Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 2 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Elok Savitri Pusparini
"ABSTRAK
Peningkatan intensitas environmental uncertainty dan stakeholder pressures terhadap bisnis ramah lingkungan pada negara berkembang seperti Indonesia, menuntut organisasi untuk memberikan respon terhadap tekanan yang berasal dari pihak eksternal sebagaimana diskusi yang mengakomodasi literatur tentang dinamika perubahan lingkungan dan literatur stakeholder ke dalam ranah Strategic Management. Dengan menggunakan model yang mengintgrasi Institutional Theory, Resource Dependence Theory, Resource-based Theory dan Behavioral Theory of The Firm, penelitian ini mengukur bagaimana industri perhotelan di Indonesia merespon terhadap ketidakpastian lingkungan yang tinggi, tekanan terhadap bisnis ramah lingkungan, dan bagaimana Organizational Cognition memainkan peran dalam menentukan keputusan organisasi untuk mengimplementasikan Proactive Environmental Strategy. Organisasi merespon perubahan eksternal dengan memperhitungkan faktor sumber daya dan kapabilitas internal. Secara bersama-sama, faktor eksternal dan internal akan membawa pengaruh terhadap organizational performance. Hasil temuan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa persepsi manajer hotel terhadap faktor lingkungan dan tekanan yang datang dari elemen-elemen stakeholder memiliki pengaruh positif dalam keputusan untuk mengimplementasi Proactive Environmental Strategy, sementara peran mediasi Organizational Cognition yang menjembatani faktor Environmental Uncertainty, Stakeholder Pressure, dan Strategic Capabilities menunjukkan hasil yang berbeda. Penelitian ini juga menemukan pengaruh positif dan signifikan dari Proactive Environmental Strategy terhadap Organizational Performance. Merujuk pada hasil yang didapat, penelitian ini memberikan kontribusi bagi perkembangan teoritis dalam konteks Strategic Management, implikasi manajerial, implikasi kebijakan terkait industri perhotelan di Indonesia, dan saran untuk penelitian yang akan datang.

ABSTRACT

The increasing prominence of environmental uncertainties and stakeholder pressure on environmental sustainability activities in developing countries such as Indonesia, as made organizations respond to pressures from external and internal groups that can be explained toward the stakeholder literature in strategic management. Using a model that integrates institutional theory, resource dependence theory, resource-based theory and behavioral theory of the firm, this study examines how Indonesias hotel industry responds to environmental sustainability pressures, how the external and internal factors play a major role in defining environmental proactiveness as a proxy of strategic response upon the pressures, and its impact on a firms performance. The findings of this study indicate that environmental uncertainties, stakeholder pressures, along with organizational strategic capabilities perceived by hotel managers have a positive impact on hotels proactive environmental strategy implementation through the mediating effect of organizational cognition. This study also finds a strong and positive relationship between the proactive environmental strategy implementasion and organizational performance. Drawing from the results, research contributions are developed upon theoretical implication, managerial implication, policy implication, and future avenues of inquiries for researchers."
2018
D2752
UI - Disertasi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Mohamad Aditya Witantra
"Salah satu sifat alami dari perusahaan adalah untuk mengejar competitive advantage atas pesaingnya dalam sebuah industri. Namun bagaimanapun, untuk mencapai competitive advantage sangatlah sulit terutama karena persaingan yang kian ketat antar perusahaan. Kondisi ini mengharuskan seorang manajer perusahaan untuk menghasilkan cara baru untuk unggul dalam kompetisi. Oleh karena itu, tesis ini dibuat untuk menganjurkan perusahaan agar terlibat dalam aliansi strategis sebagai media untuk mendapatkan competitive advantage. Penelitian mengatakan bahwa aliansi strategis akan meningkatkan pasokan sumber daya dan saluran jaringan. Selain itu, aliansi strategis juga akan memfasilitasi peningkatan kompetensi inti perusahaan serta untuk belajar dan mengembangkan kemampuan strategis baru. Studi ini menganalisis manfaat yang perusahaan bisa dapatkan jika mereka terintegrasi dalam sebuah aliansi. Manfaat ini juga akan mengarah ke pencapaian competitive advantage. Selain itu, tesis ini juga menyelidiki bagaimana cara untuk membangun sebuah aliansi serta bagaimana cara untuk berhasil mengelola aliansi, karena tidak jarang aliansi menemui kegagalan selama beroperasi. Selain itu, tesis ini juga menghadirkan dua analisa kasus, yang akan menggambarkan konsep dan teori aliansi strategis untuk dunia bisnis yang nyata. Menggabungkan unsur-unsur tersebut, tesis ini berharap dapat mengungkap apa yang diperlukan bagi perusahaan untuk menciptakan competitive advantage dengan terlibat dalam sebuah aliansi strategis yang menguntungkan.

It is the nature of the firms to pursue competitive advantage over the rivals in the industry. But however, it is very difficult to achieve competitive advantage especially due to the fiercer competition between firms, which now has been amplifying more than ever. This condition forces manager to impose new way to be stand out in the competition. Hence, this thesis promotes firms to engage in strategic alliances as the medium in order to gain competitive advantage. It is said that strategic alliance will boosts the supply of resources and networking channel. In addition to that, strategic alliance will facilitates the improvement of firm’s core competence as well as to learn and develop new strategic capabilities. This study analyses the benefits that the firms may get if they are integrated in an alliance. These benefits will also leads to the achievement of competitive advantage. Furthermore, this thesis correspondingly investigates the approaches for alliance to gain competitive advantage as well as how to successfully manage alliance, since there are many alliances meet failure during the operation. Moreover, this thesis also presents two case analyses, which will illustrate the concepts and theories of strategic alliance to the real business world. Combining those elements, this thesis hopes to unravel what it takes for firms to create competitive advantage by engaging in fruitful strategic alliance."
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2015
S-pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library