Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Deni Fazri
"Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh pengaruh self-regulated learning siswa atlet terhadap performa non akademik di Sekolah Khusus Olahragawan Ragunan DKI Jakarta. Partisipan penelitian ini adalah siswa atlet yang bersekolah di SKO Ragunan DKI Jakarta yang berjumlah 43 siswa. Penelitian ini menggunakan alat ukur The Self- Regulated Learning yang disusun oleh Toering dkk. (2011) untuk mengukur selfregulated learning yang terdiri dari 6 dimensi, planning, self-monitoring, effort, selfefficay, evaluation, dan reflection. Selain itu, penelitian ini menggunakan Sport Success Scale (SSS) untuk mengukur performa non akademik olahraga pada siswa atlet yang disusun oleh Mousavi dan VaezMousavi (2015). Hasil utama dari analisis regresi linear dalam penelitian ini (F = 51.75, p < 0,05) dengan R² = 0,558 yang berarti terdapat pengaruh self-regulated learning terhadap performa non akademik sebesar 55,8%. Berdasarkan hasil analisis tersebut bahwa terdapat pengaruh self-regulated learning yang signifikan terhadap performa non akademik, sehingga hipotesis alternatif dalam penelitian ini diterima.
This study aims to examine the effect of student athlete self-regulated learning on nonacademic performance at the Ragunan Special School for Athletes, DKI Jakarta. The participants of this study were student athletes who attended SKO Ragunan DKI Jakarta, totaling 43 students. This study uses a measuring instrument The Self-Regulated Learning compiled by Toering et al (2011) to measure self-regulated learning which consists of 6 dimensions, planning, self-monitoring, effort, self-efficacy, evaluation, and reflection. In addition, this study uses the Sport Success Scale (SSS) to measure non-academic sports performance in student athletes compiled by Mousavi and VaezMousavi (2015). The main result of linear regression analysis in this study (F = 51.75, p <0.05) with R² = 0,558 which means that there is an effect of self-regulated learning on non-academic performance of 55.8%. Based on the results of the analysis that there is a significant effect of self-regulated learning on non-academic performance, so the alternative hypothesis in this study is accepted."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Maulidia Salsabila
"Siswa atlet masih sering terkena stigma karena kurangnya kemampuan akademik meskipun bakat mereka terletak pada bidang olahraga. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan efikasi diri siswa atlet dengan performa non-akademik dan akademik. Partisipan penelitian ini adalah 43 siswa atlet yang bersekolah di SKO Ragunan DKI Jakarta. Penelitian ini menggunakan alat ukur General Self-Efficacy Scale oleh Novrianto, Marettih dan Wahyudi (2019), Academic Self-Efficacy Subscale: Self-efficacy Questionnaire for Children (SEQ-C) oleh Muris (2001), Sport Success Scale oleh Mousavi dan VaezMousavi (2015), dan nilai raport siswa dari sekolah. Hasil analisis korelasional dalam penelitian ini menemukan bahwa efikasi diri memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan non-akademik (olahraga) (p = 0.000) namun efikasi diri tidak memiliki hubungan dengan performa akademik (p = 0.134). Diskusi dan limitasi pada penelitian ini dibahas.
Student-athletes are often stigmatized for their lack of academic abilities despite their talent in sports. This study aimed to test the relationship of student-athletes' self-efficacy on non-academic and academic performance. The participants of this study were 43 student-athletes who study at SKO Ragunan DKI Jakarta. This study used the General Self-Efficacy Scale by Novrianto, Marettih and Wahyudi (2019), the Academic Self-Efficacy Subscale: Self-efficacy Questionnaire for Children (SEQ-C) by Muris (2001), the Sport Success Scale by Mousavi and VaezMousavi (2015), and student report cards from schools. The results of a Pearson correlation analysis showed that self-efficacy has a positive and significant relationship with non-academic performance (p = 0.000), but self-efficacy does not have a significant relationship with academic performance (p = 0.134). Discussions and limitations of this study are discussed."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2021
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library