuk melanjutkan pendidikan profesi disarankan.

Effective learning needs to be established during the system change to distance because it can affect the anxiety level of students to continue their professional nursing education. This study aims to identify the relationship between the effectiveness of distance learning and the level of anxiety of nursing students to continue nursing professional education. The design used is descriptive correlational, with a sample of 100 Nursing Students, University of Indonesia. The instruments used are the effectiveness of online learning during the COVID-19 pandemic and the Zung Self-rating Anxiety Scale. The results showed that there was a significant relationship between the effectiveness of distance learning and the anxiety level of nursing students to continue nursing professional education (p = 0.002; = 0.05). This study recommends that students can increase readiness and confidence in facing a new environment at the level of professional education by developing programs that can reduce anxiety levels to continue professional education. Further research linking interest and motivation to continue professional education is suggested."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library