"Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana struktur jaringan modal sosial berdampak pada
perilaku konsumen showrooming dimana konsumen mencoba sesuatu produk di toko fisik lalu
membelinya di toko online dan webrooming dimana konsumen melakukan pencarian di online lalu
membelinya di toko of line. Studi sebelumnya melihat bahwa e-WOM (Word Of Mouth) memiliki
berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini menggunakan kerangka berfikir
structural holes dan modal sosial Burt dikombinasikan dengan struktur jaringan nilai betweeness
centrality. Penelitian ini menggunakan metode campuran yaitu melalui Social Network Analysis (SNA)
sebagai metode primer dan wawancara mendalam sebagai metode sekunder. Hasil dari penelitian ini
ialah modal sosial pada aspek trust dan involvement beauty influencer perpengaruh langsung pada
perilaku showrooming dan webrooming serta berpengaruh secara tidak langsung mengurangi structural
holes yang ada dengan cara structural equivalence.
This article discusses how the structure of social networks has an impact on consumer behavior ofshowrooming and webrooming. showrooming is when consumers try something on a physical store andthen buy it at an online store and webrooming is when consumers search online and buy it in an offlinestore. Previous studies sees Electronic Word of Mouth (e-WOM) has significant effects for consumersbehavior. This article uses the social networking and Burt social capital frameworks and combined it withthe value of betweeness centrality using the Social Network Analysis (SNA). This study usesmix-methods through Social Network Analysis (SNA) and in-depth interviews. This studies found thatsocial capital of beauty influencer on the aspects of trust and Involvement has a direct influence onshowrooming and webrooming behavior and indirectly influence both behaviour by reducing structuralholes through structural equivalence"