Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 11 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Gaizi Nisma
Abstrak :
Dengan adanya konsep pharmaceutical care, pelayanan kefarmasian sudah bergeser orientasinya dari komoditi ke pelayanan yang komprehensif, dengan tujuan peningkatan kualitas hidup dari pasien. Dari basil uji coba pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian khususnya dalam pelayanan resep pads 45 apotek di Jawa Barat, diketahui bahwa proporsi apoteker yang memberikan informasi obat dalam rangka pelayanan resep yaitu sebesar 38%. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja apoteker dalam pelayanan resep di apotek Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam Tahun 2003 dan faktor determinannya. Rancangan penelitian yang digunakan adalah potong lintang dengan sampel total populasi sebanyak 72 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian kuesioner dan menggunakan Iembaran checklist. Untuk melihat hubungan antara variabel dependen dan independen digunakan analisis bivariat menggunakan uji statistik chi-square, dan untuk menentukan faktor paling dominan berhubungan dengan kinerja dilakukan analisis multivariat menggunakan uji regresi logistik ganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai median kinetja apoteker dalam pelayanan resep di apotek Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam adalah sebesar 18,6%. Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan yang bennakna antara pengalaman kerja, imbalan dan status kepemilikan sarana/prasarana dengan kinerja apoteker. Dari analisis multivariat hanya dua variabel yang berpotensi sebagai determinan yaitu imbalan dan status kepemilikan saranalprasarana Variabel yang paling dominan berhubungan dengan kinerja adalah status kepemilikan sarana/prasarana. Disarankan pada Departemen Kesehatan RI untuk mengembangkan suatu standarisasi dalam program monitoring, evaluasi dan supervisi terhadap aktifitas apoteker di apotek dan dalam pelaksanaannya perlu adanya koordinasi antara dinas kesehatan dan organisasi profesi. Selanjutnya untuk pemberian izin apotek, hanya diberikan kepada apoteker dan dalam jangka waktu tertentu. Izin apotek dapat diperpanjang dengan suatu kiteria dan persyaratan tertentu. Dinas Kesehatan bersama organisasi profesi untuk mengembangkan suatu standarisasi bagi aktifitas apoteker di apotek dalam rangka pelayanan kefarmasian dan selanj utnya melaksanakan pendidikan berkeianjutan serta pelatihan yang tents menerus bagi apoteker. Kepada apoteker yang mempunyai dukungan finansil dalam pengembangan profesi untuk dapat membuka sendiri praktek profesi di apotek tapi apabila bekerjasama dengan orang lain, sebaiknya dikembangkan suatu sistem yang dapat membuka peluang untuk menanamkan modal. Selanjutnya bagi penelitian lanjutan, untuk mengkaji lebih dalam mengenai hubungan antara status kepemilikan apotek dengan profesionalitas apoteker dan juga perlu dikembangkan suatu penelitian yang mengarah kepada mutu dari aktifitas apoteker dalam penyelenggaraan resep khususnya dalam layanan informasi obat.
With the concept of pharmaceutical care, the pharmacy service has shifted its orientation from commodity to comprehensive services, with the objective of life quality enhancement for the patients. From the test result of the pharmaceutical service performance standards especially in the prescription service of 45 pharmacies in West lava, it has been proven that the highest pharmacists' proportion who gives drug information in the prescription service is 38%. This study is carried out to find out the factors which are related to the pharmacists' performance regarding prescription service of pharmacies in Nanggroe Aceh Darusslam Province in 2003 and the determinant factors. The research plan used is cross sectional with the total population sample of 72 people. Data collection is undertaken through questionnaire enquires and checklist sheets. To distinguish the relationship the between dependent and independent variable, analysis bivariat is used through chi square statistical test; and to determine the most dominant factor which relates to the performance, analysis multivariate is used through double logistic regression test. The result of this study shows that the pharmacists performance median value in the prescription service of pharmacies in Aceh Nanggroe Darussalam Province is 18,6%. The bivariat test result shows that there is a significant relationship between job experiences, rewards and facilities/infrastructures ownership status with the pharmacists' performance. From the multivariate analysis, there are only two variables which have the potential as determinants, which are rewards and facilities/infrastructures ownership status. The most dominant variable related to performance is the facilities/infrastructures ownership status. It is advised to the Health Ministry of the Republic of Indonesia to develop standardization in the monitoring, evaluation and, supervision programs towards the activities of pharmacists in the pharmacy; and there is a need for coordination between the health board and professional organizations. Next, providing pharmacies license should only be given to pharmacists and in certain period. The license could be extended through certain criteria and requirements. The health board together with the professional organizations should develop standardizations for the pharmacists activities in the pharmaceutical services, and then to undertake continuous education and training for the pharmacists. As for the pharmacists who have financial supports in profession development to embark their own profession practice; but if they work together with others, it is better to develop a system which could give opportunities for investments. Subsequently, for further study to examine closely the relationship between pharmacies ownership status with the pharmacists professionalism, and also to develop a study that could lead to the quality of pharmacists activities in the prescription process, especially in the medication information service.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2003
T12638
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Alya Narselia
Abstrak :
Salah satu bagian penting dari rumah sakit dimana pasien membutuhkan waktu untuk mengantri dalam mendapatkan pelayanan yaitu Instalasi Farmasi. Presentase kecepatan pelayanan resep obat jadi dan obat racik tahun 2018 di Rumah Sakit Hermina Daan Mogot selalu menurun setiap triwulannya dan belum memenuhi standar pencapaian yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis waktu tunggu pelayanan resep pasien JKN dan faktor-faktor yang mempengaruhinya di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RS Hermina Daan Mogot pada jam sibuk. Jenis penelitian ini merupakan penelitian operasional yang bersifat kuantitatif dan kualitatif dengan metode yang digunakan berupa wawancara mendalam, observasi, dan telaah dokumen. Jumlah sampel yang diamati dalam penelitian ini sebanyak 134 resep yang dipilih secara acak, terdiri dari 94 resep non racikan dan 40 resep racikan. Berdasarkan hasil penelitian, waktu tunggu pelayanan resep JKN rawat jalan belum memenuhi standar yang telah ditetapkan. Rata-rata waktu tunggu pelayanan resep non racikan sebesar 49 menit 43 detik dan resep racikan 1 jam 10 menit 23 detik. Faktor yang mempengaruhi waktu tunggu pelayanan resep, antara lain jumlah SDM yang kurang, pengetahuan petugas kurang memadai, jumlah komputer yang kurang, loket penerimaan resep hanya satu loket, mesin racikan sering rusak, sistem komputerisasi yang kurang memadai, kapasitas penyimpanan obat yang terbatas, ketidaktersediaan obat, masa kerja personil, dan disiplin petugas.
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Marliana Ritung
Abstrak :
Instalasi Farmasi adalah salah satu unit di rumah sakit yang memberikan layanan produk dan jasa dalam bentuk pelayanan resep. Dimana bagi pelanggan, mutu pelayanan resep farmasi yang baik umumnya dikaitkan dengan kecepatan dalam memberikan pelayanan. Kegiatan yang terjadi dalam proses pelayanan resep diduga dipengaruhi oleh faktor jenis resep, jumlah item obat dan shift petugas Instalasi Farmasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lamanya waktu setiap kegiatan layanan resep racikan serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan di Instalasi Farmasi Rawat Jalan RSIA Hermina Bekasi, selama empat minggu setiap hari Sabtu mulai bulan Mei 2003. Sampel penelitian sebanyak 337 lembar resep racikan, penelitian dilakukan dengan pendekatan cross sectional. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa rata-rata total waktu pelayanan resep racikan di Instalasi Farmasi rawat jalan RSIA Hermina Bekasi tahun 2003 adalah sebesar 24,14 menit. Dan terlihat perbedaan yang bermakna pada lama waktu pelayanan resep antara jenis racikan bungkus, kapsul, cairan dan salep. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan manajemen rumah sakit mengadakan pemberdayaan karyawan pada tahapan yang dianggap penting, mengadakan pengembangan perluasan ruangan instalasi farrnasi rawat jalan, diadakan pemisahan loket penyerahan resep antara poliklinik ibu dan poliklinik anak, agar tidak terjadi penumpukan resep di bagian penerimaan resep. Juga diharapkan adanya pelatihan petugas khususnya pada tahap pengemasan jenis kapsul dan penggunaan alat pengisi kapsul. Hal ini diharapkan dapat dijadikan pedoman bagi proses perbaikan dalam meningkatkan mutu layanan kefarmasian. Daftar Pustaka 36 (1980 - 2002) ......Length of Time for Dispensed Medicine Prescription Service on Saturday to The Outpatient Pharmacy at Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina BekasiPharmacy Installation is a unit in the Hospital that gives product and services in the form of prescription services. Whereas for the customer, a good pharmacy's prescription services quality are usually related to providing quick service. The activities that occurred in a prescription services operational process are hypothetically influenced by several factors; the prescription kind, number of items and work shift. The research intended to discover length if time to every service of dispensed medicine prescription, together with influenced factors. In research took place in the pharmacy installation of the RSIA Hermina Bekasi, for four weeks every Saturday since May 2003. The research samples included 337 prescription, the research uses the cross sectional. The analysis being used are descriptive statistics analysis and inference statistics analysis. The result of the research shows that the average for total waiting time for dispensed medicine prescription services for outpatient at RSIA Hermina Bekasi for 2003 are 24,14 minutes. And it shows the difference of the waiting time for prescription services; dispensed medicine kind, medicine item kind and shift. Based of this research to avoid stacking of prescription hopefully hospital management can make efficient use of the employee, in the important phase, to enlarge the room for pharmacy installation for outpatient, to separate the prescription counter between polyclinic for mother and polyclinic for child. Also hopefully, the hospital can make efficient use of the employee with training specially in phase of drugs packaging for capsule. Hopefully this information can be use as some sort of guidance to improve pharmacy service quality. Bibliography 36 (1980 - 2002)
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2003
T11211
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Melya Leonita Sutantyo
Abstrak :
Kegiatan praktek kerja profesi di RSAB Harapan Kita dilakukan agar calon apoteker mampu memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di rumah sakit sesuai dengan ketentuan standar pelayanan farmasi di rumah sakit. Selain itu juga, diharapkan agar calon apoteker mempelajari mengenai struktur rumah sakit, instalasi farmasi, serta jenis pelayanan yang tersedia di rumah sakit. Dalam melakukan pelayanan kefarmasian, petugas depo farmasi wajib mengikuti rangkaian tahap pelayanan resep sesuai prosedur. Pada tugas khusus, dilakukan analisis kepatuhan petugas depo dalam mengikuti prosedur pelayanan resep. Analisa dilakukan dengan menghitung persentase kepatuhan pada lembar resep dan melakukan survei kepada petugas depo menggunakan kuesioner yang belum tervalidasi. ......Pharmacist professional practice in RSAB Harapan Kita was conducted for prospective pharmacists to understand the role, duties and responsibilities of pharmacists in hospitals in accordance with the provisions of the pharmaceutical care standard in hospitals. It is also expected that the prospective pharmacist learned about the structure of the hospital, pharmacy, as well as the types of services provided in hospitals. In doing pharmaceutical care, pharmacy officer must follow the stages in prescription service procedure. On special assignment, the compliance of pharmacy officer in following prescription service procedures was analyzed. Analysis was done by calculating the percentage of compliance in the prescription sheets and conducting surveys to pharmacy officers using unvalidated questionnaires.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dian Indrawati Santoso
Abstrak :
Kegiatan praktek kerja profesi di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional dr. Cipto Mangunkusumo dilakukan agar calon apoteker mampu memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di rumah sakit sesuai dengan ketentuan standar pelayanan farmasi di rumah sakit. Selain itu calon apoteker diharapkan memiliki wawasan, pengetahuan, ketrampilan, dan pengalaman praktis untuk melakukan praktik kefarmasian serta memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktik kefarmasian dan strategi pengembangan praktik kefarmasian rumah sakit. Pada tugas khusus, dilakukan evaluasi response time pada satelit farmasi rawat jalan geriatri, kirana, pelayanan jantung terpadu PJT dan instalasi farmasi pusat. Desain penelitian ini adalah deskripsi observatif terhadap proses pelayanan resep rawat jalan di Instalasi Farmasi. Selain itu juga digunakan pendekatan kuantitatif untuk menghitung waktu tunggu penyelesaian resep. Penelitian dilakukan dengan melakukan pengamatan langsung dan wawancara dengan penanggung jawab dan petugas satelit farmasi untuk memperkuat data-data yang didapatkan secara kuantitatif. ......Internship in Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo was conducted for prospective pharmacists to understand the role, duties and responsibilities of pharmacists in hospitals in accordance with the provisions of the pharmaceutical care standard in hospitals. It is also expected that the prospective pharmacist had knowledge, skills and practical experiences for the development of hospital pharmaceutical practice. On special assignment, an evaluation outpatient response time on geriatric, kirana, integrated cardiac service PJT and central pharmacy were performed. The design was observational description of outpatient prescription service process in Pharmacy Installation. Quantitative approach is also used to calculated response time. The research was conducted by direct observation and interviewed with pharmasists to strengthen the data.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizia Arifianti
Abstrak :
ABSTRAK
Kegiatan praktek kerja profesi di Apotek Kimia Farma dilakukan agar calon apoteker mampu memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di apotek sesuai dengan ketentuan standar pelayanan farmasi di apotek. Selain itu juga, diharapkan agar calon apoteker memahami tugas dan tanggung jawab Apoteker Pengelola Apotek baik secara teknis maupun non teknis farmasi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan etika yang berlaku. Dalam melakukan pelayanan kefarmasian, petugas wajib mengikuti rangkaian tahap pelayanan resep sesuai prosedur. Pada tugas khusus, dilakukan kegiatan pelayanan kefarmasian di rumah Home Pharmacy Care pada pasien asma. Pelayanan kefarmasian di rumah Home Pharmacy Care dilakukan dengan melakukan konseling dan telefarma terlebih dahulu kepada pasien kronis yang terpilih dan selanjutnya dilakukan Home Pharmacy Care.
ABSTRACT
Pharmacist professional practice in Kimia Farma Pharmacy no. 352 Depok was conducted for prospective pharmacists to understand the role, duties and responsibilities of pharmacists in Pharmacy in accordance with the provisions of the pharmaceutical care standard in Pharmacy. It is also expected that prospective pharmacists understand the duties and responsibilities of Pharmacist Manager of Pharmacy both technically and non technical pharmacy in accordance with the provisions of applicable legislation and ethics. In doing pharmaceutical care, pharmacy officer must follow the stages in prescription service procedure. On special assignment, performed the activities of home pharmacy services Home Pharmacy Care in asthma patients. Home Pharmacy Care is performed by counseling and telefarma in advance to selected chronic patients and subsequently performed Home Pharmacy Care
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizia Arifianti
Abstrak :
ABSTRAK
Kegiatan praktek kerja profesi di RSAB Harapan Kita dilakukan agar calon apoteker mampu memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di rumah sakit sesuai dengan ketentuan standar pelayanan farmasi di rumah sakit. Selain itu juga, diharapkan agar calon apoteker mempelajari mengenai struktur rumah sakit, instalasi farmasi, serta jenis pelayanan yang tersedia di rumah sakit. Dalam melakukan pelayanan kefarmasian, petugas depo farmasi wajib mengikuti rangkaian tahap pelayanan resep sesuai prosedur. Pada tugas khusus, dilakukan analisis Drug Related Problem DRP pada neonatus prematurium yang menderita Respiratory Distress Syndrome. Analisa dilakukan dengan melihat rekam medis dan catatan perkembangan pasien, mengamati perkembangan pasien selama 5 hari dan melakukan analisis Drug Related Problem DRP pada pasien dengan cara melakukan SOAP.
ABSTRACT
Pharmacist professional practice in RSAB Harapan Kita was conducted for prospective pharmacists to understand the role, duties and responsibilities of pharmacists in hospitals in accordance with the provisions of the pharmaceutical care standard in hospitals. It is also expected that the prospective pharmacist learned about the structure of the hospital, pharmacy, as well as the types of services provided in hospitals. In doing pharmaceutical care, pharmacy officer must follow the stages in prescription service procedure. On special assignment, Drug Related Problem on Prematorium Neonates who suffer from Respiratory Distress Syndrome was analyzed. Analysis was done by view medical records and patient development records, observe patient progress for 5 days and Drug Related Problem analysis with SOAP.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Nur Azizia Arifianti
Abstrak :
ABSTRAK
Kegiatan praktek kerja profesi di Puskesmas Kecamatan Pancoran dilakukan agar calon apoteker mampu memahami peranan, tugas, dan tanggung jawab apoteker di puskesmas sesuai dengan ketentuan standar pelayanan farmasi di puskesmas. Selain itu juga, diharapkan agar calon apoteker mempelajari mengenai strategi dan pengembangan praktek profesi di puskesmas. Dalam melakukan pelayanan kefarmasian, petugas depo farmasi wajib mengikuti rangkaian tahap pelayanan resep sesuai prosedur. Pada tugas khusus, dilakukan pelayanan penyuluhan Diabetes Melitus tipe 2. Penyuluhan dilakukan dengan cara mengumpulkan pasien Diabetes Melitus Tipe 2 dan dengan menggunakan powerpoint untuk menjelaskan materi Diabetes Melitus tipe 2.
ABSTRACT
Pharmacist professional practice in Community Health Clinic Pancoran District was conducted for prospective pharmacists to understand the role, duties and responsibilities of pharmacists in Community Health Clinic in accordance with the provisions of the pharmaceutical care standard in Community Health Clinic. It is also expected that the prospective pharmacist learned about strategy and development professional practice in Community Health Clinic. In doing pharmaceutical care, pharmacy officer must follow the stages in prescription service procedure. On special assignment, conducted type 2 diabetes mellitus counseling service. The counseling is done by gathering Diabetes Mellitus Type 2 patient and by using powerpoint to explain the material of Type 2 Diabetes Mellitus.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2017
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Yanuar Indah Pratiwi
Abstrak :
Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Waktu pelayanan yang baik berhubungan dengan kepuasan pelanggan, sehingga rumah sakit harus dapat mengontrol waktu pelayanan untuk mencapai kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis alur pelayanan resep rawat jalan di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) sehingga pelayanan dapat memenuhi standar waktu tunggu obat. Waktu tunggu pelayanan resep di Depo Farmasi Rawat Jalan RSUI untuk obat jadi pada bulan Maret dan April berturut-turut sebesar 41,52% dan 45,67%, sementara untuk obat racik sebesar 54,22% dan 61,67%. Dimana hasil tersebut masih belum memenuhi standar waktu tunggu obat jadi yaitu ≤ 30 menit dan obat racik yaitu ≤ 60 menit. Oleh karena itu, alternatif solusi untuk menurunkan waktu tunggu pelayanan obat dapat dilakukan dengan memperbaiki alur pelayanan resep yaitu pada tahap pembayaran pasien umum, penyerahan berkas BPJS/Asuransi lain, konfirmasi resep, pengkajian dan verifikasi resep, pemisahan resep, dan verifikasi obat. ......A hospital is a health service institution that provides plenary individual health services that include inpatient, outpatient, and emergency services. Good service time is related to customer satisfaction, so hospitals must be able to control service time to achieve patient satisfaction. The purpose of this study is to analyze the flow of outpatient prescription services at the University of Indonesia Hospital (RSUI) so that services can meet drug waiting time standards. The waiting time for prescription services at the RSUI Outpatient Pharmacy Depot for finished drugs in March and April was 41.52% and 45.67%, respectively, while for mixed drugs it was 54.22% and 61.67%. These results still do not meet the standard waiting time for finished drugs, which is ≤ 30 minutes, or mixed drugs, which is ≤ 60 minutes. Therefore, alternative solutions to reduce waiting times for drug services can be found by improving the flow of prescription services, namely at the stages of general patient payment, submission of BPJS or other insurance files, prescription confirmation, prescription assessment and verification, prescription separation, and drug verification.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sekar Ayu Kinasih
Abstrak :
Apotek merupakan sarana atau fasilitas pelayanan kefarmasian tempat dilakukan praktek kefarmasian oleh apoteker. Salah satu pelayanan kefarmasian yang dilakukan di apotek adalah pelayanan resep. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, lama waktu pelayanan Resep antara 15-30 menit. Berdasarkan SOP Apotek Kimia Farma, waktu tunggu pasien resep non racikan adalah antara 5-10 menit. Untuk mengevaluasi mutu pelayanan resep di apotek, perlu dilakukan perhitungan durasi waktu tunggu pelayanan resep. Hingga saat ini, waktu tunggu pelayanan resep masih menjadi masalah. Hal tersebut terjadi karena kurangnya efisiensi waktu pelayanan yang dilakukan oleh Apoteker maupun tenaga teknis kefarmasian (TTK) dan antrian pasien yang hendak menebus resep di apotek. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis waktu tunggu pelayanan resep di apotek untuk mencapai kepuasan pasien terhadap pelayanan resep di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Penelitian dilakukan dengan metode observasi. Observasi dilakukan terhadap resep kredit dan resep tunai pasien di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, rata-rata waktu pelayanan resep kredit di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia adalah 17 menit, sedangkan rata-rata waktu pelayanan resep kredit di Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia adalah 6 menit. Rata-rata waktu pelayanan tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Namun, rata-rata waktu pelayanan resep kredit tidak sesuai dengan SOP Apotek Kimia Farma. ......Pharmacy/drugstore is a pharmaceutical service facility or facility where pharmacists practice pharmacy. One of the pharmaceutical services carried out in a pharmacy is a prescription service. Based on Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016, prescription service time is between 15- 30 minutes. Based on the SOP of Apotek Kimia Farma, the waiting time for non- concoction prescription patients is between 5-10 minutes. To evaluate the quality of prescription services in pharmacies, it is necessary to calculate the waiting time for prescription services. Until now, the waiting time for prescription services is still a problem. This happens due to the lack of time efficiency for services performed by pharmacists and pharmaceutical technical personnel (TTK) and the queues of patients who want to redeem prescriptions at the pharmacy. Therefore, it is necessary to analyze the waiting time for prescription services at the pharmacy to achieve patient satisfaction with prescription services at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. The research was conducted by observation method. Observations were made on credit prescriptions and cash prescriptions for patients at the Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia. Based on the results of the analysis that has been carried out, the average credit prescription service time at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia is 17 minutes, while the average credit prescription service time at Apotek Kimia Farma Cahaya Amalia is 6 minutes. The average service time is in accordance with Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 35 Tahun 2014 concerning Pharmaceutical Service Standards in Pharmacies. However, the average credit prescription service time is not in accordance with the SOP of Kimia Farma Pharmacy.
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>