Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 4 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Jongkey Mulia
"Penerapan konsep pull strategy pada digital marketing UMKM di Indonesia pada saat pandemi Covid-19 bertujuan untuk memberikan alternatif pengembangan strategi penetrasi target segmen baru potensial demi peningkatan penjualan. ROTI DOTI sebagai subjek studi memproduksi roti tawar untuk kuliner roti bakar khas Bandung sejak tahun 2018, berlokasi di Jalan Lumbu Timur Raya, Rawalumbu, Bekasi. Pandemi Covid-19 berdampak buruk pada penurunan menerus kapasitas produksi dan tentu penjualan, untuk itu UMKM memerlukan solusi terbaik untuk mempertahankan keberlangsungan usaha. Lebih lanjut studi mencoba pendekatan riset kualitatif dengan analisis deskriptif menggunakan model pengumpulan data seperti wawancara, observasi dan literatur berdasarkan dokumentasi serta tinjauan pustaka. Selanjutnya, review proses bisnis, business model canvas, internal-external factors analysis, PESTEL, Porter’s 5 Forces, Service Marketing Mix, STP, SWOT, TOWS, gap analysis dan kontribusi pareto memberikan perspektif lain untuk studi dalam hal pemberdayaan ekosistem digital sebagai prioritas cara terbaik meningkatkan penjualan produk. Pada akhir studi dapat disampaikan bahwa, tujuan besar penelitian telah tercapai, lewat implementasi konsep pull strategy dalam pemasaran produk pada ekosistem digital, baik media sosial ataupun e-commerce, saat ini UMKM telah memiliki konsumen pedagang roti bakar khas Bandung skala besar sebagai target market baru, kondisi ini memberikan dampak positif secara signifikan pada peningkatan omzet penjualan produk yang dengan efektif dan efisien juga merupakan sebuah alternatif terbaik ketimbang harus bergantung dengan pemasaran konvensional melalui penambahan jumlah mitra pedagang keliling yang sudah tidak lagi populer dewasa ini

Pull strategy concept implementation on MSME’s digital marketing in Indonesia during Covid-19 pandemic aims to establish a new target market penetration strategy for sales improvement. ROTI DOTI as the object of study, produce Bandung toast white bread since 2018, located on Jalan Lumbu Timur Raya, Rawalumbu, Bekasi. The Covid-19 pandemic has decreased the production capacity and of course, the revenue itself. Therefore, MSME needs a quick solution to maintain the business continuity. Further study carries out qualitative research with descriptive analysis methods using data collection models such as interviews, observations, and literature reviews. Later, business process review, business model canvas, internal-external factors analysis, PESTEL, STP, Porter’s 5 Forces, Service Marketing Mix, SWOT, TOWS, gap analysis and pareto contribution give a perspective for this study to develop the exploration
of digital ecosystem as priority for a better way in order to improve the sales revenue. In the end of study, we found that implementation of pull strategy concept on MSME’s digital platform could acquire non-retail consumers as new target market and became an alternative to gain the sales revenue better than recruit more peddler. From the implementation, it can be conveyed that, effectively and precisely, the objectives of study have been achieved, ROTI DOTI now has several large-scale customers from other Bandung toast dealers who are the
new target market for MSME, acquiring these new customers gave real contribution to increase sales revenue, as the result of the efforts to improve the pull strategy concept in product marketing through the digital ecosystem,
both social media and e-commerce for being the best alternative way.
"
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Cut Fairuz Rifat Zulkarnain
"Aespa merupakan girl group K-Pop dibawah naungan SM Entertainment sebagai agensi hiburan Korea Selatan, yang menggunakan konsep unik yaitu konsep futuristik. Penulisan makalah ini bertujuan untuk menggambarkan terkait strategi marketing public relations yang dilakukan SM Entertainment dalam membentuk brand image aespa sebagai girl group K-Pop futuristik dengan menerapkan push and pull strategy. Dalam konteks industry K-Pop yang sangat kompetitif, SM Entertainment berupaya membentuk brand image aespa yang unik, untuk menciptakan daya tarik yang membedakan aespa dari grup-grup K-Pop lainnya dan meningkatkan daya tarik di mata audiens. Push and pull strategy yang dilakukan oleh SM Entertainment menggunakan beberapa tools marketing public relations untuk mendapat hasil maksimal, yaitu publikasi, special events, dan identitas media. Penggabungan tools marketing public relations dalam penerapan push and pull strategy merupakan upaya untuk meningkatkan brand image aespa yang lebih kuat.

Aespa is a K-pop girl group under the management of SM Entertainment, a South Korean entertainment agency, known for its unique futuristic concept. This paper aims to illustrate the marketing public relations strategies employed by SM Entertainment in shaping aespa’s brand image as a futuristic K-pop girl group through the implementation of push and pull strategies. Within the highly competitive K-pop industry, SM Entertainment strives to establish aespa’s unique brand image to create an appeal that distinguishes them from other K-pop groups and enhances their attractiveness to the audience. The push and pull strategies implemented by SM Entertainment utilize several marketing public relations tools to achieve optimal results, including publications, special events, and media identity. The integration of these marketing public relations tools in the application of push and pull strategies reflects a concerted effort to strengthen aespa’s brand image further. "
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Kayla Jashiraz
"Penulisan ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing public relations berupa implementasi pull strategy dalam aktivasi event terhadap luxury brand dalam serial TV “Emily in Paris” musim 1. “Emily in Paris” merupakan serial TV milik Netflix bertema marketing dan luxury dengan Emily Cooper sebagai karakter utamanya. Data dikumpulkan melalui content analysis pada serial TV melalui platform Netflix dan analisis data dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif. Berdasarkan hasil analisis, Emily berhasil mempertahankan brand reputation melalui implementasi aktivasi event dengan fokus peningkatan awareness, buzz, dan earned media value, bersamaan strategi pull dengan gaya komunikasi sebagai pola penarik utama. Penggabungan kedua elemen tersebut menjadi kombinasi strategi komunikasi yang efektif dan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam memperkuat reputasi luxury brand.

This writing aims to analyze the marketing public relations strategy by implementing a pull strategy in event activation for luxury brands in the TV series "Emily in Paris" season 1. "Emily in Paris" is a Netflix TV luxury marketing themed series with Emily Cooper as the main character. Data is collected through content analysis via the Netflix platform and data analysis is explained using a descriptive approach. Based on the results of the analysis, Emily succeeded in maintaining the brand reputation through implementing event activation with a focus on increasing awareness, buzz, and earned media value, in addition to pull strategy with communication style as the main pulling pattern. Combining these two elements creates an effective combination of communication strategies that make a significant contribution in strengthening the reputation of luxury brands."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2024
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Timotius Denis
"Kopi adalah komoditas utama yang dimiliki Indonesia, dimana peluang bagi para pelaku UKM untuk berusaha di industri ini cukup besar. Namun kenyataannya, setiap UKM, termasuk Orins Coffee, seringkali mengalami kendala dalam mengelola usaha nya, salah satunya yaitu strategi pemasaran. Masalah yang akan dibahas pada penulisan ini yaitu bagaimana upaya yang dapat dilakukan oleh Orins Coffee untuk dapat menjawab tantangan usaha dan mengakselerasi pertumbuhan usahanya. Berbagai strategi yang dilakukan untuk mengakuisisi konsumen akan dibahas lebih lanjut. Dalam penelitian ini akan dijelaskan mengenai strategi yang dapat digunakan oleh Orins Coffee dalam membantu pertumbuhan usahanya. Salah satu strategi yang digunakan yaitu dengan metode penjualan tidak langsung melalui program Dropship/Reseller yang akan membantu Orins Coffee dalam melakukan penetrasi produk. Disisi lain hal paling penting adalah penerapan Push-Pull Strategy yang dalam implementasinya bertujuan untuk meningkatkan awareness konsumen terhadap produk Orins Coffee. Dalam kasus ini akan dijelaskan pula bagaimana digital marketing dapat membantu mempromosikan produk. Kerangka utama dari penelitian ini adalah Costumer Decision Journey, bagaimana cara kita membuat konsumen aware dan mempertimbangkan produk Orins Coffee, mengevaluasinya sampai memutuskan untuk membeli produk tersebut.

Coffee is Indonesias main commodity, opportunities for SMEs are quite high in this industry. But in reality SMEs, especially Orins Coffee, are still experiencing difficulties in managing their businesses, one of which is the obstacle in marketing strategy. In this paper we will explain the strategies that Orins Coffee can use to help grow its business. The strategy used is to create an Indirect Channel by dropship/reseller scheme to help Orins Coffee in penetrating the market. Besides that, Push-Pull Strategy is also applied so that consumer awareness of Orins Coffee products increases. In this case coffee consumers will use digital marketing to help promote their products. The main framework of this research is about Costumer Decision Journey, how to make consumer consider about Orins Coffee product and let them evaluate until converted to the purchasing decision."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53696
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library