Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 12 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Newman, Barbara M.
Boston: Cengage Learning, 2018
155 NEW d
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ashford, Jose B.
Belmont California: Wadsworth, 2001
302 ASH h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Crandell, Thomas L.
New York: McGraw-Hill, 2012
155 CRA h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Ashford, Jose B.
Boston: Cengage Learning, 2018
302 ASH h
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Sri Hartati Dewi Reksodiputro
Jakarta: UI-Press, 2005
PGB 0392
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
cover
Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1981
S2063
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Etha Damai Kamulyan
Abstrak :
Penelitian ini merupakan studi mengenai pencapaian identitas yang ditemui melalui pengalaman dengan yang asing atau yang berbeda. Terdapat tiga jenis konsep asing yang diteliti, yaitu ciri fisik, lingkungan yang berbeda, dan pandangan terhadap dunia luar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat pertemuan tokoh utama Maik dalam roman Tschick 2010 dengan berbagai konsep asing yang membantunya dalam pencapaian identitas diri sebagai seorang remaja. Data dianalisis dengan teori Alterit t und Identit t dan perkembangan psikologi tahap adolesen. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pembelaan terhadap konsep asing, yang mampu membantu tokoh utama dalam mencapai identitas dirinya sebagai remaja yang tidak mampu didapatkan melalui lingkungan yang dikenalnya. ...... This research is about identity achievement of the main character Maik in Tschick 2010 through the experience of meeting foreignness or otherness. The concept of foreigness that is analysed are physical characteristic, unfamiliar environment and view of the world. The purpose of this study is to see the experience of the main character Maik meeting with the foreignness that helps him achieving his identity as a teen adolescence. The data is analysed by using Wolfgang Raible 39s theory WAlterit t und Identity and developmental psychology. The method that is used in this research is qualitative with library search. The outcome of this research shows that there is an advocacy of the concept foreignness, which plays as the medium of main character Maik identity achievement as adolescence, that he cannot get in the familiar environment of his.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jakarta: Penerbit Ui-Press, 2001
155 BUN
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Miller, Patricia H.
New York: W. H. Freeman and Company, 1983
155 MIL t
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mulyono Gandadiputra
Abstrak :

Perkenankanlah saya pertama-tama memanjatkan puji syukur ke hadhirat Allah SWT atas kurnia dan rahmat-Nya meridhoi kita untuk hadir berkumpul di sini dan kepada saya untuk menyampaikan pidato pengukuhan sebagai Guru Besar Tetap dalam mata pelajaran Psikologi pada Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.

Gagasan saya untuk memilih judul pidato yang berbunyi "Psikologi dan pembentukan kepribadian yang terintegrasi" timbul pertama-tama dari pengenalan saya sebagai seorang tenaga pengajar dalam bidang yang bersibuk diri dengan permasalahan hidup manusia dalam suatu negara berkembang yang sedang membangun. Seorang tenaga pengajar dari suatu universitas di negara ini hidup dalam dunia pendidikan. Ia memperoleh beban tugas untuk mendidik mahasiswa sebagai manusia muda dalam masyarakat yang sedang berkembang dengan dasar-dasar pendidikan tertentu dan arah tujuan yang tertentu pula. Tugas ini tentu akan terasa sangat berat bila pandangan diarahkan pada sifat manusia yang kompleks dan hidup dalam masyarakat yang kompleks pula.

Dalam kesempatan ini perkenankanlah saya mengemukakan pandangan-pandangan tentang asumsi-asumsi mengenai manusia, tentang pendidikan, dan tentang prospek pendidikan psikologi di Indonesia. Pandangan-pandangan yang saya kemukakan ini beranjak dari bahan-bahan bacaan, pembicaraan-pembicaraan dalam berbagai forum dan dari pengalaman pribadi selama ini.

Psikologi dewasa ini telah dianggap sebagai suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri dilihat dari sudut metodologi penelitian dan sifat keilmiahannya serta dianggap sebagai salah satu ilmu yang perlu bekerja sama dengan disiplin-disiplin ilmu lainnya dalam menelaah obyek studinya yang dikenal kompleks, yaitu manusia. Di samping itu, psikologi dewasa ini telah dianggap sebagai teknologi yaitu menggunakan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan untuk menolong manusia mengatasi permasalahan-permasalahan hidup yang dihadapinya. Dewasa ini banyak sarjana yang nafkahnya tergantung pada bidang psikologi atau salah satu bidang daripadanya. Karenanya, psikologi dewasa ini telah dianggap pula sebagai suatu profesi.

Psikologi merupakan suatu disiplin ilmu yang bersibuk diri dengan manusia. Berbagai macam teori telah diciptakan untuk menggarap kemampuan akal dan penggunaannya dalam kehidupan manusia, misalnya teori Spearman (1927), teori Piaget (1952), teori Guilford (1956) dan lain lain. Pribadi manusia juga merupakan suatu potensi yang dapat dikembangkan untuk kepentingan manusia dan lingkungannya. Sejak dari Aristoteles sampai pada Bloom, bahkan sampai dengan sekarang ini orang telah mengetahui bahwa secara teoritis semua potensi manusia dapat dikategorikan pada apa yang disebut : (1) Cognitive Psychomotor Domain (Kawasan Psiko-Gerak) yang dalam percakapan Domain (Kawasan Akal), (2) Affective Domain (Kawasan Perasaan), dan (3) kita sehari-hari barangkali sejalan dengan apa yang disebut cipta, rasa, karsa.

Jakarta: UI-Press, 1982
PGB 0394
UI - Pidato  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>