Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 16 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Githa Ayu Hadirani
"Frekuensi peresepan obat racikan di Indonesia masih tinggi. Indonesia belum memiliki standar pembuatan obat racikan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kualitas pelayanan kapsul racikan, keseragaman bobot, dan cemaran mikroba pada kapsul racikan. Sampel sebanyak 15 apotek diambil secara random dari total populasi apotek di Jakarta. Evaluasi kualitas pelayanan dilakukan dengan metode observasi melalui penebusan resep 30 kapsul racikan (bromheksin, klorfeniramin maleat, teofilin) pada masing-masing apotek. Parameter yang diamati adalah harga, waktu tunggu, pemberi informasi, dan informasi yang diberikan. Evaluasi keseragaman bobot kapsul racikan dilakukan berdasarkan keseragaman bobot kapsul (Farmakope Indonesia edisi III). Pengujian cemaran mikroba meliputi Angka Lempeng Total dan Angka Kapang Khamir dengan persyaratan menurut USP 30/NF 25 pada sediaan nonsteril, serta identifikasi bakteri patogen menggunakan media selektif (Cetrimide, Salmonella Shigella Agar, Eosin Methylen Blue, dan Manitol Salt Agar). Hasil evaluasi kualitas pelayanan resep kapsul racikan menunjukkan adanya variasi harga obat (Rp 34.000,- − Rp 115.000,-) dan waktu tunggu pasien (19-65 menit) antar apotek. Sebagian besar pemberian informasi bukan dilakukan oleh apoteker. Informasi obat yang diberikan masih terbatas. Kapsul racikan dari 3 apotek memenuhi syarat keseragaman bobot. Cemaran bakteri patogen tidak ditemukan pada seluruh sampel. Sebagian besar kapsul racikan memenuhi persyaratan jumlah bakteri dan kapang khamir. Kualitas pelayanan dan peracikan kapsul masih perlu ditingkatkan."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S32697
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Ade Palupi Muchtar
"Tujuan penelitian menganalisis perbedaan waktu tunggu pelayanan kefarmasian (yanfar) di Instalasi Farmasi Rawat Jalan Jaminan dan Tunai RSUP Persahabatan Jakarta Tahun 2015. Desain penelitian mix method. Besar sampel 150 pasien (@75 pasien di Jaminan dan Tunai).
Hasil penelitian:
1. Waktu tunggu yanfar di Jaminan tidak sesuai SPM, sedangkan di Tunai sudah sesuai.
2. Ada hubungan jenis resep dengan waktu tunggu yanfar di Jaminan dan Tunai.
3. Ada hubungan jumlah item resep dengan waktu tunggu yanfar di Jaminan.
4. Ada perbedaan signifikan antara waktu tunggu yanfar di Jaminan dengan Tunai.
5. Perbedaan waktu tunggu yanfar di Jaminan dan Tunai dipengaruhi oleh SOP, SDM Kefarmasian (jumlah tenaga, beban kerja, lama kerja, dan keterampilan) dan SIM RS.

This research aims to analyse waiting time comparasion of pharmacy service at RSUP Persahabatan Jakarta Pharmacy Installation of Guaranteed Outpatient and Cash Outpatient in 2015. This research applies mixed methods design. There are 150 patients as samples for this research (75 patients in Guaranteed and Cash).
The results of the research:
1. Waiting time at pharmacy service at Cash Outpatient Pharmacy Installation is in line with SPM for Pharmacy, and it isn?t in Guaranteed Outpatient Pharmacy Installation.
2. There is correlation between types of prescription with waiting time at pharmacy service in Cash and Guaranteed Outpatient Pharmacy Installation.
3. There is correlation between amount of items in the prescriptions with waiting time at pharmacy service in Guaranteed Outpatient Pharmacy Installation.
4. There is a significant difference between waiting time at the two places.
5. Differences of waiting time in Cash and Guaranteed Outpatient influenced by SOP in Pharmacy Service, Number of Staff, Work Load, Working Hours, Skills, and Hospital Management of Information System.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2015
T42940
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Novi Tri Utami
"Pelayanan kefarmasian adalah suatu pelayanan langsung dan bertanggung jawab kepada pasien yang berkaitan dengan sediaan farmasi untuk mencapai hasil yang pasti guna meningkatkan mutu hidup pasien.  Pelayanan yang diharapkan dapat terkait dengan waktu tunggu pasien dan pelayanan yang dipersepsikan/dirasakan pasien secara langsung. Waktu   tunggu  yang  lama  merupakan  salah  satu  komponen  yang  berpontensi menyebabkan ketidakpuasan pasien. Bila waktu tunggu lama maka akan dapat mengurangi kenyamanan pasien dan berpengaruh pada utulitas pasien di masa mendatang. Pembuatan laporan tugas khusus ini bertujuan untuk menganalisis kesesuaian standar pelayanan minimun kategori waktu tunggu terhadap pelayanan resep obat racikan di Puskesmas Kecamatan Ciracas pada tahun 2022-2023. Pelaksanaan dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan melakukan pengumpulan data dari hasil sampling semua pasien terhadap pelayanan resep racikan kategori lama waktu tunggu pada tahun 2022-2023, pengambilan sampling dilakukan setiap 2 kali seminggu. Didapatkan hasil total jumlah resep pada tahun 2022 sebanyak 699, resep yang memenuhi target sebanyak 636 (91%) dan resep yang tidak memenuhi target sebanyak 63 (9%). Pada tahun 2023 total jumlah resep sebanyak 421, jumlah resep yang memenuhi target sebanyak 367 (87,2%) dan jumlah resep yang tidak memenuhi target sebanyak 54 (12,8%). Terdapatnya beberapa jumlah resep yang tidak memenuhi target kemungkinan dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya SDM, tidak bervariasinya obat yang tersedia, belum ditemukan metode yang tepat untuk pembuatan pulveres yang lebih cepat dan aman, serta banyaknya jumlah permintaan resep.
Pharmaceutical services are direct and accountable services to patients related to pharmaceutical preparations aimed at achieving definite results to improve the quality of patients' lives. The expected services can be related to patient waiting time and services perceived directly by the patients. Long waiting times are one of the potential components that can cause patient dissatisfaction. If the waiting time is long, it can reduce patient comfort and affect patient utility in the future. The purpose of this special task report is to analyze the suitability of minimum service standards for waiting time categories for compounded prescription services at the Ciracas District Health Center in 2022-2023. The implementation was carried out using a descriptive method by collecting data from sampling results of all patients regarding compounded prescription services with long waiting time categories in 2022-2023, with sampling conducted twice a week. The total number of prescriptions in 2022 was 699, with 636 prescriptions meeting the target (91%) and 63 prescriptions not meeting the target (9%). In 2023, the total number of prescriptions was 421, with 367 prescriptions meeting the target (87.2%) and 54 prescriptions not meeting the target (12.8%). The presence of some prescriptions not meeting the target may be caused by several factors, including a lack of human resources, limited availability of drugs, the absence of a suitable method for faster and safer powder preparation, and a high number of prescription requests."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Anna Uswatun Hasanah Rochjana
"ABSTRAK
Kebiasaan dokter di Indonesia masih banyak memberikan obat dalam bentuk racikan. Peracikan obat menjadi perhatian oleh karena banyak munculnya kejadian yang tidak dikehendaki seperti masalah farmasetika dan interaksi obat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis masalah farmasetika inkompatibilitas dan interaksi obat pada resep racikan pasien pediatri rawat jalan di RSUD Cibinong pada bulan Januari ndash; Agustus 2016. Metode penelitian ini adalah gabungan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Data yang diambil menggunakan total sampling sebanyak 506 lembar resep racikan, 4 informan yang terdiri dari 2 orang dokter spesialis dan 2 orang apoteker. Hasil analisis menunjukkan bahwa resep racikan paling banyak dibuat sediaan puyer 94,9 . Obat yang sering dibuat adalah salbutamol 223 resep . Masalah farmasetika inkompatibilitas sebesar 3,4 17 lembar resep . Masalah interaksi obat sebesar 45,1 228 lembar resep , total interaksi obat sebanyak 329 interaksi obat. Masalah polifarmasi sebanyak 0,4 . Faktor yang mempengaruhi dokter terkait masalah resep racikan, inkompatibilitas, interaksi obat dan polifarmasi terdiri dari persepsi dokter yang menyatakan bahwa masalah yang terjadi karena ketersediaan obat dan kurangnya pengetahuan dokter. Masalah farmasetika dan interaksi obat pada resep racikan dapat dihindari apabila ada informasi dari bagian farmasi mengenai obat yang ada interaksi dan obat yang tidak boleh diracik.

ABSTRACT
Physician habits in Indonesia still provide a lot of medicine in the form of compounding. Compounding the drug is of concern because of the advent of unwanted events such as pharmaceutical problems and drug interactions. This study aims to analyze pharmaceutics problems incompatibility and drug interactions on compounding prescription of pediatric outpatient in RSUD Cibinong period January ndash August 2016. Method of research is quantitative and qualitative research. The data were taken with the total sampling of 506 compounding prescriptions, four informants consisting of two specialists and two pharmacists. Results of the analysis showed that the most compounding prescriptions made are puyer 94.9 . Pharmaceutics problem incompatibility of 3.4 17 recipe sheets . The problem of drug interaction was 45.1 228 prescriptions , total drug interactions of 329 drug interactions. Polypharmacy problem of 0.4 . The driving factors were affecting physicians over the issue of compounding prescription, incompatibilities, drug interactions and polypharmacy due to doctor 39 s perception that problems are the availability of drugs. Pharmaceutical problem and drug interactions in compounding prescriptions can be avoided if there is information from the pharmacy department of drug interactions and drugs that cannot be compounded."
2018
T50529
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Nadya Tsurayya
"Ketika obat yang disimpan akan digunakan, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya expired date, BUD, dan juga kondisi fisik obat. Istilah expired date sudah umum didengar oleh masyarakat namun tidak dengan istilah beyond use date (BUD). Sediaan farmasi yang sudah dibuka kemasan aslinya akan memiliki masa simpan yang berbeda dengan expired date yang tertera pada kemasan, masa simpannya akan menjadi lebih cepat yang dikenal dengan beyond use date (BUD). Pada tugas khusus Laporan Praktik Kerja Profesi Apoteker (PKPA) di Puskesmas Kecamatan Kalideres ini dilakukan pembuatan brosur edukasi & informasi beyond use date sediaan farmasi dan contoh analisis beyond use date (BUD) pada resep racikan puyer di Puskesmas Kecamatan Kalideres sehingga dapat digunakan sebagai bahan edukasi dan informasi. Selain itu pada tugas khusus ini dilakukan analisis penetapan BUD dari resep racikan yang ditujukan pada pasien anak. Selain informasi hasil analisis BUD, perlu disampaikan juga kepada pasien jika sebelum tanggal tersebut racikan puyer sudah berubah warna, bau, rasa, dan membentuk massa yang keras atau lembab dan lengket menggumpal, maka obat sudah tidak dapat lagi digunakan sebab obat sudah rusak dan tidak dapat dijamin efektifitas dan keamanannya.
When the stored medicine is to be used, there are several things you need to pay attention to, including the expiration date, BUD, and also the physical condition of the medicine. The term expired date is commonly heard by the public, but not the term beyond use date (BUD). Pharmaceutical preparations that have been opened in their original packaging will have a shelf life that is different from the expiry date stated on the packaging, the shelf life will be shorter, known as the beyond use date (BUD). In this special task of the Pharmacist Professional Work Practice Report (PKPA) at the Kalideres District Health Center, educational brochures & information on beyond use date on pharmaceutical preparations and examples of beyond use date (BUD) analysis on puyer concoction recipes at the Kalideres District Health Center were made so that they could be used as educational materials. and information. In addition, in this special task, an analysis of BUD determination was carried out from concoction prescriptions aimed at pediatric patients. Apart from information on the results of the BUD analysis, it is also necessary to convey to the patient that if before that date the powder mixture has changed color, smell, taste, and formed a hard or moist and sticky lumpy mass, then the medicine can no longer be used because the medicine has been damaged and cannot be used. Guaranteed effectiveness and safety."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2023
PR-PDF
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Laurentio Daniel Caesar Perdana Putra
"Laporan ini menganalisis beberapa resep, antara lain resep yang mengandung Alprazolam, Valdimex, Tramadol, Riklona, Rhinofed Sirup, Desloratadine, Salbutamol, dan Triamcinolone. Setiap resep dianalisis dengan menggunakan literatur dan aplikasi farmasi untuk memastikan bahwa dosis dan penggunaan obat sudah sesuai serta aman bagi pasien. Terdapat pula pembahasan mengenai potensi duplikasi terapi dan interaksi obat. Pada kesimpulannya, laporan ini menyoroti pentingnya melakukan pengkajian resep secara menyeluruh untuk mencegah medication error dan memastikan bahwa resep yang diterima memenuhi persyaratan administrasi, farmasetik, dan klinis.

This report analyzes several prescriptions, including those containing Alprazolam, Valdimex, Tramadol, Riklona, Rhinofed Syrup, Desloratadine, Salbutamol, and Triamcinolone. Each prescription is reviewed using pharmaceutical literature and applications to ensure that the dosages and drug use are appropriate and safe for the patient. There is also a discussion on the potential for therapeutic duplication and drug interactions. In conclusion, the report highlights the importance of thoroughly reviewing prescriptions to prevent medication errors and to ensure that the prescriptions meet administrative, pharmaceutical, and clinical requirements. "
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2024
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Dilfa Safnia Putri
"Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis waktu tunggu pelayanan resep pasien rawat jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Indonesia periode November 2023 hingga Januari 2024. Tujuan penelitian meliputi: 1) mengidentifikasi faktor yang memengaruhi lamanya waktu tunggu pelayanan resep, 2) menghitung rata-rata waktu tunggu pelayanan resep obat jadi dan obat racikan, serta 3) mengevaluasi kesesuaian waktu tunggu pelayanan dengan standar Kementerian Kesehatan RI Nomor 58 Tahun 2014. Penelitian dilakukan melalui observasi langsung terhadap proses pelayanan resep dari tahap verifikasi hingga penyerahan obat. Data dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan standar pelayanan minimal. Hasil menunjukkan bahwa jumlah resep non-racikan lebih banyak dibandingkan dengan resep racikan selama periode penelitian. Rata-rata waktu tunggu resep non-racikan berturut-turut adalah 72 menit, 59 menit, dan 57 menit, sedangkan untuk resep racikan adalah 141 menit, 73 menit, dan 69 menit. Kedua kategori waktu tunggu ini belum memenuhi standar yang ditetapkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi pelayanan resep di RS Universitas Indonesia.

This study aims to analyze the waiting time for outpatient prescription services at the Pharmacy Department of Universitas Indonesia Hospital during the period of November 2023 to January 2024. The objectives include: 1) identifying factors influencing the length of prescription service waiting times, 2) calculating the average waiting time for non-compounded and compounded prescriptions, and 3) evaluating the compliance of waiting times with the Indonesian Ministry of Health Standard Number 58 of 2014. The study was conducted through direct observation of the prescription service process from verification to medication handover. Data were descriptively analyzed and compared against the minimum service standards. Results showed that non-compounded prescriptions were more frequent than compounded prescriptions during the study period. The average waiting time for non-compounded prescriptions was 72 minutes, 59 minutes, and 57 minutes, while for compounded prescriptions it was 141 minutes, 73 minutes, and 69 minutes. Both categories did not meet the required standards. This study provides recommendations to improve the efficiency of prescription services at Universitas Indonesia Hospital. "
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2024
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Galih Awis Sekar Arum
"Obat racikan sering diresepkan di Indonesia. Namun, standar
pelayanan dan standar kualitas obat racikan belum ada. Penelitian ini
bertujuan mengevaluasi kualitas pelayanan resep puyer, keseragaman
sediaan, dan cemaran kimia pada puyer. Sampel sebanyak 10 apotek diambil
secara random dari total populasi apotek di Jakarta. Evaluasi kualitas
pelayanan dilakukan dengan metode observasi melalui penebusan resep
puyer amoksisilin dan resep puyer parasetamol pada masing-masing apotek.
Parameter yang diamati adalah harga, waktu tunggu, pemberi pelayanan,
dan informasi yang diberikan. Evaluasi keseragaman sediaan dilakukan
berdasarkan prosedur keragaman bobot kapsul keras (Farmakope Indonesia
IV). Analisis cemaran kimia pada puyer dilakukan dengan metode
Kromatografi Cair Kinerja Tinggi. Hasil evaluasi kualitas pelayanan resep
puyer menunjukkan adanya variasi pada harga (Rp. 15.500,- - Rp. 28.200,-)
dan waktu tunggu (17-67 menit). Pemberi informasi di apotek sebagian besar
(70%) dilakukan bukan oleh apoteker. Informasi mengenai obat yang
diberikan masih terbatas. Seluruh sampel puyer amoksisilin dan parasetamol
tidak memenuhi syarat keseragaman sediaan. Cemaran parasetamol pada
puyer amoksisilin ditemukan di seluruh sampel apotek. Cemaran amoksisilin
pada puyer parasetamol ditemukan di 2 sampel apotek. Kesimpulan yang
dapat diambil dari penelitian ini adalah kualitas puyer racikan dari segi keseragaman sediaan dan cemaran kimia masih kurang baik. Kualitas
pelayanan peracikan puyer masih harus ditingkatkan."
Depok: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia, 2009
S32718
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Yolita Satya Gitya Utami
"Praktek Kerja Profesi Apoteker (PKPA) dilaksanakan di Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Periode Bulan Maret-April Tahun 2016. Kegiatan PKPA ini bertujuan agar mahasiswa calon apoteker mampu memahami peranan, tugas dan tanggung jawab apoteker di Rumah Sakit sesuai dengan ketentuan dan etika pelayanan farmasi khususnya dan pelayanan kesehatan umumnya, memiliki wawasan, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis untuk melakukan praktek kefarmasian di Rumah Sakit, memiliki gambaran nyata tentang permasalahan praktek kefarmasian serta mempelajari strategi dan kegiatan- kegiatan yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan praktek kefarmasian di Rumah Sakit. Tugas khusus yang diberikan berjudul Evaluasi Interaksi Obat Batuk Racikan pada Resep di Depo Farmasi 2 (IGD) Instalasi Farmasi Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Bulan Maret 2016. Tujuan dilaksanakan tugas khusus ini yaitu untuk mengetahui gambaran interaksi obat batuk racikan yang dapat terjadi pada pasien di depo farmasi Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita.

Pharmacist's internship was conducted at RSAB Harapan Kita Period March- April 2016. The purpose of internship gives prospective as pharmacist to apply the role, duties, and responsibilities in hospitals in accordance with the provisions of the pharmaceutical service and ethics in particular and health care generally, have the insight, knowledge, skills, and practical experience to do clinical pharmacy in the hospital, have an idea about the real problems of clinical pharmacy practices as well as learn the strategies and activities that can be done in the framework of the development of clinical pharmacy at the hospital. The specific tasks given titled Evaluation of Drug Interactions in the Emergency Department Depo Pharmacy 2 of RSAB Harapan Kita for March 2016. The purpose of this particular task that is carried out to know the description of the interaction of the compunding cough medicine may occur in patients on Emergency Department of RSAB Harapan Kita."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2016
PR-Pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
cover
Sandra Febrianti
"Waktu tunggu pelayanan obat racikan ≤ 30 menit dan non racikan ≤ 60 menit merupakan salah satu indikator yang terdapat didalam standar pelayanan minimal rumah sakit. Hal tersebut sangat penting untuk mengukur kinerja pelayanan kefarmasian di rumah sakit. Indikator tersebut untuk mempengaruhi ekspetasi pasien terhadap pelayanan rumah sakit dan mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit. Penyusunan tugas khusus ini adalah untuk menganalisis waktu tunggu pelayanan resep racikan di instalasi rawat jalan rumah sakit universitas indonesia menggunakan 30 sampel, dengan menggunakan metode observasional dan membandingkan dengan standar pelayanan minimal farmasi menurut Permenkes 129/Menkes/SK/II/2008. Sehingga didapatkan kesimpulan bahwa Dari 30 sampel waktu tunggu pelayanan resep racikan terdapat 15 sampel racikan atau (50%) yang tidak sesuai dan 15 sampel racikan atau (50%) yang sudah sesuai. Dari 30 sampel waktu tunggu pasien terdapat 20 sampel atau (67%) yang tidak sesuai dan 10 sampel atau (13%) yang sudah sesuai.

Waiting time for concocted drug service ≤ 30 minutes and non-concocted ≤ 60 minutes is one of the indicators contained in the minimum hospital service standards. This is very important to measure the performance of pharmaceutical services in hospitals. These indicators affect patient expectations of hospital services and affect patient satisfaction with hospital services. The preparation of this special task is to analyze the waiting time for concoction prescription services at the outpatient installation at the University of Indonesia Hospital using 30 samples, using the observational method and comparing them with the minimum standard of pharmaceutical services according to Permenkes 129/Menkes/SK/II/2008. So it can be concluded that of the 30 samples of waiting time for concoction prescription services, there were 15 concoction samples or (50%) that were inappropriate and 15 concoction samples or (50%) that were appropriate. Of the 30 patient waiting time samples, there were 20 samples or (67%) that were inappropriate and 10 samples or (13%) that were appropriate."
Depok: Fakultas Farmasi Universitas Indonesia, 2022
PR-pdf
UI - Tugas Akhir  Universitas Indonesia Library
<<   1 2   >>