Hasil Pencarian  ::  Simpan CSV :: Kembali

Hasil Pencarian

Ditemukan 5 dokumen yang sesuai dengan query
cover
Anindita Ratnawati Aditya
Abstrak :
Perkembangan bisnis cafe di Indonesia belakangan mengalami peningkatan, sehingga membuat tingkat persaingan juga semakin ketat. Hal ini lah yang membuat para pebisnis cafe harus pintar mempertahankan loyalitas pelanggan, karena karekteristik konsumen senang mencoba hal atau tempat baru. Dalam mengambil keputusan, pelanggan dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti ulasan pelanggan lainnya, platform ulasan, dan karakteristik properti serta profil pelanggan itu sendiri. Dalam konteks ini, penelitian dilakukan untuk mengetahui kelompok atribut-atribut yang membentuk online review yang dianggap penting pada platform social media dan review website dalam memilih cafe. Penelitian ini mengembangkan model penelitian terdahulu dengan membandingkan dua jenis platform (platform social media dan review website) dan menguji secara empiris dengan mengumpulkan data dari kuesioner yang akan disebar melalui survei online. Exploratory Factor Analysis (EFA) digunakan untuk melihat pengelompokan dimensi yang membentuk online review. Hasil analisis menunjukkan terdapat 7 kelompok dimensi pada kedua jenis platform, yaitu kegunaan, keahlian pengulas, volume, ketepatan waktu, ulasan positif, ulasan negatif, dan kelengkapan. Uji beda juga dilakukan untuk melihat perbedaan antara kelompok responden yang menganggap atmosfer cafe dengan tingkat kepentingan berbeda. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pengusaha cafe dalam mengembangkan strategi untuk menarik pelanggan potensial. Pengusaha cafe dapat lebih memperhatikan faktor-faktor yang mendorong dalam menarik konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
The development of cafe business in Indonesia has recently increased, making the level of competition become tighter. This is what makes cafe business must be able to maintain customer loyalty, due to the characteristics of consumers tend to try new things or places. The customers decision making is affected by various factors such as other customer reviews, review platforms, and property characteristics as well as the customers profile itself. In this context, research was conducted to determine the groups of attributes that make up online reviews which are considered important on social media and review website platforms in choosing a cafe. This study referred to the former research model by comparing two types of platform (social media and review website) and empirically tested by collecting data from questionnaires that were distributed using online survey. Exploratory Factor Analysis (EFA) is used to see the dimension groupings that make online reviews. The results of the analysis showed that there were 7 dimension groups on both types of platforms, namely usefulness, reviewers expertise, volume, timeliness, positive online reviews, negative online reviews, and comprehensiveness. A different test was also conducted to see differences between groups of respondents who considered the cafe atmosphere with different levels of importance. The results of this study can be used by cafe entrepreneurs to develop their strategies for engaging potential customers. Cafe entrepreneurs can pay more attention to the most encouraging factors that attract customers to make purchasing decisions.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2019
T53884
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Kirana Maharani
Abstrak :
ABSTRAK
Penelitian ini menguji pengaruh faktor-faktor dari theory of planned behaviour seperti sikap, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, serta faktor lain seperti keterlibatan ego, motif membalas dendam, dan motif untuk membantu restoran terhadap intensi seseorang untuk menulis ulasan online pada Zomato. Penelitian ini mengumpulkan 279 responden yang tinggal di Indonesia untuk mengisi kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sikap, motif membalas dendam, dan motif untuk membantu restoran tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi konsumen untuk menulis ulasan online pada Zomato. Di sisi lain, norma subyektif, kontrol perilaku yang dirasakan, dan keterlibatan ego secara signifikan memengaruhi intensi konsumen untuk menulis ulasan online pada Zomato. Penelitian ini menerapkan model yang telah diajukan sebelumnya namun untuk kasus yang berbeda yaitu bukan pada suatu restoran melainkan pada suatu platform yang spesifik yakni Zomato.
ABSTRACT
This study examines the effect of the theory of planned behaviour factors such as attitudes, subjective norms, and perceived behavioral control, as well as other factors such as ego involvement, taking vengeance, and helping the restaurant toward consumers intention to write online review on Zomato. This study collected 279 respondents who lived in Indonesia to fill the questionnaire. The result of this research shows that attitude, taking vengeance, and helping the restaurant does not have significant effect on customers intention to write online review on Zomato. On the other hand, subjective norms, perceived behavioral control, and ego involvement does have significant effect on customers intention to write online review on Zomato. This research applied a proposed model for a different case, which is not for a specific restaurant, but for a specific platform.
2019
S-Pdf
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Hadisti Sabrina Herga
Abstrak :
Seiring perkembangan internet, ulasan online yang biasa dilakukan melalui blog kini dilakukan melalui media sosial Youtube. Hal ini telah menjadi suatu fenomena yang penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh ulasan online di Youtube pada produk kosmetik Wardah yang diunggah oleh beauty vlogger Abel Cantika terhadap minat beli konsumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui survei, menyebarkan kuesioner pada 100 responden sesuai dengan kriteria sampel. Teknik penarikan sampel yang digunakan yaitu non-probability sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ulasan online di Youtube pada produk kosmetik Wardah yang diunggah oleh Abel Cantika memiliki pengaruh terhadap minat beli konsumen.
Following evolution of the internet, online reviews are commonly done through blogs, now they have been doing through social media Youtube. This situation has become an important phenomenon. The objective of this research is to analyze the effect of online review Wardah cosmetic product on Youtube that has been posted by beauty vlogger Abel Cantika towards consumer purchase intention. This research uses quantitative approach with data collection techniques through surveys, distributing questionnaires to 100 respondents according to the sample criteria. The sampling techniques used is non probability sampling. The results show that online review Wardah cosmetic product on Youtube uploaded by Abel Cantika have an influence on consumer purchase intention.
Depok: Universitas Indonesia, 2017
S66907
UI - Skripsi Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Muchamad Ganda Gunawan
Abstrak :
Tulisan ini membahas tentang analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan informasi pada ulasan online aplikasi kencan. Penelitian ini diadaptasi dari penelitian Filieri & McLeay pada tahun 2013 tentang adopsi informasi wisatawan dari ulasan online. Dengan menerapkan pendekatan kuantitatif, penelitian ini menggunakan kuesioner online dari 127 responden yang mencari informasi tentang aplikasi kencan. Metode analisis data dilakukan dengan analisis statistik eksplanatif dan analisis Structural Equation Modeling (SEM) demi membuktikan hipotesis-hipotesis penelitian. Dengan mengimplementasikan Elaboration Likelihood Model (ELM), studi ini menjadikan central route (dibagi dalam dimensi ketepatan waktu informasi, informasi yang dapat dimengerti, relevansi informasi, akurasi informasi, nilai informasi yang ditambahkan, serta kelengkapan informasi) dan peripheral route (terdiri dari dimensi kuantitas informasi dan peringkat produk) sebagai variabel induk independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketepatan waktu informasi, relevansi informasi, dan kelengkapan informasi menjadi dimensi-dimensi yang memiliki pengaruh signifikan terhadap penerimaan informasi pada ulasan online aplikasi kencan. Sedangkan akurasi informasi dan kuantitas informasi tidak memiliki pengaruh yang kuat. ......This paper discusses about analysis of the factors that influence adoption of information in online reviews of dating applications. This research was adapted from Filieri & McLeay's in 2013, research on how tourists' adoption of information from online reviews. By applying a quantitative approach, this research used an online questionnaire from 127 respondents who were looking for information about dating applications. The data analysis method was carried out using explanatory statistical analysis and Structural Equation Modeling (SEM) analysis to prove the research hypotheses. By implementing the Elaboration Likelihood Model (ELM), this study specified the central route (divided into information timeliness, information understandability, information relevance, information accuracy, value-added information, and information completeness) and peripheral route (consisted of information quantity and product ranking) as independent variables. The research results show that information timeliness, information relevance, and information completeness are dimensions that have significant influence on receiving information in online reviews of dating applications. Meanwhile, information accuracy and information quantity do not have a strong influence.
Depok: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia, 2023
T-pdf
UI - Tesis Membership  Universitas Indonesia Library
cover
Jasmine Stephanie Abigail
Abstrak :
Film adalah produk yang kompleks dan aliran informasi di antara penonton bioskop selama pemutaran film dapat berkembang di sepanjang jalan yang tidak mungkin untuk menghubungkan keberhasilan film dengan faktor penyebab individu. Studi ini mencoba menggunakan valensi ulasan online dan kekuatan bintang untuk memprediksi kinerja box office, sambil mengendalikan genre. Untuk melakukan penelitian ini, 2.643 ulasan online dari Metacritic dikumpulkan untuk memahami faktor apa saja yang memengaruhi kinerja box office. Analisis regresi digunakan untuk menguji hipotesis. Berbeda dengan penelitian sebelumnya yang menemukan bahwa pendorong kinerja box office adalah ulasan online, penulis menemukan bahwa kekuatan bintanglah yang tampaknya penting dan bukan ulasan online. Hasil eksperimen menunjukkan bahwa kekuatan bintang adalah isyarat yang memengaruhi penonton bioskop untuk menonton film, sedangkan valensi ulasan online tidak terlihat sebagai indikasi kualitas untuk subjek eksperimen ini. Selanjutnya, kekuatan bintang tidak membantu mengurangi potensi efek ulasan online. Implikasi teoritis dan manajerial, bersama dengan keterbatasan temuan dan arah untuk penelitian masa depan, ditawarkan. ......Movies are complex products and the cascade of information among moviegoers during the course of a movie’s run can evolve along a myriad of paths that it is impossible to attribute the success of a movie to individual causal factors. This study attempts to use the valence of online reviews and star power to predict box office performance, while controlling the genre. To conduct this study, 2,643 online reviews from Metacritic were collected to understand which factors impacted box office performance. The regression analysis was used to test the hypotheses. In contrast with previous studies that have found that the driver of box office performance is the online reviews, the author finds that it is the star power that seems to matter and not the online reviews. The results of the experiment indicated that star power is a cue that affects moviegoers to view the movie, while the valence of online reviews is not seen to be an indication of quality per se for this experimental subject. Further, star power did not help to mitigate the potential effect of online reviews. Theoretical and managerial implications, along with limitations of the findings and direction for future research, are offered.
Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2022
MK-pdf
UI - Makalah dan Kertas Kerja  Universitas Indonesia Library