Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 8 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Emiyati
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 1985
S17269
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lumempouw, Albert
Depok: Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Rr. Dianisa Utami Kurniasari
Abstrak :
Perkembangan financial technology (fintech) memiliki inovasi berupa layanan aplikasi perencanaan keuangan yang dapat menjadi alternatif pengguna jika ingin berkonsultasi mengenai rencana keuangannya secara online. Penelitian ini bertujuan untuk membahas mengenai perlakuan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) di Indonesia atas penyerahan jasa aplikasi perencanaan keuangan. Metode penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan teknik analisis data kualitatif. Analisis dilakukan dengan menjabarkan regulasi perpajakan di Indonesia yang berkenaan dengan penyerahan jasa aplikasi perencanaan keuangan berdasarkan skema/model bisnisnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dipetakan dari payung hukum Pajak Pertambahan Nilai di Indonesia, menunjukkan bahwa berdasarkan skema/model bisnis aplikasi perencanaan keuangan terdapat dua jenis perlakuan dalam pengenaan PPN atas penyerahan Jasa Kena Pajak nya yaitu atas pemberian cuma - cuma JKP yang dikenai PPN dan atas jasa konsultasi yang dikenai PPN. Kemudian dalam mekanisme administrasi pemungutannya juga mengikuti ketentuan Faktur Pajak Digunggung yang mengacu pada PMK No 18/2021. Penelitian ini memberikan rekomendasi agar otoritas pajak dapat memberikan peraturan perlakuan PPN yang lebih eksplisit atas penyerahan jasa aplikasi perencanaan keuangan untuk memberikan kepastian hukum kepada wajib pajak pelaku usaha serta urgensi untuk segera menerbitkan peraturan turunan PP 44/2022 yang mengatur mengenai batasan dan tata cara pengenaan PPN atas pemberian cuma – cuma untuk menghindari kekosongan hukum. ......The development of financial technology has led to innovation in the form of financial planning application services that can be an alternative for users if they want to consult about their financial plans online. This study aims to discuss the treatment of Value-Added Tax (VAT) in Indonesia for the submission of financial planning application services. The research method was carried out using a qualitative approach and qualitative data analysis techniques. The analysis is carried out by describing the Indonesian tax regulations pertaining to the delivery of financial planning application services based on the scheme or business model. The results of this study indicate that after mapping out the legal umbrella for Value Added Tax in Indonesia, it shows that based on the financial planning application scheme/business model, there are two types of treatment in the imposition of VAT on the delivery of its taxable services, namely for the provision of free JKP, which is subject to VAT, and for consulting services, which are also subject to VAT. Then, in the collection administration mechanism, it also follows the provisions of the tax invoice that are backed up, which refers to PMK 18/2021. This study provides recommendations so that the tax authority can provide more explicit VAT treatment regulations for the submission of financial planning application services to provide legal certainty to business taxpayers as well as the urgency to immediately issue a derivative regulation from PP 44/2022, which regulates the limits and procedures for imposition of VAT on free gifts, to avoid a legal vacuum
Depok: Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Indonesia, 2022
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Handy Gala Fernando
Abstrak :
Penelitian ini membahas perilaku pencarian informasi Generasi Z mengenai perencanaan keuangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku pencarian informasi yang dilakukan oleh Generasi Z mengenai perencanaan keuangan dan hambatan yang dialami oleh Generasi Z dalam pencarian informasi perencanaan keuangan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner yang disebar hingga tercapai jumlah 142 orang responden Generasi Z dari berbagai karakteristik sebagai sampel penelitian dalam rentang waktu 05 Mei 2023 hingga 15 Mei 2023. Data penelitian ini dianalisis persentase Tingkat Capaian Responden (TCR) menggunakan rumus “Master Scale”. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa Generasi Z memiliki kesadaran dan harapan yang cukup tinggi bahwa perencanaan keuangan sehingga menstimulus mereka untuk mencari kebutuhan informasi. Namun, kesulitan dalam memahami istilah perencanaan keuangan dan informasi yang beredar terlalu banyak sehingga sulit untuk diproses menjadi faktor penghambat. Di sisi lain faktor efikasi diri pada activating mechanism memiliki peran terhadap kemampuan Generasi Z sehingga mereka berhasil mengaplikasikan dan membuat perencanaan keuangan. Sedangkan, intervening variabel mendorong mereka untuk memutuskan mencari informasi perencanaan keuangan. Penggunaan media digital menjadi pilihan utama karena akses yang mudah. Selain itu, Generasi Z mampu menyeleksi dan memproses informasi berdasarkan pengetahuan akan keuangan, pendapat, dan keyakinan yang mereka miliki. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Generasi Z mampu mengidentifikasi kebutuhan informasi hingga mengaplikasikan informasi perencanaan keuangan sesuai dengan yang dimodelkan oleh Niedźwiedzka. Intervening variabel dan activating mechanism memiliki peran dalam proses pencarian informasi perencanaan keuangan. ......This research discusses the information seeking behavior of Generation Z on financial planning. The purpose of this study is to determine the information seeking behavior of Generation Z regarding financial planning and the barriers experienced by Generation Z in the search for financial planning information. This research uses quantitative methods with data collection techniques through questionnaires distributed to reach a total of 142 Generation Z respondents from various characteristics as research samples within the time span of May 05, 2023 to May 15, 2023. This research data was analyzed by the percentage of Respondent Achievement Rate (TCR) using "Master Scale". The findings of this study indicate that Generation Z has a fairly high awareness and expectation that financial planning can provide welfare, thus stimulating them to identify information needs. However, difficulties in understanding financial planning terms and too much information circulating that is difficult to process are inhibiting factors. On the other hand, the self-efficacy factor in the activating mechanism has a role in Generation Z's ability so that they can successfully apply and make financial planning. Meanwhile, intervening variables encourage them to decide to look for financial planning information. The use of digital media is the main choice due to easy access. In addition, Generation Z is able to select and process information based on their financial knowledge, opinions and beliefs. The conclusion of this study is that Generation Z is able to identify information needs and apply financial planning information as modeled by Niedźwiedzka. Intervening variables and activating mechanisms have a role in the process of searching for financial planning information.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2023
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Vela Alhena
Abstrak :
Krisis moneter yang meianda Indonesia muiai pertengahan iahun 19S7 menyebabkan berbagai aktivitas usaha mengaiami kesulitan, termasuk sektor pariwisata. Sektor pariwisata sangat berganiung kepada perubahan kondisi sosiai poiitik dan kearuanan daiaffi negen, ha! rnt yang menyebabkan pada tahun - tahun 1397 - 1936, perusahaan - perusahaan yang bergerak pada sektor pyriwisata mengaiami penurunan unjuk kerja keuangan. Kondisi perekonomian iahun 2000 menunjukkan perubahan yang rnenggembirakan, diiambah dengan usaha pernenntah untuk rneiTiulihkan sektor panwisaia dengan rnencanangkan visi bahwa Fariwisata dan Kesenian rnenjadi saiah satu andaian pembangunan, membuat harapan baru uniuk mulai stabiinya aktivitas usaha pada sektor ini. Perusahaan yang diamati pada sektor ini adaiah PT. Sona Topas Tourism industry, Tbk. Hasii pengamatan iahun - tahun yang ialu, termasuk pada masa krisis, unjuk kerja keuangan PT. Sona Topas Tourism industry, Tbk menunjukkan kecenderungan semakin menurun. Hasil proyeksi unjuk kerja keuangan perusahaan untuk tahun 2000 - 2005 menunjukkan perbaikan dan unjuk kerja keuangan tersebui dengan tetap rnempernatikan kebijakan ? kebijakan perusahaan serta pengalarnn dari iahun - tahun yang iaiu, seningga sesuai dengan karakieristik internal perusahaan. Kewajiban perusahaan menurun ierus sesuai dengan program restrukturisasi hutangnya dan perusahaan tidak rnengalarfii kesulitan keuangan daiarn pembayarannya.
Depok: Universitas Indonesia, 2001
T716
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mona Olivia
Abstrak :
ABSTRAK
Ibu rumah tangga haruslah memiliki kemampuan perencanaan keuangan yang baik untuk mengatur keuangan keluarganya. Perilaku perencanaan keuangan tidak hanya dipengaruhi pengetahuan tetapi juga hal ? hal bersifat psikologis, seperti perspektif waktu masa depan dan self-rated knowledge. Studi baseline menemukan bahwa ibu rumah tangga pada komunitas Kampung Koran belum memiliki perilaku perencanaan keuangan yang baik. Selain itu, ditemukan pula bahwa perspektif waktu masa depan dan self-rated knowledge mereka rendah. Atas temuan tersebut, peneliti memutuskan melakukan intervensi pelatihan jarak psikologis untuk peningkatan perspektif waktu masa depan dan self-rated knowledge pada perilaku perencanaan keuangan ibu rumah tangga. Intervensi ini menggunakan desain quasi eksperimen one group pre-test and post-test design yang dilakukan selama satu minggu dan diikuti oleh 17 ibu rumah tangga. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan perilaku perencanaan keuangan yang signifikan secara statistik. Maka implikasi dari penelitian ini adalah intervensi pelatihan jarak psikologis efektif dalam meningkatkan perilaku perencanaan keuangan.
ABSTRACT
Housewives must have a good financial planning skills to managing their households' finance. Financial planning behavior is not only influenced by knowledge, but also psychological aspects, such as the future time perspective and individual's self-rated knowledge. Baseline study found that housewives in Kampung Koran community did not have good financial planning behavior yet. We also found that they had rather low future time perspective depan and self-rated knowledge. The researcher decided to conduct an intervention in psychological distance training to improve the housewives' future time perspective and self-rated knowledge to improve the financial planning behavior. This intervention used a quasi-experimental design, which was a one group pre-test and post-test design that was conducted within a week period and followed by 17 housewives. Intervention program resulted in statistically significant enhancement of financial planning behavior. This study found that intervention in psychological distance training was effective in improving financial planning behavior
2016
T46383
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Lili Dwianti
Abstrak :
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana peran moderasi fitur gamifikasi aplikasi keuangan pada hubungan financial planning activity, financial attitude dan financial self-efficacy terhadap financial management behavior seseorang. Penelitian ini menggunakan sampel pengguna aplikasi keuangan yang termasuk ke dalam bagian generasi Z, yaitu penduduk yang lahir antara kurun waktu 1997-2012 serta berdomisili di wilayah Jabodetabek. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan survei cross-sectional. Metode Covariance Based-Structural Equation Model (CB-SEM) digunakan untuk mengolah data primer dengan bantuan software LISREL 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa financial planning activity (FPA), financial attitude (FA) dan financial self-efficacy (FSE) pengaruh positif terhadap financial management behavior (FMB) individu. Selain itu, fitur gamifikasi pada aplikasi keuangan secara positif signifikan memoderasi pengaruh financial planning activity terhadap financial management behavior individu, namun secara negatif signifikan memoderasi pengaruh financial self efficacy terhadap financial management behavior individu. Terakhir, fitur gamifikasi tidak memiliki peran moderasi yang signifikan terhadap hubungan financial attitude dan financial management behavior individu. ......This research was conducted to find out the moderating role of financial application gamification features in the relationship between financial planning activities, financial attitudes and financial self-efficacy towards a person's financial management behavior. This study uses financial application users as a sample who are part of the Z generation (born between 1997-2012) and domiciled in the Jabodetabek region. This research is a quantitative study with a cross sectional survey. The Covariance Based-Structural Equation Model (CB-SEM) method was used to process primary data with the help of LISREL 8.8 software. The results showed that financial planning activity (FPA), financial attitude (FA) and financial self-efficacy (FSE) had a positive effect on individual financial management behavior (FMB). In addition, the gamification feature in financial applications significantly moderates the effect of financial planning activities on individual financial management behavior, but negatively moderates the influence of financial self-efficacy on individual financial management behavior. Finally, the gamification feature does not have a significant moderating role on the relationship between financial attitude and individual financial management behavior.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2023
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library