Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 383 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Tsuchiya, Kenji
Jakarta : Balai Pustaka , 1992
372.2 TSU dt (1)
Buku Teks  Universitas Indonesia Library
cover
Deasyanti
"Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku anak dalam belajar adalah faktor situasional, dalam hal ini adalah faktor kelas, di mana anak menghabiskan sebagian besar waktu belajar di sekolah di dalam kelas. Sayangnya kondisi pembelajaran di sekolah di Indonesia belum sampai pada tingkat menjadikan anak menyukai belajar. Beban kurikulum yang sarat dengan mata pelajaran, iklim belajar yang kompetitif merupakan kondisi yang dapat mempengaruhi tujuan anak dalam belajar di mana anak akan berorientasi pada nilai, atau hal ekstnnsik lainnya.
Tujuan yang mendasari seseorang dalam belajar dalam teori motivasi disebut goal orientation (orientasi tujuan) Meece, Blumenfeld 8: Hoyle (1988) mengemukakan bahwa orientasi tujuan merupakan seperangkat intensi berperilaku yang menentukan bagaimana siswa mendekati dan melibatkan diri dalam aktivitas belar. Secara umum, ada dua jenis orientasi tujuan, yaitu orientasi masrery dan performance. Siswa yang memiliki orientasi masrery rnemiliki karakteristik: mementingkan proses belajar, penguasaan materi, menggunakan strategi belajar yang efektif dan membandingkan prestasinya dengan prestasinya sendiri di masa lalu. Sedangkan siswa yang memiliki orientasi performance memiliki karakteristik: fokus pada hasil yang lebih baik dari orang lain, menghindari kelihatan tidak mampu di mata orang lain dan menggunakan strategi belajar yang dangkal.
Agar anak memiliki orientasi masfery, perlu diciptakan lingkungan belajar yang bisa mengarahkan orientasi tersebut. Lingkungan belajar demikian dapat diciptakan guru melalui faktor-faktor kelas yang dijabarkan ke dalam strategi pembelajaran yang berorientasi pada masrery. Faktor-faktor kelas tersebut disebut dengan istilah strulctur kelas. Secara teoritis diduga bahwa pengaruh struktur kelas diperantarai oleh bagaimana siswa mempersepsikan struktur kelasnya. Walaupun berada dalam kelas yang sama, terdapat perbedaan individual dalam bagaimana siswa mempersepsikan pengalamannya dalam kelas.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap strulctur kelas dan orientasi mastery, orientasi performance dan pola orientasi tujuan Juga ingin diketahui apakah ada perbedaan orientasi tujuan, orientasi performance dan pola orientasi tujuan pada kelas yang berbeda. Sampel penelitian adalah siswa kelas 5 SD Negeri di kecamatan Menteng Jakarta Pusat, berjumlah 129 orang.
Perhitungan statistik menggunakan unit analisis individu dan unit analisis kelas. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signiflkan antara persepsi siswa terhadap struktur kelas dan orientasi mastery, tetapi tidak ada hubungan antara persepsi siswa terhadap struktur kelas dan orientasi performarrce maupun dengan pola orientasi tujuan. Selanjutnya dalam unt analisis kelas, ditemukan tidak ada perbedaan orientasi mastery siswa pada kelas dengan struktur kelas yang berbeda, tetapi ada perbedaan orientasi performance dan pola orientasi tujuan siswa pada kelas dengan struktur kelas yang berbeda Dalam orientasi performance yang berbeda juga ditemukan kecenderungan perbedaan yang sistematis, artinya, kelas dengan struktur kelas yang semakin lebih berorientasi mastery, memiliki siswa dengan orientasi perjformance yang semakin rendah dan sebaliknya, Sedangkan, perbedaan kelas (didalamnya mencakup perbedaan struktur kelas) memiliki ?pengaruh dalam membentuk pola orientasi tujuan siswa di dalam kelas tersebut.
Hubungan yang semula dihipotesiskan namun ternyata ditolak adalah adanya hubungan yang negatif dan signitikan antara persepsi siswa terhadap struktur kelas dan orientasi performance, adanya hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap strulctur kelas dan pola orientasi tujuan, dan adanya perbedaan orientasi mastery siswa di antara kelas yang berbeda. Ditolaknya hipotesis disebabkan karena beberapa keterbatasan penelitian, antara lain karakteristik subyek yang cenderung homogen (berasal dari sekolah dengan karakteritik sama) sehingga kurang terjaring skor orientasi tujuan yang bervariasi.
Sebaliknya, struktur kelas suatu kelas diulcur berdasarkan persepsi siswa dan temyata skor penilaian siswa berada dalam rentang penyebaran yang cukup lebar, sehingga obyektivitas penilaian siswa perlu dipertimbangkan dalam menganalis hasil. Keterbatasan yang juga cukup berpengaruh adalah dalam konstruksi alat ukur. Pembahasan kesimpulan hasil penelitian diuraikan dalam diskusi, dan dikuti dengan saran-saran. Adapun saran-saran mencakup saran yang terkait dengan variabel penelitian, dengan konstruksi alat ukur, dan saran praktis. Implikasi dari penelitian diharapkan guru dan sekolah dapat menciptakan struktur kelas yang dapat mengarahkan orientasi mastery siswa sebagai pola orientasi yang paling adaptif dalam kegiatan belajar (terlepas apakah orientasi perjormavrce-nya tinggi/rendah)."
Depok: Universitas Indonesia, 2002
T37857
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Ayudya Rachman
"[ABSTRAK
Thesis ini menganalisis pengaruh pengeluaran pemerintah di bidang
pendidikan terhadap keikutsertaan siswa dalam pendidikan, dengan menggunakan
metode effek tetap (fixed effect) terhadap data panel pada pemerintah
kabupaten/kota di Indonesia selama periode 2008-2010. Analisis dilakukan
dengan memisahkan keikutsertaan siswa dalam pendidikan dasar (sekolah dasar
dan sekolah menengah pertama) dan keikutsertaan siswa dalam pendidikan
lanjutan untuk melihat perbedaan pada keduanya. Thesis ini menemukan bahwa
setelah mengendalikan karakteristik pulau, pengeluaran pemerintah di bidang
pendidikan memiliki efek yang positif dan signifikan terhadap keikutsertaan siswa
dalam pendidikan dasar. Setelah memisahkan wilayah Indonesia bagian timur dan
barat, ditemukan bahwa pengeluaran pemerintah hanya memiliki efek yang
signifikan terhadap keikutsertaan siswa dalam pendidikan dasar di wilayah
Indonesia bagian timur. Thesis ini juga menemukan bahwa kualitas
penyelenggaraan pemerintahan tidak memiliki pengaruh terhadap efektifitas
pengeluaran pemerintah di bidang pendidikan selama periode analisis.

ABSTRACT
This paper analyses the impact of government education spending on
education enrolment, using a fixed effect method on a panel data at
district/municipal level of government in Indonesia during the period 2008-2010.
The analyses separate basic education (elementary and junior high school)
enrolment and senior high school enrolment to see whether the effects are
different among them. This paper finds that after controlling for island
characteristics, government education spending has a positive, significant effect
on basic education enrolment. After separating between east region and west
region, this paper finds that government spending only has significant effect on
basic education enrolment in east region. This paper also finds that the quality of
governance has no influence on the effectiveness of government education
spending during the period of study., This paper analyses the impact of government education spending on
education enrolment, using a fixed effect method on a panel data at
district/municipal level of government in Indonesia during the period 2008-2010.
The analyses separate basic education (elementary and junior high school)
enrolment and senior high school enrolment to see whether the effects are
different among them. This paper finds that after controlling for island
characteristics, government education spending has a positive, significant effect
on basic education enrolment. After separating between east region and west
region, this paper finds that government spending only has significant effect on
basic education enrolment in east region. This paper also finds that the quality of
governance has no influence on the effectiveness of government education
spending during the period of study.]"
2015
T44199
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Yulmaida Amir
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1985
S2539
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Farha Nurmiatiari Zain
"ABSTRACT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan pengetahuan dan sikap tentang anemia pada siswi SMAN setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media leaflet dan powerpoint. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan menggunakan kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Penelitian ini dilakukan kepada 81 siswi kelas X di SMAN terpilih. Kelompok kontrol berjumlah 25 siswi, kelompok powerpoint berjumlah 25 siswi, dan kelompok leaflet berjumlah 33 siswi. Pengambilan data penelitian dilakukan sebanyak 4 kali, yang terdiri dari 1 kali pre test dan 3 kali post test untuk melihat pola dan retensinya. Uji statistik yang digunakan yaitu t berpasangan untuk menganalisi perubahan di dalam masing-masing kelompok dan uji ANOVA untuk melihat perbedaan antara kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perubahan pengetahuan dan sikap pada masing-masing kelompok, dengan perubahan pada pengetahuan dan sikap yang paling tinggi yaitu pada kelompok leaflet dibandingkan kelompok powerpoint, dan kontrol.

ABSTRACT
The purpose of this research is to understand the change of knowledge and attitude of anemia among female students in Senior High School after being given the intervention by using leaflet and powerpoint media. Design study that is used is quasy experiment with control group with no intervention. This research is aplicated to 81female students of the 10th grade in several Senior High School in Bogor City. Control group consists of 25 female students, powerpoint group consists of 23 female students, and leaflet group consists of 33 female students. The data is taken 4 times in each group, included 1 pre test and 3 post test to observe the pattern and retention. The statistic test that is used is t test dependent to analyze the change within group and ANOVA test to observe the difference between each group. The result of this research shows the change of knowledge and attitude in each group, with the highest change is in leaflet group compared to control group and powerpoint group."
2018
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Elida Wahyuni
"Indonesia merupakan suatu negara kepulauan yang terkepung oleh tiga lempeng yang sewaktu-waktu dapat bergerak dan menimbulkan patahan, diantaranya lempeng Eurasia, lempeng Indo-Australia, dan lempeng Pasifik. Selain itu, Indonesia juga merupakan jalur The Pasific Ring Of Fire (cincin api fasifik), yang merupakan jalur rangkaian gunung api aktif di dunia. Indonesia memiliki gunung berapi dengan jumlah kurang lebih 240 gunung berapi, dimana hampir 70 diantaranya masih aktif.
Akibat letak geografis inilah Indonesia merupakan negara yang memiliki potensi gempa terbesar di dunia. Dengan mempelajari sifat dan karakteristik alam, manusia dapat hidup menyesuaikan dengan alam. Patuh pada hukum dan kodrat alam sehingga tidak menimbulkan bencana yang dapat merugikan manusia.
Tujuan penelitian ini adalah membandingkan pengetahuan siswa SMA tentang kesiapsiagaan bencana antara siswa SMAN 2 Depok Jawa Barat dengan SMAN 1 Pariaman Sumatera Barat tahun 2011. Dengan jumlah sampel sebanyak 379 responden, yang dilaksanakan pada bulan Maret-April 2011. Menggunakan rancangan cross sectional dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis secara univariat, bivariat dengan uji T tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMAN 1 Pariaman yang yang memiliki pengetahuan baik yaitu 64,62% dan siswa SMAN 2 Depok Yang memiliki pengetahuan baik yaitu 59,78%. Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan tentang kesiapsiagaan bencana siswa SMAN 1 Pariaman Sumatera Barat lebih tinggi dari pada siswa SMAN 2 Depok Jawa Barat.

Indonesia is an archipelago surrounded by three plates which sometimes can move and cause errors, such as the Eurasian plate, the Indo-Australian Plate and Pacific Plate. In addition, Indonesia is also a path of The Pacific Ring Of Fire (ring of fire fasifik), which is a series of lines active volcanoes in the world. Indonesia has volcanoes, amounting to about 240 volcanoes, of which nearly 70 are still active.
Due to the geographical location Indonesia is a country that has the potential of the world's largest earthquakes. By studying the nature and characteristics of nature, humans can adapt to living with nature. Obedient to the laws of nature and of nature so as to avoid the disasters that can harm humans.
The purpose of this study was to compare the knowledge of high school students about disaster preparedness among students of SMAN 2 Depok West Java, by SMAN 1 Pariaman, West Sumatra in 2011. With a total sample of 379 respondents, conducted in March-April 2011. Using cross-sectional design with quantitative approach and analyzed in, test by test univariate bivariate T.
Results showed that students of SMAN 1 Pariaman who have good knowledge of ie 64.62% and the students of SMAN 2 Depok Which has a good knowledge of 59.78%. The results of bivariate analysis showed that the level of knowledge about disaster preparedness SMAN 1 Pariaman West Sumatra is higher than the students of SMAN 2 Depok West Java.
"
Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2011
S-Pdf
UI - Skripsi Open  Universitas Indonesia Library
cover
Subiyanto
"Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui segala sesuatu yang dapat mempengaruhi minat siswa SMUN Tasikmalaya untuk mengikuti pelatihan keterampilan. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan survey di SMUN Tasikmalaya. Populasi siswa adalah siswa kelas III Catur Wulan III. Sampel sebanyak 193 orang dari tiga SMU Negeri, yaitu SMU Negeri I Indihiang, yang berlokasi di dalam kota sebanyak 61 orang, SMU Negeri II Indihang yang berlokasi di perbatasan kota-desa sebanyak 62 orang, dan SMU Negeri Ciawi yang terletak di desa kecamatan sebanyak 70 orang. Masalah yang dianalisa dalam penelitian ini adalah; (1) minat siswa untuk mengikuti pelatihan keterampilan, (2) latar belakang status sosial ekonomi orang tua siswa, (3) rata-rata nilai raport yang diperoleh siswa, (4) latar belakang status pendidikan orang tua siswa, (5) jurusan yang dipilih siswa.
Hasil deskripsi data dan analisa data memperlihatkan bahwa minat siswa untuk mengikuti pelatihan cukup besar, dan hasil pengujian hipotesis pada tara sifnifikasi a=0,05 menunjukkan bahwa: (1) tingkat status sosial ekonomi orang tua siswa sangat berpengaruh terhadap minat siswa untuk mengikuti pelatihan keterampilan dengan model korelasi (r) = 0,63, (2) rata-rata nilai raport berpengaruih terhadap minat siswa untuk mengikuti pelatihan keterampilan dengan indek korelasi (r)=0,68, (3) Jurusan IPA lebih berpengaruh daripada jurusan IPS dengan indek korelasi (r)=0,65, (4) latar belakang pendidikan orang tua siswa berpengaruh terhadap minat siswa untuk mengikuti pelatihan keterampilan dengan indek korelasi (r)=0,71."
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 1998
T-Pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kokusai Bunka Shinkokai
Tokyo: Kokusai Bunka Shinkokai, 1969
016.952 KOK k
Buku Teks SO  Universitas Indonesia Library
cover
Irra Wiryani
"ABSTRAK
Ujian nasional (UN) yang diadakan pemerintah setiap tahun menimbulkan masalah ansietas bagi para siswa SMP dan SMA. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi gambaran tingkat ansietas siswa menghadapi ujian nasional pada siswa SMP dan SMA. Desain penelitian deskriptif dengan melibatkan 83 siswa SMPN dan 80 siswa SMAN yang akan menghadapi UN. Instrumen yang digunakan adalah modifikasi wetside test anxiety scale. Hasil penelitian didapatkan 11% siswa SMPN ansietas tingkat sedang sampai dengan berat dan 39,2% siswa SMAN ansietas pada tingkat sedang sampai dengan berat. Perawat sekolah perlu melakukan intervensi untuk mengurangi ansietas siswa di sekolah terutama menjelang UN. Diharapkan pihak sekolah dan orang tua dapat meningkatkan perhatiannya terhadap masalah psikologis siswa."
Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2016
610 JKI 19:2 (2016)
Artikel Jurnal  Universitas Indonesia Library
cover
Trini S. Soemarko
Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1988
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
<<   1 2 3 4 5 6 7 8 9 10   >>