Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 61 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Theresia Vera Yuliastanti
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
T27298
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Budi Setiyono
Semarang: Kalam Nusantara, 2007
351 BUD p
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Mardiasmo
Yogyakarta: Andi, 2018
657 MAR a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Halim
Jakarta: Salemba empat, 2002
658.151 ABD a
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Syamsuddin
Abstrak :
ABSTRAK
Kajian ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah yang dihadapi buruh migran Indonesia (BMI) pada sektor publik di Pulau Pinang Malaysia. Pengumpulan data menggunakan daftar pertanyaan tertutup dan terbuka kepada 77 oran responden dipilih secara acak, bekerja pada sektor publik di Penang, Malaysia. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif terkait hak-hak buruh migran untuk ditarik kesimpulan terkait beberapa masalah yang dialami BMI. Hasil penelitian menunjukkan beberapa masalah yang dihadapi BMI sektor publik di Pulau Pinang, seperti masalah terkait dengan pelatihan, penampungan dan beban hutang, gaji dan lembur, pelayanan kesehatan dan cuti, kekerasan, serta jam kerja. Oleh karena itu, disarankan kepada Kementerian Sosial dapat meningkatkan pengawasan kepada setiap PJTK I dalam melaksanakan proses penyaluran BMI mengikuti ketentuan yang berlaku, seperti pemberian pelatihan sebelum diberangkatkan. Calon BMI perlu diberi pemahaman yang lebih komprehensif mengenai hak dan kewajiban sebagai pekerja migran dan mendapat saluran informasi pengaduan jika mendapatkan perlakuan yang melanggar hak-hak mereka, serta mendapatkan pendampingan dan pembelaan dari perwakilan Indonesia. Di Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang, perlu dibuka atase sosial yang menugaskan pekerja sosial profesional dengan lisensi internasional yang dapat membantu BMI ketika menghadapi permasalahan
Yogyakarta: B2P3KS, 2016
300 JPKS
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Abdul Wakhid
Abstrak :
ABSTRAK
Tesis berjudul sebagaimana tersebut di atas mempunyai pokok permasalahan yaitu bagaimanakah gaya kepemimpinan eselon V dan tingkat kuatitas pelayanan staf pelaksanaan pada Kantor Wilayah V BAKN Jakarta.

Variabal-variabel dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan eselon V dengan tiga indikator yaitu gaya kepemimpinan direktif, suportif dan partisipatif. Sedangkan kualitas pelayanan staf pelaksana sebagai variabel terikat dengan lima indikator (dimensi-dimensi kualiias pelayanan) yaitu tampilan fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati.

Obyek penelitian adalah manajemen Kanwil V BAKN Jakarta. Populasi terdiri dari 164 karyawan BAKN Jakarta. Sampel ditetapkan sebanyak 120 orang yang terdiri 80 orang staf pelaksana, 27 orang pejasabat eselon V, 9 orang eselon IV, 3 orang eselon lIl dan seorang eselon Il, yang selanjutnya merupakan responden penelitian ini.

lnstrumen penelitian ditentukan dalam kuesioner dimana gaya kepemimpinan mencakup kepsmimpinan direktif, suportif, dan partisipatif. Sedangkan instrumen kualitas pelayanan mencakup dimensi-dimensi kualitas pelayanan.

Analisis data dilakukan dengan analisis diskriptif kuantitatif, yakni dengan menggambarkan gaya kepemimpinan eselon V dan kualitas pelayanan staf pelaksana. Hasil analisis gaya kepemimpinan eselon V menunjukkan dominan menggunakan gaya kepemimpinan direktif. Nilai rata-rata sebesar 2,25. Penilaian yang bersifat negatif di atas rata-rata sebanyak 53,33%. Penilaian kategori menunjukkan rendah sebanyak 75%. Sedangkan hasil analisis kuaiitas pelayanan menunjukkan belum memuaskan atau kurang optimal atau negatif. Terdapat hubungan positif dan signifikan yakni r-hit sebesar 0,624 dan r-tab (0,198) Koefisien determinasi (r²) sebesar 38,93%. SeIanjutnya gaya kepemimpinan dapat mempengaruhi kualitas pelayanan.

Untuk dapat meningkatkan kualitas pelayanan disarankan agar pimpinan berupaya merubah gaya kepemimpinan dari direktif menuju suportif hingga partisipatif dehgan mengembangkan kerja tim yang bekerja berorientasi kepada kualitas, dan didukung oleh komitmen para pimpinan diatasnya serta upaya peningkatan dan pengembangan sumber daya manusia melalui pendidikan dan pelatihan ataupun tranning sesuai dengan kebutuhan masa sekarang dan masa yang akan datang.
1999
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muhammad Aidil Fitriansyah Usman
Abstrak :
Berbagai tantangan akan dihadapi oleh organisasi dan pemimpin pada organisasi sektor publik seperti era disrupsi teknologi, era volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity (VUCA) serta reformasi birokrasi yang saat ini sedang dilaksanakan oleh pemerintah. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor penentu bagi organisasi sektor publik untuk menghadapi tantangan tersebut dan mencapai target dan tujuannya. Dasar utama efektifitas kepemimpinan bukanlah pengangkatan tetapi penerimaan orang lain atas kepemimpinan yang bersangkutan. Studi tentang kepemimpinan telah banyak dilakukan, namun penelitian yang mengeksplorasi kepemimpinan dari perspektif emic yaitu anggota atau komunitas yang menjadi subjek penelitian masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi makna kepemimpinan pada Instansi Pemerintah dari sudut pandang PNS sebagai objek yang dipimpin. Menggunakan pendekatan kualitatif interpretivis, wawancara mendalam semi-terstruktur dilakukan dengan 27 pegawai negeri sipil dari instansi pemerintah pusat, dan data dianalisis menggunakan analisis tematik. Penelitian ini menghasilkan tiga gagasan kepemimpinan yang beragam dari sudut pandang PNS yaitu: (1) PNS merindukan pemimpin yang humanis, (2) PNS merindukan pemimpin yang terlibat langsung dalam pelaksanaan tugas, serta (3) PNS merindukan pemimpin lintas generasi. Studi ini menawarkan panduan kepada para pemimpin di sektor publik di Indonesia dengan mengidentifikasi gagasan kepemimpinan pada Instansi Pemerintah dari sudut pandang PNS. Kontribusi utama penelitian ini, yaitu memperkaya kajian literatur tentang kepemimpinan di sektor publik dengan pendekatan eksploratori para objek yang dipimpin di lingkungan Instansi Pemerintah dan menggambarkan bagaimana gagasan para PNS tentang kepemimpinan pada sektor publik di Indonesia. ......Various challenges will be faced by organizations and leaders in public sector organizations, such as the era of technological disruption, the volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity (VUCA) era, and the bureaucratic reform that is currently being implemented by the government. Leadership is one of the determining factors for public sector organizations to face these challenges and achieve their targets and objectives. Effective leadership is not dependent on an appointment but on others' acceptance of the leadership in question. Many studies on leadership have been carried out, but research that explores leadership from an emic perspective, namely the members or communities that are the subject of research, is still limited. This study aims to explore the meaning of leadership in government agencies from the point of view of civil servants as the objects being led. Using a qualitative approach, semi-structured in-depth interviews were conducted with 27 civil servants from central government agencies, and the data was analyzed using thematic analysis. This study resulted in three points about leadership that vary from the point of view of civil servants, namely: (1) Civil servants yearn for a humanist leader; (2) Civil servants yearn for leaders who are directly involved in the performance of their duties; and (3) Civil servants yearn for cross-generational leaders. This study offers guidance to leaders in the public sector in Indonesia by identifying leadership ideas in government agencies from the perspective of civil servants. The main contribution of this research is to enrich the literature review on leadership in the public sector with an exploratory approach to objects led by government agencies and to describe the ideas of civil servants about leadership in the public sector in Indonesia.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Aditya Agung Satrio
Abstrak :
Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari hubungan antara penerapan akuntansi berbasis akrual dan kinerja dengan dengan menggunakan perspektif teori institusional. Pada penelitian ini membagi kinerja menjadi dua aspek yaitu kinerja operasional dan keuangan menggunakan data dari 3.252 observasi dari Pemerintah Daerah di Indonesia mulai dari tahun 2011 sampai dengan 2017. Hasil penelitian menunjukkan penerapan akuntansi berbasis akrual berhubungan positif dengan kinerja baik ketika diukur menggunakan parameter operasional maupun keuangan. Hal ini mengindikasikan bahwa pemerintah Indonesia mengadaptasi akuntansi berbasis akrual dari International Public Sector Accounting Standards (IPSAS) secara substansial dan tidak hanya secara simbolik untuk mendapatkan legitimasi dunia internasional. Hasil penelitian ini berkaitan dengan usaha pemerintah untuk mewujudkan reformasi di bidang keuangan negara. Untuk peningkatan kinerja, pemerintah dapat mengandalkan informasi yang berasal dari laporan keuangan berbasis akrual. Hal ini dikarenakan akuntansi berbasis akrual mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas sehingga dapat menghasilkan informasi yang relevan untuk pengambilan keputusan sehingga dapat meningkatkan kinerja. ......This paper aims to study the relationship between the implementation of accrualbased accounting and performance by using the perspective of institutional theory. This study distinguishes amongst operational and financial performance using data from 3,252 observations from local governments in Indonesia from 2011 to 2017. The results showed that implementation of accrual-based accounting has a positive relationship with performance both when measured using operational and financial parameters. This indicates that the Indonesian government is adapting accrual-based accounting from the International Public Sector Accounting Standards (IPSAS) substantially and not only symbolically to gain international legitimacy. The results of this study are related to the government's efforts to realize reforms in the state finance management. In order to increase the quality of performance, the government can rely on information derived from accrual-based financial reports. This is because accrual-based accounting can increase transparency and accountability so that it can produce relevant information for decision making so that can improve performance.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2021
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Putu Wirasata
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang pengukuran kinerja organisasi sektor publik dengan menggunakan metode balanced scorecard. Objek penelitian dalam tesis ini adalah RSUD Tg. Uban Provinsi Kepulauan Riau yang ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja RSUD Tg. Uban pada Tahun 2009 secara komprehensif berdasarkan empat perpektif penilaian kinerja dalam balanced scorecard. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskripsi dengan melakukan assessment dan evaluative terhadap kinerja rumah sakit. Hasil penelitian menyarankan perlunya peningkatan sarana, prasarana dan efisiensi keuangan dalam pengelolaan rumah sakit, namun begitu secara umum kinerja RSUD Tg. Uban dinyatakan cukup baik. ......This thesis discusses about performance measurement of public sector by using balanced scorecard method. The object of this research is RSUD Tg. Uban Province of Kepulauan Riau which state as ?BLUD?. This research purpose is to knowing RSUD Tg. Uban performance at 2009 comprehensively based on four perspectives of performance measurement in balanced scorecard. The design of this research is quantitative description by assessing and evaluating a hospital performance. The researcher suggests RSUD Tg. Uban needs to improve their facilities, infrastructures and efficiency in managing hospital financial but in generally the performance of RSUD Tg. Uban which has been evalued is fairly good.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2010
T27977
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
cover
Rahardian Wijayanti
Abstrak :
Tesis ini membahas tentang analisis kinerja RSUD Dr. Iskak Tulungagung sebagai organisasi sector public berstatus BLUD dengan menggunakan metode Balanced Scorecard. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kinerja RSUD Dr. Iskak Tulungagung secara komprehensif dengan metode Balanced Scorecard, yang meliputi empat perspektif yaitu perspektif pelanggan, perspektif keuangan, perspektif proses internal dan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis univariat (deskriptif) yang diwakili dengan nilai rata-rata dan distribusi frekuensi tingkat kepuasan setiap variable untuk perspektif pelanggan, proses internal dan pertumbuhan dan pembelajaran. Sedangkan untuk perspektif keuangan digunakan analisis rentabilitas, likuiditas, solvabilitas dan cost recovery rate. Hasil penelitian menunjukkan hasil kinerja secara umum untuk perspektif pelanggan, proses internal dan pertumbuhan dan pembelajaran adalah cukup baik dan untuk perspektif keuangan hasil kinerja secara umum sudah baik. ......This thesis analyzes the performance of Dr. Iskak Tulungagung Hospital as public sector organizations stated BLUD using the Balanced Scorecard method. The purpose of this study was to analyze the performance of Dr. Iskak Tulungagung hospital comprehensively with the Balanced Scorecard method, which includes four perspectives namely the customer perspective, financial perspective, internal process perspective and learning and growth perspective. Data analysis methods used were univariate analysis (descriptive) represented by the average value and frequency distribution of each variable levels of satisfaction for the customer perspective, internal processes and learning and growth. As for the financial perspective of the analysis used earnings, liquidity, solvency and cost recovery rate. The results show the performance results in general for the customer, internal processes and learning and growth perspective is quite good and for the financial perspective performance results in general are good.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
T29981
UI - Tesis Open  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7   >>