Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jakarta: FIS-UI, 1982
378.008 UNI b (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ani Silvia
"ABSTRAK
Sebagai lembaga pendidikan pada jenjang menengah, SMA Muhammadiyah 4 memiliki peran penting untuk melakukan pemetaan potensi unggul peserta didiknya. Pada jenjang ini, mereka diharapkan telah menyelesaikan pengenalan minat dan bakatnya dalam bidang tertentu sehingga dapat fokus memilih program studi yang sesuai dengan minat dan bakat mereka masing-masing. Memiliki target yang jelas akan membuat siswa lebih termotivasi untuk mengoptimalkan nilai akademiknya sebagai persiapan menuju program studi yang diminati. Untuk itu, sekolah memerlukan pemetaan potensi unggul agar mampu mencapai visi dan misi yang sudah ditetapkan sekolah. Melalui test minat dan bakat serta seminar yang diselenggarakan oleh tim dosen FEB-UHAMKA dalam rangka pengabdian melalui program kemitraan masyarakat diharapkan dapat membantu pihak sekolah untuk melakukan pemetaan ini. Pemetaan potensi unggul dilakukan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul karena memiliki expertise di bidang spesifiknya masing-masing. Tanpa pemetaan, sekolah adalah expenses atau biaya yang akan hilang begitu saja. Sebaliknya, dengan melakukan talent mapping, sekolah akan menjadi investasi yang memberikan manfaat baik bagi individu itu sendiri maupun bagi lingkungan yang lebih luas lagi."
Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, 2018
300 SYU 1:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Yunus Winoto
"Penamaan program studi dan penyebutan gelar lulusan untuk pendidikan tinggi perpustakaan di Indonesia masih beragam. Keluarnya regulasi baru, yakni Permen Ristek Dikti Nomor 15 Tahun 2017 dan Kepmen Ristek Dikti nomor 257 tahun 2017 tentang penamaan program studi dan sebutan gelar pada pendidikan tinggi di Indonesia akan memberikan dampak yang signifikan terhadap pembenahan nama program studi pada pendidikan tinggi di Indonesia, termasuk dalam hal ini pendidikan tinggi perpustakaan. Adanya regulasi baru tentang penamaan program studi ini, khususnya untuk pendidikan perpustakaan, museum dan kearsipan memberikan kejelasan mengenai rumpun ilmu, yaitu rumpun ilmu informasi. Oleh karena itu, keluarnya peraturan tersebut (Permen Ristek Dikti No. 15 dan Kepmen Ristek Dikti No. 257 Tahun 2017) perlu disikapi dengan segera karena setiap perguruan tinggi wajib melakukan penyesuaian nama program studi sesuai dengan yang tercantum dalam nomenklatur selambat-lambatnya satu (1) tahun setelah peraturan tersebut diterbitkan."
Jakarta: Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi, 2018
020 VIS 20:2 (2018)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Vanya Aprilia
"Bahasa adalah sistem tanda bunyi yang disepakati untuk dipergunakan oleh para anggota kelompok masyarakat tertentu dalam bekerja sama, berkomunikasi, dan mengidentifikasi diri. Seiring dengan perkembangan teknologi dan meluasnya ilmu pengetahuan banyak masyarakat tertarik untuk belajar bahasa asing. Ketika belajar bahasa asing, pelajar diharapkan mampu untuk menguasai berbagai kemampuan dalam berbahasa, seperti gramatika atau tata bahasa. Dalam bahasa Belanda, terdapat unsur tata bahasa yang harus dipelajari, yaitu artikel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan artikel dalam bahasa Belanda oleh mahasiswa tingkat dua dan tiga Program Studi Belanda tahun ajar 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data yang berasal dari hasil pengerjaan soal mengenai artikel yang dilakukan oleh dua puluh mahasiswa Program Studi Belanda tingkat dua dan tiga tahun ajar 2023/2024. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Belanda tingkat tiga melakukan kesalahan lebih banyak dalam penggunaan artikel dalam bahasa Belanda dibandingkan mahasiswa tingkat dua terutama pada artikel indefiniteen, yaitu sebesar 62%.

Language is an agreed-upon system of sound symbols used by members of a specific community to collaborate, communicate, and identify themselves. With the development of technology and the expansion of knowledge, many people are interested in learning a foreign language. When learning a foreign language, learners are expected to master various language skills, such as grammar. In the Dutch language, there is a grammatical aspect that needs to be learned, namely articles. This research aims to understand the use of articles in the Dutch language by second and third-year students of the Dutch Language Program in the academic year 2023/2024. The research uses a descriptive qualitative method with data derived from the results of article-related exercises conducted by 20 second and third-year students of the Dutch Language Program in the academic year 2023/2024. The results of this research indicate that third-year Dutch Studies students make more mistakes in the use of articles in the Dutch language compared to second-year students, especially with the indefinite article "een" by 62%."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Musthafa Amran Khoir
"Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya pemahaman mendalam mengenai persepsi mahasiswa Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Indonesia (PSIP UI) terhadap pustakawan, perpustakaan, dan bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif dan inferensial, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi persepsi dan faktor-faktor yang memengaruhi persepsi serta ketertarikan mahasiswa terhadap bidang tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring yang melibatkan 180 mahasiswa PSIP UI dari angkatan 2021 hingga 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun mahasiswa memiliki persepsi positif terhadap pustakawan dalam hal keahlian profesional dan keterampilan teknologi, aspek kebahagiaan dan stabilitas finansial pustakawan dipersepsikan lebih rendah. Perpustakaan dipandang sebagai institusi penting meskipun membutuhkan pembaruan fasilitas teknologi dan koleksi. Responden juga menyoroti prospek karier yang menjanjikan dari bidang ilmu perpustakaan dan informasi, meskipun bukan menjadi pilihan utama sebagian besar responden saat mendaftar perguruan tinggi. Hubungan yang sedikit signifikan (p=0.049) ditemukan antara angkatan mahasiswa dengan persepsi terhadap pustakawan, tetapi tidak dengan persepsi terhadap perpustakaan dan bidang ilmu perpustakaan dan informasi. Penelitian ini merekomendasikan penyesuaian kurikulum dan nama program studi, penguatan peran pustakawan, dan modernisasi fasilitas perpustakaan untuk meningkatkan daya tarik dan relevansi bidang ini di era digital.

. This study is motivated by the need for an in-depth understanding of the perceptions of students in the Library Science Program at Universitas Indonesia (PSIP UI) regarding librarians, libraries, and the field of Library and Information Science. Using a descriptive and inferential quantitative approach, this research aims to identify factors influencing students' perceptions and interests in the field. Data were collected through an online questionnaire involving 180 PSIP UI students from the 2021 to 2024 cohorts. The results indicate that while students have positive perceptions of librarians in terms of professional expertise and technological skills, aspects of happiness and financial stability among librarians are perceived lower. Libraries are viewed as important institutions, though they require updates in technological facilities and collections. Respondents also highlighted promising career prospects in the field of Library and Information Science, although it was not the primary choice for most respondents when enrolling in higher education. A slightly significant relationship (p=0.049) was found between student cohorts and their perceptions of librarians, but not with perceptions of libraries or the field of study. This study recommends curriculum adjustments and program rebranding, strengthening the role of librarians, and modernizing library facilities to enhance the field's appeal and relevance in the digital era."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2025
TA-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
cover
Malisi, Sibroh
"Dalam proses pendidikan tenaga medis melalui fakultas kedokteran diperlukan suatu wadah sebagai rumah sakit lahan pendidikan. RS Islam Jakarta di pilih sebagai salah satu lahan pendidikan tenaga kedokteran oleh Fakultas Kedokteran Universitas YARSI sejak tahun 1996 melalui suatu kerjasama dengan menggunakan Piagam Kesepakatan.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif melalui pendekatan studi kasus Piagam Kesepakatan dengan melakukan telaah dokumen, pengisian kuesioner wawancara mendalam, dan obervasi pada 4 (empat) SMF, yakni SMF Anak, Bedah, Interna dan Kebidanan dan Kandungan, Pimpinan Rumah Sakit dan Pimpinan Fakultas Kedokteran. Fokus analisis penelitian ini adalah pada Piagam Kesepakatan Peserta PSPD, Dosen, Organisasi, buku Panduan, Pelaksanaan dan Evaluasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Piagam Kesepakatan pada dasarnya sudah memadai dari aspek isi. Analisis peserta menunjukkan bahwa jumlah peserta sudah memadai untuk tiap bagian, hanya terlihat kecenderungan peserta yang makin lama makin menurun. Sedangkan analisis dosen menunjukkan bahwa ratio peserta dosen sudah sangat memadai. Analisis organisasi menunjukkan kurangnya kooordinasi dan tumpang tindihnya uraian Analisis organisasi menunjukkan kurangnya koordinasi dan tunpang tindihnya uraian tugas. Perlunya sosialisasi buku panduan, perlunya dilakukan evaluasi secara berkala selama tiap 6 bulan dalam menilai kerjasama yang telah berlangsung selama ini.
Di sarankan agar Piagam Kesepakatan ini dapat segera di perbaharui, melengkapi SMF untuk pendidikan kedokteran sambil meningkatkan koordinasi dan evaluasi proses PSPD di RS Islam Jakarta.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipakai sebagai masukan untuk RS Islam Jakarta dan FK Universitas YARSI, dalam mengembangkan fungsi serta peranannya untuk pendidikan dan pelayanan kepada masyarakat.

A teaching hospital is needed by a Medical Faculty to provide education for medical students in a clerkship stage. Jakarta Islamic Hospital is among one of the teaching hospital of Medical Faculty YARSI University, since 1996 through a cooperation agreements using a Memorandtun of Understanding (MoU).
The design of the research is a qualitative with systematic approach through a case study of the MoU, document reviews, using in-depth interview, andobservation on 4 (four) SMF i.e.: Pediatrics, Surgery, Intern, Obstetrics & Gynecology, Hospital director and Dean of the Medical Faculty.. The focus of this analysis is on the MoU, the students, the lecturer, Organization, Medical Guidance Book, Implementation and Evaluation.
The result of this study showed that the analysis of the MoU and the students basically are suitable, although there were a decreasing trend toward less number. The radio between students and the lecturers were appropriate. And the organizational analysis showed that it needs more, the socialization ofthe Medical guidance book, and periodic evaluation.
The author suggested that the Memorandum of Understanding should be revised soon, to complete the mimber of the SMFs for clerkship, while increasing the coordination and evaluation of the clerkship process in Jakarta Islamic Hospital.
The result of this study hopefully could be used as an input to the Jakarta Islamic hospital and the Medical Faculty of YARSI University in improving its function and role for education and services towards the people.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2000
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Leli Dwirika
"ABSTRAK
Penelitian mengenai alih kode telah dilakukan di lingkungan mahasiswa Program Studi Jerman FSUI dengan tujuan untuk memperkenalkan teori-teori yang berkaitan dengan alih kode, kemudian menerapkan teori-teori tersebut untuk menganalisa alih kode yang terjadi di lingkungan mahasiswa Program Studi Jerman FSUI. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian empiris yang berbentuk studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan perekaman secara langsung percakapan-percakapan mahasiswa.
Hasilnya menunjukkan bahwa alih kode di lingkungan mahasiswa Program Studi Jerman FSUI terjadi baik dalam situasi resmi maupun tidak resmi untuk dan karena alasan yang berbeda. Kemampuan berbahasa Jerman mereka berpengaruh terhadap terjadinya alih kode terutama jika mereka sedang bercakap-cakap dalam bahasa Jerman. Adanya kesalahan-kesalahan atau penyimpangan-penyimpangan dari kaidah-kaidah bahasa Jerman disebabkan karena bahasa Indonesia sebagai bahasa ibu masih berpengaruh pada diri mereka. Beralih kode tidak untuk tujuan merusak bahasa, dalam hal inl mencampurbaurkan kedua bahasa, tetapi hanya untuk alasan seperti karena tidak ada padanan kata atau ungkapan yang tepat atau agar pembicaraan kita tidak dimengerti oleh orang lain.

"
1989
S14796
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Budiharto Sanusi
"Budiharto Sanusi. Analisis Sitiran Tesis Program studi Obstetri dan Ginekologi Fakultas Pascasarjarna Universitas Indonesia tahun 1985-1991. (di bawah bimbingan Bapak Sulistyo Basuki) Fakultas Sastra Universitas Indonesia, 1993. Penelitian mengenai analisis sitiran tesis program stusi obstetri dan ginekologi dari tahun 1885-1991 pada perpustakaan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dilakukan pada bulan September 1992. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menghitung sitiran jenis literatur yang digunakan dalam penulisan tesis Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia. Dari segi pemanfaatan majalah ilmiah dihitung majalah yang paling sering digunakan, usia, negara penerbit, serta, bahasa majalah. Hasil menujukkan bahwa majalah merupakan sumber yang paling disitir dalam penulisan tesis (61-73 %). Majalah yang paling sering digunakan adalah American Journal of Obstetrics and Gynaecology disitir sebanyak 451 kali. Usia majalah yang paling banyak digunakan berkisar diantara 4-8 tahun. Negara penerbit yang majalahnya paling banyak disitir adalah Amerika, diikuti Inggris dan Indonesia. Bahasa majalah yang paling banyak digunakan adalah bahasa Inggris. Kesimpulannnya antara lain selain majalah, terdapat dokumen lainnya seperti monograf, laporan penelitian, kertas kerja pertemuan ilmiah, serial, yang juga merupakan sumber infomasi yang cukup panting dalam penulisan tesis."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 1993
S15181
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Clarina Yosi Pratiwi
"Penguasaan seseorang terhadap bahasa asing membutuhkan proses pembelajaran yang berbeda dari pemerolehan bahasa ibu. Proses pembelajaran bahasa asing bertujuan agar seseorang dapat menggunakan kemahiran berbicaranya secara benar dan efektif dalam berkomunikasi. Pelajar yang mempelajari bahasa asing berpotensi menemukan konstruksi tata bahasa asing yang berbeda atau bahkan tidak ada di bahasa ibunya. Salah satu bentuk aturan tersebut adalah kala lampau dalam bahasa Belanda yang dipelajari oleh mahasiswa Program Studi Belanda Universitas Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kala lampau pada kemahiran berbicara mahasiswa Program Studi Belanda Universitas Indonesia yang lulus level B1 CNaVT Tahun 2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan data berupa transkrip rekaman audio tujuh mahasiswa Program Studi Belanda level B1 CNaVT Tahun 2023 yang dianalisis menggunakan kaidah penggunaan dan bentuk kala lampau menurut Haeseryn W. et. al. (1997). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Program Studi Belanda level B1 CNaVT Tahun 2023 masih melakukan kesalahan penggunaan dan bentuk pada kala lampau imperfectum, perfectum, maupun plusquamperfectum.
Foreign language proficiency requires a different learning process than mother tongue acquisition. Students who learn a foreign language have the potential to find foreign grammatical constructions that are different or even non-existent in their native language. One of these rules is the past tense in Dutch studied by students of the Dutch Studies Program at the University of Indonesia. This study aims to find out the use of past tense in the speaking proficiency of Dutch Study Program students at the University of Indonesia level B1. This research uses descriptive qualitative method with data in the form of transcripts of audio recordings of seven Dutch Study Program students at level B1 which are analyzed using the rules of use and past tense according to Haeseryn W. et. al. (1997). The result of this study shows that the B1 level Dutch Study Program students still make mistakes in the usage and form of the past tense imperfectum, perfectum, and plusquamperfectum."
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>