Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Sulastri Nurpanca Agustin
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menelisik pengaruh strategi QAR terhadap pengajaran pemahaman membaca teks recount siswa sekolah menengah pertama. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian adalah non-equivalent comparison group design. Kuesioner, observasi dan wawancara digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengajaran pemahaman membaca teks recount dengan strategi QAR. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA dan kelas VIIID. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan data yang diperoleh, simpulan hasil penelitiaan ini adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan pemahaman membaca teks recount antara siswa yang diajar menggunakan strategi QAR dengan yang diajar tanpa menggunakan strategi QAR pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tanjungpandan, (2) strategi QAR mampu meningkatkan pemahaman membaca teks recount siswa SMP Negeri 3 Tanjungpandan, dan (3) siswa menunjukkan respon positif terhadap pengajaran pemahaman membaca teks recount dengan strategi QAR
ABSTRACT
The aim of this study is to present the effects of QAR strategy in teaching reading comprehension recount text of junior high school level. The study is a quasi-experimental research with non-equivalent comparison group design. A questionnaire, observation and interview were used to find out the student?s perception about QAR strategy. The sample of this study was VIIIA and VIIID. The data were analyzed through t-test significance 5%. Based on the data, The findings of this study indicated that (1) Ho was rejected, and Ha1 was accepted. In other words, there is a significant difference between experimental group and control group, (2) QAR strategy could improve reading comprehension recount text of junior high school level, and (3) there was positive response towards teaching reading comprehension recount text through Question Answer Relationship (QAR) strategy
2016
T46151
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Megawati
Abstrak :
Tesis ini membahas pengajaran keterampilan membaca menggunakan metode peer-assisted learning strategies PALS dan metode tradisional. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimental dengan ancangan pre-test post-test control group dan teknik sample purposive sampling. Data diperoleh dari pre-test, post-test, kuesioner motivasi membaca, kuesioner persepsi pemelajar terhadap metode PALS dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik metode PALS maupun metode tradisional sama-sama dapat meningkatkan kemampuan membaca teks recount secara signifikan namun kelompok eksperimen lebih unggul. Walaupun demikian metode PALS terbukti meningkatkan motivasi membaca pemelajar dan penerapan metode ini juga mendapat respon positif dari mereka. Oleh karena itu, peneliti merekomendasikan penggunaan metode PALS dalam pengajaran keterampilan. ......This study examines the teaching of reading skills using peer assisted learning strategies PALS method and the teaching of reading skills using traditional method. This study is quasi experimental with pre test post test control group and uses purposive sampling. The data were obtained from the results of the pre test, post test, the questionnaire of reading motivation and the students perception toward PALS method and the interview. The study shows both methods improve the students reading skills significantly but the students in the experimental group achieved a higher score compared with the students in the control group. In addition, PALS method has increased the students reading motivation and the students taught with PALS method had a positive perspective toward the implementation of this method. Thus, the researcher recommends the use of PALS method in improving the reading skills of students in Indonesia.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2017
T48190
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Annery Fienta
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian kuasi eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pemelajaran kooperatif tipe STAD pada kemampuan membaca pemahaman teks recount siswa kelas VIII dan persepsi siswa di kelompok eksperimen terhadap metode ini. Penelitian ini melibatkan satu kelas eksperimen yang terdiri dari 35 siswa dan satu kelas kontrol yang terdiri dari 33 siswa yang diambil menggunakan teknik purposive sampling. Untuk memperoleh data, pre-test, kuis, post-test, kuesioner, dan wawancara digunakan. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan ANOVA one way pada nilai post-test, hasil Fhitung 4.730 lebih besar dari Ftabel 3.99. Hasil ini menyatakan bahwa H0 ditolak dan HA diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai kedua kelas setelah mendapatkan perlakuan yang berbeda. Berdasarkan hal ini, peneliti menyarankan penggunaan metode pemelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII.
ABSTRACT
The aims of this quasi experimental research were to investigate the effectiveness of cooperative learning method type STAD on the 8th graders' reading comprehension of recount texts and to find out the experimental group students' perception towards this type of method. This research involved one experimental class which consisted of 35 students and one control class which consisted of 33 students that were taken by using purposive sampling technique. To obtain the data, pre-test, quiz, post-test, questionnaire, and interview were employed. Based on the hypothesis test using ANOVA one way on post-test scores, it was found that Fcount 4.730 was greater than Ftable 3.99. The findings indicated that H0 was rejected and HA was accepted. Thus, it could be concluded that there was a significant difference between both classes' scores after gaining different treatments. In addition, most of the experimental group students had positive perception towards STAD. Based on this, the researcher recommends the use of cooperative learning method type STAD to improve the 8th graders' reading comprehension.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2018
T50144
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Erly Mulfias Yuli
Abstrak :
Penelitian ini menguji pengaruh topik yang familiar terhadap performa menulis siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas XI yang merupakan penulis pemula di konteks pemelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa asing (English as a Foreign Language-EFL). Kefamiliaran siswa terhadap topik ini dibagi berdasarkan kedekatan peristiwa dengan pengalaman hidup siswa, yaitu topik dengan peristiwa yang sudah atau belum pernah dialami. Selain familiaritas topik, pada penelitian ini siswa diminta menulis dua genre teks yang berbeda. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah familiaritas topik memberikan pengaruh yang sama pada genre teks yang berbeda. Setelah itu, peneliti menginvestigasi persepsi siswa terhadap penulisan melalui kuesioner persepsi yang menggunakan skala Likert. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih 4 bulan pada 34 siswa SMA kelas XI dan seorang guru bahasa Inggris di Bogor. Penelitian ini menggunakan mixed method (kualitatif dan kuantitatif) untuk pengolahan data, sedangkan pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner, observasi secara langsung, dan tugas akhir menulis. Untuk menilai tugas akhir menulis siswa, peneliti menggunakan rubrik analitik. Temuan pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada aspek kosakata pada topik yang familiar dengan peristiwa yang sudah dialami. Sementara itu, perbandingan tulisan siswa dengan menggunakan topik yang familiar dengan peristiwa yang sudah dialami pada dua genre menunjukkan nilai grammar yang lebih tinggi pada genre cause effect, dan nilai kosakata yang lebih tinggi pada genre recount. Temuan lainnya adalah siswa memiliki persepsi positif terhadap penugasan menulis dengan menggunakan familiaritas topik, dan terdapat korelasi yang positif antara persepsi dan performa menulis siswa. Dengan adanya temuan ini, guru perlu memperhatikan pemilihan topik yang familiar yang diberikan kepada siswa untuk tugas menulis, dan perlu menjadikan pembahasan tentang topik yang akan ditulis sebagai bagian dari kegiatan pra-menulis pada pelaksanaan pembelajaran menulis di kelas.
This study investigated the effects of topic familiarity on the eleventh grade high school students writing performance in an English as a Foreign Language (EFL) context. These eleventh grade senior high school students were in their first year on learning to write in English. The students were assigned to finish two writing tasks with topics that they were familiar with. In the first task students were asked to write with a topic they were familiar with and had been experienced it themselves. In the second task students were asked to write with a topic they were familiar with but had not experienced it themselves. They were also assigned to write in two genres, cause effect and recount. The purpose was, to find out if topic familiarity would result in the same quality performance in two different genre. This study was also investigating the students perception about the use of topic familiarity in writing by asking them to complete a Likert-scale questionnaire. It was conducted for about 4 months with 34 eleventh graders and an English teacher participated in the study. This study used mixed method qualitative and quantitative and data were collected by using questionnaire, direct observation, and students writing post-tasks. Students writing tasks were assessed using analytic scoring rubrics. The findings show that a familiar topic with personal experience significantly affects students vocabulary production. However, the comparison of students writing performance with personal experience topics in two genres shows that cause effect text has a higher grammar score than does a recount text, and a recount text got a higher vocabulary score than did a cause effect text. The finding shows that students had positive perception towards topic familiarity writing task and there was a positive correlation between their perception and writing performance. By this finding, it is important for teachers to be more selective in choosing familiar topics for students writing tasks, and also it is important for a teacher to put this activity as a pre-writing task in his her writing lesson plan.
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2019
T54443
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mair, Michael
New York: NY Berkley Caliber/​Berkley Books, 2014
940.54 MAI k
Buku Teks  Universitas Indonesia Library