Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 3 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Irvan Syahkuala
"Tesis ini membahas mengenai bagalmana pentingnya penggunaan analisa positioning dari suatu produk apartemen yang ditawarkan kepada konsumen ditengah persaingan yang ada di sekitar lingkungan kompetisi, penentuan segmentasi .serta targeting yang tepat akan sangat berpengaruh didalam positioning yang akan diambil. Didalam tesis ini juga coba disaampaikan bagaimana strategi bauran pemasaran yang akan digunakan baik product. price. place, and promolion dalam mendukung pemasaran dari apartemen De Paradiso.

This thesis discusses the importance of using an analysis of how the positioning of an apartment product that is offered to consumers in competition around competitive environment, the determination of segmentation and precise targeting will be very influential in positioning to be taken. In this thesis also we try to be presented how the marketing mix strategy that will be used either product, price, place, and promotion of marketing support from the apartment De Paradiso."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T32407
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Megawati
"Penelitian ini dilaksanakan untuk menentukan positioning yang tepat untuk Radio Ramako 105,8 FM dengan mengetahui pembentukan positioning statement (motto) oleh manajemen Radio Ramako dan pendapat pendengar terhadap positioning statement (motto) Radio Ramako "Listen and Talk to Magic?. Penelitian ini dilakukan terhadap manajemen Radio Ramako 105,8 FM dan 253 orang responden di Jakarta dan sekitamya. Pertimbangannya adalah pendapat responden sebagai pendengar radio pada umumnya dan pendengar Radio Ramako pada khususnya mempunyai pengaruh sangat penting sebagai masukan bagi penentuan positioning yang tepat untuk Radio Ramako 105,8 FM.
Radio Ramako 105,8 FM menentukan positioning perusahaan secara umum melalui positioning statement (motto) "Listen and Talk to Magic? yang diterapkan ke dalam format siarannya, meliputi program siaran dan program musik. Radio Ramako 105,8 FM berharap positioning yang telah dibentuk sudah tepat dan dipersepsikan positif oleh target pendengarnya. Tetapi dalam pandangan pendengar, ternyata mereka memiliki pandangan, pendapat dan persepsi yang tidak selalu sama dengan manajemen Radio Ramako 105,8 FM. Ada kelebihan dan kelemahan Radio Ramako yang dilihat pendengar dari positioning lewat positioning statement (motto) yang diterapkan ke dalam format siaran Radio Ramako 105,8 FM.
Penelitian ini didasarkan pada teori-teori utama seperti : Active Audience - Uses and Gratifications, Segmentasi (Segmentasi Demografis dan Segmentasi Psikografis), dan Positioning. Selain teori-teori utama, penelitian ini juga menyertakan teori-teori pendukung seperti : Perilaku Konsumen dan teori-teori yang terkait dengan Media Radio Siaran.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif dan metode deskriptif evaluatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer (hasil survei responden dan hasil wawancara mendalam kepada manajemen Radio Ramako 105,8 FM) dan data sekunder (buku bacaan, jurnal, artikel dan lain sebagainya). Untuk mendapatkan data kuantitatif dilakukan dengan survei on line terhadap 253 orang responden yang kemudian hasilnya dianalisa dengan menggunakan penghitungan statistik frekuensi dan crosstab. Untuk pengumpulan data primer lainnya, dilakukan wawancara mendalam yang kemudian hasilnya dianalisa dengan diinterpretasikan berdasarkan teori dan fakta yang terjadi. Pemilihan narasumber dari Radio Ramako berdasarkan kebijaksanaan manajemen Radio Ramako 105,8 FM, dipilih yang dianggap dapat mewakili dan memenuhi informasi penelitian ini. Untuk responden yang mewakili kelompok target pendengar Radio Ramako dengan menyebarkan kuestioner dan jumlah jawaban yang diterima dalam waktu empat bulan (periode Mei - Agustus 2005) seluruhnya dijadikan sampel dalam penelitian ini.
Dari hasil wawancara mendalam pada pihak manajemen Radio Ramako 105,8 FM mengenai pembentukan motto Listen and Talk to Magic ternyata mengandung makna positif dan diterapkan pada format siaran Radio Ramako. Program acara talkshow tenrtama talkshow pagi hari menjadi kekuatan Ramako, manajemen menambahkan kekuatan lain Radio Ramako adalah format musik dan acara request lagu. Namun saat melihat hasil survei terhadap 253 responden, ada kekuatan dan kekurangan yang dimiliki Radio Ramako. Menggenai pembentukan motto Listen and Talk to Magic ternyata sebagian besar responden menjawab motto tersebut TIDAK TEPAT untuk Ramako dan banyak yang tidak mengenal motto Radio Ramako yang telah dibentuk oleh manajemen Radio Ramako 105,8 FM. Masukan bagi manajemen Radio Ramako terkait dengan motto Listen and Talk to Magic lewat jawaban dari hasil survei sebagian besar responden mengusulkan motto Ramako memuat kata-kata yang terdengar hangat dan bersahabat, juga motto yang memuat kata-kata yang terdengar profesional. Masukan lain yang berguna untuk manajemen Radio Ramako, agar dapat menggunakan motto Listen and Talk to Magic banyak responden mengusulkan agar penyiar lebih menarik dan interaktif membawakan acara, memperhatikan content manajemen yang baik, menambah ragam acara talkshow, menambah koleksi lagu-lagunya dan membuat acara-acara yang lebih interaktif dan melibatkan pendengar. Masukan-masukan dari responden ini sangat berarti bagi manajemen untuk menentukan positioning yang tepat untuk Radio Ramako 105,8 FM lewat positioning statement (motto).
Akhir kata, pembentukan positioning oleh manajemen Radio Ramako lewat positioning statement (motto) Listen and Talk to Magic belum dipersepsikan secara positif oleh target audience (pendengar potensial) Radio Ramako yang menjadi responden dalam penelitian ini dan direkomendasikan agar motto tersebut diganti karena dianggap TIDAK TEPAT oleh sebagian besar responden."
Depok: Universitas Indonesia, 2006
T22037
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Krisdianto
"ABSTRAK
Karya akhir ini merupakan sebuah studi analisa positioning Taman Sari Royal
Heritage Spa. Spa milik dari ibu Mooryati Soedibyo dan berlokasi di Tanah Abang
Jakarta ini merupakan salah satu dari sekian pemain di bisnis spa yang sedang
menjamur di Jakarta. Obyek ini sangat menarik untuk diteliti karena dengan semakin
ketatnya persaingan, maka hanya yang memiliki competitive advantage dan
positioning yang kuat yang dapat bertahan dan memenangkan persaingan itu.
Spa adalah singkatan dari bahasa latin, yaitu Sante Par Aqua, yang artinya
terapi dengan air. Tujuan utama perawatan spa adalah agar tubuh menjadi lebih sehat,
segar dan bugar luar dalam, dengan unsur utamanya menggunakan metode pemijatan
dan air. Asal mula perkataan spa sendiri diambil dari nama sebuah desa yang
bernama Spa, yang berada di propinsi Liege, Belgia. Secara umum, spa merupakan
pendekatan terpadu dengan mengkonibinasikan pemakaian sumber daya alam,
termasuk air mineral, yang bertujuan merestorasi kondisi tubuh manusia.
Di Jakarta sendiri terdapat bebenapa spa yang memiliki pendekatan seperti di
atas Sebut saja Taman Sari Royal Heritage Spa, Gaya Spa, atau Quantum Spa.
Sebagai salah satu pemain lokal, Taman Sari Royal Heritage Spa patut
diperhitungkan. Awal tahun 2001, spa ini telah membuka cabang di Malaysia dan
menyusul di beberapa kota di luar negeri. Spa ini memiliki positioning statement
Rupa Neka Swarga Untuk itu penulis menganalisa kekuatan positioning tersebut di
mata konsumen dan pesaing sejenis, serta menganalisa hubungannya dengan
segmentasi yang ditentukan oleh manajemen. Karena dengan posisi yang kuat maka
Taman Sari Royal Heritage Spa mampu bersaing di bisnis yang sedang berkembang
pesat ini.
Penelitian menggunakan metodologi riset eksploratori dan riset deskriptif.
Penelitian melibatkan 100 partisipan dengan seleksi awal mengenal Taman Sari
Royal Heritage Spa dan pernah mencoba spa minimal dalam 6 bulan terakhir. Setelah
melakukan penyebaran kuesioner, dilakukan tabulasi data untuk mendapatkan
beberapa hasil penelitian dan untuk diambil analisa dan kesimpulan. Untuk
memudahkan analisa, pada beberapa variabel, dilakukan cross tab, sehingga makin
terlihat hubungan satu variabel dengan variabel lainnya.
Hasil yang didapat adalah bahwa sebagian besar partisipan memiliki persepsi
yang sama dengan positioning yang ingin disampaikan oleh Taman Sari Royal
Heritage Spa. Prosentase hasil yang ditunjukkan signifikan, baik yang berasal dan
responden yang memilih Taman Sari Royal Heritage Spa sebagai spa pilihan, maupun
yang tidak Selain ¡tu ternyata setelah dilakukan pemetaan produk, Taman Sari Royal
Heritage Spa juga memiliki positioning yang kuat dibanding pesaingnya di mata
konsumen Dalam hal ¡ni, Taman Sari Royal Heritage Spa dibandingkan dengan 2
pemain sejenis, yaitu Gaya Spa dan Quantum Spa.
Sedangkan implikasi pemasaran bagi Taman Sari Royal Heritage adalah pihak
manajemen harus melakukan improvement dalam perencanaafl strategi pemasarannya
"
2001
T3832
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library