Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Christy La Oktaria
"ABSTRAK
Retorika merupakan seni dalam berbicara. Namun, dalam iklan prinsip ini juga dapat digunakan untuk tujuan tertentu. Terdapat elemen teks terpenting dalam sebuah iklan yaitu Schlagzeile (kepala berita) yang berfungsi untuk menarik minat pembaca dalam membaca keseluruhan teks iklan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Schlagzeile dapat terbentuk dalam iklan kampanye Allianz ?1 ist mir wichtig? (satu yang terpenting) dan alat retorika apa saja yang digunakan dalam iklan tersebut.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersumber pada kajian pustaka. Analisis yang digunakan berfokus hanya pada unsur iklan yaitu Schlagzeile (kepala berita) dan Unterüberschrift (anak judul) dan unsur pendukungnya yaitu key visual (gambar kunci).
Berdasarkan hasil penelitian, iklan kampanye Allianz ini menggunakan beberapa prinsip retorika untuk membentuk schlagzeile dan unterüberscrift yang didukung dengan key visual pendukung yang menarik. Hal ini bertujuan untuk membentuk citra bahwa jasa produk asuransi dari Allianz dapat dipercaya

ABSTRACT
Rhetoric is an art of speaking. However in this advertisement the principal of rhetoric is also used for a certain purpose. There can be found an important text element in an advertisement, which is Schlagzeile (Headline) that functions to attract the interest to read the whole advertisement.
The purpose of this research is to understand how Schlagzeile can be formed in the Allianz advertisement campaign ?1 Pist mir wichtig? (one of the most important) and what rhetoric utilities are used in this advertisement.
The method used in this research is qualitative method and sourced by literature review. The analysis is focused only to the advertisement?s elements which are Schlagzeile (Headline) and Unterüberschrift (Subheadline) and the supportive elements such as the key visual.
According to the research, the Allianz advertisement campaign uses several rhetorical principals to form Schlagzeile and Unterüberschrift which are supported attractively by the key visual. This aim is to establish an image that all insurance products and services from Allianz are trustable.
"
2016
MK-PDF
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library
cover
Siska Nirwanti
"Guna menanggulangi permasalahan polusi dan kelangkaan bahan bakar fosil yang terjadi saat ini, perusahaan mobil saling berkompetisi untuk menciptakan mobil yang ramah lingkungan; mobil rendah emisi dan hemat bahan bakar. Cara yang efektif untuk memperkenalkan produk terbarunya kepada konsumen adalah dengan menggunakan media iklan. Pemilihan kata yang digunakan dalam iklan adalah hal yang esensial guna menyampaikan ide iklan kepada pembaca iklan secara utuh sehingga tidak ada informasi yang terlewat. Skripsi ini membahas korelasi makna yang digunakan, baik pada Schlagzeile maupun Fliesstext dalam iklan mobil ramah lingkungan merek BMW dan VW. Skripsi ini juga membahas bagaimana gambar yang digunakan menunjang teks iklan. Dengan menggunakan metode kualitatif, saya menemukan bahwa tujuh dari delapan iklan yang saya gunakan sebagai korpus data menggunakan kata-kata maupun frasa yang memiliki korelasi makna satu sama lain dan umumnya merupakan makna asosiasi. Kata-kata maupun frasa tersebut digunakan untuk membangun citra mobil ramah lingkungan. Gambar yang ada pun turut membangun citra ramah lingkungan serta mendukung teks dan diperkuat dengan penggunaan unsur alam, seperti pepohonan, pegunungan, awan, matahari dan juga danau.

In the age of fossil fuel scarcity, today's car manufacturers in Germany compete with each other to create innovative eco-friendly cars: cars that are low in emission and fuel consumption. To educate the market about this new kind of product, auto companies utilize many approaches. One of the most popular approach is visual advertising. In advertisements, there is the need to use words effectively, or else viewers will miss important points of said ads. In this thesis, I will discuss the correlation of words used in both Headline and Bodycopy parts of some eco-friendly car advertisements by BMW and VW. I will also write about how graphics are used to enhance the meaning of those words. Using qualitative methods, my analyses found that seven out of eight ads uses words and phrases that have associative meanings. These words are used to build the image of ecofriendliness. This image is also strengthen by the usage of environment-associated pictures such as trees, mountains, clouds, or lakes.
"
Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, 2014
S57172
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library