Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
Robby Abdillah
"Industri sepak bola global diprediksi tumbuh di masa yang akan datang. Meskipun menjanjikan, bisnis tim sepak bola terbukti tidak selalu menguntungkan. Profesionalisasi industri olahraga mendorong transformasi manajemen tim sepak bola menjadi entitas bisnis dengan fokus keuntungan dan keberlanjutan. Penelitian ini menganalisis komponen brand love yang terdiri dari enam aspek kunci, yaitu passion, emotional attachment, intrinsic rewards, brand connection, high quality, dan thinking. Peneliti melakukan penelitian kausal kuantitatif dengan menggunakan metode partial least squares (PLS) pada 501 partisipan melalui kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand love secara signifikan memengaruhi loyalty, word of mouth, dan willingness to pay dalam pembelian tiket serta merchandise. Lebih lanjut, relationship length memiliki dampak positif dalam memoderasi antara brand love dan loyalty, sementara tidak berpengaruh secara signifikan pada moderasi antara brand love dan word of mouth serta willingness to pay. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa manajer pemasaran tim sepak bola perlu secara proaktif menciptakan merek yang membangkitkan sisi emosional penggemar, mengembangkan identitas merek, serta memahami bahwa pembelian tiket dan merchandise menjadi upaya memperkuat hubungan tim dengan penggemar guna membentuk ikatan kuat antara tim dan penggemarnya.
The global football industry is predicted to grow in the future. Despite its promise, football team businesses have proven not always profitable. Professionalization in the sports industry drives the transformation of football team management into a business entity with a focus on profit and sustainability. This research analyzes the components of brand love, consisting of six key aspects: passion, emotional attachment, intrinsic rewards, brand connection, high quality, and thinking. The researchers conducted quantitative causal research using the partial least squares (PLS) method with 501 participants through an online questionnaire. The results indicate that brand love significantly influences loyalty, word of mouth, and willingness to pay in the purchase of tickets and merchandise. Furthermore, relationship length positively moderates the relationship between brand love and loyalty, while it does not significantly affect the moderation between brand love and word of mouth or willingness to pay. This study implies that football team marketing managers need to proactively create brands that evoke emotional connections with fans, develop brand identity, and understand that ticket and merchandise purchases are efforts to strengthen the team's relationship with fans to form a strong bond between the team and its supporters."
Depok: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library
Fikri Fadhilah Munawar
"Merchandise merupakan sumber pendapatan penting bagi industri hiburan, penjualan merchandise juga merupakan salah satu pendapatan utama pada Virtual Youtubers (Vtuber). Vtuber memiliki keunikan dimana mereka dapat berinteraksi langsung dengan penonton melalui live streaming, tapi penelitian yang dilakukan pada Vtuber masih sedikit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peran hubungan parasosial, usia, pendapatan, relationship length, dan durasi menonton live streaming terhadap intensi membeli merchandise pada penonton Vtuber. Partisipan adalah warga negara Indonesia yang merupakan penonton Vtuber grup Hololive dengan total 129 partisipan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan parasosial dan relationship length memiliki peran yang signifikan terhadap intensi membeli merchandise. Ini menunjukkan bahwa semakin tinggi hubungan parasosial penonton dan semakin lama penonton mengenal Vtuber maka intensi membeli merchandise mereka akan semakin tinggi. Oleh karenanya, Vtuber perlu membangun hubungan yang baik dengan penonton mereka untuk meningkatkan loyalitas dan penjualan merchandise.
Merchandise is an important source of revenue for the entertainment industry, merchandise sales are also one of the main revenues for Virtual Youtubers (Vtuber). Vtubers are unique in that they can interact directly with the audience through live streaming, but little research has been done on Vtubers. This study aims to look at the contribution of parasocial relationships, age, income, relationship length, and duration of watching live streaming on merchandise purchase intention in Vtuber viewers. Participants were Indonesian citizens who were viewers of the Vtuber group Hololive with a total of 129 participants. The results showed that parasocial relationships and relationship length significantly contributed to merchandise purchase intention. This shows that the higher the audience's parasocial relationship and the longer the audience knows Vtuber, the higher their merchandise purchase intention will be. Therefore, Vtubers must build a good relationship with their viewers to increase loyalty and merchandise sales."
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2024
S-pdf
UI - Skripsi Membership Universitas Indonesia Library